eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Lebih Dekat dengan Xiaomi Redmi Note 5A, Smartphone Murah Berlayar Besar

Lebih Dekat dengan Xiaomi Redmi Note 5A, Smartphone Murah Berlayar Besar – Xiaomi Indonesia secara resmi telah meluncurkan smartphone terbaru andalannya melalui seri Redmi Note 5A di pasar tanah air. Ponsel ini secara resmi dijual melalui toko online JD.com dan nantinya akan tersedia juga di gerai atau retail offline. Sama seperti smartphone Xiaomi dengan suffix ‘A’ lainnya, Redmi Note 5A ini didesain untuk menggarap pasar entry-level dengan menawarkan spesifikasi yang cukup bersaing dan harga yang terjangkau.

Mengandalkan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 425 dengan RAM 2GB membuatnya cukup percaya diri. Belum lama ini satu unit Xiaomi Redmi Note 5A bergaransi non resmi telah mendarat dimarkas Laptophia Blog untuk dilakukan review mendalam, penasaran? Mari kita kenal lebih dekat dengan Xiaomi Redmi Note 5A bersama Laptophia Blog kali ini!


Lebih Dekat dengan Xiaomi Redmi Note 5A, Smartphone Murah Berlayar Besar

Perlengkapan Xiaomi Redmi Note 5A

Perlengkapan Xiaomi Redmi Note 5A
  • Unit Xiaomi Redmi Note 5A Gold
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Vivo Y65 Review: Selfie dengan Efek Bokeh

Hands On & Unboxing Xiaomi Redmi Note 5A

Hands On & Unboxing Xiaomi Redmi Note 5A
Beberapa hari lalu kurir sebuah logistik telah mengirimkan satu unit smartphone Xiaomi Redmi Note 5A di markas Laptophia Blog. Smartphone ini hadir dengan boks berwarna merah yang cukup mencolok dan bertuliskan Note 5A. Ini agak berbeda dengan boks Xiaomi Redmi 4A yang pernah Laptophia ulas sebelumnya yang menggunakan warna serba putih.

Saat pertama kali menggenggam ponsel Redmi Note 5A ini, Laptophia Blog agak kaget karena ternyata smartphone ini sangat ringan. Berbicara mengenai desain atau penampilan fisik, sepertinya tidak ada yang istimewa dari Xiaomi Redmi Note 5A ini menurut Laptophia. Ponsel ini megusung desain generik dan memiliki banyak kemiripan dengan Xiaomi Redmi 4A.

Ponsel murah andalan Xiaomi ini dibalut dengan casing plastik unibody yang terasa cukup solid. Casing belakang menggunakan finishing yang sama dengan ponsel Xiaomi lainnya dan terasa agak licin. Sementara bagian depan kita akan disuguhi oleh bezel berwarna putih yang terbilang cukup tebal. Dimensi Xiaomi Redmi Note 5A ini cukup standar untuk smartphone 5,5 inci dan cukup nyaman digenggaman Laptophia.

Sisi depan Xiaomi Redmi Note 5A ini terdapat LED notifikasi, lubang kamera depan, earpiece, ambient light sensor, proximity sensor, layar HD berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back yang tidak dilengkapi dengan backlight.
Baca juga:Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Review: Best Selfie Smartphone!
Smartphone Xiaomi Redmi Note 5A tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari, ini agak disayangkan mengingat sudah banyak ponsel entry-level dengan fitur tersebut. Layar smartphone murah meriah Xiaomi Redmi Note 5A tidak disebutkan adanya lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Redmi Note 5A agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Redmi Note 5A ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis dedicated slot (triple slot). Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Xiaomi ini terdapat port audio 3,5mm, microphone, dan infrared blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi Note 5A ini terdapat lubang kamera, LED flash, dan logo Mi. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Xiaomi Mi6 ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.
harga & Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A
Layar Xiaomi Redmi Note 5A mengandalkan layar sentuh berukuran besar, yakni 5,5 inci berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif display dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 267 piksel per inci. Tak hanya itu, Xiaomi Redmi Note 5A ini mengandalkan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 8 dan dijanjikan akan mendapat update ke MIUI 9.

Sisi kamera, smartphone Xiaomi Redmi Note 5A ini mengandalkan dukungan kamera belakang 13 megapiksel menggunakan sensor Samsung S5K3L8 dengan fitur autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Xiaomi Redmi Note 5A ini berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor Samsung S5K5E8 dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang cukup lumayan untuk foto selfie dan video call.
Baca juga:Xiaomi Redmi 4X Review: Baterai Besar & Kaya Fitur
Kinerja yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 5A ini terbilang standar di kelasnya menurut Laptophia Blog karena didukung SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 425 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G andalan Xiaomi ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308.

Smartphone kelas menengah Xiaomi Redmi Note 5A dibekali dengan memori internal atau ROM sebesar 16GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB dedicated slot. Xiaomi membekali Redmi Note 5A baterai berkapasitas 3080mAh tanpa fitur fast charging untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Impresi Awal Xiaomi Redmi Note 5A

Impresi Awal Xiaomi Redmi Note 5A
Impresi awal Xiaomi Redmi Note 5A dari sisi fisik atau desain sebenarnya tidak terlalu istimewa menurut Laptophia Blog. Desain smartphone ini cukup generik dan tak jauh berbeda jika dibandingkan Redmi generasi sebelumnya atau bahkan smartphone dari brand lain. Beruntung, build quality Xiaomi Redmi Note 5A terbilang cukup solid. Ukuran ponsel ini standar, tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan smartphone berlayar 5,5 inci lainnya, tetapi relatif cukup nyaman ketika digenggam.

Mengandalkan layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD membuat Laptophia tidak terlalu berharap dengan kualitas layarnya. Namun, lagi-lagi Xiaomi Redmi Note 5A mampu menepis anggapan tersebut dengan menyuguhkan layar yang memiliki pancaran warna yang memuaskan, tajam, dan memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, memang tak setajam dan sepadat layar dengan resolusi full HD. Respon layar sentuh Redmi Note 5A cukup responsif.
Baca juga:Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378
Sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 425 membuat smartphone Redmi Note 5A andalan Xiaomi ini kompetitif di kelas entry-level. Kinerjanya memang tidak sekencang smartphone kelas menengah, tetapi impresi awal penggunaan selama tiga hari oleh Laptophia Blog cukup meyakinkan. Ponsel ini relatif smooth dan responsif digunakan. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya.

Spesifikasi kamera Xiaomi Redmi Note 5A ini di atas kertas memang standar atau tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Saat Laptophia jajal untuk memotret pada siang hari, hasilnya cukup memuaskan untuk kelas entry-level. Namun, perlu dilakukan review mendalam untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari kamera Xiaomi Redmi Note 5A ini.

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 5A

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Harga Xiaomi Redmi Note 5A

Smartphone Xiaomi Redmi Note 5A ini memang didesain khusus untuk pasar kelas entry-level, tak heran harganya tidak terlalu mahal. Harga resmi Xiaomi Redmi Note 5A di Indonesia adalah Rp 1.499.000 atau tepatnya Rp 1,5 juta. Jika dilihat dari hasil preview dan unboxing yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel Redmi Note 5A andalan Xiaomi ini cukup laik dipertimbangkan di kelasnya.

Smartphone ini memang hanya dibalut dengan casing plastik, tetapi build quality-nya terbilang cukup solid. Impresi awal kinerja dan kamera yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 5A ini cuka sudah cukup untuk meyakinkan tim Laptophia Blog bahwa ponsel ini memang layak dipilih di kelas entry-level.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi Note 5A di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A

  • Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera 13 megapiksel, autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.2,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor Samsung S5K5E8, lensa aperture f/2.0 fixed focus
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual nano-SIM, infared blaster
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 153 x 76.2 x 7.7 mm berat 153 gram
  • Baterai 3080mAh lithium ion
  • Warna Silver, Gold, dan Rose Gold
Anda mungkin suka:Xiaomi Mi A1 Review: Kamera Ganda dengan Android One