eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Xiaomi Redmi 4A: Murah Berbalut Plastik

Unboxing Xiaomi Redmi 4A – Beberapa waktu lalu smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Redmi 4A telah tiba di Laptophia Blog. Smartphone ini memang belum dileuncurkan secara resmi oleh Xiaomi Indonesia. kehadirannya di tanah air melalui distributor tidak resmi. Ini berarti layanan aftersalesnya masih belum terjamin. Informasi yang Laptophia himpun, Xiaomi Redmi 4A kemungkinan besar akan masuk Indonesia secara resmi.

Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa tiga buah smartphone Xiaomi telah memenuhi aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), salah satunya adalah Redmi 4A. mengandalkan spesifikasi yang kompetitif dengan harga yang terjangkau membuatnya menarik di mata konsumen. Penasaran? Simak ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Redmi 4A oleh Laptophia Blog kali ini!


Unboxing Xiaomi Redmi 4A: Murah Berbalut Plastik

Perlengkapan Xiaomi Redmi 4A

Perlengkapan Xiaomi Redmi 4A
  • Unit Xiaomi Redmi 4A Gold
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga: Pre-order Asus Zenfone Go ZB690KG Dibuka di Indonesia

Hands On & Unboxing Xiaomi Redmi 4A

Hands On Xiaomi Redmi 4A
Seperti biasa, setelah unit Xiaomi Redmi 4A mendarat di Laptophia Blog, tim kami langsung melakukan unboxing atau buka boks. Berbeda dengan ponsel Redmi lainnya, Xiaomi Redmi 4A ini hadir dengan boks berwarna putih dengan tulisan 4A yang agak samar.

Penampilan atau desain fisik ponsel 4G Xiaomi Redmi 4A besutan Xiaomi ini terlihat generik atau tak jauh berbeda dengan ponsel kebanyakan. Saat pertama kali menggenggam  ponsel ini, tim Laptophia Blog agak kaget karena ternyata ponsel ini menggunakan casing berbahan plastik.

Ya, Xiaomi Redmi 4A ini mengusung desain unibody dengan bahan plastik yang cukup solid. Casing belakangnya memiliki tekstur lembut, tetapi tidak licin. Ukuran ponsel Redmi 4A ini tidak terlalu besar, sehingga cukup nyaman digenggam.

Sisi depan Xiaomi Redmi 4A ini terdapat ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar HD berukuran 5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sebuah LED notifikasi berada di bawah tombol Home. Sama seperti smartphone entry-level lainnya, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan backlight. Selain itu, Xiaomi tak menyebutkan adanya lapisan antigores pada ponsel Redmi 4A andalannya.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3X Review: Terjangkau dengan Fitur Lengkap
Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi 4A ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual SIM atau single SIM+microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi 4A ini terdapat lubang LED flash, kamera utama , logo Xiaomi, dan speaker grill. Merek asal Tiongkok pembesut produk Mi MIX ini menempatkan port micro USB dan microphone di sisi bawah.

Xiaomi Redmi 4A ini mengusung desain unibody dengan material plastik yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus. Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel.

Slot tersebut dapat diakses dengan bantuan SIM ejector yang terdapat pada paket penjualannya. Slot pada Redmi 4A ini adalah hybrid slot, ini berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD.
Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A
Sebagai smartphone kelas entry-level, spesifikasi yang diusung oleh Xiaomi Redmi 4A cukup bersaing dengan mengandalkan layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan 294 ppi atau piksel per inci. Layar ponsel Redmi 4 ini menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD. Xiaomi Redmi 4A masih mengandalkan MIUI 8 berbasis Android 6.0.1 Marshmallow.

Meski dibandrol dengan harga yang terjangkau, kinerja yang ditawarkan oleh Redmi 4A ini sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata karena ddidukung chipset Qualcomm Snapdragon 425 generasi baru dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308.
Baca juga:Review Asus Zenfone Go ZB450KL: Ponsel 4G LTE dengan Mode Kamera Manual
Kemampuan kamera ponsel Redmi 4A andalan Xiaomi ini cukup bersaing di kelasnya menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel yang didukung fitur autofokus yang menggunakan sensor BSI yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.6 dan didukung LED flash. Kamera depan, Redmi 4A dipersenjatai dengan kamera resolusi 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 fixed focus dengan sensor BSI untuk foto selfie dan video call.

Xiaomi Redmi 4A dibekali dengan baterai berkapasitas 3120mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Xiaomi membekali Redmi 4A ini dengan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB dan dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB hybrid slot.

Impresi Awal Xiaomi Redmi 4A

Impresi Awal Xiaomi Redmi 4A
Impresi awal tim Laptophi Blog menilai penampilan atau desainnya biasa saja, generik dan mungkin terlihat agak membosankan. Casing plastik yang diusungnya memang terasa agak murah, tetapi sebenarnya cukup solid. Bobot ponsel Redmi 4A besutan Xiaomi ini sangat ringan dan cukup nyaman digenggam.

Layar HD berukuran 5 inci yang diusung oleh Xiaomi Redmi 4A ini mampu menghasilkan warna yang cukup memanjakan mata, terang, dan kontras yang cukup baik. Sayangnya, layar bersifat sangat reflektif dan performanya di bawah sinar matahari kurang baik.

Kinerja yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 4A ini cukup gegas dan responsif menurut tim Laptophia Blog. Kami telah melakukan instalasi banyak aplikasi dan sempat menjalankan game Real Racing 3 dan tidak ada masalah. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari smartphone 4G LTE kelas entry-level ini.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3S Review: Full Features & Affordable
Kemampuan kamera Xiaomi Redmi 4A ini sedikit mengejutkan Laptophia Blog, karena impresi awalnya lebih baik dari ekspektasi kami. Kecepatan fokusnya cukup gegas meski tak dilengkapi dengan PDAF.

Hasil jepretannya pada siang hari juga cukup bersaing di kelas entry-level. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa kamera sebenarnya dari Xiaomi Redmi 4A ini. Tunggu saja review lengkap Xiaomi Redmi 4A hanya di Laptophia Blog!

Harga Xiaomi Redmi 4A

Harga ponse 4G Xiaomi Redmi 4A terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Laptophia Blog saat artikel ini ditulis adalah Rp 1.599.000. Tentunya harga ini tidak bersifat mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan seller. Berdasarkan hands on dan unboxing Xiaomi Redmi 4A yang Laptophia Blog lakukan, smartphone ini menawarkan impresi yang cukup baik.

Duet Snapdragon 425 dengan RAM 2GB mampu menghasilkan kinerja yang dapat diandalkan. Build quality Redmi 4A ini sebenarnya cukup baik, hanya saja bahan plastiknya memang terasa agak murah. Terlepas dari masalah garansi non resmi, Laptophia menilai ponsel Xiaomi Redmi 4A laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 4A di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera 13 megapiksel, autofokus, sensor OmniVision OV13850, aperture f/2.6,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor OmniVision OV5675, aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.5 x 70.4 x 8.5 mm berat 131,5 gram
  • Baterai 3120mAh lithium ion
  • Warna Gold dan Rose Gold
Anda mungkin suka:Benchmark Xiaomi Redmi 4A: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, 3DMark & PCMark