eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Lenovo Vibe C, Ponsel 4G LTE Murah

Unboxing Lenovo Vibe C – Beberapa hari setelah lebaran, Laptophia Blog kedatangan sebuah smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) murah, yakni Lenovo Vibe C. Ponsel ini memang belum lama ini dirilis di Indonesia dan secara eksklusif dipasarkan melalui toko online Lazada Indonesia. Smartphone 4G Lenovo Vibe C ini mengusung nomor model A2020 yang secara langsung menjadi penerus dari seri A2010 yang telah dirilis lebih dulu.

Selain mengunggulkan dukungan 4G LTE, ponsel Lenovo Vibe C ini juga hadir dengan spesifikasi yang cukup bersaing di kelas entry-level, seperti dukungan prosesor quad-core, RAM 1GB, memori internal yang luas, dan kamera yang memadai. Berikut ini ulasan hands on dan unboxing Lenovo Vibe C yang telah Laptophia Blog lakukan.


Unboxing Lenovo Vibe C

Perlengkapan Lenovo Vibe C

Perlengkapan Lenovo Vibe C
  • Unit Lenovo Vibe C warna putih
  • Baterai 2300mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Earphone atau handsfree
  • Boklet panduan
  • Kartu garansi
  • Nut mini tracker
Baca juga: Acer Liquid Z320 Review: Desain Oke

Preview & Unboxing Lenovo Vibe C

Preview Lenovo Vibe C
Pada ulasan hands on dan unboxing Lenovo Vibe C kali ini, Laptophia Blog kembali mendapatkan unit warna putih, sama seperti Zenfone 2 Laser ZE550KL yang telah mendarat lebih dulu. Kesan pertama memegang atau menggenggam ponsel Vibe C besutan Lenovo ini adalah solid dan agak berat.

Smartphone ini mengusung desain yang tak jauh berbeda dengan ponsel Lenovo lainnya dengan mengandalkan sudut tumpul dan list logam yang berada di sekelilingnya. Sekilas memang tak jauh berbeda dengan Lenovo A6000 series atau A5000.

Lenovo Vibe C dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat yang cukup solid dan tidak terkesan murahan. Dimensinya memang agak besar untuk ponsel dengan ukuran layar 5 inci, tetapi masih cukup nyaman digenggam. Permukaan caing ponsel Vibe C ini tidak terlalu licin.

Berdasarkan pantauan Laptophia Blog, sisi depan ponsel Lenovo Vibe C ini terdapat lubang kamera depan, earpiece, proximity sensor, layar sentuh berukuran 5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sayangnya, tak disebutkan adanya lapisan antigores pada layar ponsel ini. Tak hanya itu, ketiga tombol kapasitifnya tidak dilengkapi dengan backlight, sehingga agak menyulitkan ketika digunakan di tempat gelap.

Sedangkan sisi belakang ponsel Lenovo Vibe C terdapat lubang kamera belakang, LED flash, logo Vibe, logo Lenovo, dan speaker grill. Lenovo menempatkan volume rocker dan tombol power di sisi kanan ponsel. Sedangkan sisi atas terdapat port microUSB dan port audio 3.5 mm. Sisi bawah ponsel Vibe C terdapat lubang microphone.
Baca juga: Xiaomi Redmi Note 3 Review (Snapdragon 650)
Casing belakang Lenovo Vibe C ini dapat dilepas dan kita dapat melepas baterainya. Smartphone ini telah mendukung dual SIM dan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Untuk mengakses ketiga slot ini, kita harus terlebih dahulu melepas casing belakang dan baterai.

SIM 1 menggunakan ukuran microSIM, sedangkan SIM 2 menggunakan miniSIM atau SIM card reguler. Casing ponsel Vibe C besutan Lenovo ini relatif mudah dibuka atau dibongkar.
Harga Lenovo Vibe C
Lenovo membekali ponsel 4G LTE Vibe C ini dengan layar berkuran 5 inci dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel yang disematkan teknologi panel TN (Twisted Newmatic) TFT LCD kapasitif yang menawarkan kerapatan layar mencapai 196 ppi, relatif pas-pasan menurut Laptophia.

Layar ponsel entry-level besutan Lenovo ini juga tidak dilengkapi dengan lapisan antigores seperti AGC Dragontrail dan sejenisnya. Lenovo Vibe C ini mengandalkan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan balutan antarmuka Lenovo Vibe UI yang nantinya mendapat update ke Android Marshmallow.

Kinerja atau performa Lenovo Vibe C ini bisa dikatakan tidak terlalu menonjol di kelas entry-level menurut Laptophia dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang didalamnya terdapat prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,1GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 304.

Sebagai ponsel 4G LTE murah, kemampuan kamera Lenovo Vibe C ini memang tak bisa diharapkan menurut Laptophia. Pabrikan asal Tiongkok ini membekali kamera belakang berkekuatan 5 megapiksel fixed focus dan didukung LED flash. Ponsel Lenovo Vibe C juga dilengkapi dengan kamera depan 2 megapiksel fixed focus untuk foto selfie dan video chat.

Lenovo Vibe C mengandalkan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB yang didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal maksimal 32GB untuk menampung data pengguna. Ponsel 4G LTE murah meriah ini didukung baterai berkapasitas 2300mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Impresi Awal Lenovo Vibe C

Spesifikasi Lenovo Vibe C
Impresi awal Lenovo Vibe C menurut Laptophia Blog adalah cukup solid saat menggenggamnya. Sayangnya, ponsel ini terasa agak berat dan dimensinya agak besar untuk ponsel dengan layar 5 inci. Build quality yang ditawarkan oleh ponsel Lenovo Vibe C ini bisa dikatakan baik dan sama sekali tidak terkesan murahan. Frame tipis berbahan metal yang berada di sekelilingnya tak hanya menambah nilai estetika, tetapi juga menambah kesan kuat.

Spesifikasi layar smartphone 4G murah Lenovo Vibe C ini memang bisa dikatakan pas-pasan, yakni mengusung ukuran 5 inci dengan resolusi rendah. Hasilnya bisa ditebak, kualitas layar ponsel Vibe C ini terlihat kurang tajam dan padat. Meski demikian, warna yang dihasilkan layar Vibe C ini cukup memuaskan dan respon touchscreennya juga relatif gegas. Laptophia Blog belum sempat menjajalnya di bawah sinar matahari.

Laptophia Blog sudah menggunakan ponsel Lenovo Vibe C selama kurang lebih dua hari. Kesan pertama pada performa ponsel iniu adalah cukup memuaskan. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu pada Lenovo Vibe C berjalan dengan smooth.

Namun, saat Laptophia mencobanya belum banyak terinstal aplikasi di dalamnya. Impresi awalnya jelas lebih baik dari Andromax A yang spesifikasinya tak jauh berbeda. Tentunya perlu review lebih mendalam untuk mengetahui pasti performa ponsel Lenovo Vibe C ini.
Baca juga:Infinix Hot 3 X553 Review: Big Screen Selfie
Sedangkan impresi awal Laptophia Blog pada performa kameranya bisa dikatakan pas-pasan. Sebenarnya hasil jepretannya masih bisa dikatakan bersaing di kelas entry-level, tetapi minus fitur autofokus menjadi kelemahan utamanya.

Laptophia belum menjajal performa kamera ponsel Lenovo Vibe C saat malam hari. Tentunya, kita tak bisa berharap banyak dengan kamera smartphone entry-level sekelas Lenovo Vibe C ini.

Harga Lenovo Vibe C

Harga ponsel 4G Lenovo Vibe C terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun dari toko online Lazada Indonesia adalah Rp 1.199.000 atau tepatnya Rp 1,2 juta. Berdasarkan hasil preview dan unboxing Lenovo Vibe C yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel 4G LTE ini menunjukkan build quality yang cukup baik di kelasnya.

Harga yang murah tidak membuat pabrikan asal Tiongkok menghadirkan produk murahan, Spesifikasi yang diusung oleh Lenovo Vibe C memang relatif pas-pasan, tetapi masih mampu berkompetisi dengan para pesaing terdekatnya seperti Asus Zenfone Go 4.5 ZB452KG, Acer Liquid Z330, Wiko Robby, dan sebagainya. Secara umum, ponsel 4G Lenovo Vibe C masih laik dipertimbangkan menurut Laptophia Blog.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Lenovo Vibe C di Sini (Klik)

Spesifikasi Lenovo Vibe C

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Lenovo Vibe UI, upgradeable to Android 6.0 Marshmallow
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 210, quad-core ARM Cortex-A7-bit 1,1GHz
  • Grafis Adreno 304
  • Kamera belakang 5 megapiksel fixed focus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel fixed focus
  • Layar sentuh 5 inci, dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel berteknologi panel TN TFT LCD kapasitif dengan kerapatan 199 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 16GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, port micro USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Mendukung jaringan GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 143.5 x 71.8 x 9 mm berat 128 gram
  • Baterai 2300mAh
  • Warna Black dan White
Anda mungkin suka:Benchmark Lenovo Vibe C: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard