IBX582004D475488 Cara Menambah RAM di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA

Cara Menambah RAM di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA



Cara Menambah RAM di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FAA412FA – Menambah memori RAM adalah salah satu cara paling mudah untuk mendongkrak performa laptop atau PC. Kapasitas memori RAM yang lebi besar memberikan ruang ekstra bagi sistem untuk menjalankan aplikasi yang lebih banyak dalam satu waktu. Kali ini Laptophia akan membahas langkah mudah atau cara menambah RAM di laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Laptop besutan vendor asal Taiwan ini cukup menarik perhatian dengan fitur dan desain yang diusungnya.

Varian terendah dari Asus Vivobook Ultra A412FA bertenaga Intel Core i3-8145U yang ditandemkan dengan RAM default 4GB. Selain itu, Asus Vivobook Ultra A412FA menyediakan ruang kosong untuk menambah hard disk atau SSD 2,5 inci SATA. Penasaran? Berikut cara menambah RAM dan memasang SSD SATA tambahan di Asus Vivobook Ultra A412FA oleh tim Laptophia!
Cara Menambah RAM di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA

Spesifikasi Asus Vivobook Ultra A412FA EK303T

  • Layar TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Core i3-8145U dual-core 2,1GHz TurboBoost 3,9GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620
  • Memori RAM 4GB DDR4-2400MHz, upgradeable to 12GB DDR4
  • Storage SSD 512GB PCIe M.2
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack, fingerprint sensor
  • Dual Speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 2 Cell 37WHr lithium-prismatic Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • Dimensi 32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm berat 1,5 kilogram
  • Warna Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Crush
Anda dapat membeli atau cek promo Asus Vivobook Ultra A412FA di Sini (Klik)

Review Asus Vivobook Ultra A412FA

Persiapan Menambah RAM Asus Vivobook Ultra A412FA

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar proses menambah memori RAM ini berjalan lancar. Menurut Laptophia, persiapan ini adalah hal yang sangat penting, mengapa demikian? Karena kita harus mengumpulkan informasi detail mengenai spesifikasi RAM dan informasi ketersediaan slot SODIMM di laptop yang kita gunakan. Spesifikasi RAM yang tidak tepat bisa membuat sistem tidak stabil atau bahkan tidak kompatibel.

Pada pembahasan menambah RAM kali ini, Laptophia menggunakan notebook Asus Vivobook Ultra A412FA EK303T yang dilengkapi dengan RAM default 4GB jenis DDR4-2400MHz yang tersolder di mainboard atau onboard. Asus masih menyediakan satu buah slot SODIMM kosong di Asus Vivobook Ultra A412FA yang memungkinkan pengguna melakukan upgrade atau menambah RAM.

Langkah berikutnya adalah membeli RAM yang sesuai dengan spesifikasi laptop Asus Vivobook Ultra A412FA, yakni jenis DDR4 dengan kecepatan 2400Mhz. Ada banyak merk yang menjual RAM dengan spesifikasi tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan dana yang tersedia dan menawarkan garansi lifetime. Siapkan juga obeng yang sesuai untuk membongkar casing belakang untup proses penambahan RAM.

Cara Menambah RAM Asus Vivobook Ultra A412FA


Cara menambah RAM di laptop Asus Vivobook Ultra A412FA ini sebenarnya cukup mudah dan tak jauh berbeda dengan notebook lainnya menurut Laptophia. Langkah awal adalah membuka casing atau cover belakang dengan melepas kurang lebih 10 buah baut menggunakan obeng. Setelah baut dilepaskan, lepas cover belakang secara perlahan-lahan agar tidak terjadi lecet atau pecah.

Setelah casing belakang Asus Vivobook Ultra A412FA berhasil dibuka, maka akan terlihat mainboard dari laptop tersebut. Slot SODIMM yang kosing berada di sisi kanan tengah, tepatnya di bawah heatsink berwarna hitam.

Pasang RAM ke slot kosong yang tersedia. Perhatikan celah di antara konektornya sudah tepat sehingga RAM dapat tertancap dengan sempurna pada slot SODIMM yang tersedia. Kemudian tekan kebawah hingga RAM otomatis terkunci sampai terdengar bunyi klik.

Setelah RAM terpasang, tutup kembali cover belakang dan pasang semua bautnya. Setelah itu nyalakan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dan lakukan pengecekan apakah RAM sudah terdeteksi atau belum dengan cara klik Start >> Settings >> System >> About. Jika RAM sudah bertambah, maka proses penambahan RAM sudah berhasil dan terdeteksi dengan baik.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus E402YA GA101T Terbaru di Indonesia
Jika mengalami gagal booting, ada kemungkinan RAM yang dibeli tidak kompatibel atau tidak cocok untuk laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Ada juga yang mengalami booting tapi hanya mentok atau stuck di BIOS diiringi bunyi “beep” dari mainboard. Hal tersebut bisa jadi pemasangan RAM belum terkunci dengan sempurna. Solusinya adalah membuka dan mengecek kembali pemasangan RAM di slot SODIMM-nya.

Pada tutorial upgrade RAM Asus Vivobook Ultra A412FA kali ini, Laptophia menambahkan satu keping RAM 8GB DDR4-2400MHz besutan V-Gen. Setelah upgrade, total RAM sistem di Asus Vivobook Ultra A412FA pada tutorial kali ini adalah 12GB yang terdiri dari 4GB onboard dan tambahan satu keping 8GB. Jika perlu, lakukan tes kestabilan sistem dengan menggunakan aplikasi seperti Prime95 dan sejenisnya untuk memastikan bahwa sistem telah stabil setelah penambahan RAM.

Bagi pembaca yang tidak berani melakukan proses upgrade atau penambahan RAM sendiri di laptop Asus Vivobook Ultra A412FA ini atau bingung menentukan RAM yang sesuai, dapat membawanya ke Asus Service Center (ASC) terdekat untuk mendapat penanganan yang lebih profesional dan terjamin. Kerusakan atau kesalahan yang dilakukan pengguna saat melakukan upgrade RAM sendiri tidak terciver klaim garansi.
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!