eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Laptop Asus ROG Paling Optimal Gunakan AI, Ini 4 Alasannya!

Laptop Asus ROG Paling Optimal Gunakan AI, Ini 4 Alasannya! - Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terus berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini. Belum lama ini ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali menegaskan jajaran laptop yang tidak hanya sekadar powerful untuk bermain game, tetapi juga optimal digunakan untuk bereksperimen dengan AI termasuk untuk penggunaan aplikasi berbasis AI yang digunakan sehari-hari. 

Contohnya seperti Stable Diffusion untuk menciptakan gambar dari AI, fitur editing di Adobe atau media sosial yang kini juga sudah marak menggunakan kemampuan AI untuk menyempurnakan karya, bahkan Two-Way AI Noise Cancellation yang digunakan ROG untuk meningkatkan kualitas video call di Zoom ataupun Microsoft Teams. 

Laptop Asus ROG Paling Optimal Gunakan AI, Ini 4 Alasannya!


Lalu mengapa laptop gaming Asus ROG bisa dikayakan paling optimal menggunakan teknologi AI ini? Berikut 4 alasan utamanya:

1. Dibekali Spesifikasi Hardware Modern

Laptop Asus ROG selalu dibekali dengan hardware paling mdoern di setiap generasinya. Hardware modern yang mengusung teknologi terkini memastikan eksperimen AI dapat berjalan secara lebih baik. Mulai dari pilihan CPU hingga 13th Gen Intel Core dan AMD Ryzen 7000 Series, GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series, laptop Asus ROG telah siap digunakan untuk membantu peneliti dan pengguna AI untuk menjalankan, mengolah, dan melatih sistem kecerdasan buatannya secara lokal.

Selain CPU dan GPU, laptop Asus ROG juga dibekali dengan memori serta sistem penyimpanan data modern. Laptop Asus ROG sudah didukung oleh penggunaan memori DDR5, sementara penyimpanannya menggunakan PCIe Gen4 x4 SSD. Kedua komponen tersebut memungkinkan transfer dan pengolahan data dapat berjalan lebih cepat, membuat proses penggunaan aplikasi berbasis AI dapat berjalan lebih baik.

2. Dilengkapi Fitur MUX Switch

Seluruh laptop Asus ROG sudah dibekali MUX Switch sejak tahun 2022. MUX Switch merupakan microchip yang dapat mengalihkan seluruh pemrosesan grafis ke discrete GPU tanpa melibatkan integrated GPU sama sekali. MUX Switch memastikan semua aplikasi berjalan di discrete GPU tanpa terkecuali sehingga performa yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Fitur MUX Switch sangat berguna dalam eksperimen AI, apalagi jika AI tersebut sangat mengandalkan performa GPU seperti pemrosesan gambar dalam berkreasi ataupun gaming. Melalui MUX Switch, AI yang sedang dieksperimentalkan atau dijalankan dapat dipastikan selalu mulus di discrete GPU yang lebih powerful.

3. Mudahkan Tuning Performa via Armoury Crate

Seluruh laptop Asus ROG juga telah hadir dengan aplikasi Armoury Crate. Aplikasi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pusat kontrol fitur, tetapi juga mempermudah pengguna laptop Asus ROG untuk mengintegrasikan perangkat serta asesori ROG lainnya. Namun satu fitur yang sangat berguna bagi peneliti AI adalah performance tuning.

Di Armoury Crate, pengguna laptop Asus ROG dapat secara leluasa mengatur tingkat performa laptopnya. Tidak hanya berupa profil performa, Armoury Crate juga memungkinkan pengguna laptop Asus ROG untuk melakukan pengaturan (tuning) secara manual. 

Tuning manual yang bisa dilakukan meliputi pengaturan clockspeed pada CPU dan GPU hingga fan curve. Tidak hanya itu, beberapa laptop Asus ROG terbaru bahkan memungkinkan sebagian core CPU untuk dapat dimatikan, sehingga membuat penggunanya dapat mengatur konfigurasi performa laptop sesuai dengan kondisi dan skenario eksperimen AI yang sedang dilakukan.

4. Sistem Pendingin Canggih di Kelasnya

Laptop Asus ROG Paling Optimal Gunakan AI, Ini 4 Alasannya!


Bereksperimen dengan AI membutuhan perangkat komputasi dengan performa yang stabil. Untuk memastikan hal tersebut, laptop Asus ROG telah dibekali dengan sistem pendingin paling canggih yaitu ROG Intelligent Cooling. Berbagai teknologi dan fitur pendingin terbaik telah hadir di ROG Intelligent Cooling, mulai dari penggunaan liquid metal sebagai thermal compound, kipas Arc Flow Fan yang mampu mengalirkan udara dengan baik tanpa berisik, hingga heatsink dengan fin yang sangat tipis untuk memaksimalkan pelepasan panas.

Tidak hanya itu, laptop Asus ROG juga memiliki konfigurasi khusus pada sistem pendinginnya yang telah disesuaikan dengan desain laptopnya. Asus ROG Zephyrus Duo 16 misalnya yang hadir dengan fitur Active Aerodynamic System (AAS) yang terintegrasi dengan layar keduanya dan memastikan aliran udara yang lebih baik ke sistem pendingin utamanya. 

Sementara Asus ROG Strix SCAR 16 atau ROG Strix SCAR 18 Series kini telah dibekali dengan sistem Tri-Fan yang mengandalkan tiga kipas serta full-witdh heatsink sehingga dapat menghadirkan performa optimal untuk semua aktivitas. Sementara itu, ROG Strix SCAR 17 kini dibekali dengan sistem pendingin berbasis vapor chamber yang memastikan panas di seluruh komponen utamanya dapat dilepas dengan sangat baik.

Anda mungkin suka:Ini Rekomendasi 10 Laptop Gaming Terbaik 2023
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget. Note: Kami hanya mengulas, tidak melayani jual beli unit. Kami tidak menjadi seller atau buka toko di e-commerce mana pun dan tidak bertanggung jawab atas transaksi di e-commerce mana pun yang mengatasnamakan Laptophia.

Ikuti berita dan review terbaru Laptophia di Google News

Related Posts

Posting Komentar