eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana? - Laptop adalah salah satu perangkat yang wajib dimiliki untuk menunjang produktivitas, seperti bekerja, belajar dan juga dapat menjadi pusat hiburan saat penat melanda. Laptop dengan harga di bawah 10 juta bisa dikatakan laptop kelas entry-level yang dirancang untuk pengguna yang memiliki budget terbatas. Meski demikian, laptop dengan harga terjangkau saat ini tetap menawarkan performa yang kompeten dan fitur memadai.

Berdasarkan pantauan dan riset yang dilakukan oleh tim Laptophia, laptop dengan harga di bawah 10 juta saat ini sudah banyak yang menawarkan performa yang tinggi, fitur yang lengkap, dan bahkan ada yang sudah dibekali dengan layar OLED. Namun, memilih laptop terbaik dengan harga terjangkau bukanlah perkara mudah karena harus disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dana. Anda tak perlu bingung karena tim Laptophia telah melakukan riset untuk mengumpulkan laptop terbaik yang dapat dipertimbangkan. Berikut ini 10 rekomendasi laptop terbaik 2023 harga di bawah 2023 versi Laptophia!

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?

Seperti Apa Laptop Terbaik di Bawah 10 Juta?

Seperti apa kriteria laptop terbaik dengan harga di bawah 10 juta? Laptop dengan harga di bawah 10 juta bisa dikatakan sebuah laptop terjangkau atau kelas entry-level. Ini tentu berbeda dengan smartphone yang dengan harga 10 juta atau lebih sedikit sudah mendapat kualifikasi flagship.

Sebagai sebuah laptop terjangkau atau kelas entry-level, tentu pembaca Laptophia tidak dapat berharap bakal mendapat sebuah laptop dengan spesifikasi mantap di semua sektor. Laptop dengan rentang harga ini biasanya mengunggulkan sektor tertentu dan mengorbankan sektor lainnya. Pengguna dihadapkan pada beberapa pilihan misalnya laptop dengan prosesor kencang tetapi layarnya masih TN atau laptop dengan layar bagus dan prosesor kencang, tetapi build quality kurang bagus, dan sebagainya.

Pada akhirnya, vendor laptop memberikan berbagai pilihan laptop dengan variasi spesifikasi dan keunggulannya. Dengan harga di bawah 10 juta, konsumen memang mungkin tak akan mendapatkan laptop yang sempurna, tetapi setidaknya dapat memilih mana yang paling mencukupi atau sesuai dengan kebutuhannya. 

Lalu seperti apa kriteria laptop terbaik dengan harga di bawah 10 juta? Berikut ini beberapa kriteria laptop terbaik dengan harga di bawah 10 juta menurut tim Laptophia:

  • Performa

Laptop dengan harga di bawah 10 juta setidaknya menawarkan performa yang nyaman untuk bekerja sehari-hari, multitasking ringan yang responsif atau bahkan gaming kasual. Penggunaan sehari-hari pun seharusnya gegas dan minim lag.

Laptop dengan prosesor AMD Ryzen 3 series atau lebih kencang dan Intel Core i3 series atau lebih kencang yang ditandemkan dengan RAM sebesar 8GB, serta storage jenis SSD sudah sanggup menangani beban komputasi di atas dengan nyaman menurut Laptophia. 

Bagi konsumen yang bergelut dengan grafis atau ingin bermain game kasual, rasanya agak sulit atau tidak banyak laptop dengan GPU diskrit di rentang harga ini. Meski demikian, pengguna dapat mempertimbangkan laptop dengan GPU terintegrasi yang powerful seperti Intel Iris Xe Graphics G7, AMD Radeon Vega 7 atau 8 iGPU, dan sebagainya.

  • Layar

Agar dapat bekerja dengan nyaman, setidaknya laptop dibekali dengan layar resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan color gamut 45% NTSC. Saat artikel ini ditulis, masih banyak laptop dengan harga di bawah 10 juta yang masih mengusung resolusi HD 1366 x 768 piksel. Resolusi layar ini cukup penting untuk menunjang produktivitas dan ini Laptophia buktikan melalui ulasan perbandingan laptop dengan layar full HD vs HD.

Setidaknya ada tiga jenis teknologi atau panel yang digunakan pada layar laptop dengan harga di bawah 10 juta, yakni TN (Twisted Newmatic), IPS (In-Plane Switching) dan OLED (Organic Light Emiting Diode). Layar dengan panel OLED menawarkan kualitas paling baik, tetapi agak sulit ditemui di laptop dengan harga di bawah 10 juta.

Layar IPS menawarkan reproduksi warna dan viewing angle yang lebih luas dari layar dengan teknologi panel TN. Oleh sebab itu, usahakan pilih laptop dengan layar berteknologi OLED atau IPS untuk pengalaman visual yang lebih baik.

Bagi yang sering bergelut dengan desain atau editing foto maupun video, usahakan memilih layar yang menawarkan color gamut minimal 100% sRGB. Harus diakui, laptop harga di bawah 10 juta sebagian besar hanya dipersenjatai layar dengan color gamut 45% NTSC, tetapi masih ada beberapa tipse yang dibekali color gamut 100% sRGB.

  • Upgradeable

Laptop bisa dikatakan sebuah investasi dengan masa pakai mungkin sekitar 2 - 3 tahun ke depan atau bahkan lebih. Seiring berjalannya waktu, mungkin beban kerja akan meningkat dan membutuhkan performa yang lebih powerful atau ruang simpan yang lebih luas. Solusi upgrade RAM dan storage adalah jalan pintas yang hemat untuk mendapatkan performa laptop yang lebih optimal.

Laptophia menyarankan untuk memilih laptop yang memiliki kemamopuan upgradeable, baik RAM maupun storage. RAM yang lebih besar membuat laptop memiliki banyak 'nafas' untuk menjalankan lebih banyak aplikasi tanpa lag. Storage yang lebih luas dapat menyimpan data yang lebih besar. Piloihlah laptop yang menyediakan slot SODIMM untuk upgrade RAM dan storage agar masa pakai laptop bisa sedikit lenih panjang.

  • Fitur

Sebagai sebuah laptop kelas entry-level, rasanya tidak dapat mematok hadirnya fitur-fitur canggih seperti Thunderbolt 4.0, IR Camera, USB-C full funcion, dan sebagainya. Hal yang paling penting adalah ketersediaan port yang lengkap seperti HDMI, USB-A, dan USB-C. Beberapa tipe malah masih ada yang menyertakan port RJ45 untuk LAN.

Berdasarkan pantauan Laptophia, ada beberapa vendor yang masih memberikan fitur lebih untuk laptop dengan harga di bawah Rp 10 juta seperti lapisan anti bakteri pada keyboard dan touchpad, standar militer MIL-STD-810G, dan sebagainya. Kehadiran fitur ini bisa dikatakan 'bonus' yang dapat menjadi faktor pertimbangan.

10 Laptop Terbaik Harga di Bawah 10 Juta

Bagi pembaca yang bingung memilih laptop terbaik dengan dana mentok Rp 10 juta atau lebih rendah, berikut beberapa rekomendasi laptop terbaik menurut Laptophia di tahun 2023 ini:

1. Asus Vivobook 14X OLED M1403QA (Ryzen 5) -- All-rounder terbaik!

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Asus Vivobook 14X OLED M1403QA adalah laptop terbaik dengan harga di bawah 10 juta menurut tim Laptophia. Laptop andalan Asus ini mengusung spesifikasi yang telah jauh melebihi empat kriteria minimal yang Laptophia sampaikan di atas. Performanya tinggi, upgradeable, tangguh dengan standar militer, dan harganya sangat kompetitif

Keunggulan utama Asus Vivobook 14X OLED M1403QA adalah sektotr layarnya berukuran 14 inci Asus OLED resolusi 2.8K 2880 x 1880 piksel dengan aspek rasio 16:10 yang mampu memberikan view workspace yang lebih luas, serta menampilkan warna yang vivid dengan kecerahan 600 nits yang cemerlang dan memadai untuk menikmati konten multimedia. Laptop ini juga didukung fitur SGS Eye Care protection agar mata tak cepat lelah saat menatap layar dalam waktu lama.

Teknologi layar OLED mampu menghadirkan kualitas visual yang jauh lebih baik dan mampu menampilkan warna lebih banyak serta akurat dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya. Layar OLED juga sudah mengantongi sertifikasi VESA Display HDR True Black 600 serta PANTONE Validated Display dengan color gamut 100% DCI-P3 guna menjamin akurasi warnanya. Layar Vivobook 14X OLED M1403QA juga mengusung refresh rate 90Hz untuk animasi yang lebih smooth.

Soal performa, Asus Vivobook 14X OLED M1403QA termasuk powerful untuk kelas harganya dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 5600H mengusung hexa-core 12 thread berarsitektur Zen 3 yang berlari dengan kecepatan 3,3GHz dengan Turbo maksimal 4,2GHz. Laptop Asus Vivobook 14X OLED M1403QA ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB dan masih dapat di-upgrade sesuai kebutuhan.

Harga laptop Asus Vivobook 14X OLED M1403QA ini saat artikel ini ditulis berada di kisaran Rp 8.999.000. Berdasarkan spesifikasi dan keunggulannya, laptop ini layak menjadi kandidat utama sebagai laptop terbaik di bawah 10 juta di tahun 2023 ini.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru laptop Asus Vivobook 14X OLED M1403QA di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus Vivobook 14X OLED M1403QA

  • Layar OLED berukuran 14 inci resolusi 2.8K 2880 x 1800 piksel, aspek rasio 16:10, 600 nits, 100% DCI-P3 color gamut, 90Hz refresh rate, PANTONE validated, VESA Display HDR True Black 600, Asus Splendid, SGS Eye Care, 4-sided NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor AMD Ryzen 5 5600H hexa-core (12 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,2GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 7 iGPU
  • Memori RAM 16GB DDR4-3200MHz, upgradeable to 24GB
  • Storage SSD 512GB PCIe 3.0 x4 M.2
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, combo audio jack
  • Fitur keamanan sensor sidik jari (Fingerprint Sensor) dengan Windows Hello
  • Dual Speaker stereo, DTS Audio, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p with privacy shutter
  • Baterai 3 Cell 3S1P 70WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 Asli pre-installed
  • Tangguh dengan US MIL-STD 810H
  • Dimensi 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm berat 1.6 kg
  • Warna Quiet Blue dan Transparent Silver

2. Asus Vivobook 16X M1603QA (Ryzen 5) -- Layar besar 16 inci, performa all-rounder

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Anda membutuhkan laptop all-rounder dengan layar berukuran besar? Kandidat terkuatnya adalah Asus Vivobook 16X M1603QA. Laptop ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Vivobook 14X OLED M1403QA, hanya saja dibekali dengan layar berukuran lebih besar. Laptop ini dibekali layar 16 inci jenis IPS level LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel dengan aspek rasio 16:10 yang mampu menampilkan 45% NTSC color gamut dan 178° wide-view.

Meski ukuran layarnya besar, ukuran fisik laptop Asus Vivobook 16X M1603QA ini masih cukup portabel karena tak jauh berbeda dengan laptop dengan layar 15,6 inci. Hal ini tak lepas dari teknologi NanoEdge dengan screen-to-body ratio mencapai 84% yang membuat dimensinya sangat ringkas, sehingga cocok bagi pengguna dengan mobilitas tinggi.

Kinerja Asus Vivobook 16X M1603QA ini tak perlu diragukan lagi dengan prosesor AMD Ryzen 5 5600H kelas gaming yang ditandemkan dengan RAM sebesar 16GB. Storage dan RAM laptop ini juga dapat di-upgrade. Selain itu, bodi laptop ini tangguh dengan standar militer. Harga laptop ini saat artikel ini dibuat berada di kisaran Rp 8.999.000.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru laptop Asus Vivobook 16X M1603QA di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus Vivobook 16X M1603QA

  • Layar IPS Level LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel, 300 nits, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor AMD Ryzen 5 5600H hexa-core (12 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,2GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 7 iGPU
  • Memori RAM 16GB DDR4-3200MHz, upgradeable to 16GB
  • Storage SSD 512GB PCIe 3.0 x4 M.2
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, combo audio jack
  • Keyboard ErgoSense dengan backlight dan fitur ASUS Antibacterial Guard
  • Fitur keamanan sensor sidik jari (Fingerprint Sensor) dengan Windows Hello
  • Dual Speaker stereo, DTS Audio, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p with privacy shutter
  • Baterai 3 Cell 3S1P 50WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 Asli pre-installed
  • Tangguh dengan US MIL-STD 810H
  • Dimensi 35.84 x 24.77 x 1.99 ~ 1.99 cm berat 1.88 kg
  • Warna Quiet Blue dan Transparent Silver

3. Acer Swift Go 14 SFG14-41 -- Performa kencang, bobot paling ringan

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Bagi pembaca Laptophia yang membutuhkan laptop yang ringkas, tipis, dan ringan untuk menunjang mobilitas dengan harga di bawah 10 juta? Kandidat terbaiknya adalah Acer Swift Go 14 SFG14-41. Laptop ini mengusung konsep mirip ultrabook dengan ukuran yang ringkas dan tipis, ketebalannya hanya 15,9mm dan bobotnya pun hanya 1,35 kilogram saja. Jelas, Acer Swift Go 14 SFG14-41 tidak membebani punggung saat harus mobile.

Performa laptop Acer Swift Go 14 SFG14-41 ini tak bisa dipandang sebelah mata dan cukup powerful dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 7530U generasi Barcelo Refresh hexa-core (12 thread) dengan arsitektur Zen 3 yang berlari dengan kecepatan 2GHz dengan Turbo maksimal 4,5GHz. Laptop tipis dan ringan ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB jenis LPDDR4X-4266MHz dual-channel onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Kemampuan visual Acer Swift Go 14 SFG14-41 cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan layar berukuran 14 inci yang menggunakan teknologi IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi 2.5K WQHD 2560 x 1440 piksel, dengan 100% sRGB color gamut yang membuatnya mampu menampilkan gambar yang tajam dan colorful untuk menikmati konten multimedia maupun bekerja.

Harga laptop Acer Swift Go 14 SFG14-41 terbaru saat artikel ini dibuat adalah Rp 9.499.000, cukup menarik bukan?

Anda dapat cek harga dan promo Acer Swift Go SFG14-41 R8RK di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Acer Swift Go 14 SFG14-41

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, aspek rasio 16:9, 100% sRGB color gamut, Acer ComfyView, Narrow Bezel
  • Prosesor AMD Ryzen 5 7530U hexa-core (12 thread) dengan kecepatan 2GHz Turbo maksimal 4,5GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 7 iGPU
  • Memori RAM 16GB LPDDR4X-4266MHz, onboard
  • Storage SSD 512GB PCIe 4.0 x4 M2 NVMe
  • Konektivitas WiFi 6E IEEE 802.11 a/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.2, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support Data Transfer, DisplayPort, dan Power Delivery), Port HDMI, port combo audio
  • Fitur keamanan fingerprint sensor dengan Windows Hello
  • Speaker stereo dengan teknologi DTS Audio dan Acer True Harmony
  • Kamera webcam dengan resolusi full HD 1080p dilengkapi Acer Temporal Noise Reduction
  • Baterai 3 cell 48WHr lithium ion hingga 14,5 jam penggunaan
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 Asli pre-installed
  • Dimensi 321.7 (W) x 211.7 (D) x 15.9 (H) mm berat 1,35 kilogram
  • Warna Rose Sakura

4. MSI Bravo 15 B7ED 006ID -- Gamer wannabe

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Butuh laptop gaming, tapi dana di bawah 10 juta? Salah satu kandidat terbaiknya menurut Laptophia adalah MSI Bravo 15 B7ED 006ID. Kemampuan laptop MSI Bravo 15 B7ED 006ID ini untuk memainkan game terkini tak perlu diragukan dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 7535HS generasi Rembrandt Refresh hexa-core 12 thread dengan arsitektur Zen 3+ yang berlari dengan kecepatan 3,3GHz dengan Turbo maksimal 4,55GHz dan ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 8GB jenis DDR5 dual-channel dengan kecepatan 4800MHz. Laptop ini dilengkapi dua slot SODIMM untuk upgrade memori hingga 64GB DDR4.

Sisi grafis, laptop gaming MSI Bravo 15 B7ED 006ID andalan Micro-Star International mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari AMD Radeon 680M iGPU ditandemkan grafis diskrit AMD radeon RX 6550M. Grafis terintegrasi AMD Radeon 680M iGPU sudah sangat bertenaga karena mengusung arsitektur RDNA 2 dengan mengusung 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2200MHz dengan antarmuka memori system shared.

Tak hanya itu, MSI Bravo 15 B7ED 006ID juga dibekali dengan grafis mandiri dari AMD Radeon RX 6550M yang berbasis chip Navi 24 yang menggunakan arsitektur RDNA 2. Grafis AMD Radeon RX 6550M ini mengandalkan 1024 shader core berkecepatan 2560MHz dan turbo 2840MHz yang dipadukan dengan 64 TMUs, dan 32 ROPs. Kartu grafis AMD Radeon RX 6550M yang diusung oleh laptop gaming MSI Bravo 15 B7ED 006ID ini dikawinkan dengan memori VRAM 4GB GDDR6 berkecepatan 18Gbps dengan antarmuka memori 64-bit.

Tak hanya menawarkan performa prosesor kencang dan grafis diskrit, laptop gaming MSI Bravo 15 B7ED 006ID ini juga dibekali dengan layar 15,6 inci dengan refresh rate 144Hz yang smooth. Harga laptop MSI Bravo 15 B7ED 006ID saat artikel ini adalah Rp 9.999.000.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru laptop gaming MSI Bravo 15 B7ED 006ID di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi MSI Bravo 15 B7ED 006ID

  • Layar IPS-Level LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, 45% NTSC color gamut, refresh rate 144Hz, Anti-Glare Panel, Thin Bezel Design
  • Prosesor AMD Ryzen 5 7535HS hexa-core (12 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,55GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 680M iGPU dan AMD Radeon RX 6550M VRAM 4GB GDDR6
  • Memori RAM 8GB DDR5 4800MHz, upgradeable to 64GB DDR5
  • Storage SSD 512GB PCIe 4.0 x4 M.2 NVMe + 1 slot M.2 kosong
  • Konektivitas WiFi 6E 802.11 ax, Bluetooth 5.3, Gb LAN (RJ45), Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C (support Data Transfer dan DisplayPort), Port USB 2.0, Port HDMI, port combo audio 3,5mm
  • Gaming Keyboard dengan single Blue backlight, WASD highlight
  • 2 x 2W Stereo speaker, Nahimic Sound 3 Technology, Hi-Res Audio, MSI Audio Boost
  • Kamera webcam HD type (30fps@720p)
  • Baterai 3-cell, 53,3 Whr Li-ion
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home asli pre-installed
  • Dimensi 359 x 259 x 24.9 mm berat 2,25 kg
  • Warna Hitam

5.  Acer Aspire Vero AV14-52P -- Ramah lingkungan, andal dengan Intel EVO

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Dana di bawah 10 juta, tetapo butuh laptop yang andal untuk mobilitas? Salah satu kandidat terbaik menurut Laptophia adalah Acer Aspire Vero AV14-52P. Keunggulan utama laptop besutan Acer ini adalah sudah tersertifikasi Intel EVO yang menunjukkan keandalannya. Untuk mendapatkan sertifikasi Intel EVO, harus memenuhi berbagai syarat, antara lain:

  • Performa responsif dan konsisten saat menggunakan daya baterai
  • Bangun dari mode sleep untuk siap di gunakan dalam waktu di bawah 1 detik
  • Masa pakai baterai untuk bekerja minimal 9 jam
  • Dilengkapi fitur fast charge dengan kriteria charge bawah 30 menit untuk penggunaan selama 4 jam

Selain mengantongi sertifikasi Intel EVO, laptop Acer Aspire Vero AV14-52P juga ramah lingkungan karena menggunakan material plastik PCR (post-consumer recycled) sebanyak 30%, sementara pada bagian keyboard terdapat 50% elemen plastik PCR yang menghemat sekitar 21% emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni. 

Performa laptop andalan Acer ini terbilang kompeten dengan dukungan prosesor Intel Core i5-1335U 10-core (12 thread) generasi Raptor Lake atau Intel Core generasi ke-13 yang terdiri dari dual-core P-core 1,3 GHz TurboBoost 4,6GHz + octa-core E-core 0,9GHz TurboBoost 3,4GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB LPDDR4x-4266MHz dual channel onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Saat artikel ini Laptophia tulis, harga laptop Acer Aspire Vero AV14-52P berada di kisaran Rp 9.999.000.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru laptop Acer Aspire Vero AV14-52P di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Acer Aspire Vero AV14-52P

  • Layar IPS LCD Acer CineCrystal Narrow Bezel dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 300 nits, Acer ComfyView, Acer Bluelight Shield, 100% sRGB color gamut
  • Prosesor Intel Core i5-1335U 10-core (12 thread) terdiri dari dual-core P-core 1,3 GHz TurboBoost 4,6GHz + octa-core E-core 0,9GHz TurboBoost 3,4GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (80 EUs)
  • Memori RAM 16GB LPDDR4x-4266MHz, onboard
  • Storage hard disk SSD 512GB PCIe 4.0 x4 M.2 NVMe
  • Konektifitas Wi-Fi 6E Intel Killer 1675i IEEE 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.2, Port USB 3.2 Gen1, Port USB Type-C Thunderbolt 4 (support Data Transfer, Power Delivery, dan DisplayPort), Port HDMI, port combo audio
  • Stereo speaker dengan Acer TrueHarmony
  • Fitur keamanan sensor sidik jari Acer Bio-Protection yang mendukung Windows Hello
  • Kamera webcam dengan resolusi full HD 1080p dilengkapi Acer Temporal Noise Reduction
  • Baterai 3 Cell 50WHrs, penggunaan hingga 11 jam
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 Asli Pre-installed
  • Dimensi 328.6 (W) x 223.5 (D) x 17.9 (H) mm berat 1,5kg
  • Warna Cobblestone Grey, Starry Black, dan Mariana Blue

6. Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA -- Layar OLED termurah!

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Butuh laptop dengan layar kualitas premium, tetapi budget terbatas? Laptop murah dengan layar terbaik saat ini adalah Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA. Sesuai namanya, keunggulan utama laptop Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA adalah dibekali layar 15,6 inci yang lega dengan teknologi panel OLED yang mampu menghasilkan warna akurat dan tampilan visual terbaik di kelasnya. Sejauh ini, layar OLED biasanya hanya tersedia di laptop kelas atas dan premium saja.

Layar di laptop andalan Asus ini sudah menggunakan bezel tipis NanoEdge Display berukuran 15,6 inci jenis OLED resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menampilkan warna yang vivid dengan kecerahan 400 nits yang cemerlang.

Teknologi layar Asus OLED mampu menghadirkan kualitas visual yang jauh lebih baik dan mampu menampilkan warna lebih banyak serta akurat dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya. Layar OLED di Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA juga sudah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR serta PANTONE Validated Display dengan color gamut 100% DCI-P3 guna menjamin akurasi warnanya.

Tak hanya mengandalkan layar yang terbaik di kelasnya, performa Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA sudah memadai untuk mena ngani komputasi sehari-hari dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 3 7320U generasi Mendocino yang mengusung quad-core (8 thread) dengan arsitektur Zen 2 yang berlari dengan kecepatan 2,4GHz dengan Turbo maksimal 4,1GHz. Tak hanya itu, Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA ini juga didukung oleh memori RAM berkapasitas 8GB jenis LPDDR5 dengan kecepatan 5500MHz dual-channel onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Harga Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA terbaru saat Laptophia menulis artikel ini adalah Rp 7.499.000. 

Anda dapat cek harga dan promo laptop Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus Vivobook Go 15 OLED E1504FA

  • Layar OLED berukuran 15,6 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 400 nits, 100% DCI-P3 color gamut, PANTONE validated, VESA DisplayHDR True Black, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor AMD Ryzen 3 7320U quad-core (8 thread) dengan kecepatan 2,4GHz Turbo maksimal 4,1GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 610M iGPU
  • Memori RAM 8GB LPDDR5-5500MHz dual-channel, onboard
  • Storage SSD 256GB atau 512GB PCIe 3.0 x4 M.2
  • Konektivitas WiFi 6E 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.3, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, combo audio jack
  • Fitur keamanan sensor sidik jari (Fingerprint Sensor) dengan Windows Hello
  • Dual Speaker stereo, DTS Audio, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p with privacy shutter
  • Baterai 3 Cell 3S1P 50WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 Asli pre-installed
  • Tangguh dengan US MIL-STD 810H
  • Dimensi 32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm berat 1.63 kg
  • Warna Cool Silver dan Mixed Black

7. Advan Workplus -- Best bang for the buck!

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Pembaca Laptophia mencari sebuah laptop dengan performa tinggi yang menawarkan rasio price/performance tertinggi dengan harga di bawah 10 juta? Jawaban yang paling tepat mungkin adalah Advan Workplus. Laptop ini bisa dikatakan sebagai 'best bang for the buck' dalam rekomendasi laptop terbaik 2023 kali ini.

Performa kencang menjadi keunggulan utama laptop Advan Workplus ini berkat dukungan prosesor AMD Ryzen 5 6600H yang sangat powerful karena mengusung arsitektur Zen 3+ yang powerful dengan konsumsi daya efisien. Prosesor ini mengusung 6-cere dengan 12 thread ditandemkan RAM 16GB yang membuatnya andal untuk multitasking dan beban komputasi menengah lainnya. 

Selain performa prosesor kencang, kemampuan grafis laptop Advan Workplus tetap patut diperhitungkan untuk kelas harganya dengan dukungan grafis terintegrasi AMD Radeon 660M iGPU sudah sangat bertenaga karena mengusung arsitektur RDNA 2 dengan mengusung 384 shader core, 24 TMUs, dan 16 ROPs yang berlari dengan kecepatan 1900MHz dengan antarmuka memori system shared.

Laptop Advan Workplus ini juga didukung kemampuan visual yang bersaing di kelasnya dengan layar berukuran 14 inci yang menggunakan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) LCD LED backlight dengan resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel dengan aspek rasio 16:10. Harga resmi laptop Advan Workplus adalah Rp 6.999.000.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru laptop Advan Workplus di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Advan Workplus

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel, aspek rasio 16:10, 45% NTSC Color Gamut, 250 nits brightness, anti-glare, Narrow Bezel
  • Prosesor AMD Ryzen 5 6600H hexa-core (12 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,5GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 660M iGPU
  • Memori RAM 16GB LPDDR5-6400, dual-channel, onboard
  • Storage SSD 512GB PCIe 3.0 x4 NVMe M.2 (tersedia 1x slot M.2 tambahan)
  • Konektivitas WiFi 6 802.11 2x2 AX, Bluetooth 5.1, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C (support data transfer, power delivery, DisplayPort), Port HDMI, card reader, port combo audio 3,5mm
  • 2 x 2W Stereo speaker
  • Kamera depan atau webcam HD 720p
  • Keyboard dengan white backlight
  • Fitur keamanan sensor sidik jari dengan Windows Hello
  • Baterai 4 cells Lithium-polymer battery, 58Wh, 5050mAh
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home asli pre-installed
  • Dimensi 313.8 x 222 x 17.87mm berat 1,3 kg
  • Warna Silver

8. HP 245 G10 -- Laptop bisnis kencang, terjangkau

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Pekerja kantor atau perusahaan biasanya membutuhkan sebuah laptop kelas bisnis yang andal dan sanggup menangani beban kerja masa kini. Salah satu laptop kelas bisnis yang terjangkau dan kencang adalah HP 245 G10.  Laptop yang dirancang untuk bisnis biasanya sedikit berbeda dengan laptop konsumer. Keandalan dan fitur keamanan menjadi dua keunggulan utama laptop kelas bisnis.

Berbicara soal kinerja, laptop bisnis HP 245 G10 cukup kencang di kelasnya dan sanggup menangani multitasking karena sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 3 7230U generasi Mendocino yang ditandemkan RAM 8GB LPDDR5 yang responsif lengkap dengan dukungan dual-channel. 

Selain daya tahannya yang andal, HP 245 G10 juga dipersenjatai dengan baterai yang memadai untuk menunjang mobilitas pebisnis dengan HP Long Life kapasitas 3-cell 41Whr. Laptop ini tampil dengan balutan casing hitam yang elegan. Satu-satunya kekurangan laptop kelas bisnis andalan Hewlett Packard ini adalah layarnya masih mengusung resolusi HD saja. Harga resmi laptop HP 245 G10 adalah Rp 5.999.000.

Anda dapat cek harga dan promo laptop bisnis HP 245 G10 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi HP 245 G10

  • Layar TN LCD dengan BrightView WLED backlight 14 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel, 250 nits, 45% NTSC color gamut, MicroEdge bezel
  • Prosesor AMD Ryzen 3 7320U quad-core (8 thread) dengan kecepatan 2,4GHz Turbo maksimal 4,1GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 610M iGPU
  • Memori RAM 8GB LPDDR5-6400MHz dual-channel, onboard
  • Storage SSD 512GB PCIe NVMe M.2
  • Konektivitas WiFi 6 802.11a/b/g/n/ac/ax (1x1), Bluetooth 5.3 Combo, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C (Data transfer only, 5 Gb/s signaling rate), Port HDMI, card reader, port combo audio
  • Audio dual speaker
  • Kamera HP TrueVision HD 720p Camera with temporal noise reduction and integrated digital microphone
  • Baterai HP Long Life 3-cell (41 WHr) Li-ion, HP Fast Charge (50% dalam 45 menit)
  • Sistem operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home & Student 2021 original
  • Dimensi 32.4 x 21.5 x 1.79 cm berat 1,36kg
  • Warna Black

9. Lenovo IdeaPad 1 14AMN7 -- Fitur lengkap, harga terjangkau

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Laptop murah tidak selalui identik dengan performa yang lambat atau pas-pasan. Salah satu laptop murah terbaru yang menawarkan kinerja tinggi adalah Lenovo IdeaPad 1 14AMN7. Keunggulan laptop ini adalah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 3 7320U quad-core generasi Mendocino terbaru yang dirancangf khusus untuk laptop murah berkinerja tinggi. Tak hanya kencang, prosesor anyar andalan AMD ini sudah menggunakan teknologi fabrikasi 6nm yang membuat konsumsi dayanya sangat efisien.

Laptop Lenovo IdeaPad 1 14AMN7 ini dibekali dengan RAM LPDDR5-5500 guna mendongkrak performanya dalam menjalankan banyak aplikasi. Sejauh ini tak banyak laptop murahj yang sudah menggunakan RAM generasi DDR5. Performanya kian responsif dengan dukungan storage SSD PCIe 4.0 berkapasitas 256GB yang responsif. Penampilan laptop Lenovo IdeaPad 1 14AMN7 ini cukup elegan dengan desain minimalis yang tersedia dalam dua varian warna, yakni Cloud Grey dan Sand. 

Harga laptop kelas entry-level Lenovo IdeaPad 1 14AMN7 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 6.699.000. 

Review Lenovo IdeaPad 1 14AMN7

Spesifikasi Lenovo IdeaPad 1 14AMN7

  • Layar TN LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 45% NTSC Color Gamut, 220 nits brightness, anti-glare, Narrow Bezel
  • Prosesor AMD Ryzen 3 7320U quad-core (8 thread) dengan kecepatan 2,4GHz Turbo maksimal 4,1GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 610M iGPU
  • Memori RAM 8GB LPDDR5-5500MHz dual-channel, onboard
  • Storage SSD 256GB M.2 PCIe 4.0 x4 2242 NVMe
  • Konektivitas WiFi 6 802.11 2x2 ax, Bluetooth 5.1 Combo, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C (support data transfer only), Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, port combo audio 3,5mm
  • 2 x 1,5W stereo speaker, Dolby Audio
  • Kamera depan 720p webcam with privacy shutter
  • Baterai 3 Cell 42WHr lithium polymer dengan daya tahan hingga 9 jam (MobileMark 2018)
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi 325.3 x 216.5 x 17.9 mm berat 1,38 kg
  • Warna Cloud Grey dan Sand
Anda dapat cek harga dan promo laptop Lenovo IdeaPad 1 14AMN7 3HID terbaru di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

10. Asus Vivobook 14 A1400EA -- Harga paling murah, performa masih mantap

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 Harga di Bawah 10 Juta, Pilih Mana?


Asus Vivobook 14 A1400EA adalah salah satu laptop paling murah, tetapi masih menawarkan performa yang bisa diandalkan. Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Pentium Gold 7505 generasi Tiger Lake yang menggunakan teknologi fabrikasi 10nm+ yang efisien dan ditandemkan dengan RAM 8GB DDR4.

Kelebihan prosesor Intel Pentium Gold 7505 yang digunakan oleh laptop Asus Vivobook 14 A1400EA adalah performanya yang masih lebih kencang dari Intel Celeron, Pentium Silver atau Athlon Gold yang biasanya digunakan oleh laptop dengan kelas harga yang sama. Selain itu, RAM dan storage Vivobook 14 A1400EA masih dapat di-upgrade jika dibutuhkan.

Selain itu, Asus Vivobook 14 A1400EA sudah dibekali dengan layar berteknologi NanoEdge Display berukuran 14 inci jenis TN (Twisted Newmatic) panel LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menampilkan warna 45% NTSC color gamut. Sementara pesaignya masih ada yang menggunakan layar de ngan resolusi HD.

Harga laptop Asus Vivobook 14 A1400EA terbaru saat artikel ini Laptophia tulis adalah Rp 5.199.000.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru laptop Asus Vivobook 14 A1400EA di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus Vivobook 14 A1400EA

  • Layar TN TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Pentium Gold 7505 dual-core (4 thread) 2GHz TurboBoost 3,5GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics Xe G4 (48 EUs)
  • Memori RAM 8GB DDR4-3200MHz, upgradeable to 16GB
  • Storage SSD 256GB PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe + tersedia satu drive bay 2,5 inch untuk HDD/SSD SATA
  • Konektifitas WiFi 5 802.11 ac (2x2), Bluetooth 4.1, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, combo audio jack
  • Dual Speaker stereo, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi VGA
  • Baterai 2 Cell 2S1P 37WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 Asli pre-installed
  • Dimensi 32.54 x 21.60 x 1.99 cm berat 1.55 kg
  • Warna Indie Black dan Transparent Silver

Penutup

Demikian adalah rekomendasi laptop terbaik 2023 dengan harga di bawah 10 juta versi Laptophia. Semoga dengan adanya ulasan di atas, dapat membantu konsumen dan pembaca untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Anda mungkin suka:Review Asus Vivobook Pro 16 OLED K6602VU: Layar Terbaik, Performa Ngebut untuk Kreasi Konten
10 komentar

10 komentar

  • Yudi
    Yudi
    22 Oktober 2023 pukul 17.32
    Review-review di youtube untuk Advan WorkPlus sepertinya banyak yang positif. Jadi tertarik beli...
    • Yudi
      Ditya Pandu
      2 November 2023 pukul 23.04
      Gass angkut Advan Workplusnya kak
    Reply
  • Niken
    Niken
    17 Oktober 2023 pukul 08.46
    Terima kasih referensinya...
    • Niken
      Ditya Pandu
      2 November 2023 pukul 23.04
      Terima kasih telah berkunjung
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    7 Oktober 2023 pukul 14.16
    Mantep nih rekomendasinya... Btw emang kelebihannya apa layar OLED itu?
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      16 Oktober 2023 pukul 19.46
      Wah banyak banget... Kayak layar AMOLED gitu di smartphone. Lain kali deh aku bikin ulasannya khusus teknologi layar laptop
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    7 Oktober 2023 pukul 13.25
    Mantap! Terima Kasih kak, ulasannya ngebantu banget buat milih laptop 😁
    • Anonim
      Ditya Pandu
      16 Oktober 2023 pukul 19.45
      Terima kasih sudah berkunjung, kak...
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    6 Oktober 2023 pukul 08.42
    Buset... Panjang bener ulasannya. Cocok nih buat yang butuh laptop spek bagus dengan harga under 10 juta 🤔
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      16 Oktober 2023 pukul 19.45
      Ya kan mau ngasih rekomendasi, ya harus lengkap beserta alasannya... Masak pendek dan cuma nyebutin type doang hehehe
    Reply