eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli! - Beberapa tahun yang lalu, laptop kelas entry-level dan mainstream umumnya dibekali dengan layar resolusi HD 1366 x 768 piksel. Resolusi 1366 x 768 piksel sebenarnya bukan standar HD, tetapi salah satu standar resolusi layar saat ini. resolusi HD sendiri adalah 1280 x 720 piksel. Kini resolusi layar laptop yang beredar di pasaran lebih bervariasai, ada HD, full HD, 2.5K, 2.8K, Quad HD, dan bahkan 4K UHD untuk laptop kelas atas.

Sedangkan untuk laptop terjangkau atau kelas entry-level, ada dua pilihan resolusi layar yang paling umum, yakni HD dan Full HD. Awalnya, layar dengan resolusi Full HD hanya terdapat di laptop kelas menengah dan atas, tetapi kini mulai merambah segmen entry-level. Lalu piih mana laptop dengan layar HD atau Full HD? Berikut ini ulasan singkat mengenai layar HD vs Full HD di laptop dan apa saja perbedaan keduanya.

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!


Apa Itu Resolusi Layar?

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!
credit: Gadgetsalvation.com

Bagi yang masih awam, tentu banyak yang bertanya apa sih resolusi layar itu? Resolusi adalah pengukuran jumlah piksel (elemen gambar atau titik warna individual) yang dapat dimuat pada tampilan layar. Dalam pernyataan yang lebih sederhana, resolusi menggambarkan ketajaman, atau kejelasan, suatu gambar atau gambar. Hal ini dinyatakan dalam jumlah piksel yang dapat ditampilkan baik secara horizontal maupun vertikal. Semakin banyak jumlah piksel yang dapat ditampilkan layar, maka akan semakin tajam dan jelas. 

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, resolusi sendiri faktor penting untuk mengukur kualitas visual gambar digital, foto dan video. Layar dengan resolusi yang lebih tinggi menandakan di dalamnya terdapat lebih banyak piksel, yang berarti dapat menampilkan informasi visual lebih banyak, tajam, dan padat. Hasilnya, layar laptop dengan resolusi tinggi lebih tajam dan jernih dibandingkan layar laptop dengan resolusi rendah. 

Seperti yang sudah Laptophia singgung di atas, resolusi layar secara teknis adalah jumlah piksel yang dapat ditampilkan baik secara horizontal maupun vertikal. Berikut ini standar resolusi yang paling populer:

  • Standard Definition atau SD: 720 x 480 piksel
  • High Definition atau HD: 1280 x 720 piksel
  • Full High Definition atau FHD: 1920 x 1080 piksel
  • Quad High Definition atau QHD: 2560 x 1440 piksel
  • Wide Quad High Definition atau WQHD: 3440 x 1440 piksel
  • Ultra High Definition atau UHD: 3840 x 2160 piksel.

Sedangkan layar yang digunakan oleh laptop terjangkau saat ini rata-rata masih menggunakan resolusi 1366 x 768 piksel yang secara teknis sudah memenuhi kualifikasi sebagai layar HD, meski tidak sama persis dengan standarnya. Ini disebabkan karena standar dan standar resolusi monitor agak berbeda.

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 16 OLED K6602VU: Layar Terbaik, Performa Ngebut untuk Kreasi Konten

Perbedaan Layar Full HD vs HD

Lalu apa bedanya layar dengan resolusi Full HD vs HD? Layar resolusi HD khususnya untuk laptop kita asumsikan sebagai layar yang mampu menampilkan resolusi 1366 x 768 piksel. Sedangkan layar resolusi full HD adalah layar yang mamou menampilkan resolusi 1920 x 1080 piksel. Berikut ini perbedaan teknis layar Full HD vs HD di sebuah laptop dengan layar berukuran 14 inci:

HD

  • Ukuran layar 14,1 inci
  • Resolusi 1366 x 768 piksel
  • Aspek rasio 16:9
  • Jumlah piksel 1.049.088
  • Kerapatan layar 111,94 ppi (pixel per inch)

Full HD

  • Ukuran layar 14,1 inci
  • Resolusi 1920 x 1080 piksel
  • Aspek rasio 16:9
  • Jumlah piksel 2.073.600
  • Kerapatan layar 157 ppi (pixel per inch)

Berdasarkan perbedaan teknis yang Laptophia jabarkan di atas, sebuah layar laptop 14 inci dengan resolusi Full HD mampu menampilkan jumlah piksel dua kali lipat lebih banyak dari layar HD. Tak hanya itu, layar dengan resolusi full HD juga memberikan kerapatan atau kepadatan yang lebih tinggi, yakni mencapai 157 piksel per inci.

Ini berarti laptop dengan layar 14 inci resolusi full HD mampu menghasilkan kualitas visual yang lebih tinggi, tajam, dan padat jika dibandingkan dengan layar resolusi HD biasa. Perbedaan ini cukup berpengaruh saat laptop tersebut digunakan untuk bekerja sehari-hari dengan Office, editing, dan juga menikmati konten multimedia.

Perbandingan Laptop Layar Full HD vs HD

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!


Sebelumnya banyak pertanyaan yang muncul dari pembaca Laptophia, apakah ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan antara laptop dengan layar Full HD vs HD untuk komputasi sehari-hari? Tentu saja. Tim Laptophia pernah bekerja bertahun-tahun dengan layar resolusi HD 1366 x 768 piksel dan juga laptop dengan layar full HD 1920 x 1080 piksel. 

Kebetulan Asus Indonesia berbaik hati mendukung ulasan tim Laptophia kali ini dengan mengirimkan dua buah laptop dengan layar 14 inci, yakni Vivobook 14 A416MAO yang menggunakan layar resolusi full HD dan Vivobook 14 A416JA yang masih menggunakan layar resolusi HD. Berikut ini perbandingan kualitas visual antara laptop dengan layar resolusi full HD vs HD dengan ukuran 14 inci.

Penggunaan Sehari-hari

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Untuk penggunaan sehari-hari, umumnya menggunakan sistem operasi Windows besutan Microsoft. Pengguna akan lebih sering berinteraksi dengan antarmuka Windows untuk bernavigasi seperti Taskbar, Start Menu, kolom search, dan sebagainya. 

Pada gambar di atas, sudah terlihat perbedaan yang cukup signifikan antara laptop dengan layar Full HD vs HD. Layar full HD mampu menampilkan gambar yang lebih tajam, ikon-ikon yang lebih halus, dan terlihat lebih padat karena memang jumlah pikselnya lebih banyak. Sedangkan layar HD, ikon-ikon terlihat lebih kasar dan cenderung pixelated (kotak-kotak piksel penyusun gambar) ketika dilihat lebih dekat. Hal ini disebabkan jumlah piksel yang lebih sedikit.

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Pada gambar kedua, semakin terlihat perbedaan kualitas yang signifikan antara layar dengan resolusi full HD dan HD. Layar dengan resolusi full HD mampu menampilkan teks lebih jelas, tajam, dan pinggirannya lebih halus. Sedangkan layar resolusi HD menampilkan tulisan yang pixelated, kurang tajam, dan tentu saja agak kasar jika dilihat lebih dekat.

Microsoft Office


Laptophia mencoba menjalankan aplikasi Microsoft Office yang umumnya digunakan oleh pengguna laptop untuk bekerja. Seperti yang pembaca lihat di atas, apikasi persentasi Microsoft Office di layar Full HD mampu menampilkan workview yang lebih luas, sehingga pengguna tidak keseringan melakukan scrolling. Sedangkan di laptop layar HD, workview lebih sempit dan ketika bertemu file PowerPoint yang lebih banyak slide-nya, pengguna harus lebih sering melakukan scrolling.

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Hal yang sama Laptophia temui saat menjalankan aplikasi spreadsheet dari Microsoft Excel. Laptop dengan layar Full HD mampu menghasilkan baris dan kolom yang lebih banyak, yakni 28 baris dan hingga kolom W. Sedangkan di laptop dengan layar resolusi HD, hanya mampu menampilkan kolom yang lebih sedikit, yakni 22 baris dan kolom T.

Workview yang lebih luas dan menampilkan kolom dan baris lebih banyak di layar full HD dapat meningkatkan produktivitas karena pengguna akan jarang melakukan scrolling saat menangani file Excel yang besar, serta tabel yang rumit. Sebenarnya jumlah kolom dan baris ini masih bisa disesuaikan dengan menggunakan fasilitas scaling atau zoom. Meski demikian, kualitas visual laptop dengan layar Full HD tetap lebih superior.

Multimedia 

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Seperti yang sudah Laptophia singgung di atas, laptop dengan layar resolusi full HD 1920 x 1080 piksel menampilkan jumlah piksel yang lebih banyak, sehingga mampu menghasilkan kualitas visual yang lebih imersif, tajam, dan lebih padat jika dibandingkan dengan laptop dengan layar resolusi HD.

Hal ini juga berpengaruh pada pengalaman menikmati konten multimedia. Laptophia menjajal streaming video YouTube dengan resolusi video yang sama untuk kedua laptop, yakni Full HD 1080p. Meski streaming video yang sama, ternyata setelah Laptophia amati, terdapat perbedaan kualitas visual yang cukup kentara. 

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Gambar di atas menunjukkan bahwa laptop dengan layar full HD mampu menghasilkan detail burung dengan lebih baik, tajam, dan tidak terlihat pixelated. Sementara tulisan di atasnya yang berwarna putih itu juga terlihat lebih padat dan halus. Sedangkan di laptop dengan layar HD, tampak detail burung agak kasar, background blur-nya terlihat pixelated, dan tulisan di atasnya pun juga agak kasar. 

Browsing

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Browsing juga merupakan aktivitas yang umum dilakukan pengguna laptop masa kini. Laptop dengan layar resolusi full HD mampu menampilkan webview yang lebih luas dibandingkan dengan laptop dengan layar HD. Pembaca dapat melihat white space di laptop sebelah kiri lebih luas daripada  laptop sebelah kanan yang menggunakan layar HD. Untuk website dengan desain yang lebih kompleks dan lebar, tentu layar resolusi full HD lebih nyaman.

Editing

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Anda sering bergelut dengan aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop atau aplikasi video editor seperti Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect akan lebih nyaman dengan layar Full HD. Aplikasi editor tersebut biasanya menampilkan banyak panel instrumen seperti timeline, preview window, effect, dan sebagainya. Jika menggunakan laptop dengan layar HD, tampilan terlihat lebih rumit dan pengguna banyak melakukan scroling.

Pada gambar di atas, Laptophia hanya menjalankan aplikasi image viewer dari Fastone Image Viewer yang tergolong sederhana. Laptop dengan layar Full HD lebih leluasa menampilkan folder lebih banyak dan tab explorer lebih panjang. Sedangkan laptop dengan layar HD tampak lebih sempit. 

Baca juga:Review Asus Vivobook 14X K3405VF, Performa Kencang dengan Harga Terjangkau

Mengapa Pilih Laptop Layar Full HD?

Laptop Layar Full HD vs HD, Pilih Mana? Wajib Baca Sebelum Beli!

Kadang sebagian orang terlalu sibuk dengan spesifikasi lain seperti prosesor, RAM, dan kapasitas SSD sebelum membeli laptop. Hal ini membuat mereka lupa bahwa layar juga merupakan faktor penting saat memilih laptop -- dan layar adalah salah satu komponen laptop yang tidak dapat di-upgrade! Maka pemilihan resolusi layar yang tepat dan sesuai kebutuhan sangar penting sebelum memutuskan membeli laptop.

Setelah membaca dan melihat hasil komparasi laptop dengan layar resolusi full HD vs layar HD yang Laptophia jabarkan di atas, tentunya laptop dengan layar Full HD adalah pilihan tepat. Berikut ini beberapa alasan Laptophia lebih menyarankan untuk memilih laptop dengan layar Full HD:

1. Meningkatkan Produktivitas

Layar dengan resolusi full HD terbukti mampu menampilkan workview yang lebih luas dan menampilkan informasi lebih banyak jika dibandingkan dengan layar resolusi HD. Ini berarti pengguna lebih jarang melakukan scrolling dan waktu kerja menjadi lebih efektif. Tentunya, hal ini dapat mendongkrak produktivitas.

Tak hanya aplikasi office, laptop dengan layar full HD juga dapat menampilkan webview yang lebih luas saat browsing. Hal ini memberikan pengalaman browsing yang lebih nyaman dan lega jika dibandingkan dengan layar resolusi HD biasa.

2. Kualitas Visual yang Lebih Baik

Seperti yang sudah Laptophia singgung di atas, laptop dengan layar resolusi full HD 1920 x 1080 piksel menampilkan jumlah piksel yang lebih banyak. Tak heran, laptop dengan layar resolusi full HD mampu menghasilkan gambar atau tampilan visual yang lebih tajam, ikon dan font lebih halus, dan padat dibandingkan layar HD. Hal ini juga dapat dirasakan saat memainkan konten multimedia seperti video yang mana layar Full HD terlihat lebih tajam dan imersif.

3. Pengaturan Scaling Lebih Luas

Salah satu kelebihan laptop dengan layar Full HD adalah memberikan opsi scaling yang lebih luas. Ini cocok bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan dan menginginkan tampilan tulisan lebih besar tanpa mengurangi kualitas visualnya. Pengguna dapat mengakses fitur scaling ini di Settings > Display. Unit laptop dengan layar full HD yang Laptophia gunakan menyediakan opsi scaling 100 - 175%. Sedangkan layar dengan resolusi HD hanya terbatas di 100 - 125% saja.

4. Mata Tidak Cepat Lelah

Berdasarkan ulasan dari Laptopmag, laptop dengan layar resolusi rendah seperti HD 1366 x 768 menampilkan detail (ikon dan teks) kasar dan berpiksel, sehingga mengurangi kecepatan membaca dan produktivitas, serta meningkatkan kelelahan mata. Ini terjadi karena mata harus berusaha ekstra untuk membaca teks yang agak kasar tadi.

Hal ini tidak ditemui di laptop dengan layar resolusi full HD karena mampu menghasilkan detail dengan lebih tajam dan lebih padat karena jumlah piksel dua kali lipat lebih banyak dari layar HD. Tak hanya itu, gambar yang tajam membuat mata lebih mudah melihat dan membaca teks, sehingga kelelahan mata bisa dikurangi.

5. Harga Terjangkau

Berbeda dengan beberapa tahun lalu yang mana hanya laptop kelas menengah ke atas saja yang dibekali layar dengan resolusi full HD. Saat ini sudah banyak laptop kelas entry-level dengan harga terjangkau yang sudah dipersenjatai dengan layar resolusi full HD. Bahkan vendor laptop seperti Asus gencar menghadirkan laptop terjangkau dengan layar resolusi full HD.

Kesimpulan

Secara umum, laptop dengan layar resolusi full HD adalah pilihan yang tepat untuk saat ini. Harganya yang sudah terjangkau dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan laptop dengan layar HD membuatnya menjadi pilihan yang bijak utuk mendongkrak produktivitas dan pengalaman komputasi yang lebih baik.

Source: GadgetSalvation, LaptopMag, The Guardian, TechTarget

Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus M16 GU604: Powerful, Ringkas, dan Keren!
6 komentar

6 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    23 September 2023 pukul 15.31
    Aku jadi penasaran, laptop yang aku beli ini layarnya udah full HD apa belum ya? Ngeceknya gimana?
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      1 Oktober 2023 pukul 22.15
      Oh itu bisa dicek melalui menu Settings di Windows, kemudian pilih display, nanti ketahuan kok resolusi layarnya berapa
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    23 September 2023 pukul 11.03
    Itu gimana kita bisa Tau layar laptop yang may dibeli HD atau full HD?
    • Anonim
      Ditya Pandu
      1 Oktober 2023 pukul 22.15
      Baca aja lembar spesifikasi teknisnya. kalau full HD 1920 x 1080 piksel dan kalau HD ya 1366 x768 piksel. Atau paling gampang ya nanya sellernya langsung
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    23 September 2023 pukul 09.38
    Era sekarang ya udah saatnya Full HD lah ya... Udah murah juga harganya 😁
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      1 Oktober 2023 pukul 22.14
      Saay sependapat bang. Sekarang layar Full HD rasanya udah spek standar laptop masa kini sih
    Reply