eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Maono DM30 RGB: Mikrofon Kaya Fitur yang Bisa Diandalkan

Review Maono DM30 RGB: Mikrofon Kaya Fitur yang Bisa Diandalkan - Perkembangan teknologi dan internet yang cukup pesat melahirkan profesi baru yang digemari generasi muda, salah satunya adalah content creator. Kreasi kontennya pun bervariasi, mulai dari review, vlog, podcast, streaming, dan juga gaming. Tentunya kreasi konten ini membutuhkan perangkat yang berkualitas, seperti kamera, mikrofon, dan laptop. Salah satu mikrofon yang cukup menarik menurut Laptophia adalah Maono DM30 RGB.

Mikrofon Maono DM30 RGB ini adalah produk terbaru yang belum lama ini memenangkan penghargaan inovasi di ajang CES 2023. Maono sendiri adalah brand asal Tiongkok yang memang sudah berpengalaman bikin produk audio seperti mikrofon, headphone, mixer dan sebagainya. Beberapa waktu lalu Maono mengirimkan unit mikrofon Maono DM30 RGB ini untuk diulas di Laptophia, penasaran? Berikut review Maono DM30 RGB oleh tim Laptophia.

Review Maono DM30 RGB: Mikrofon Kaya Fitur yang Bisa Diandalkan


Paket Pembelian Maono DM30 RGB

Paket Pembelian Maono DM30 RGB

  • Unit mikrofon Maono DM30 RGB Ungu
  • Metal stand
  • Kabel USB dengan antarmuka Type-A dan Type-C
  • User manual

Desain Maono DM30 RGB

Desain Maono DM30 RGB

Saat review Maono DM30 RGB, hal pertama yang menarik perhatian tim Laptophia adalah build quality-nya. Mikrofon USB andalan Maono ini hadir dengan balutan material metal yang tebal dan kokoh. Hanya bagian kenop dan pengunci stand yang terbuat dari bahan plastik. Bagian arm support dan base stand juga terbuat dari bahan metal yang terasa sangat tebal dan berat. Hal ini memberikan keuntungan agar mikrofon Maono DM30 RGB tetap stabil berdiri di meja saat digunakan, serta tidak mudah terguncang atau ambruk.

Desain fisik mikrofon Maono DM30 RGB ini sendiri cukup menarik dengan bentuk tabung silinder dengan dot pattern yang ukurannya cukup besar dan mantap digenggam, serta tersedia dalam empat varian warna meliputi hitam, putih, pink, dan ungu. Sedangkan unit review yang Laptophia terima adalah warna hitam dan ungu. Konsep desainnya terbilang modern dan keren, sehingga cocok untuk podcasting dan streaming gaming.

Hal yang menarik dari desain Maono DM30 RGB adalah dilengkapi dengan RGB light pada bagian bawahnya dan pengguna dapat mengaturnya sesuai selera melalui aplikasi Maono Link. Mikrofone Maono DM30 RGB ini dapat diputar hingga 300 derajat di maunting stand bawaannya sesuai kebutuhan. Selain itu, mikrofon Maono DM30 RGB ini dapat dengan mudah dilepas dari stand bawaannya jika ingin dipasangkan dengan stand lain atau tripod. 

Baca juga:Review Jete S7, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Suara Bertenaga

Desain Maono DM30 RGB

Desain Maono DM30 RGB

Desain Maono DM30 RGB

Desain Maono DM30 RGB

Desain Maono DM30 RGB

Pada review Maono DM30 RGB kali ini, bagian depan mikrofon terdapat kenop yang memiliki banyak fungsi, yakni pencet sekali untuk mute, pencet dan tahan untuk mengganti mode, dan mengatur gain mikrofon, serta volume suara. Bagian bawah kenop tersebut juga terdapat LED indikator yang menampilkan mode mikrofon gain atau volume headphone.

Sementara pada bagian bawah mikrofon Maono DM30 RGB ini terdapat LED RGB yang menyala saat digunakan, port audio 3,5 mm, tombol untuk mengubah warna LED RGB, dan port USB Type-C untuk menghubungkan mikrofon ke perangkat lain.

Review Maono DM30 RGB

Review Maono DM30 RGB


Sehebat apa mikrofon Maono DM30 RGB ini? Tim Laptophia telah menjajal menggunakan mikrofon ini selama kurang lebih hampir sebulan penuh untuk berbagai tugas, antara lain zoom meeting, kreasi konten, dan juga voice over. Sejauh ini performanya memuaskan dan desainnya sangat menarik dengan RGB LED, sehingga cocok untuk streaming game atau podcasting.

Maono DM30 RGB adalah mikrofon tipe condenser yang telah mengusung cardioid polar pattern. Apa itu cardioid polar pattern? Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, cardioid polar pattern adalah pola kutub terarah yang paling umum, dengan kepekaan tertinggi terhadap suara yang datang langsung dari depan kapsul mikrofon (0º), praktis tidak ada kepekaan terhadap suara yang datang langsung dari belakang (180º), dan kepekaan yang berkurang terhadap suara yang masuk dari samping (90º/270º).

Cara menggunakan atau setup mikrofon ini relatif mudah, yakni cukup menancapkan kabel USB ke laptop atau PC dan siap digunakan. Namun, sebelum menggunakan mikrofon Maono DM30 RGB, alangkah baiknya menginstal terlebih dahulu aplikasi Maono Link untuk memudahkan penggunaan dan memaksimalkan fitur yang dimilikinya.

Aplikasi Maono Link

Aplikasi Maono Link

Salah satu keunggulan pada review Maono DM30 RGB kali ini adalah hadirnya aplikasi tambahan untuk memudahkan pengguna mengontrol mikrofon, yakni Maono Link. Aplikasi Maono Link ini berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, tersedia untuk tiga platform sistem operasi yakni Windows, macOS, dan Android. Screenshot di atas adalah aplikasi Maono Link untuk Android.

Lalu fitur dan kontrol apa saja yang dapat dilakukan oleh aplikasi canggih Maono Link ini? Berikut kontrol yang disediakan:

  • Equalizer
  • Limiter
  • Compressor
  • Mikrofon monitoring
  • Volume headphone
  • Mikrofon gain
  • Memilih empat mic tone (Legacy, Deep, Natural, Bright)
  • Pengaturan RGB lighting

Laptophia menilai kehadiran aplikasi Maono Link ini jelas dapat memudahkan pengguna untuk memaksimalkan fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh mikrofon Maono DM30 RGB langsung dari perangkat yang mereka gunakan.

Baca juga:Review Zealot S51, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Harga Terjangkau

Performa

Review Maono DM30 RGB

Sehebat apakah kualitas mikrofon Maono DM30 RGB ini? Jujur saja, tim laptophia agak terkejut dengan kualitas hasil rekaman suara mikrofon USB ini. Laptophia mencoba merekam suara 15 - 20 cm menggunakan smartphone dan laptop, hasilnya lebih baik dari ekspektasi. Suara yang dihasilkan sangat jernih, jelas, dan banyak detail yang ditangkap. Mikrofon andalan Maono ini sangat baik dalam menangkap suara dengan frekuensi tinggi atau high.

Hal ini tak lepas dari dukungan kondensor berkualitas dengan sensitivitas tinggi yang digunakan oleh mikrofon Maono DM30 RGB dipadukan dengan laju pengambilan sampel 24-bit / 48 kHz. Karakter suara yang ditangkap oleh mikrofon ini adalah bright, sehingga terdengar sangat jernih, natural, dan cocok untuk penggunaan podcasting atau bahkan merekam suara vokal untuk menyanyi.

Sayangnya, Maono DM30 RGB ini berdasarkan pengalaman Laptophia masih menangkap sedikit background noise. hal ini sebenarnya tidak mengganggu dan dapat dikurangi dengan menggunakan volume mikrofon di bawah 90%. Tak hanya itu, suara klik mouse dan ketikan keyboard laptop masih kadang masuk dan terekam suaranya oleh Maono DM30 RGB ini. 

Hal ini dirasa wajar mengingat mikrofon Maono DM30 RGB ini dijual dengan harga terjangkau dan menyasar pada pengguna pemula. Karakteristik suara hasil rekaman Maono DM30 RGB ini masih dapat disesuaikan dengan kebutuhan melalui tuning dari aplikasi Maono Link, seperti mengatur equalizer, gain, dan mikrofon tone. Ada empat tone yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni Legacy, Deep, Natural, dan Bright.

Penasaran dengan kualitas rekaman suara menggunakan mikrofon Maono DM30 RGB? Berikut sampel suaea yang telah tim Laptophia rekam menggunakan mikrofon Maono DM30.

Sampel Suara Maono DM30



Kompatibilitas

Review Maono DM30 RGB: Mikrofon Kaya Fitur yang Bisa Diandalkan


Selama proses review Maono DM30 RGB, Laptophia menggunakannya untuk menunjang kreasi konten seperti voice over melalui aplikasi iMovie di Macbook Air M1 yang menggunakan sistem operasi macOS dan juga voice over untuk konten yang diedit menggunakan CapCut di smartphone Android, yakni Realme GT Neo 3. Selain itu, juga digunakan untuk zoom meeting menggunakan laptop Asus Expertbook P2 yang menggunakan OS Windows 11.

Menghubungkan mikrofon Maono DM30 RGB ke smartphone atau tablet Android masa kini cukup mudah bagi Laptophia karena kabel USB bawaan mikrofon ini tersedia antarmuka USB Type-C. Bahkan saat menghubungkan mikrofon ini ke Macbook Air M1, Laptophia tidak perlu menggunakan dongle tambahan.

Review Maono DM30 RGB: Mikrofon Kaya Fitur yang Bisa Diandalkan


Mikrofon Maono DM30 RGB ini dapat bekerja dengan baik dan sempurna di ketiga platform yang telah Laptophia jajal di atas. Bahkan, aplikasi Maono Link untuk mengoptimalkan fitur Maono DM30 RGB juga tersedia di ketiga platform di atas, yakni macOS, Android, dan Windows 11.

Kesimpulan

Secara umum, mikrofon Maono DM30 RGB mampu menunjukkan performa perekaman suara dengan kualitas jernih dan mantap di kelasnya. Mikrofon ini tampil dengan desain yang keren dengan build quality yang sangat solid, serta mudah digunakan. Jelas, Maono DM30 RGB salah satu mikrofon serbaguna yang layak dipertimbangkan bagi gamer, podcaster, content creator, dan sebagainya dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan Maono DM30 RGB

  • Desain keren dengan RGB Light
  • Build quality solid dan kuat
  • Kualitas audio mantap dan jernih
  • Aplikasi Maono Link sangat membantu
  • Mudah digunakan

Kekurangan Maono DM30 RGB

  • -

Harga Maono DM30 RGB

Harga mikrofon Maono DM30 RGB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini di buat adalah US 50 atau sekitar Rp 700 - 800 ribuan. Berdasarkan review Maono DM30 RGB oleh tim Laptophia di atas, mikrofon ini menawarkan performa andal, fitur lengkap, dan harga yang kompetitif.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru mikrofon Maono DM30 RGB di Sini (Klik)

Spesifikasi Maono DM30 RGB

  • Perangkat Pengambilan Suara: Kondensor
  • Material: Logam dan plastik
  • Lampu RGB: 8 mode pencahayaan RGB
  • Pola Kutub: Cardioid
  • Sensitivitas: -4dBFS (1V/Pa pada 1kHz)
  • Respon Frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Perangkat yang Kompatibel: Smartphone Android, Komputer, PC, macOS
  • Kontrol: Tombol depan 1-Sentuh + kombo kenop
  • Sistem yang Kompatibel: Android, Windows, Linux, macOS
  • Konektivitas: USB Type-C
  • Tipe Konektor: USB, Jack 3,5 mm
  • Real Monitoring: output monitor real-time jack headphone 3,5mm
  • Respon Frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Perangkat lunak: Maono Link
  • Ukuran: 100 mm x 100 mm x 219 mm 
  • Berat 480 gram (termasuk stand)
  • Warna: Hitam, Putih, Pink, dan Ungu (unit review warna hitam dan ungu)

Anda mungkin suka:Review Anker Soundcore Life Q30, Headphone Wireless ANC dengan Suara Mantap

4 komentar

4 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    14 Oktober 2023 pukul 19.52
    Mic nya cakep ya... Buat podkest enak kayaknya
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      16 Oktober 2023 pukul 19.57
      Cocok banget buat main podcast atau sekedar bikin voice over
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    2 Juli 2023 pukul 23.48
    Wah cakep ini. Cocoknya buat podcast yak 😂
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      5 Juli 2023 pukul 21.15
      Ini didesain untuk podcast dan game streamer sih, pantes lah... RGB nya yang bikin keren hehehe
    Reply