eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Cara Update Android 12 di Vivo Y33T Melalui OTA

Cara Update Android 12 di Vivo Y33T Melalui OTA - Vivo Y33T adalah salah satu smartphone yang diluncurkan Vivo Indonesia pada April 2022 silam. Smartphone stylish ini hadir menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka FunTouch OS 12. Sejauh ini memang belum ada informasi yang jelas mengenai ketentuan update yang diberikan oleh Vivo untuk seri Y. Namun setidaknya, Vivo Y33T ini mendapat satu kali upgrade OS, yakni Android 12.

Kebetulan saat tim Laptophia mengulas Vivo Y33T, smartphone ini mendapat jatah upgrade ke Android 12. Tak hanya membawa sistem operasi terbaru, update ini juga membawa peningkatan patch keamanan, perbaikan bug, fitur baru, dan juga sejumlah peningkatan stabilitas sistem. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara update Android 12 di smartphone Vivo Y33T melalui OTA (Over The Air) oleh tim Laptophia.

Cara Update Android 12 di Vivo Y33T Melalui OTA


Langkah Update Android 12 di Vivo Y33T

Sebelum memutuskan untuk melakukan upgrade ke Android 12 di Vivo Y33T, lakukan sedikit persiapan agar proses berjalan lancar. Salah satunya adalah pastikan Anda memiliki koneksi internet yang kencang dan stabil. Jika tersedia, gunakan koneksi internet dari WiFi yang lebih stabil. Namun jika tidak tersedia, dapat menggunakan koneksi dari seluler. Pastikan  baterai dalam kondisi penuh atau bisa juga sambil disambungkan ke charger.

Kadang jika update tersedia, langsung muncul notifikasi. Jika tidak, pengguna dapat melakukan pengecekan secara manual. Langkah pertama adalah buka menu Settings > System Update. Sistem secara otomatis akan mendeteksi ketersediaan update Android 12 di Vivo Y33T. Jika sudah tersedia, akan muncul seperti screenshot di bawah ini.


Jika sudah muncul update seperti screenshot di atas, tap Download. Maka sistem akan secara otomatis mengunduh update menggunakan koneksi internet melalui OTA. Pastikan koneksi internet Anda cukup cepat dan stabil. Jika tidak, Anda dapat mencari hotspot atau WiFi terdekat yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi karena file update berukuran cukup besar.

Baca juga:Cara Update Android 12 di Xiaomi Redmi Note 11 Pro Melalui OTA

Ukuran update di unit Vivo Y33T milik Laptophia sekitar 4,29GB, sehingga lamanya proses download bisa bervariasi tergantung kecepatan internet masing-masing. Tim Laptophia membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit untuk menyelesaikan download menggunakan jaringan 4G LTE seluler operator.


Setelah proses download update selesai, maka sistem di Vivo Y33T akan secara otomatis melakukan verifying untuk mengecek keutuhan dan kelengkapan paket update yang telah di-download.


Setelah proses Verifying, maka unit Vivo Y33T secara otomatis melakukan restart dan dilanjutkan dengan proses intelasi upgrade Android 12 seperti gambar di atas. Lamanya waktu instalasi bisa bervariasi, tetapi unit Laptophia membutuhkan waktu sekitar 10 menit.


Setelah proses instalasi update Android 12 selesai, maka smartphone Vivo Y33T ini akan restart untuk yang kedua kalinya dan melakukan proses optimizing apps atau optimasi aplikasi yang sudah terinstal. Lama proses ini tergantung seberapa banyak aplikasi yang terinstal di unit pengguna. Makin banyak aplikasi, tentunya makin lama prosesnya.

Setelah proses restart berhasil, maka unit smartphone Vivo Y33T telah sukses melakukan upgrade dari sistem operasi Android 11 menjadi Android 12 dengan antarmuka yang masih FunTouch OS 12. Demikian artikel langkah upgrade Android 12 di Vivo Y33T melalui OTA, semoga bermanfaat bagi pembaca Laptophia semua.

Review Vivo Y33T

Anda dapat membeli smartphone Vivo Y33T RAM 8GB ROM 128GB dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Vivo Y33T

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka FunTouch OS 12
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8 dilengkapi LED flash + 2 megapiksel lensa aperture f/2.4 (dedicated macro) + 2 megapiksel lensa aperture f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus, sensor BSI 1/3 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh Ultra All Screen 6,58 inci 2.5D, dengan resolusi full HD+ 1080 x 2408 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 8GB, ROM 128GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD (dedicated)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.3 x 76.1 x 8 mm dengan berat 182 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 18W, reverse charging
  • Warna Starry Gold, Mirror Black dan Midday Dream
Anda mungkin suka:Review Vivo T1 5G: Smartphone 5G Stylish, Kencang, dan Terjangkau
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar