eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB: Cocok untuk Backup Data Smartphone dan Laptop

Review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB: Cocok untuk Backup Data Smartphone dan Laptop - Kali ini tim Laptophia tidak mengulas smartphone, laptop atau speaker bluetooth, melainkan sebuah USB flash drive. Namun, kali ini sedikit berbeda karena yang diulas adalah Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB yang memiliki dua buah konektor, yakni USB Type-A dan USB Type-C. Hal ini membuat pengguna dapat dengan mudah menghubungkan flash drive andalan Sandisk ini ke laptop atau smartphone.

Bagi pengguna laptop, mungkin kebutuhan flash drive seperti ini tidak terlalu penting. Namun untuk pengguna smartphone kelas menengah dan premium yang rata-rata tidak dibekali dengan slot microSD, kehadiran Sandisk Ultra Dual Drive Go dapat dimanfaatkan sebagai back up data. Terlebih ketika kapasitas penyimpanan internal penuh. Lalu sehebat apakah performa flash drive dengan dua konektor andalan Sandisk ini? Simak review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB oleh tim Laptophia kali ini!

Review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB: Cocok untuk Backup Data Smartphone dan Laptop


Paket Pembelian Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

  • Unit Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB Black

Desain Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

Desain Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

Desain Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

Desain Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

Penampilan atau desain fisik flash drive Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB ini cukup simpel dengan balutan berbahan plastik atau polikarbonat. Ini agak disayangkan karena material plastik membuat flash drive ini kurang terasa premium. Sebenarnya Sandisk Ultra Dual Drive Go tersedia dalam beberapa varian warna, tetapi unit yang Laptophia review kebetulan adalah varian warna hitam.

Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB ini tidak dilengkapi pelindung konektor karena menggunakan mekanisme swivel pada penutupnya yang bisa diputar 360 derajat. Penutup tersebut dilengkapi lubang yang memungkinkan memasangkan flash disk ini sebagai gantungan kunci. Port USB Type A dan port USB Type C berada di setiap sisi flash drive andalan Sandisk ini. 

Meski dibalut dengan material plastik, flash drive Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB ini terasa cukup solid dan kuat. Ukuran flash drive andalan Sandisk ini sangat kecil dan bobotnya ringan, sehingga mudah dimasukkan ke dalam saku. 

Baca juga:Review Sandisk Extreme Portable SSD 1TB: Tangguh dengan Performa Tinggi

Review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

Review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB adalah sebuah flash disk dengan dua konektor atau dual drive yang berukuran mungil. Perangkat kecil ini akan memudahkan penggunanya mentransfer dan back up file dari smartphone, tablet, dan juga laptop. Salah satu keunggulan pada review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB kali ini adalah sudah mendukung antarmuka USB 3.1 Gen1 dengan bandwidth maksimal 5Gbps dan diklaim menawarkan performa hingga 150MB/s.

Sandisk Memory Zone

Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

Salah satu kelebihan pada review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB kali ini menurut Laptophia adalah hadirnya aplikasi Sandisk Memory Zone. Aplikasi ini tersimpan di dalam flash drive dan dapat di-instal di smartphone atau tablet Android jika dibutuhkan.

Berikut ini adalah fitur utama aplikasi Sandisk Memory Zone di flash disk Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB: 

  • Mengkategorikan media atau file yang berbeda
  • Informasi status penyimpanan ponsel, drive, dan media penyimpanan lainnya terpasang
  • Menyalin atau Memindahkan file yang dipilih
  • Penghapusan file sampah
  • Mengelola Aplikasi
  • Membersihkan data WhatsApp
  • Backup dan Restore (Otomatis dan Manual)

Performa

Review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB: Cocok untuk Backup Data Smartphone dan Laptop

Secara default flash drive Sandisk Ultra Dual Drive Go dengan kapasitas 128GB ini menyediakan ruang kosong sebesar 115GB dan menggunakan file sistem FAT32. Jika dibutuhkan, flash drive ini dapat diformat ulang ke file sistem exFAT yang lebih baru.

Lalu seberapa kencang performa flash driver Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB ini? Laptophia langsung mengujinya dengan sebuah laptop Asus Expertbook P2 dan smartphone Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon. Berikut ini hasilnya:


Berdasarkan hasil pengujian yang telah tim Laptophia lakukan, flashdisk Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB ini mampu menghasilkan kecepatan read sequence 154,67 MB/s dan write sequence mencapai 65,86 MB/s. Kecepatan yang dihasilkan pada review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB ini relatif kencang dan memadai untuk kebutuhan transfer data saat ini.


Tak hanya hasil benchmark-nya saja yang kencang, performa flashdisk Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB juga responsif untuk penggunaan sehari-hari. Laptophia mencoba melakukan transfer folder berisi file FLAC dengan ukuran total 20GB lebih dan Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB mampu menghasilkan transfer rate hingga 20-35 MB/s. 

Kesimpulan

Secara umum, Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB merupakan sebuah flash drive yang menawarkan performa yang memadai dengan ukuran yang sangat ringkas, serta fitur lengkap. Dukungan dua buah konektor USB Type-A dan USB Type-C membuatnya mudah digunakan di segala perangkat seperti PC, laptop, tablet, dan juga smartphone.

Kelebihan Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

  • Dua konektor (USB Type-A dan USB Type-C)
  • Performa cepat
  • Build quality bagus

Kekurangan Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

  • -

Harga Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

harga USB flash drive Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 229.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai promo yang berlaku. Berdasarkan review Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB oleh tim Laptophia, performanya andal dan cocok untuk back up data smartphone maupun laptop.

Anda dapat membeli Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Sandisk Ultra Dual Drive Go 128GB

  • Brand Name : Sandisk
  • Type : Ultra Dual Drive Go
  • Konektor: Dual drive USB Type-A dan USB Type-C
  • Interface: USB 3.1 Gen 1
  • Speed up to 150MB/s
  • Capacity : 128GB
  • App Sandisk Memory Zone
  • Devices : tablet, smartphone, laptop, PC
  • Kompatibilitas: Windows 7, Windows 8, Windows 10, Mac OS X v10.9+, Android
  • Electromagnetic compatibility: FCC CE
  • Ukuran 44.41 mm x 12.1 mm x 8.6 mm
  • Garansi resmi 5 tahun Sandisk Indonesia
Anda mungkin suka:Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal
2 komentar

2 komentar

  • Tya Swan
    Tya Swan
    2 Agustus 2023 pukul 15.58
    Speed nya lambat gan, mending pakai SSD eksternal 🥲
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      14 Agustus 2023 pukul 20.49
      ya namanya juga flash drive hehehehe jelas beda kelas dengan SSD
    Reply