eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas - Acer menjadi salah satu brand yang aktif memperbarui jajaran laptop gamingnya untuk berbagai segmen pengguna. Salah satu yang masih tergolong hangat dihadirkan oleh Acer ke Indonesia adalah laptop Nitro 5 (AN15-57-98VC).

Acer Nitro 5 hadir dengan prosesor Intel Core i9 generasi ke-11. Menariknya, dengan prosesor kelas atas tersebut, banderol harga yang disematkan ke laptop gaming ini relatif tidak terlalu mahal.

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas


Tentunya tidak cuma memiliki prosesor yang gahar, masih ada sejumlah keunggulan yang kami temukan ada di Acer Nitro 5. Selengkapnya kami bahas di artikel review Acer Nitro 5 berikut ini.

Desain yang Gahar

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas


Kesan garang terpancar kuat dari desain yang dimiliki oleh Acer Nitro 5. Desain eksterior dari Acer Nitro 5 dibalut dengan warna dominan hitam dan disertakan aksen merah pada bagian belakang laptop. 

Baca juga:Review Acer Swift 3 Infinity 4 SF314-511, Laptop Stylish yang Tipis dan Kencang

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, warna merah di bagian belakang Acer Nitro 5 ini memang jauh lebih mencolok. Tampak berbeda dibanding dengan generasi sebelumnya yang terlihat lebih kalem.

Bergeser ke bagian display, Acer Nitro 5 mengusung layar IPS seluas 15,6 inci dengan resolusi QHD. Laptop ini juga memiliki rasio layar ke bodi hingga mencapai 80%.

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas


Dukungan refresh rate 165 Hz dan respons time 3 ms juga dibenamkan di layar Acer Nitro 5. Kombinasi kedua fitur ini membuat transisi gambar ketika bermain game jadi lebih mulus. Fitur yang sangat berguna, terutama untuk Anda yang sering bermain game kompetitif.

Tingkat kecerahan layarnya kini meningkat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jika pada seri sebelumnya hanya menawarkan kecerahan 275 nits, sekarang Acer Nitro 5 sudah memiliki tingkat kecerahan layar hingga 300-nits.

Layar laptop gaming ini juga sudah dilengkapi DCI-P3 100%, yang mana juga sudah cocok digunakan oleh para kreator konten.

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas


Kesan “gaming” juga makin terasa ketika melirik bagian keyboard Acer Nitro 5. Keyboard laptop gaming ini dilengkapi dengan teknologi RGB 4 zona warna. Warna dan efek lampu RGB yang ada di keyboard juga bisa Anda atur sesuai selera. 

Selain memberikan kesan estetik, RGB 4 zona yang dibenamkan di bagian keyboard ini jelas memudahkan Anda ketika mengoperasikan laptop ini di tempat gelap.

Acer menyediakan beragam dukungan konektor, seperti 2 USB 3.2 Gen 1, 1 port USB 3.2 Gen 2 terintegrasi USB Charging, port HDMI 2.0 dan port Ethernet RJ-45.

Baca juga:Review Acer Swift X: Laptop Stylish nan Tangguh Para Content Creator

Spesifikasi dan Performa Canggih

Urusan performa laptop ini mengandalkan prosesor Intel Core i9-11900H generasi ke-11 yang memiliki 8 core, 16 thread, dan clock speed hingga 4.9 GHz. Dari sekilas saja, tentu Anda bisa membayangkan seberapa gahar performanya.

Sedikit informasi, prosesor ini memiliki arsitektur terbaru willow cove core 10nm SuperFin dengan 19% gen-on-gen multithreaded dalam peningkatan kinerja. Selain itu, ini juga merupakan prosesor mobile single thread yang diklaim tercepat di dunia.

Untuk Anda yang suka melakukan overclocking, Acer memberikan kemudahan di laptop ini. Acer Nitro 5 sudah dibekali dengan aplikasi Intel Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel Speed Optimizer, yang memudahkan pengguna untuk melakukan overclock.

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas


Tersemat juga Intel Turbo Max Technologu 3.0 yang membuat prosesor bisa secara otomatis menjalankan frekuensi tertingginya untuk mendukung beragam tugas berat dengan lancar.

Giliran pengolahan grafis yang dipercayakan ke NVIDIA GeForce RTX 3060. Tidak hanya andal untuk kebutuhan gaming, GPU berarsitektur NVIDIA Ampere ini juga memiliki optimasi sistem berbasis AI dan penggunaan energi yang lebih efisien.

Laptop gaming ini dilengkapi dengan RAM berjenis DDR4 16 GB. Penyimpanan internalnya berjenis SSD NVMe dengan kapasitas 512 GB. Acer juga memudahkan pengguna yang ingin melakukan upgrade RAM dan memori penyimpanan Nitro 5.

Tersedia dua slot RAM yang bisa dimanfaatkan untuk menambah kapasitas RAM hingga 32 GB. Begitu juga dengan penyimpanannya yang bisa ditingkatkan melalui ketersediaan dua slot SSD NVMe dan satu slot HDD SATA.

Dengan ketersediaan slot tambahan ini, Anda bisa lebih leluasa melakukan upgrade untuk mendapatkan performa maksimal yang diinginkan.

Memastikan Nitro 5 bisa berjalan di performa maksimal, Acer sudah menanambahkan dua kipas sebagai sistem pendinginnya. Mereka juga mendesain port intake/exhaust secara strategis, serta memberikan empat ventilasi untuk mengalirkan panas.

Ini merupakan solusi termal desain baru yang diklaim oleh Acer mampu menawarkan kinerja termal yang lebih baik hingga 25%, apabila dibandingkan dengan seri laptop di tahun 2019.

Sistem pendinginan dibuat lebih optimal dengan dukungan teknologi Acer CoolBoost. Teknologi CoolBoost dapat meningkatkan kecepatan kipas hingga 10%, sekaligus membuat pendinginan CPU dan GPU lebih optimal hingga 9%.

Baca juga:Acer Aspire 7 A715-42G R75V, Laptop bertenaga AMD Ryzen yang Sanggup untuk Gaming Kasual

Teknologi CoolBoost ini bekerja dengan aplikasi NitroSense yang dapat memonitor suhu dan mengatur sistem pendingin dengan memanfaatkan empat lubang ventilasi di bagian bawah laptop.

Berkat dukungan sistem pendingin yang optimal, Anda bisa merasakan performa yang tetap stabil ketika menggunakan laptop ini. Baik untuk penggunaan dengan durasi lama, atau ketika menjalankan beragam tugas berat.

Konektivitas Mumpuni

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas


Laptop ini juga menjadi “senjata” yang tepat untuk Anda yang senang bermain game online. Acer sudah membenamkan fitur-fitur pendukung, untuk memastikan konektivitas ketika bermain game online bisa berjalan lancar.

Fitur-fitur yang disematkan oleh Acer seperti Intel WiFi 6, teknologi Killer WLAN dan Killer Ethernet E2600. Kombinasi fitur ini dapat meningkatkan stabilitas dan jaringan di laptop.

Review Acer Nitro 5: Bertenaga Intel Core i9, Gaming Puas Tanpa Takut Panas


Anda dapat menentukan prioritas bandwith, agar koneksi yang dialirkan ke game lebih maksimal. Alokasi bandwith ke aplikasi juga bisa Anda atur, hingga memblokir koneksi ke aplikasi yang tidak Anda inginkan. 

Buat Anda yang tidak ingin repot, Acer memberikan Mode Auto yang memungkinkan Network Optimizer menentukan sendiri mana program-program berat yang tidak terpakai dan mengganggu konektivitas.

Kesimpulan

Acer Nitro 5 resmi dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 19.999.000. Dengan mengeluarkan uang sebanyak itu, Anda sudah bisa memperoleh laptop gaming bertenaga Intel Core i9 generasi 11, lengkap dengan sistem pendingin mumpuni dan fitur pendukung lainnya.

Terasa makin lengkap karena laptop ini sudah terinstall Windows 10 Home yang bisa diupgrade secara gratis ke Windows 11. Selain itu, Acer juga memberikan bonus aplikasi Office Home and Student yang bisa digunakan seumur hidup.

Jadi buat Anda yang tertarik untuk segera memilikinya, Acer Nitro 5 sudah tersedia di toko offline dan online. Bagi Anda yang ingin membelinya secara online bisa langsung meluncur ke toko official Acer di link eStore Acer.

Spesifikasi Acer Nitro 5

  • Layar Acer ComfyView IPS LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi QHD 2560 x 1440 piksel, 165Hz Refresh Rate, 100% sRGB, 100% DCI-P3, Narrow Bezel, Anti-Glare Panel
  • Prosesor Intel Core i9-11900H octa-core (16 thread) 2,5GHz TurboBoost 4,9GHz
  • Chipset Intel HM570
  • Grafis Intel UHD Graphics Xe 750 dan Nvidia GeForce RTX 3060 VRAM 6GB GDDR6
  • Memori RAM 16GB DDR4 3200MHz dual-channel, upgradeable to 32GB DDR4
  • Storage SSD M.2 512GB PCIe Gen3 x4 NVMe (dual slot M.2)
  • Konektivitas WiFi 6 Intel AX201 802.11ax 2x2, Bluetooth 5.0, Gb LAN, Killer Ethernet E2600 LAN, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 (featuring power-off USB charging), Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support DisplayPort, dan Power Delivery), Port HDMI, card reader, port combo audio
  • Gaming keyboard dengan 4 zone RGB backlight
  • 2 x W stereo speaker dengan Acer TrueHarmony dan DTS:X® Ultra technology
  • Kamera HD Webcam
  • Baterai 57 Whr 15.2 V 4-cell Li-ion battery Battery, daya tahan hingga 8 jam
  • Sistem Microsoft Windows 11 Home Edition + Microsoft Office Home & Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi 363,4 mm x 255 mm x 23.90 mm berat 2,3Kg
  • Warna Shale Black
Anda mungkin suka:Acer Predator Helios 300 Intel Core i9 11th Gen: Fitur Canggih dan Garang, Pilihan Tepat Untuk Para Gamers
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget. Note: Kami hanya mengulas, tidak melayani jual beli unit. Kami tidak menjadi seller atau buka toko di e-commerce mana pun dan tidak bertanggung jawab atas transaksi di e-commerce mana pun yang mengatasnamakan Laptophia.

Ikuti berita dan review terbaru Laptophia di Google News

Related Posts

Posting Komentar