IBX582004D475488 Review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ, Laptop Hybrid Kencang dengan GPU Intel Iris Xe Max Graphics
ASUS ROG Phone 5

Review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ, Laptop Hybrid Kencang dengan GPU Intel Iris Xe Max Graphics



Artikel terkait : Review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ, Laptop Hybrid Kencang dengan GPU Intel Iris Xe Max Graphics

Review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ, Laptop Hybrid Kencang dengan GPU Intel Iris Xe Max Graphics – Asus Indonesia telah meluncurkan laptop hybrid terbarunya melalui seri Vivobook Flip 14 TP470EZ yang telah ditenagai oleh prosesor Intel Core 11th Gen dengan nama sandi Tiger Lake. Laptop hybrid atau convertible seperti Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini semakin umum digunakan dan menjadi pilihan bagi mereka yang ingin bekerja dengan lebih leluasa untuk menyalurkan ide kreatif dengan penggunaan yang lebih fleksibel.

Laptop hybrid Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini berbeda dari kebanyakan pesaingnya karena menawarkan performa grafis yang cukup menonjol dengan dukungan GPU diskrit atau terpisah dari Intel Iris Xe Max Graphics yang dibekali dengan VRAM sebesar 4GB DDR4X. Notebook Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini tampil dengan desain yang elegan, tipis, dan ringkas sehingga sangta mendukung mobilitas pengguna, penasaran? Simak review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ oleh tim Laptophia kali ini!

Review Asus Vivobook Flip TP470EZ, Laptop Hybrid Kencang dengan GPU Intel Iris Xe Max Graphics


Paket Pembelian Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ

  • Unit Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ
  • Asus Pen stylus pen
  • Charger
  • User Guide
  • Kartu garansi
  • Asus backpack

Desain Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ

Desain Asus Vivobook Flip TP470EZ


Sebagai sebuah laptop hybrid, Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini mengunggulkan kemampuan engsel layarnya yang dapat diputar hingga 360 derajat dan menawarkan empat mode penggunaan, yakni laptop, tent, presentation, dan tablet mode. Engsel yang digunakan oleh laptop hybrid andalan Asus ini tak perlu diragukan lagi ketangguhannya karena diklaim tahan hingga 20 ribu kali pengujian buka tutup.

Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ tampil dengan LID cover berdesain minimalis dengan logo Asus Vivobook yang elegan. LID cover laptop hybrid ini terbuat dari bahan metal atau aluminium yang kokoh dan terasa mewah. Beralih ke sektor layar, Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ mengusung 3 side NanoEdge bezel yang membuat screen to body ratio menjadi 82%. Tak heran, ukuran Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ secara keseluruhan lebih ringkas.

Pada review Asus Vivobook Flip TP470EZ kali ini, keyboard yang diusungnya berdesain chiclet dengan tombol Enter yang menonjol dengan aksen warna kuning dan dilengkapi bakclit untuk mengetik dalam kondisi kurang cahaya. Bobot laptop ini juga cukup ringan, yakni 1,5kg saja sehingga cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi menurut Laptophia. Build quality Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ secara umum terbilang kuat dan solid.

Desain Asus Vivobook Flip TP470EZ

Desain Asus Vivobook Flip TP470EZ


Baca juga:Review Samsung Galaxy A32, Desain Minimalis dengan Layar AMOLED 90Hz

Pada review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ kali ini, sisi kiri laptop terdapat port kenshington lock, port USB 2.0, dan lubang exhaust. Sedangkan pada sisi kanan laptop hybrid ini terdapat port power, port HDMI, port USB 3.2 Gen 2, port USB 3.2 Gen 2 Type-C, port combo audio, slot microSD card reader, dua LED indikator, dan tombol power. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, port USB 3.2 Gen 2 Type-C di laptop ini telah mendukung Thunderbolt 4.0 yang dapat digunakan sebagai display output, disambungkan ke graphics card eksternal, dan juga power delivery.

Performa Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ

Performa Asus Vivobook Flip TP470EZ


Performa menjadi salah satu daya tarik dari review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ oleh tim Laptophia kali ini karena sudah ditenagai prosesor terbaru Intel Tiger Lake. Ada dua varian Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ, yakni ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1165G7 quad-core (8 thread) generasi Tiger Lake atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 1.2-2.8 GHz dan TurboBoost hingga 4,7GHz. Laptop hybrid Asus VivoBook Flip 14 TP470EZ EC752TS ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB LPDDR4X-4266Mhz onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Ada pun varian Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ yang lebih rendah dengan dukungan prosesor Intel Core i5-1135G7 quad-core (8 thread) generasi Tiger Lake atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 0.9-2.4 GHz dan TurboBoost hingga 4,2GHz. Untuk varian Core i5 ini dilengkapi dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4X-4266Mhz onboard.

Kinerja Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini masih dapat dimaksimalkan lagi melalui fitur Asus Intelligent Performance Technology (AIPT) yang menghadirkan tiga mode yang dapat dipilkih sesuai kebutuhan, yakni mode Whisper, Balanced dan Performance. AIPT ini mampu meningkatkan performa hingga 40% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini melalui shortcut Fn+F atau melalui aplikasi MyAsus.

Baca juga:Review Asus ZenBook Duo 14 UX482, Laptop Dua Layar Siap Dongkrak Produktivitas

Meski demikian, aspek paling menarik dari laptop gaming ini bukanlah dari sisi prosesornya melainkan dari chip grafis yang diusung. VivoBook Flip 14 TP470EZ erupakan salah satu laptop pertama di dunia yang menggunakan chip grafis Intel Iris Xe Max. Berbeda dengan Intel Iris Xe yang merupakan chip grafis terintegrasi, Intel Iris Xe Max merupakan chip grafis terdedikasi yang terpisah dengan prosesor 11th Gen Intel Core. Chip grafis tersebut diciptakan khusus untuk perangkat komputasi mobile dan mampu menghadirkan performa garfis lebih baik dari chip grafis terintegrasi namun tetap menawarkan konsumsi daya yang rendah.

Salah satu teknologi terbaru yang dihadirkan di Intel Iris Xe Max adalah Intel Deep Link Technology yang menjanjikan performa serta efisiensi lebih baik untuk content creation, gaming, serta kemampuan encoding di sebuah laptop ultraportable. Kombinasi prosesor 11th Gen Intel Core dengan chip grafis Intel Iris Xe Max memungkinkan ultrabook convertible seperti VivoBook Flip 14 TP470EZ dapat memiliki performa yang lebih powerful dari sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, GPU Intel Iris Xe Max Graphics yang digunakan pada review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ mengusung 96 execution unit (EUs) dengan kecepatan 200 – 1650MHz dan dibekali VRAM dedicated 4GB LPDDR4X. Performa grafis Intel Iris Xe Max Graphics ini bahkan bisa dikatakan setara atau lebih kencang dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX350.

Kombinasi prosesor Intel Core generasi ke-11 Tiger Lake yang ditandemkan dengan grafis Intel Iris Xe Max Graphics membuat performa Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ sangat mumpuni menangani komputasi masa kini dan mendukung kreativitas para konten kreator. Berikut hasil benchmark Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ oleh tim Laptophia.

Benchmark Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ






Review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ

Review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ


Layar

Pada review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ kali ini, layar sentuh yang diusung berteknologi IPS Level dengan resolusi full HD. Kualitas layar laptop hybrid Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini cukup kompeten di kelasnya dengan menghasilkan warna yang dihasilkan cukup memuaskan, tajam, dan kontras yang memadai.

Baca juga:Review Asus Vivobook Ultra K413FQ: Laptop All Rounder Ringkas dengan Desain Mewah

Tak hanya itu, kita masih dapat melakukan tuning layar Asus Splendid dan Tru2Life, serta dapat mengaktifkan fitur EyeCare untuk mereduksi cahaya biru agar mata tak lekas lelah. Salah satu keunggulan Vivobook Flip 14 TP470EZ sebagai sebuah laptop hybrid adalah dilengkapi dengan Asus Pen stylus pen yang memungkinkan layar sentuhnya digunakan layaknya sebuah tablet atau kanvas digital.

Audio

Sama seperti lini laptop Asus kelas menengah dan atas lainnya, Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini juga dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo berkualitas tinggi dari Harman Kardon. Suara yang dihasilkan speaker ini jernih dengan tingkat detail yang mantap untuk sebuah speaker laptop. Karakter suaranya memang didominasi mid dan high, tetapi bass masih cukup terdengar dan membuat alunan musik semakin asik dinikmati.

Perangkat Lunak

Salah satu keunggulan laptop hybrid Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalamnya. Pengguna tak perlu lagi membeli lisensi sistem operasi, hanya cukup melakukan setup dan aktivasi untuk dapat menggunakan laptop ini dengan sistem operasi legal.

Sistem operasi besutan Microsoft ini berjalan lancar di Vivobook Flip 14 TP470EZ tanpa kendala. Beberapa aplikasi bawaan yang terinstal di laptop ini adalah McAfee antivirus, Spotify, Evernote, MyAsus, aplikasi bawaan Asus, dan beberapa game ringan seperti Candy Crush Saga. Laptop hybrid ini juga sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home & Student 2019 pre-installed.

Baterai

Kapasitas baterai yang diusung oleh laptop Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini memang tidak istimewa, yakni berkapasitas 3 cell 42Whrs. Siapa sangka daya tahan baterai Asus Vivobook Ultra K413FQ ini ternyata bisa diandalkan karena dalam uji pakai yang Laptophia lakukan mampu bertahan lebih dari 7 jam untuk komputasi sehari-hari. Pengisian daya laptop ini cukup cepat karena sudah dilengkapi teknologi fast charge yang mampu mengisi baterai 60% dalam waktu 49 menit.

Fitur Keamanan

Pada review Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ kali ini, Laptophia melihat sektor keamanan juga mendapat perhatian. Laptop all rounder berdesain mewah ini dibekali dengan sensor sidik jari yang terletak di sudut kanan atas pada touchpad-nya.Performa sensor sidik jari milik laptop Asus Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ ini cukup gegas dan akurat. Tak hanya itu, fitur keamana ini dikombinasikan dengan dukungan perangkat lunak yang matang dari Windows Hello yang dimiliki oleh Windows 10.

Baca juga:Review Asus Zenbook 13 UX325JA: Ultrabook Ringkas dan Kencang, Cocok untuk Mobilitas Tinggi

Kesimpulan

Secara umum, Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ adalah sebuah laptop hybrid yang menawarkan performa yang powerful yang mampu menangani aneka tugas berat saat ini. Dukungan grafis diskrit dari Intel Iris Xe Max Graphics membuat kinerja grafis meningkat pesat dengan konsumsi daya yang efisien. Tak hanya itu, Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ dibekali konektivitas lengkap dan fitur inovatif AIPT guna memaksimalkan performa.

Kelebihan Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ

  • Konsep hybrid dengan 4 mode penggunaan
  • Dilengkapi Asus Pen stylus dalam paket pembelian
  • Performa powerful di kelasnya
  • Dilengkapi OS Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 asli pre-installed

Kekurangan Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ

  • RAM onboard, tidak dapat di-upgrade
  • Tidak dilengkapi dengan privacy shutter pada webcam-nya

Harga Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ

Harga laptop Asus VivoBook Flip 14 TP470EZ terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 13.799.000 untuk varian dengan prosesor Intel Core i5-1135G7 dan Rp 16.299.000 untuk varian dengan prosesor Intel Core i7-1165G7. Melihat spesifikasi dan fitur yang diusungnya, Laptophia rasa harga Asus VivoBook Flip 14 TP470EZ ini terbilang sangat kompetitif mengingat laptop hybrid ini sarat fitur dan spesifikasinya cukup gahar.

Anda dapat membeli Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus Vivobook Flip 14 TP470EZ

  • Layar sentuh IPS level LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 250 nits, Asus Splendid, Asus EyeCare, NanoEdge Display, 178° wide-view (include stylus)
  • Prosesor Intel Core i7-1165G7 quad-core (8 thread) 1.2-2.8 GHz TurboBoost 4,7GHz
  • Prosesor Intel Core i5-1135G7 quad-core (8 thread) 0.9-2.4 GHz TurboBoost 4,2GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris Xe Max Graphics (96 EUs) with 4GB DDR4X VRAM (Core i7)
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (80 EUs) (Core i5)
  • Memori RAM 8GB atau 16GB LPDDR4X-4266MHz (dual-channel)
  • Storage SSD 512GB PCIe 3.0 x2 M.2 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 2, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support Thunderbolt 4, PowerDelivery, dan DisplayPort 1.4), Port USB 2.0, Port HDMI, MicroSD card reader, combo audio jack
  • Fitur keamanan sensor sidik jari (Fingerprint Sensor) dengan Windows Hello
  • Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 3 Cell 42WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli + Microsoft Office Home and Student 2019
  • Dimensi 32.40 x 22.00 x 1.87 ~ 1.87 cm berat 1,5 kilogram
  • Warna Transparent Silver dan Indie Black
*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia

Source

Anda mungkin suka:Review Asus Zenbook S UX393, Laptop Flagship Premium dengan Layar 3:2


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!