IBX582004D475488 Advan Smart Feature Phone 2406, Hape Online 4G dengan KaiOS
Asus ExpertBook B9450

Advan Smart Feature Phone 2406, Hape Online 4G dengan KaiOS



Advan Smart Feature Phone 2406, Hape Online 4G dengan KaiOS – Awal Desember 2019 silam, Advan Smart Feature Phone 2406 telah diperkenalkan di Indonesia. Ponsel tersebut adalah hasil kerja sama antara Advan, Indosat Ooredoo, dan KaiOS Technologies. Sekilas ponsel Advan Smart Feature Phone 2406 ini memang terlihat seperti ponsel dasar atau feature phone biasa dengan konsep desain candybar, tetapi sebenarnya ponsel ini cukup pintar berkat dukungan sistem operasi KaiOS yang tertanam di dalamnya.

Hape online Advan Smart Feature Phone 2406 ini hadir dengan konsep desain ala feature phone yang mengusung bentuk candybar yang dilengkapi keypad untuk navigasi dan mengetik. 4G smart feature phone andalan Advan ini dibalut dengan casing berbahan polikarbonat dan tersedia dalam dua varian warna yang dapat dipilih sesuai selera, yakni hitam dan putih. Sementara sisi belakang Advan Smart Feature Phone 2406 terdapat sebuah kamera lengkap dengan LED flash dan speaker grill.
“Kami selalu berkomitmen untuk ikut menjadi bagian bagi kemajuan bangsa melalui teknologi digital. Kali ini kami ingin mendukung pemerataan digital di seluruh Indonesia dengan menghadirkan Hape Online - 4G Smart Feature Phone dengan sistem operasi KaiOS yang memiliki harga hemat serta banyak keunggulan bagi pelanggan.”
“Kami berharap langkah ini akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sehingga dapat mempercepat tumbuhnya ekonomi digital Indonesia,” kata Chief Sales & Distribution Officer Indosat Ooredoo, Hendri Mulya Syam.
Spesifikasi hape online Advan Smart Feature Phone 2406 ini cukup menarik menurut Laptophia dengan dukungan sebuah layar berukuran 2,4 inci dengan teknologi panel TN (Twisted Newmatic) dengan resolusi QVGA 320 x 240 piksel. Layar ponsel besutan Advan ini tidak memiliki kemampuan touchscreen, sehingga navigasi dan input dilakukan melalui keypad yang diusungnya. Ukuran keypad Advan Smart Feature Phone 2406 cukup besar dan nyaman digunakan.
Baca juga:Xiaomi Redmi 8A Review: Smartphone Murah Terbaik?

Performa Mumpuni dengan MediaTek MT6731

Soal performa, Advan Smart Feature Phone 2406 ini cukup mumpuni di kelas entry-level menurut Laptophia dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek MT6731 yang mengusung prosesor quad-core 64-bit ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,1GHz yang ditandemkan RAM sebesar 512MB. Soal grafis, Advan Smart Feature Phone 2406 ini dibekali dengan GPU (Graphics Processing Unit) dari PowerVR GE8100.

MediaTek MT6731 yang digunakan oleh Advan Smart Feature Phone 2406 memang sebuah SoC yang khusus dikembangkan untuk perangkat 4G smart feature phone dengan teknologi fabrikasi 28nm. Chipset andalan MediaTek ini dibekali dengan modem 4G WorldMode yang mendukung LTE FDD/TDD Cat-4 (download) dan Cat-5 (upload). Tak hanya itu, MT6731 ini juga mendukung Dual 4G SIM Dual Standby (DSDS) dengan VoLTE, eMBMS, HPUE, dan Band 71 LTE (600MHz).

Sisi fotografi, Advan Smart Feature Phone 2406 ini memang terbilang pas-pasan. Ponsel ini dipersenjatai dengan kamera belakang berkekuatan 2 megapiksel fixed focus yang ditemani sebuah LED flash yang juga dapat berfungsi sebagai senter. Tak hanya itu, ponsel fitur dengan OS KaiOS andalan Advan ini juga diperkuat dengan kamera depan 0,3MP atay VGA untuk foto selfie atau video call.
“Kami melihat Asia Tenggara, terutama Indonesia sebagai target pasar yang penting untuk teknologi yang kami miliki dan bekerja sama dengan para provider telekomunikasi dan produsen ponsel memberikan inovasi terbaru kepada konsumen untuk lebih meningkatkan pengalaman digital dan konektivitas mereka.”
“Karena hal itu kami senang dapat menjadi bagian dalam kolaborasi dengan Indosat Ooredoo dan Advan, memperkuat 4G Smart Feature Phone terbaru dengan chipset MediaTek MT6731 untuk memberikan pengalaman digital yang lebih baik,” kata Cedric Chang, Deputy Director, Corporate Sales of Southeast Asia, MediaTek.
Ponsel Advan Smart Feature Phone 2406 ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 4GB yang dibekali dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Tak hanya itu, Advan Smart Feature Phone 2406 dibekali dengan baterai berkapasitas 1500mAh guna mencukupi kebutuhan dayanya. Konektivitas ponsel ini cukup lengkap dengan hadirnya dukungan 4G LTE (khusus Indosat Ooredoo), WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, dan A-GPS.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Oppo A31 RAM 4GB ROM 128GB Terbaru di Indonesia
Meski belum masuk kualifikasi smartphone, fitur Advan Smart Feature Phone 2406 ini cukup bersaing dengan smartphone entry-level. Ponsel ini dapat dijadikan sebagai MiFi atau hotspot dengan maksimal 11 perangkat terhubung. Tak hanya itu, Advan Smart Feature Phone 2406 didukung fitur anti-theft yang memungkinkan pengguna mengunci dan menghapus semua data yang tersimpan pada ponsel dari jarak jauh.
“Kami atas nama Advan, sangat menyambut positif untuk peluncuran Hape Online - 4G Smart Feature Phone. Ini merupakan langkah awal Advan dan Indosat Ooredoo untuk berkomitmen memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia untuk bisa menikmati akses jaringan 4G melalui Hape Online - Smart Feature Phone dengan harga yang sangat terjangkau,” kata Aria Wahyudi, GM Marketing Advan.

Mengenal KaiOS

Pembaca Laptophia mungkin kurang familiar dengan sistem operasi KaiOS yang digunakan oleh hape online Advan Smart Feature Phone 2406 ini. Sistem operasi ini memang belum banyak digunakan oleh ponsel yang beredar di tanah air. Berdasarkan informasi dari Wikipedia, KaiOS merupakan sebuah sistem operasi mobile berbasis Linux yang dikembangkan oleh KaiOS Technologies yang berbasis di Amerika Serikat.

KaiOS sendiri dikembangkan dari sistem operasi open-source Firefox OS atau yang sebelumnya disebut Boot2Gecko (B2G). Firefox OS sendiri sudah dihentikan pengembangannya atau diskontinyu oleh Mozilla sejak 2016. Kini KaiOS telah berkembang pesat dan digunakan di ponsel 4G feature phone yang mendukung beberapa fitur utama seperti 4G LTE, VoLTE, GPS, WiFi, dan aplikasi berbasis HTML5. KaiOS ini konon dapat update melalui OTA (Over The Air) dan memiliki toko aplikasi sendiri yang disebit KaiStore untuk menambah aplikasi.
Baca juga:Perbedaan Samsung Galaxy S10 Lite vs Galaxy Note 10 Lite, Harga Beda 700 Ribu
Sedangkan pada ponsel Advan Smart Feature Phone 2406 yang menggunakan KaiOS ini sudah terdapat beberapa aplikasi populer seperti Facebook, WhatsApp, Google Maps, YouTube, Twitter, dan sebagainya. Bahkan, Advan Smart Feature Phone 2406 ini telah dilengkapi dengan Google Assistant yang cukup cerdas untuk melakukan banyak hal. Advan Smart Feature Phone 2406 bisa dikatakan sebagai ponsek KaiOS pertama di Indonesia.
"Kami senang dapat bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dan Advan untuk meluncurkan 4G Smart Feature Phone pertama yang didukung dengan sistem operasi KaiOS di Indonesia. Dengan terbukanya akses ke perangkat ini juga akan membuka banyak sekali kesempatan untuk para pengguna baru yang selama ini terhambat oleh kesenjangan digital dan akhirnya dapat meningkatkan kehidupan mereka," kata Sebastien Codeville, CEO dari KaiOS Technologies.

Harga Advan Smart Feature Phone 2406

Advan Smart Feature Phone 2406 merupakan sebuah feature phone atau ponsel dasar yang cukup pintar berkat sistem operasi KaiOS yang diusungnya. Harga Advan Smart Feature Phone 2406 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari rilis resminya adalah Rp 449.000. Hape online hasil kerja sama Indosat Ooredoo, Advan, dan KaiOS Technologies ini mulai dijual 17 Februari 2020 mendatang secara eksklusif di toko online Lazada Indonesia.

Promo yang cukup menarik dari ponsel Advan Smart Feature Phone 2406 ini adalah telah dibundel dengan paket Freedom Combo Indosat Ooredoo 1GB. Pengguna Advan Smart Feature Phone 2406 akan mendapatkan kuota internet gratis 1GB/bulan dan gratis nelpon ke sesama pelanggan IM3 Ooredoo yang dapat dinikmati selama 24 jam. Pelanggan cukup melakukan isi ulang pulsa Rp10.000 untuk memastikan masa aktif kartunya tanpa terpotong pulsanya.
Anda dapat membeli atau cek promo Advan Smart Feature Phone 2406 di Sini (Klik)

Spesifikasi Advan Smart Feature Phone 2406

  • Sistem Operasi KaiOS
  • Chipset MediaTek MT6731 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz
  • Grafis PowerVR GE8100
  • Kamera belakang 2 megapiksel, fixed focus, LED flash. Kamera depan 0,3 megapiksel (VGA)
  • Layar 2,4 inci resolusi QVGA 320 x 240 piksel, TN panel (bukan layar sentuh)
  • Memori RAM 512MB, ROM 4GB, dilengkapi slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, A-GPS, FM Radio, port microUSB, port audio 3.5mm, dual SIM, WiFi hotspot
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE (khusus Indosat)
  • Dimensi 132.4 x 55.2 x 14.7mm dengan berat 102 gram
  • Baterai 1500mAh
  • Warna Black dan White
Source
Anda mungkin suka:Xiaomi Mi A3 Review: Android One Menawan yang Nyaris Sempurna

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!