eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Samsung Galaxy M20 Review: Baterai Jumbo dengan Kamera Wide Angle

Samsung Galaxy M20 Review: Baterai Jumbo dengan Kamera Wide Angle – Smartphone Samsung Galaxy M20 belum lama ini mampu menarik perhatian konsumen, terutama segmen menengah. Galaxy M20 adalah salah satu senjata rahasia Samsung untuk bersaing dengan smartphone Tiongkok yang menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga yang kompetitif. Kehadiran Samsung Galaxy M20 ini diharapkan dapat mempertahankan segmen menengah agar tak tergerus dengan kehadiran Honor, Realme, Xiaomi, Asus, dan sebagainya.

Tak tanggung-tanggung, Samsung Galaxy M20 ini hadir dengan baterai berkapasitas 5000mAh dan dibekali dengan SoC baru Exynos 7904. Apa yang ditawarkan oleh Galaxy M20 ini dirasa cukup menggempur pesaingnya. Sehebat apakah senjata ponsel andalan Samsung ini? Satu unit Samsung Galaxy M20 telah mendarat di markas Laptophia, penasaran? Simak Samsung Galaxy M20 review oleh tim Laptophia kali ini!
Samsung Galaxy M20 Review: Baterai Jumbo dengan Kamera Wide Angle

Paket Pembelian Samsung Galaxy M20

Paket Pembelian Samsung Galaxy M20
  • Unit Samsung Galaxy M20 RAM 3GB ROM 32GB Ocean Blue
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Duel Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi, Mana yang Lebih Bagus?

Desain Samsung Galaxy M20

Desain Samsung Galaxy M20

Desain Samsung Galaxy M20
Samsung Galaxy M20 tampil dengan desain yang cukup menarik, tetapi tidak terlalu istimewa menurut Laptophia. Samsung mengikuti tren desain masa kini dengan menggunakan layar berponi minimalis yang sering disebut dengan dewdrop atau teardrop design. Samsung menggunakan istilah sendiri untuk menyebut poni minimalis pada Galaxy M20, yakni Infinity-V. Samsung Galaxy M20 review kali ini cukup menarik karena bezel layarnya terbilang tipis untuk ponsel kelas menengah.

Sisi belakang ponsel Samsung Galaxy M20 ini terlihat adanya kamera ganda yang tersusun secara vertikal. Casing belakang Galaxy M20 ini terbuat dari plastik dengan finishing glossy, sehingga agak licin. Pabrikan asal Korea Selatan ini tampaknya enggan mengikuti tren warna casing bergradasi yang ramai diterapkan oleh kompetitornya. Meski menggunakan material plastik, Samsung Galaxy M20 ini terasa cukup solid dan tidak terasa murahan menurut Laptophia.

Setelah menggunakan kurang lebih dua minggu, casing belakang Samsung Galaxy M20 ini ternyata mudah tergores. Hal ini terlihat dengan banyaknya goresan halus, meski selama ini Laptophia menggunakannya dengan penuh hati-hati. Dimensi pada Samsung Galaxy M20 review kali ini tidak terlalu bongsor meski dibekali dengan baterai besar, setara dengan ponsel lain dengan ukuran layar yang sama. Samsung Galaxy M20 sedikit agak lebih tebal dengan bobot yang tidak terlalu berat.
Desain Samsung Galaxy M20

Desain Samsung Galaxy M20
Baca juga:Review Samsung Bottle EO-SG710 Wireless Speaker: Suara Kurang Nendang
Pada Samsung Galaxy M20 review kali ini, sisi depan terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,3 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Galaxy M20 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Samsung Galaxy M20 sudah berkontur 2.5D, sayangnya tak disebutkan adanya proteksi antigores pada ponsel kelas menengah ini. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Samsung Galaxy M20 agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Samsung Galaxy M20 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis triple sot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Samsung ini terdapat microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Samsung Galaxy M20 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, LED flash di bawahnya, sensor sidik jari, dan logo Samsung. Merek asal Korea Selatan yang baru saja meluncurkan Galaxy S10 ini menempatkan port USB USB Type-C, speaker grill, port audio 3.5mm dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Samsung Galaxy M20

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Samsung Galaxy M20

Software & Fitur Samsung Galaxy M20

Sisi perangkat lunak memang bukan hal yang diunggulkan pada Samsung Galaxy M20 review oleh Laptophia kali ini. Smartphone ini masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Samsung Experience UI 9.5. Agak disayangkan, mengingat banyak bermunculan smartphone yang lebih murah sudah menggunakan OS Android 9.0 Pie. Samsung sendiri belum buka suara apakah Galaxy M20 bakal menikmati upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak.

Tampilan antarmuka Samsung Experience 9.5 yang digunakan oleh Galaxy M20 ini cukup nyaman digunakan. Kita akan disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan App drawer yang bisa diakses dengan swipe ke atas di layar. Ikon pack yang digunakan memang khas Samsung. Opsi kostumisasi yang disediakan oleh Samsung Galaxy M20 ini cukup lengkap, yakni memungkinkan kita mengatur widget, wallpaper, themes, dan sebagainya. Kita juga dapat menghilangkan app drawer jika diperlukan. Samsung juga menyediakan Galaxy Themes untuk mengunduh wallpaper dan theme yang diinginkan.

Sebagai sebuah smartphone kelas menengah, fitur yang ditawarkan Samsung Galaxy M20 terbilang cukup lengkap seperti face recognition, Smart Stay, game Launcher, One-handed mode, finger gestures, multi window, dual messenger, Device Maintenance, Samsung Cloud, Ultra data saving, Secure folder, dan banyak lagi. Salah satu fitur yang Laptophia sukai pada Samsung Galaxy M20 review kali ini adalah implementasi gesture pada sensor sidik jarinya. Kita dapat membuka atau menutup aplikasi dengan melakukan swipe ke atas dan ke bawah di sensor sidik jari.
Baca juga:Review Pocophone F1 by Xiaomi: Smartphone Flagship Killer Terbaik 2018?
Aplikasi bawaan smartphone Samsung Galaxy M20 yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas jumbo ini tidak terlalu banyak. Beberapa aplikasi yang sudah terinstal saat ponsel pertama kali dihidupkan antara lain adalah Google Apps, Galaxy App, Microsoft Office Mobile, OneDrive, LinkedIn, Facebook, Samsung Members, Samsung Notes, dan sebagainya.

Secara umum, tampilan antarmuka Samsung Galaxy M20 ini cukup user friendly atau mudah digunakan, kaya fitur, dan performanya terbilang smooth. Tak hanya itu, aplikasi bawaanalias bloatware terbilang minim, sehingga tak perlu repot-repot melakukan uninstal. Laptophia berharap Samsung memberikan update OS ke Android 9.0 Pie di Galaxy M20 ini.

Benchmark Samsung Galaxy M20

CPU-Z Samsung Galaxy M20
CPU-Z Samsung Galaxy M20
Benchmark Geekbench 4 Samsung Galaxy M20
Benchmark Geekbench 4 Samsung Galaxy M20
Benchmark AnTuTu v7.1.4 Samsung Galaxy M20
Benchmark AnTuTu v7.1.4 Samsung Galaxy M20
Benchmark Vellamo Samsung Galaxy M20
Benchmark Vellamo Samsung Galaxy M20
Benchmark PCMark Samsung Galaxy M20
Benchmark PCMark Samsung Galaxy M20
Benchmark 3DMark Samsung Galaxy M20
Benchmark 3DMark Samsung Galaxy M20
Benchmark Basemark OS II Samsung Galaxy M20
Benchmark Basemark OS II Samsung Galaxy M20
Sensorbox for Android & Multitouh Tester Samsung Galaxy M20
Sensorbox for Android & Multitouh Tester Samsung Galaxy M20

Performa Samsung Galaxy M20

Performa memang hal yang membuat penasaran pada Samsung Galaxy M20 review kali ini. Pasalnya, smartphone andalan Samsung ini menggunakan SoC baru, yakni Exynos 7904 yang diproduksi dengan teknologi 14nm. SoC Samsung Exynos 7904 yang digunakan oleh Galaxy M20 ini mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A73 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G71 MP2.

Berdasarkan hasil benchmark yang telah dilakukan oleh tim Laptophia di atas, Samsung Galaxy M20 dengan Exynos 7904 ini memang bukan yang paling kencang di kelasnya. Meski demikian, performa yang dihasilkan jauh lebih baik ketimbang ponsel Galaxy J series yang selama ini menjadi senjata Samsung untuk kelas entry-level dan menengah. Performa Samsung Galaxy M20 ini masih sangat kompetitif di kelas menengah menurut Laptophia.

SoC Exynos 7904 menurut Laptophia berada di level yang sama dengan Snapdragon 632 yang digunakan oleh Asus Zenfone Max M2. Performa Samsung Galaxy M20 sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masa kini. Selama Laptophia menggunakan ponsel ini, tidak ada kendala yang berarti dengan performanya. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu berjalan smooth dan lag yang minim.

Kemampuan Samsung Galaxy M20 dalam memainkan game laik mendapat acungan jempol. Mali-G71 MP2 yang menjadi GPU ponsel ini mampu memainkan game-game terkini seperti PUBG Mobile dengan lancar. Saat digunakan memainkan game dalam waktu lama, suhu ponsel Samsung Galaxy M20 ini bisa dikatakan aman terkendali dan hanya terasa hangat saja. Apa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy M20 ini laik diapresiasi karena selama ini Samsung menghadirkan Galaxy J series yang rata-rata performanya kalah kencang ketimbang pesaingnya.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20
Foto Siang Hari
Lensa normal
Lensa super wide-angle
Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20
Kamera belakang dengan Live Focus (bokeh)
Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Foto macro
Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Foto malam hari
Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Foto malam hari dengan LED flash
Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Foto selfie kamera depan
Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy M20Foto selfie kamera depan (Live Focus)

Review Kamera Samsung Galaxy M20

Review Kamera Samsung Galaxy M20
Kamera mungkin menjadi hal yang cukup menarik pada Samsung Galaxy M20 review kali ini. Ponsel ini mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 5 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/1.9 yang menggunakan sensor BSI CMOS, phase-detection autofokus, dan LED flash.

Kamera belakang kedua Samsung Galaxy M20 ini tak hanya berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh melalui Live Focus, tetapi juga dibekali lensa super wide-angle dengan FoV 120 derajat. Kamera depan Galaxy M20 cukup standar dengan resolusi 8 megapiksel fixed focus dengan lensa aperture f/2.0 untuk foto selfie.

Hasil jepretan kamera belakang Samsung Galaxy M20 terbilang cukup baik, meski bukan yang terbaik di kelasnya. Foto mampu mengasilkan warna yang cukup punchy, terutama untuk warna biru dan hijau. Detail yang dihasilkan terbilang oke, tetapi dynamic range agak kurang. Beberapa foto yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy M20 menampilkan langit yang overekspose dan kadang bayangan terlalu gelap.

Kamera ultra wide angle menjadi daya tarik tersendiri pada Samsung Galaxy M20 review kali ini. Foto yang dihasilkan cukup memuaskan dengan cakupan FoV yang luas. Namun, resolusinya yang hanya 5 megapiksel membuat detail dan ketajaman yang dihasilkan terbilang agak kurang. Mode portrait atau Live Focus cukup memadai, meski separasi subyek dengan background kadang masih kurang rapi.

Foto macro Samsung Galaxy M20 laik mendapat acungan jempol dengan kecepatan fokus yang sangat cepat dan akurat. Detail yang dihasilkan tinggi, tajam, dan warnanya vivid memanjakan mata. Sayangnya, performa kamera Samsung Galaxy M20 saat low-light cenderung kurang mantap. Cahaya yang kurang membuat detail foto merosot dan bahkan menimbulkan efek seperti cat air. Lensa aperture f/1.9 tampaknya tak banyak membantu.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!
Sedangkan kamera depan Samsung Galaxy M20 yang berkekuatan 8 megapiksel ini mampu menghasilkan foto selfie yang biasa saja. Foto yang dihasilkan kadang berkarakter agak warm dan dynamic range yang payah. Efek beautify yang dihasilkan kamera depan Galaxy M20 ini kadang agak berlebihan. Kamera depan Galaxy M20 ini juga dapat menghasilkan foto bokeh dengan fitur Live Focus dan hasilnya terbilang cukup baik di kelasnya.

Review Samsung Galaxy M20

Review Samsung Galaxy M20
Samsung Galaxy M20 adalah salah satu peluru yang ditembakkan untuk mempertahankan pasar kelas menengah di Indonesia. Samsung tampaknya mendapatkan pelajaran berharga ketika dominasinya di India disikut oleh Xiaomi. Sementara posisi Xiaomi di Indonesia terus menguat dan mengejar pangsa pasar Samsung.

Melalui Galaxy M20, Samsung mencoba memberikan sebuah smartphone yang menawarkan kinerja kompetitif dan baterai berkapasitas besar dengan harga yang lebih kompetitif. Pabrikan asal Korea Selatan ini menyadari bahwa dirinya tidak akan bisa memenangkan persaingan hanya dengan mengandalkan brand image dan Galaxy J series yang spesifikasinya minim. Lalu bagaimana hasil Samsung Galaxy M20 review oleh tim Laptophia kali ini? Cukup laik diapresiasi.

Layar

Samsung Galaxy M20 dibekali dengan layar berukura 6,3 inci dengan resolusi full HD+ dengan teknologi panel PLS. Kualitas layar ponsel andalan Samsung ini laik mendapat acungan jempol dan bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Layar Samsung Galaxy M20 ini tajam, nyaman di mata, dan warna yang punchy. Pengguna akan dimanjakan saat menonton konten multimedia.

Respon touchscreen Samsung Galaxy M20 ini terbilang gegas dan viewing angle layarnya luas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Samsung Galaxy M20 cenderung biasa saja. Sayangnya, Samsung Galaxy M20 secara default tidak dilengkapi proteksi antigores dari Gorilla Glass atau sejenisnya, sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan screen guard atau tempered glass.

Audio

Smartphone Samsung Galaxy M20 ini dibekali sebuah loudspeaker yang berada di sisi bawah. Keuntungan posisi ini adalah keluaran suara tidak terganggu saat ponsel diletakkan. Suara yang dihasilkan oleh loudspeaker ponsel ini terbilang kencang dan didominasi oleh treble. Saat mendengarkan musik dengan headset Sennheiser HD 202 II, keluaran suara Samsung Galaxy M20 terbilang mantap. Hal ini diperkuat dengan adanya fitur Dolby Atmos yang dapat diaktifkan saat menggunakan headset.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5Q, Smartphone Selfie Mantap yang Terlupakan

Baterai

Kapasitas baterai yang besar menjadi daya tarik utama Samsung Galaxy M20 review kali ini, yakni 5000mAh. Samsung tampaknya tak mau setengah hati dengan membekali baterai berkapaitas besar saja, tetapi juga dibekali dengan fitur fast charge 9V/1,67A dnegan charger yang sudah ada dalam paket pembelian. Baterai Samsung Galaxy M20 terisi penuh dalam waktu 2 jam lebih.

Daya tahan baterai Samsung Galaxy M20 ini cukup mengagumkan karena penggunaan standar ala Laptophia mampu bertahan hingga 2 hari. Bahkan, kadang-kadang daya tahannya bisa lebih. SoC Exynos 7904 ini tampaknya cukup efisien dalam hal konsumsi daya. Penggunaan yang lebih intensif seperti gaming membuat daya tahan baterai lebih singkat, yakni sekita1 1 – 1,5 hari.

Memori

Smartphone menengah dengan baterai berkapasitas besar Samsung Galaxy M20 ini menyisakan memori internal sekitar 21,9GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,1GB – 1,3GB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya.

Kesimpulan

Secara umum, Samsung Galaxy M20 adalah sebuah smartphone kela menengah yang cukup menarik. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, fitur fast charge, kinerja yang memadai, dan kamera belakang dengan fitur ultra wide angle. Apa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy M20 ini dibalut dengan harga yang terbilang kompetitif di kelasnya.

Sayangnya, Samsung Galaxy M20 hanya dibekali dengan memori RAM 3GB dan internal 32GB. Padahal dengan harga yang sama, konsumen bisa mendapatkan RAM dan ROM yang lebih besar. Selain itu, casing belakang Samsung Galaxy M20 mudah tergores. Hal kecil lainnya adalah ponsel ini tidak dilengkapi dengan LED notifikasi. Meski demikian, Samsung Galaxy M20 merupakan salah satu smartphone kelas menengah yang laik dipertimbangkan.

Kelebihan Samsung Galaxy M20

  • Daya tahan baterai di atas rata-rata
  • Dilengkapi kamera super wide-angle
  • Harga kompetitif

Kekurangan Samsung Galaxy M20

  • RAM & memori internal masih 3GB/32GB, kompetitor dengan harga yang sama sudah 4GB/64GB
  • Casing belakang mudah tergores
  • Tidak dilengkapi LED notifikasi

Harga Samsung Galaxy M20

Samsung Galaxy M20 merupakan sebuah smartphone kelas menengah yang cukup menarik dengan baterai besar dan kamera super wide-angle. Harga Samsung Galaxy M20 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima adalah Rp 2.799.000. Sedangkan harga saat flash sale lebih murah, yakni Rp 2.699.000. Berdasarkan hasil Samsung Galaxy M20 review yang telah Laptophia lakukan, ponsel ini menawarkan performa yang memadai dengan desain kekinian.

Daya tahan baterai yang lama dan dilengkapi fast charging menjadi daya tarik utama Samsung Galaxy M20 ini. Sayangnya dengan harga yang ditawarkan, ponsel ini hanya menawarkan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Secara umum, Samsung Galaxy M20 ini bisa dikatakan laik dipertimbangkan di kelasnya dengan spesifikasi yang jauh lebih baik ketimbang smartphone Samsung seri sebelumnya.
Anda dapat membeli atau cek promo Samsung Galaxy M20 di Sini (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Samsung Experience UI 9.5
  • Chipset Samsung Exynos 7904 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A73 dengan kecepatan 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,8GHz
  • Grafis Mali-G71 MP2
  • Kamera belakang ganda 13 megapiksel + 5 megapiksel (depth sensor, wide angle) dengan sensor BSI CMOS, lima elemen lensa aperture f/1.9, phase-detection autofokus, LED flash
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,3 inci, dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixels, kerapatan 400 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel PLS
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD max 512GB (dediated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, port audio 3,5mm
  • Dimensi 156.4 x 74.5 x 8.8 mm berat 186 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai lithium polymer 5000mAh, non-removable, fast charge 9V/1.67A
  • Warna Ocean Blue dan Charcoal Black
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!