eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Hands On Pocophone F1: Performa Tinggi dan Harga Mengesankan, Tapi…

Hands On Pocophone F1: Performa Tinggi dan Harga Mengesankan, Tapi… – Peluncuran smartphone Pocophone F1 yang tak lain adalah subbrand atau sub merk dari Xiaomi ternyata sukses menarik perhatian konsumen tanah air. Beberapa hasri yang lalu satu unit smartphone Pocophone F1 telah mendarat dengan selamat di markas Laptophia dan siap untuk masuk antrean review. Smartphone Pocophone F1 ini begitu menarik karena dibekali dengan spesifikasi sekelas flagship dengam mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 845 yang merupakan SoC terkencang saat ini dan biasa digunakan oleh ponsel flagship.

Tak hanya itu, Pocophone F1 juga dibekali dengan kamera ganda yang mumpuni dan juga fitur yang cukup lengkap. Spesifikasi yang begitu menarik dari Pocophone F1 ternyata dibandrol dengan harga yang terjangkau, yakni setara smartphone kelas menengah premium, penasaran? Simak unboxing dan hands on Pocophone F1 yang tim Laptophia lakukan!
Hands On Pocophone F1: Performa Tinggi dan Harga Mengesankan, Tapi…

Perlengkapan Pocophone F1

Perlengkapan Pocophone F1
  • Unit Pocophone F1 RAM 6GB ROM 64GB Graphite Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Unboxing & Hands On Pocophone F1


Unboxing & Hands On Pocophone F1
Kurang lebih dua hari lalu seorang kurir dari layanan logistik terkemuka tanah air telah mengantarkan sebuah paket berisi smartphone Pocophone F1 varian RAM 6GB dan memori internal atau ROM 64GB. Ya, smartphone canggih Pocophone F1 ini datang untuk dilakukan review mendalam. Ponsel besutan Xiaomi ini hadir dengan boks berwarna abu-abu tua dengan tulisan Pocophone yang cukup jelas dan di bawahnya terdapat tulisan “by Xiaomi” yang lebih kecil. Laptophia kemudian segera melakukan unboxing Pocophone F1 untuk mengetahui kondisi barang dan perlengkapan apa saja yang diusungnya.

Saat hands on Pocophone F1 pertama kali, Laptophia cukup terkejut dengan impresi awalnya. Smartphone ini dibandrol dengan harga di atas 4 juta ini ternyata dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat. Tak ada yang salah dengan bahan plastik, hanya saja membuat Pocophone F1 ini jauh dari kesan premium. Petinggi Xiaomi mengatakan bahwa menggunakan material plastik dapat memangkas harga dan sebagain besar pengguna memakai case, sehingga casing belakangnya tidak terlihat.

Penampilan atau desain pada hands on Pocophone F1 ini terbilang standar saja, tidak ada yang istimewa dari penampilan fisiknya. Smartphone ini tampil dengan gaya desain kekinian berbezel tipis dan dilengkapi notch atau poni pada bagian atas layar. Meski dibekali baterai berkapasitas 4000mAh, dimensi Pocophone F1 ini terbilang cukup tipis dan tidak terlalu berat. Build quality dari Pocophone F1 sendiri menurut Laptophia cukup solid, meski menggunakan material plastik yang murah.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!

Unboxing & Hands On Pocophone F1
Sisi depan smartphone Pocophone F1 ini terdapat lubang infrared camera untuk face unlock, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,18 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel F1 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Pocophone F1 sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Pocophone F1 agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Pocophone F1 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Pocophone ini terdapat microphone dan port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Pocophone F1 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, dan logo Pocophone. Merek asal Tiongkok yang merupakan subbrand atau sub merk Xiaomi ini menempatkan port USB USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Mengenal Pocophone F1

Mengenal Pocophone F1

Seperti yang sudah Laptophia bahas sebelumnya, smartphone flagship killer Pocophone F1 ini layar yang kekinian dengan aspek rasio 19:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,18 inci yang disematkan teknologi dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2246 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 403 piksel per inci yang cemerlang, serta dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass.

Kinerja menjadi keunggulan utama dari Pocophone F1 karena ditenagai oleh prosesor terkencang saat ini, yakni SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,7GHz dan quad-core berkecepatan 1,7GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 6GB jenis LPDDR4X. Sedangkan sektor grafis, Pocophone mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 630 yang powerful.

Sisi perangkat lunak, Pocophone F1 ini menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.6 for Poco yang kaya akan fitur, serta dipastikan akan mendapau upgrade ke Android versi berikutnya atau Android 9.0 Pie pada kuartal keempat 2018 mendatang.
Baca juga:Honor 7A Review: Kamera Ganda dengan Harga Masuk Akal
Sisi kamera, Pocophone F1 dibekali dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, dan dual LED flash.

Kamera ponsel Pocophone F1 ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 5 megapiksel sensor BSI CMOS 1.12um piksel dengan lensa aperture f2.0 yang berfungsi sebagai Depth sensor untuk efek bokeh yang ciamik. Pocophone membenamkan fitur canggih berbasis AI yang mampu mengenali ratusan skenario untuk mengoptimalkan hasil jepretannya.

Kemampuan selfie F1 ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 0.9um piksel berteknologi 4-in-1 pixel binning yang mumpuni saat low-light dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify dan AI untuk foto selfie dan video call. Pocophone juga membekali ponsel F1 ini dengan fitur keamanan face unlock berbasis kamera infrared, sehingga dapat digunakan saat kondisi kurang cahaya.

Smartphone 4G LTE menengah dengan tagline Master of Speed Pocophone F1 ini dibekali dengan memori internal 64GB atau 128GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 2TB jenis hybrid slot. Unit yang Laptophia gunakan pada artikel ini adalah varian 64GB. Pocophone juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.

Sektor audio menjadi kelebihan tersendiri bagi Pocophone F1 berkat sokongan dual speaker stereo untuk mendukung pengalaman multimedia pengguna. Pocophone membekali smartphone F1 Master of Speed ini dengan baterai berkapasitas 4000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya yang didukung teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0.
Baca juga:Honor 9 Lite Review Quad Camera Termurah: Redmi 5 Plus Killer?

Video Unboxing Pocophone F1

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Impresi Awal Pocophone F1

Impresi Awal Pocophone F1
Impresi awal Laptophia saat hands on Pocophone F1 ini cukup mengejutkan. Meski dijual dengan harga premium, ponsel ini tampil dengan kesan fisik yang kurang premium. Ini sebenarnya bisa dimaklumi mengingat harga yang ditawarkan agresif dan spesifikasinya tinggi, sehingga desain dan material fisik harus dikorbankan. Meski demikian, Pocophone F1 ini terasa cukup solid dan kuat. Material plastik sendiri sebenarnya tidak jelek dan diklaim jauh lebih durabel ketimbang kaca, tetapi memang kurang memiliki kesan premium.

Kualitas layar yang ditawarkan oleh Pocophone F1 ini cukup lumayan dengan reproduksi warna yang terbilang baik. Kualitas layar ponsel yang mengusung tagline Master of Speed ini tak jauh berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 5 yang sebelumnya pernah Laptophia ulas. Layar yang diusungnya menawarkan viewing angle yang luas dan respon yang gegas. Tak hanya itu, layarnya telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 gar tidak mudah tergores.

Impresi awal performa Pocophone F1 ini sangat mengagumkan menurut Laptophia. Selama proses hands on Pocophone F1 beberapa hari ini, Laptophia tak menemui adanya lag atau kendala performa. Percobaan bermain game berat seperti PUBG dan AoV juga berjalan dengan lancar. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa sesungguhnya dari smartphone Pocophone F1 ini.
Baca juga:Anker PowerCore+ Mini 3350mAh Review: Power Bank Berwujud Tabung Lipstick
Bagaimana dengan kameranya? Laptophia memang tidak memasang ekspektasi yang tinggi pada kamera Pocophone F1 ini, mengingat harganya yang agresif. Impresi awal hasil jepretan kamera ganda Pocophone F1 ini ternyata cukup baik dan melebihi ekspektasi tim Laptophia. Penasaran? Berikut beberapa sampel fotonya. Review mendalam akan hadir di Laptophia, tunggu saja tanggal mainnya.

Sampel Hasil Foto Kamera Pocophone F1






Harga Pocophone F1

Pocophone F1 merupakan smartphone flagship killer yang sangat menarik saat ini. Harga ponsel Pocophone F1 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima adalah Rp 4.499.000 untuk varian 6GB/64GB dan Rp 4.999.000 untuk varian 6GB/128GB. Berdasarkan unboxing dan hands on Pocophone F1 yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini hadir dengan kinerja yang sangat tinggi di kelasnya, kamera yang mumpuni dan bisa diandalkan, serta harga yang terbilang sangat agresif.

Sayangnya, Pocophone F1 ini datang dengan desain yang terbilang sangat standar atau biasa saja. Tak hanya itu, body Pocophone F1 ini dibalu dengan casing berbahan plastik yang menghilangkan kesan premium. Secara umum, Laptophia menilai smartphone Pocophone F1 ini dapat dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone setara flagship dengan harga yang terjangkau.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Pocophone F1 di Sini (Klik)

Spesifikasi Pocophone F1

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.6 for Poco
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core 2,8GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis Adreno 630
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.9, Dual Pixel phase-detection autofokus, EIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 12 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL 1.12um piksel, lensa f/2.0 depth sensor
  • Kamera depan 20 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI 0,9um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,18 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 6GB atau 8GB LPDDR4X, ROM 64GB, 128GB atau 256GB UFS 2.1 dilengkapi slot microSD maksimal 256GB hybrid slot
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, dual GPS, dual SIM, fingerprint sensor, infrared face unlock, stereo speaker
  • Dimensi 155.5 x 75.3 x 8.8 mm berat 180 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4000mAh lithium polymer, non-removable, Qualcomm Quick Charge 3.0
  • Warna Graphite Black, Steel Blue, Rosso Red, dan Armored Edition with Kevlar
Anda mungkin suka:Hands On Review Samsung Galaxy Note 9: Mengesankan, Tapi…