eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Xiaomi Redmi Note 5A Prime: Smartphone Selfie Murah Bertenaga!

Unboxing Xiaomi Redmi Note 5A Prime: Smartphone Selfie Murah Bertenaga! – Xiaomi Indonesia memang beberapa bulan terakhir ini cukup agresif. Pabrikan asal Tiongkok ini sukses menggemparkan kelas menengah dengan meluncurkan smartphone Android One Xiaomi Mi A1. Tren ini dilanjutkan dengan menggempur pasar entry-level melalui seri Redmi 5A yang selalu ludes saat flash sale dan banyak diburu konsumen. Kini, Xiaomi mencoba membidik konsumen penggemar foto selfie dengan meluncurkan Redmi Note 5A Prime.

Smartphone ini cukup menonjol dengan dukungan kamera depan berkekuatan 16 megapiksel dan dilengkapi dengan LED flash. Tak hanya itu, dapur pacu Xiaomi Redmi Note 5A Prime juga lebih kencang dari Redmi Note 5A dengan sokongan dapur pacu SoC Qualcomm Snapdragon 430 octa-core. Lalu seperti apa kemampuan ponsel ini? Simak ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Redmi Note 5A Prime oleh Laptophia Blog kali ini!


IMG_20180125_110327_HDR

Perlengkapan Xiaomi Redmi Note 5A Prime

IMG_20180125_105549_HDR
  • Unit Xiaomi Redmi Note 5A Prime Grey
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Benchmark Xiaomi Redmi Note 5A Prime: Jagoan Selfie!

Hands On & Unboxing Xiaomi Redmi Note 5A Prime

IMG_20180125_110448_HDR
Beberapa hari yang lalu satu unit smartphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime telah mendarat dengan selamat di markas Laptophia Blog. Ponsel khusus selfie dengan harga murah meriah ini ternyata hadir dengan kemasan boks yang sama dengan Redmi Note 5A standard yang sebelumnya pernah Laptophia ulas. Ponsel ini datang dengan boks berwarna oranye dengan tulisan Redmi Note 5A Prime yang cukup jelas pada bagian depannya. Laptophia kemudian melakukan unboxing untuk mengetahui perlengkapan apa saja yang ada dalam paket penjualan smartphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini.

Saat pertama kali menggenggam ponsel Redmi Note 5A Prime andalan Xiaomi ini, feel-nya tidak jauh berbeda dengan Redmi Note 5A standar. Ukuran atau dimensi smartphone khusus selfie ini tak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone dengan layar 5,5 inci.

Meski dimensi terbilang agak besar, bobot Redmi Note 5A Prime ini terbilang ringan dan nyaman digenggam. Penampilan fisik smartphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini ternyata tak jauh berbeda dengan Redmi Note 5A. Bahkan, jika dilihat sekilas malah terlihat sama saja karena mengandalkan balutan casing plastik unibody.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Review: Smartphone Terbaik di Kelas 1,5 Juta!
Namun, jika kita melihat lebih dekat ponsel Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini, ternyata ada beberapa perbedaan detail desain jika dibandingkan dengan saudaranya. Smartphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini memang dibalut dengan casing plastik unibody, tetapi terdapat sensor sidik jari pada sisi belakang. Tak hanya itu, layar Redmi Note 5A Prime ini memang sama-sama mengusung Corning Gorilla Glass, tetapi ponsel ini sudah berkontur 2,5D yang membuatnya lebih elegan. Impreasi desainnya secara umum cukup mantap di kelasnya.

Sisi depan Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini terdapat LED notifikasi, lubang kamera depan, earpiece, ambient light sensor, proximity sensor, LED flash depan, layar HD berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back yang tidak dilengkapi dengan backlight.

Layar smartphone selfie murah meriah Xiaomi Redmi Note 5A Prime sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Redmi Note 5A Prime agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis dedicated slot (triple slot). Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Xiaomi ini terdapat port audio 3,5mm, microphone, dan infrared blaster.
Baca juga:Xiaomi Redmi 4X Review: Baterai Besar & Kaya Fitur
Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini terdapat lubang kamera, LED flash, sensor sidik jari, dan logo Mi. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Xiaomi Mi6 ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.
IMG_20180125_110516_HDR
Layar Xiaomi Redmi Note 5A Prime mengandalkan layar sentuh berukuran besar, yakni 5,5 inci berkontur 2.5D berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif display dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 267 piksel per inci. Tak hanya itu, Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini mengandalkan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 9 yang kaya fitur.

Sisi kamera, smartphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini mengandalkan dukungan kamera belakang 13 megapiksel menggunakan sensor Samsung S5K3L8 dengan fitur autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3P8 dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang sangat mumpuni untuk foto selfie dan video call.
Baca juga:Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378
Kinerja yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini terbilang bersaing di kelasnya menurut Laptophia Blog karena didukung SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 435 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G andalan Xiaomi ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Smartphone kelas menengah Xiaomi Redmi Note 5A Prime dibekali dengan memori internal atau ROM sebesar 32GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB dedicated slot. Xiaomi membekali Redmi Note 5A Prime baterai berkapasitas 3080mAh tanpa fitur fast charging untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Impresi Awal Xiaomi Redmi Note 5A Prime

IMG_20180125_110819_HDR
Smartphone selfie Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini menunjukkan impresi yang cukup baik menurut Laptophia Blog. Meski berukuran agak besar, Redmi Note 5A Prime ini relatif nyaman digenggam dan tidak terlalu licin. Penampilan fisiknya memang tak jauh berbeda dengan Redmi Note 5A standar, tetapi kemampuan secara umum lebih mantap. Build quality smartphone khusus selfie andalan Xiaomi ini terbilang oke di kelasnya meski dibalut casing berbahan plastik.

Dukungan layar 5,5 inci 2.5D dengan resolusi HD yang diusung oleh Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini kualitasnya cukup baik. Bisa dikatakan setara dengan Redmi Note 5A standar. Warna yang dihasilkan cukup memuaskan, tajam, dan terkesan padat meski kerapatannya hanya mencapai 267 ppi. Respon layar sentuhnya sensitif, gegas, dan viewing angle terbilang luas. Pinggiran layar berkontur 2.5D ini membuat ponsel Redmi Note 5A Prime ini terlihat lebih modern dan elegan.

Performa Xiaomi Redmi Note 5A Prime di atas kertas harusnya lebih kencang dari Redmi Note 5A. Ponsel ini dibekali dengan chipset yang lebih kencang, yakni Snapdragon 435 dan membuatnya setara dengan Redmi 4X yang dirilis tahun lalu. Selama menggunakan smartphone selfie Xiaomi Redmi Note 5A Prime beberapa terakhir ini, Laptophia Blog tak mengalami masalah performa. Ponsel cukup smooth, responsif dan tidak pernah muncul lag. Tentunya diperlukan review yang mendalam untuk mengetahui kinerja sebenarnya.
Baca juga:Motorola Moto M XT1663 Review: The Forgotten Knight
Kamera depan yang diusung oleh Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini memang terbukti mumpuni untuk foto selfie. Impresi awal Laptophia dengan kemampuan kamera depannya cukup puas. Foto yang dihasilkan detail dengan efek beauty yang sukses membuat kulit terlihat putih mulis. Hanya saja, kadang foto terlihat overekspos.

Sedangkan kamera belakang Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini tergolng biasa saja, sama seperti seri Redmi lainnya. Tentunya, diperlukan review mendalam untuk mengetahui kemampuan kamera Redmi Note 5A Prime yang sebenarnya.

Harga Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Smartphone Xiaomi Redmi Note 5A Prime ini bisa menjadi solusi bagi konsumen yang membutuhkan smartphone untuk selfie dengan kamera depan beresolusi tinggi. Harga Xiaomi Redmi Note 5A Prime terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 1.999.000 atau tepatnya Rp 2 juta. Harga ini relatif masuk akal dan sangat kompetitif di kelasnya. Berdasarkan hasil hands on dan unboxing Xiaomi Redmi Note 5A Prime yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel ini menunjukkan impresi yang cukup menarik.

Kamera depan Redmi Note 5A Prime unggul dengan hasil foto yang cukup memuaskan, kinerja yang memadai, dan build quality yang mantap. Secara umum, Xiaomi Redmi Note 5A Prime sangat laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone murah dengan kemampuan selfie yang mumpuni.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi Note 5A di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A Prime

  • Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 9
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 435 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.2,  dan LED flash. Kamera depan 16 megapiksel, sensor Samsung S5K3P8, lensa aperture f/2.0 fixed focus, LED flash
  • Layar 5,5 inci 2.5D dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual nano-SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 153 x 76.2 x 7.7 mm berat 153 gram
  • Baterai 3080mAh lithium ion
  • Warna Rose Gold, Gold, dan Grey
Anda mungkin suka:Samsung Galaxy A8 2018 dan Galaxy A8 Plus 2018 Tersedia di Indonesia, Ini Harganya