eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Xiaomi Redmi 3X: Square Edge

Unboxing Xiaomi Redmi 3X – Kemarin tim Laptophia Blog kedatangan sebuah smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Redmi 3X. Smartphone ini sebenarnya sudah beredar di Indonesia sejak beberapa waktu lalu, hampir bersamaan dengan kemunculan Redmi 3S di Indonesia. Sekilas, Redmi 3X ini memang tak jauh berbeda spesifikasinya dengan Xiaomi Redmi 3S. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai apa sebenarnya perbedaan antara keduanya?

Setelah Laptophia lihat, ternyata desain Redmi 3X ini sedikit berbeda dari Redmi 3S. Selain itu, ponsel ini dibekali dengan memori RAM sebesar 2GB dikombinasikan dengan ROM berkapasitas 32GB. Penasaran? Berikut ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Redmi 3X oleh tim Laptophia Blog!


Unboxing Xiaomi Redmi 3X

Perlengkapan Xiaomi Redmi 3X

P_20161013_155710_vHDR_Auto
  • Unit Xiaomi Redmi 3X 2GB/32GB Gold
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku petunjuk
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3X di Sini (Klik) 

Hands On & Unboxing Xiaomi Redmi 3X

P_20161013_160525_vHDR_On
Setelah unit tiba, tim Laptophia Blog langsung melakukan unboxing Xiaomi Redmi 3X untuk mengecek kondisi barang dan perlengkapan yang diusungnya. Ponsel 4G Redmi 3X ini memang belum resmi diluncurkan di Indonesia, sehingga produk yang beredar bergaransi distributor tak resmi atau BM.

Jika dilihat dari depan, ponsel Redmi 3X ini tampak tak berbeda dengan Redmi 3S. Ponsel ini dibalut dengan casing metal unibody yang kokoh dan terkesan mewah saat digenggam. Lalu apa perbedaan Xiaomi Redmi 3X vs Redmi 3S dari sisi desain? Pertanyaan ini sering terlontar oleh konsumen yang bingung memilih antara keduanya.

Perbedan yang paling kentara adalah Redmi 3X mengusung desain sudut yang lebih tegas dan kotak (square edge), mirip dengan iPhone 5S atau Accessgo Gotune 3i. Sedangkan Redmi 3S mengusung desain sudut yang membulat atau rounded edge. Hal ini membuat Xiaomi Redmi 3X terasa lebih kokoh dan tebal.

Sisi depan smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3X ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sama seperti Redmi 3S, ketiga tombol kapasitif pada Redmi 3X tidak dilengkapi backlight, sehingga kurang nyaman digunakan di tempat gelap. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass atau AGC Dragontrail pada layar ponsel besutan Xiaomi ini.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi 3X ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual SIM atau single SIM+microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3S Review: Full Features & Affordable
Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi 3X ini terdapat lubang LED flash, kamera utama , logo Xiaomi, sensor sidik jari, dan speaker grill. Merek asal Tiongkok pembesut produk Mi 5S ini menempatkan port micro USB dan microphone di sisi bawah.

Xiaomi Redmi 3X ini mengusung desain unibody yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus. Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel.

Slot tersebut dapat diakses dengan bantuan SIM ejector yang terdapat pada paket penjualannya. Slot pada Redmi 3X ini adalah hybrid slot, ini berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD.
Harga Xiaomi Redmi 3X
Smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3X mengusung spesifikasi layar yang sama dengan Redmi 3, yakni mengandalkan layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan 294 ppi atau piksel per inci. Layar ponsel penerus Redmi 3 ini menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD.

Performa yang ditawarkan oleh Redmi 3X andalan Xiaomi ini cukup kompetitif menurut Laptophia Blog cukup bersaing untuk kelas menengah dengan mengandalkan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 430 generasi baru dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Sektor kamera, Xiaomi Redmi 3X ini cukup mumpuni dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel berteknologi phase-detection autofokus (PDAF) yang menggunakan sensor Samsung S5K3L8 yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan aperture f/2.2 dan didukung LED flash.

Fitur PDAF pada Redmi 3X ini mampu meningkatkan kecepatan fokus hingga 0,1 detik saja. Kamera depan smartphone ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 5 megapiksel fixed focus dengan sensor OmniVision 5670 yang cocok untuk foto selfie atau video chat.
Baca juga:Asus Zenfone 3 ZE520KL Review: Compact & Shiny
Sektor memori, ponsel 4G Xiaomi Redmi 3X ini didukung memori internal 32GB dan dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB. Smartphone ini menjalankan MIUI 7 yang berbasis Android 6.0 Marshmallow. Laptophia telah melakukan flashing ke MIUI 8 global menggunakan ROM milik Redmi 3S.

Baterai kapasitas besar menjadi salah satu keunggulan ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 3X menurut Laptophia karena dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4100mAh. Xiaomi juga membekalinya dengan fasilitas fast charging untuk isi ulang dalam waktu singkat. Selain itu, smartphone ini didukung sensor sidik jari pada sisi belakang.

Impresi Awal Xiaomi Redmi 3X

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3X
Impresi awal tim Laptophia Blog dengan desain fisik ponsel Xiaomi Redmi 3X ini relatif baik. Desainnya memang tak terlalu wah dan cenderung mirip dengan ponsel Xiaomi lainnya. Namun, penggunaan desain square edge membuat Redmi 3X ini terasa berbeda feelnya saat digenggam. Entah memang material casingnya yang lebih tebal atau hanya perasaan kami saja, ponsel Redmi 3X ini terasa lebih solid dan kokoh jika dibandingkan dengan Redmi 3S.

Layar 5 inci dengan resolusi HD yang diusungnya mampu menghasilkan kualitas yang sesuai dengan harapan Laptophia Blog. Warna yang dihasilkan cukup punchy, respon touchscreen cukup gegas, dan sudut pandangnya luas. Sayangnya, Laptophia belum menjajal ponsel ini di bawah sinar matahari.

Mengandalkan spesifikasi dapur pacu yang sama dengan Redmi 3S yang mengandalkan chipset Snapdragon 430 membuat Redmi 3X cukup bertenaga. Laptophia menjajalnya untuk menginstal aneka macam aplikasi, buka tutup aplikasi, dan komunikasi relatif smooth. Tentunya, review lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui detail kemampuan sebenarnya dari smartphone ini.
Baca juga:Accessgo Gotune 3i Review: Metal Frame
Kamera Xiaomi Redmi 3X juga relatif setara dengan Redmi 3S. Impresi awal kami, kamera Redmi 3X tampak menghasilkan foto yang memuaskan ketika digunakan siang hari dengan kondisi cahaya yang melimpah. Penasaran? Tunggu review lengkapnya di Laptophia Blog!

Harga Xiaomi Redmi 3X

Harga ponsel 4G LTE Asus Redmi 3X terbaru berdasarkan pantauan yang Laptophia Blog lakukan adalah Rp 1.699.000. Harga ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Berdasarkan hasil hands on dan unboxing Xiaomi Redmi 3X yang telah tim Laptophia Blog lakukan, ponsel ini tampak menawarkan desain yang elegan dan terkesan lebih kokoh dibandingkan dengan Redmi 3S.

Tak hanya itu, build quality Redmi 3X ini tergolong sangat solid di kelasnya. Spesifikasi secara umum relatif setara dengan Xiaomi Redmi 3S yang Laptophia review sebelumnya. Secara umum, Xiaomi Redmi 3X ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3X di Sini (Klik) 

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3X

  • Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.0,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB ROM 32GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging, fingerprint sensor 
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.6 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Silver, Gold, dan Dark Grey
Anda mungkin suka:Benchmark Xiaomi Redmi 3X: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard