eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Andalkan Laser Autofokus

Unboxing Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG – Smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG yang mengandalkan fitur laser-autofocus telah hadir di markas Laptophia Blog. Smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG ini sebenarnya belum lama diluncurkan di pasar tanah air dan menyasar segmen menengah. Kamera adalah andalan utamanya meski hanya didukung duet kamera belakang 8 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

Hadirnya sensor inframerah atau laser yang berada disamping kamera menjadi daya tarik utamanya. Terlepas dari kemampuan kamera yang diusung, smartphone ini juga didukung sapesifikasi yang cukup kompetitif dikelasnya, yakni mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB. Berikut penampakan dan spesifikasi lengkap Zenfone 2 Laser ZE500KG besutan Asus.


IMG_20151026_132112_HDR

Perlengkapan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

IMG_20151026_131835_HDR
  • Unit Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Buku panduan
  • Kartu garansi

Unboxing Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

IMG_20151026_132028_HDR
Penampilan smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG ini dari depan terlihat mirip dengan Zenfone 5, sedangkan dari belakang mengusung desain khas dari keluarga Zenfone 2 yang meletakkan tombol volume dengan warna krom di bawah lensa kamera belakang. Desain boks ponsel ini juga tak jauh berbeda dengan Zenfone 2 series, hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil.

Unit Zenfone 2 Laser ZE500KG yang datang ke markas Laptophia Blog ini berwarna merah. Kesan pertama saat memegang ponsel ini adalah ringan dan nyaman digenggam. Casing belakangnya tidak seperti Zenfone 2 lainnya yang menggunakan finishing brushed metal, Zenfone 2 Laser ZE500KG ini menggunakan finishing matte yang kesat dan tidak licin meski tangan berkeringat.

Bagian depan ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG besutan Asus ini terdapat earpiece, lubang kamera, sensor proximity, sensor cahaya, layar sentuh berukuran 5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps.

Tidak seperti keluarga Zenfone 2 lainnya yang menggunakan teknologi panel IPS, Asus hanya membekali Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan 294 ppi (pixel per inch) berteknologi panel TN atau TFT LCD. Pabrikan asal Taiwan ini mengatakan bahwa layar ponsel ini telah dilindungi oleh lapisan antigores dari Gorilla Glass 4.

Smartphone ini mengandalkan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop yang dibalut dengan tampilan antarmuka ZenUI yang kaya fitur. Sayangnya, belum ada informasi dari Asus mengenai apakah ponsel ini menerima update ke Android 6.0 Marshmallow atau tidak. Asus menempatkan tombol power dan port audip 3,5mm di sisi atas ponsel dan port microUSB pada sisi bawah ponsel. Sedangkan bagian belakang ponsel terdapat modul laser, lubang kamera, LED flash, tombol volume, dan lubang speaker.

 Baca juga:Unboxing Samsung Galaxy J1 Ace, Ponsel 4G LTE Murah

Sisi kamera ini memang menjadi pesona dari ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG ini dengan mengandalkan dukungan kamera utama resolusi 8 megapiksel yang ditandem kan dengan lima elemen lensa dengan aperture f2.0, laser autofokus, dan masih diperkuat oleh dual-tone LED flash. Smartphone ini digadang-gadangkan memiliki fokus kamera super cepat, yakni hanya 0.2 detik saja dengan bantuan laser. Sedangkan kamera depan, Asus membekali Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan resolusi 5 megapiksel yang sudah lebih dari cukup untuk foto selfie.

Kinerja yang ditawarkan oleh Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini terlihat standar atau sama seperti pesaingnya menurut Laptophia Blog karena mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dan didukung memori RAM 2GB. Asus juga membekali smartphone ini dengan memori internal berkapasitas 16GB atau 8GB, lengkap dengan slot microSD. Varian yang hadir di Laptophia Blog adalah varian 8GB. 

Kesan Pertama Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

IMG_20151026_132340_HDR
Ketika Laptophian memegang ponsel Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini, agak kaget karena ponsel ini lebih ringan dari dugaan. Desain bagian belakangnya yang melengkung membuatnya nyaman digenggam meski oleh pengguna dengan telapak tangan berukuran agak kecil. Dimensi secara keseluruhan, ponsel Zenfone 2 Laser ini tidak jauh berbeda dengan Xiaomi Mi 4i. Layar HD yang diusung oleh ponsel ini memang menghailkan warna yang cukup vivid, sayangnya brightness-nya cenderung kurang atau bisa dikatakan kurang terang untuk penggunaan di luar ruangan.

Saat menjajal bebebrapa fitur yang terdapat di dalam ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG, perpindahan menu dan buka tutup aplikasi relatif ringan dan gegas. Aplikasi bawaan ponsel ini cukup banyak dan sebagian besar adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Asus sendiri. Laptophia belum menjajal menginstal aneka macam aplikasi sejauh ini dan kinerja secara keseluruhan dapat diketahui pada review yang akan datang.

Impresi awal kemampuan kamera ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG ini sudah memenuhi ekspektasi Laptophia, yakni kecepatan fokus yang sangat cepat, hasil jepretan yang cemerlang, dan aplikasi kamera yang kaya fitur. namun, Laptophia baru melihat sekilas hasil fotonya melalui aplikasi galeri. Analisa mendalam mengenai hasil jepretan foto kamera Zenfone 2 Laser ZE500KG ini harus dilakukan melalui PC agar lebih jelas. Kamera depan ponsel ini juga tampak memberikan hasil jepretan yang menjanjikan meski hasilnya sedikit agak pucat.

Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Harga ponsel Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima dari toko online Lazada adalah Rp 2,1 juta. Jelas, berdasarkan harga yang ditawarkan, smartphone ini membidik pasar kelas menengah. Secara umum, spesifikasi yang diusung oleh ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG terbilang standar di kelasnya dan tidak terlalu istimewa. Satu-satunya fitur menarik yang dimiliki oleh ponsel ini adalah hadirnya fasilitas laser autofokus yang tak dimiliki oleh para pesaingnya. Laptophia Blog menilai ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG ini masih cukup layak dipertimbangkan.

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka ZenUI versi baru
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera 8 megapiksel laser-autofokus, lensa 28mm aperture f/2.0, dual-tone LED flash, PixelMaster. Kamera depan 5 megapiksel dengan lensa wide
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, TN TFT kapasitif LCD dilindungi Gorilla Glass 4
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD 
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 143.7 x 71.5 x 10.5 mm dengan berat 140 gram
  • Baterai 2070mAh lithium polymer
  • Warna Pure Black, Ceramic White, Glamour Red, Hairline Gold, dan Hairline Silver
Anda mungkin suka: Unboxing Alcatel Flash 2, Ponsel 4G Berkamera Mumpuni