eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing dan Hands On Asus Zenfone 5 ZE620KL: Desain Cantik dengan Kamera Ciamik

Unboxing dan Hands On Asus Zenfone 5 ZE620KL: Desain Cantik denga Kamera Ciamik – Pasar smartphone kelas menengah premium dengan harga Rp 3,5 – 4 juta-an di Indonesia kian ketat persaingannya. Salah satu produk yang menarik di segmen ini menurut Laptophia adalah Asus Zenfone 5 ZE620KL. Beberapa hari yang lalu sebuah paket berisi smartphone premium Asus Zenfone 5 ZE620KL telah mampir ke meja review Laptophia untuk diulas mendalam.

Ponsel ini memang cukup menarik sejak saat pertama kali diperkenalkan dengan desain cantik dan performanya yang kompetitif berkat sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 636 octa-core yang powerful dan hemat konsumsi daya. Kamera dan AI menjadi fitur unggulan smartphone asal Taiwan ini. Lalu sehebat apakah ponsel ini? Simak ulasan unboxing dan hands on Asus Zenfone 5 ZE620KL oleh Laptophia kali ini.

Perlengkapan Asus Zenfone 5 ZE620KL

Perlengkapan Asus Zenfone 5 ZE620KL
  • Unit Asus Zenfone 5 ZE620KL Midnight Blue
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Headset In-ear
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Unboxing dan Hands On Asus Zenfone 5 ZE620KL

Unboxing dan Hands On Asus Zenfone 5 ZE620KL

Sejak awal kehadiran smartphone ini, Laptophia memang sudah sangat berminat untuk mengulasnya secara detail melalui review, tetapi banyak kendala saat itu. Belum lama ini pihak Asus Indonesia berbaik hati meminjamkan unit retail smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL untuk dilakukan unboxing dan hands on di Laptophia. Tak lama setelah mendarat, Laptophia langsug melakukan unboxing untuk mengetahui kondisi unit Asus Zenfone 5 ZE620KL dan perlengkapan apa saja yang diusungnya.

Saat pertama kali menggenggam dengan hands on Asus Zenfone 5 ZE620KL, Laptophia langsung teringat pada Asus Zenfone 3 yang diluncurkan perdana di Bali, Indonesia, dua tahun yang lalu. Asus tampaknya mengadopsi gaya desain ponsel keluaran dua tahun lalu dan memadukannya dengan gaya kekinian ponsel saat ini, terciptalah si cantik Asus Zenfone 5 ZE620KL! Ponsel ini dibekali dengan notch atau poni pada bagian atas layar dan mengusung bezel yang bisa dikatakan sangat tipis.

Konstrruksi dan material yang digunakan oleh Asus Zenfone 5 ZE620KL ini sangat solid. Sisi depan dan casing belakangnya menggunakan lapisan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass yang tangguh dan ditandemkan dengan frame metal yang kokoh. Build quality Asus Zenfone 5 ZE620KL sangat laik mendapat acungan jempol dan bisa disetarakan dengan smartphone flagship saat ini. Bobotnya juga terbilang standar saja, tidak terlalu berat. Hanya saja, finishing kaca pada ponsel ini membuatnya agak licin.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo!
Unboxing dan Hands On Asus Zenfone 5 ZE620KL

Sisi depan smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,2 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Zenfone 5 ZE620KL ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Asus Zenfone 5 ZE620KL sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Asus Zenfone 5 ZE620KL agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL ini. Sedangkan sisi kiri terdapat micrphone, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Asus ini terdapat microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone 5 ZE620KL ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash yang berada tepat di bawahnya, sensor sidik jari, dan logo Asus. Merek asal Taiwan yang baru saja meluncurkan smartphone gaming ROG Phone ini menempatkan port USB USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Mengenal Asus Zenfone 5 ZE620KL

Mengenal Asus Zenfone 5 ZE620KL
Seperti yang sudah Laptophia bahas sebelumnya, smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini mengusung layar yang kekinian dengan aspek rasio 18:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,2 inci yang disematkan teknologi dengan panel Super IPS+ (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2246 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 403 piksel per inci yang cemerlang dengan kecerahan 550 nits, cakupan warna 96% color gamut, dan mendukung DCI-P3.
Asus Zenfone 5 ZE620KL ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0 yang kaya akan fitur, serta dipastikan akan mendapau upgrade ke Android versi berikutnya atau Android 9.0 Pie di masa mendatang.

Performa smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini memang bukan smartphone menengah terkencang di kelasnya menurut Laptophia, tetapi sudah sangat mumpuni dengan mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 636 yang mengusung prosesor octa-core Kryo 260 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 509.

Sisi kamera, Asus Zenfone 5 ZE620KL dibekali dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, 4-axis OIS (Optical Image Stabilization), dan LED flash.
Baca juga:Hands On Review Samsung Galaxy Note 9: Mengesankan, Tapi…
Kamera ponsel ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 8 megapiksel sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa 12 mm aperture f/2.2 super wide angle 120 derajat FoV. Asus membenamkan fitur canggih berbasis AI, yakni AI Scene Detection untuk 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time, dan Real-time Beautification.

Kemampuan selfie Zenfone 5 ZE620KL ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel yang mumpuni dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify dan AI untuk foto selfie dan video call. Asus juga membekali ponsel ini dengan fitur keamanan face unlock.

Smartphone 4G LTE menengah dengan tagline AI Cameras That Think for You Asus Zenfone 5 ZE620KL ini dibekali dengan memori internal 64GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 2TB jenis hybrid slot. Asus juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.

Asus membekali smartphone fotografi kelas menengah Zenfone 5 ZE620KL ini dengan baterai berkapasitas 3300mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya yang didukung teknologi AI fast charging yang mampu mengisi baterai hingga 60% dalam waktu 38 menit. Sektor audio menjadi kelebihan tersendiri bagi Asus Zenfone 5 ZE620KL berkat sokongan dual speaker yang ditandemkan dengan fitur DTS Headphone X 7.1.

Video Unboxing Asus Zenfone 5 ZE620KL

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Impresi Awal Asus Zenfone 5 ZE620KL

Impresi Awal Asus Zenfone 5 ZE620KL
Impresi awal Laptophia saat melakukan unboxing dan hands on Asus Zenfone 5 ZE620KL ini cukup menarik. Smartphone ini terasa mirip dengan Zenfone 3 ketika digenggam dan terlihat begitu mewah. Sayangnya, penggunaan casing berbahan kaca ini membuat Asus Zenfone 5 ZE620KL terasa licin saat digenggam. Sisi depan, ponsel ini dilengkapi dengan notch atau poni yang membuatnya terlihat lebih trendi, meski ada sebagian pengguna yang tak menyukai adanya notch.

Layar Asus Zenfone 5 ZE620KL ini memang masih mengusung teknologi IPS, tetapi kualitasnya terbilang sangat superior. Jujur saja Laptophia langsung terpesona dengan reproduksi warna layar smartphone premium andalan Asus ini. Hal ini tak lepas dari dukungan cakupan warna DCI-P3 pada layar Asus Zenfone 5 ZE620KL. Resolusi yang tinggi membuatnya terlihat padat dan tajam. Respon touchscreennya terbilang gegas dan viewing angle-nya terbilang sangat luas.

Mengandalkan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 636 memang membuat Asus Zenfone 5 ZE620KL sangat powerful untuk menangani tugas apapun, termasuk gaming. Meski demikian, smartphone ini memang bukan yang paling kencang di kelasnya. Selama hampir seminggu menggunakan Asus Zenfone 5 ZE620KL ini, Laptophia sama sekali tidak mengalami kendala soal performa. Kinerja smartphonone ini sangat smooth dan nyaris tanpa lag.
Baca juga:Mengintip Hasil Benchmark Pocophone F1: Kalahkan Smartphone Belasan Juta!
Kamera merupakan sektor paling menarik dari Asus Zenfone 5 ZE620KL ini. Laptophia sudah menjajalnya untuk memotret di pelbagai kondisi cahaya dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi.tentunya perlu dilakukan review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari kamera Asus Zenfone 5 ZE620KL ini. Penasaran? Tunggu review Asus Zenfone 5 ZE620KL di Laptophia!

Sampel Foto Kamera Asus Zenfone 5 ZE620KL






Harga Asus Zenfone 5 ZE620KL

Harga resmi smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 4.299.000 atau tepatnya Rp 4,3 juta. Berdasarkan hasil unboxing dan hands on Asus Zenfone 5 ZE620KL yang tellah tim Laptophia lakukan, smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL ini mampu menghasilkan impresi yang cukup menarik.

Smartphone ini tampil dengan desain yang cantik dan dipadukan dengan build quality yang terbilang solid di kelasnya. Performa Asus Zenfone 5 ZE620KL ini memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi saat ini. Kamera yang diusungnya juga terbilang mantap. Secara umum, Asus Zenfone 5 ZE620KL salah satu smartphone yang laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek harga Asus Zenfone 5 ZE620KL di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenfone 5 ZE620KL

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan prosesor octa-core Kryo 260 dengan kecepatan 1,8GHz
  • Grafis Adreno 509
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, EIS, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa 24mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super IPS+, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 4GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD max 2TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, face unlock, port audio 3,5mm, stereo speaker
  • Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3300mAh, non-removable
  • Warna Midnight Blue dan Meteor Silver
Anda mungkin suka:Hands On Pocophone F1: Performa Tinggi dan Harga Mengesankan, Tapi…