IBX582004D475488 Hands On Xiaomi Redmi 5A, Smartphone Kekinian Harga Kurang dari Sejuta!

Hands On Xiaomi Redmi 5A, Smartphone Kekinian Harga Kurang dari Sejuta!




Hands On Xiaomi Redmi 5A, Smartphone Kekinian Harga Kurang dari Sejuta! – Xiaomi Redmi 5A merupakan smartphone kekinian yang sukses menarik perhatian konsumen tanah air. Harganya yang sangat murah membuat semua mata tertuju pada ponsel entry-level ini. Beberapa hari yang lalu satu unit smartphone Xiaomi Redmi 5A telah mendarat di markas Laptophia Blog untuk proses review. Smartphone ini sebenarnya mengusung spesifikasi yang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Xiaomi Redmi 4A.

Harga yang sangat murah membuat Xiaomi Redmi 5A langsung populer dan menjadi perbincangan hangat di tanah air. Mengandalkan duet Snapdragon 425 quad-core dengan memori RAM 2GB menjadi modal utama Xiaomi Redmi 5A untuk menangani kebutuhan komunikasi masa kini. Kamera yang kompetitif dan desain yang menarik juga menjadi nilai jual tersendiri. Penasaran? Simak ulasan unboxing dan hands on Xiaomi Redmi 5A yang merupakan perusak harga smartphone entry-level oleh Laptophia Blog kali ini!


Hands On Xiaomi Redmi 5A, Smartphone Kekinian Harga Kurang dari Sejuta!

Perlengkapan Xiaomi Redmi 5A

Hands On Xiaomi Redmi 5A, Smartphone Kekinian Harga Kurang dari Sejuta!
  • Unit Xiaomi Redmi 5A Dark Grey
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
  • SP Indosat Ooredoo
Baca juga:Motorola Moto M XT1663 Review: The Forgotten Knight

Unboxing & Hands On Xiaomi Redmi 5A

Unboxing & Hands On Xiaomi Redmi 5A
Seperti biasa, tak lama setelah smartphone Xiaomi Redmi 5A mendarat, tim Laptophia Blog segera melakukan unboxing dan hands on untuk mengetahui kondisi dan kelengkapan barang. Smartphone ini hadir dengan packing berdesain sama dengan Redmi Note 5A yang mengusung boks berwarna oranye bertuliskan “Redmi 5A”.

Ukuran boksnya jika diperhatikan, ternyata lebih kecil dari boks milik Redmi Note 5A. aat pertama kali menggenggam Xiaomi Redmi 5A, Laptophia Blog merasa ponsel ini cukup ringan dan kompak. Ukuran smartphone ini terbilang kecil meski mengusung layar 5 inci dan sekilas tak jauh berbeda ukuran dengan Redmi 2.

Penampilan Redmi 5A ini jauh berbeda dengan pendahulunya, Redmi 4A. Ponsel 4G LTE murah meriah ini mengusung sudut yang lebih membulat, dimensi yang lebih kompak, dan tampilan luar yang berbeda. Xiaomi Redmi 5A ini dibalut dengan casing berbahan polikarbonat atau plastik unibody yang terbilang solid dan terasa cukup kuat. Meski demikian, ponsel ini ternyata terasa agak licin. Berbeda dengan smartphone kekinian lainnya, sisi depan atau layar Redmi 5A ini ternyata flat dan tidak berkontur 2.5D.

Redmi 5A ini hadir dengan bezel berwarna hitam yang cukup tebal pada bagian atas dan bawah. Sedangkan bezel kanan dan kiri juga relatif standar untuk ukuran smartphone murah. Impresi awal, Laptophia Blog menilai Xiaomi Redmi 5A ini menghadirkan gaya desain yang berbeda dari Redmi 4A dengan build quality yang solid dan spesifikasi yang hampir sama.
Baca juga:Mifa M1 Review: Ukuran Mini, Suara Maksi
Sisi depan Xiaomi Redmi 5A ini terdapat LED notifikasi (bawah layar), ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar HD berukuran 5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back yang tidak dilengkapi dengan backlight.

Smartphone Xiaomi Redmi 5A tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari. Ini sebenarnya bisa dimaklumi karena harga Redmi 5A sudah terbilang sangat murah. Layar smartphone murah meriah Xiaomi Redmi 5A tidak disebutkan adanya lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Redmi 5A agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Redmi 5A ini. Sedangkan sisi kiri terdapat dua buah tray, yang pertama adalah SIM 1 dan microSD. Sedangkan tray yang kedua dalah SIM 2. Keduanya menggunakan jenis nano SIM. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Xiaomi ini terdapat port audio 3,5mm, microphone, dan infrared blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi 5A ini terdapat LED flash, lubang kamera, logo Mi, dan speaker grill. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Xiaomi Mi6 dan Mi Note 3 ini menempatkan port microUSB dan microphone di sisi bawah ponsel.
Harga & Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A
Smartphone murah meriah Xiaomi Redmi 5A mengandalkan layar sentuh 2.5D berukuran standar, yakni 5 inci berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif display dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 294 piksel per inci. Cukup standar sebenarnya untuk smartphone kelas entry-level.

Sisi kamera, smartphone entry-level Xiaomi Redmi 5A ini juga terbilang bersaing untuk kelas Rp 1 juta-an di kelasnya dengan mengandalkan kamera belakang 13 megapiksel menggunakan sensor Samsung S5K3L8 dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Xiaomi Redmi 5A ini berkekuatan 5 megapiksel bersensor Samsung S5K5E8 dengan aperture f/2.2 fixed focus yang cukup standar untuk foto selfie dan video call.

Sisi perangkat lunak, Xiaomi Redmi 5A ini mengandalkan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 9 terbaru yang kaya akan fitur dan menawarkan tampilan menawan. Tak diketahui apakah ponsel ini akan mendapat jatah update ke Android 8.0 Oreo di masa mendatang atau tidak.
Baca juga:Vivo Y65 Review: Selfie dengan Efek Bokeh
Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 5A ini terbilang standar di kelasnya menurut Laptophia karena didukung SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 425 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, Redmi 5A andalan Xiaomi ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308 untuk performa yang bersaing di kelasnya.

Smartphone kelas entry-level Xiaomi Redmi 5A dibekali dengan memori internal atau ROM sebesar 16GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB dedicated slot, serta telah mendukung USB OTG (On The Go). Xiaomi membekali Redmi 5A baterai berkapasitas 3000mAh tanpa fitur fast charging.

Impresi Awal Xiaomi Redmi 5A

Impresi Awal Xiaomi Redmi 5A
Sebagai smartphone dengan harga yang sangat terjangkau, impresi awal Xiaomi Redmi 5A ini terbilang biasa saja. Dimensi yang kompak dan bobot yang ringan adalah hal yang pertama kali Laptophia Blog rasakan. Xiaomi Redmi 5A ini menawarkan tampilan fisik yang berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya. Meski demikian, build quality ponsel andalan Xiaomi ini terbilang solid dan kuat.

Ponsel murah Xiaomi Redmi 5A ini mengandalkan layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD. Laptophia menilai layar ponsel Redmi 5A ini salah satu yang terbaik di kelas 1 juta-an. Performa layarnya memang tak sehebar ponsel yang lebih mahal, tetapi setidaknya masih lebih bagus ketimbang pesaing dengan harga yang sama. Respon touchscreen-nya terbilang gegas.
Baca juga:Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Review: Best Selfie Smartphone!
Spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh Xiaomi Redmi 5A ini setara dengan Redmi Note 5A. Tak heran, kinerjanya saat digunakan untuk keperluan komunikasi dan sosial media sehari-hari relatif sama dengan saudaranya. Dua hari menggunakan smartphone kekinian andalan Xiaomi ini Laptophia merasa cukup nyaman. Tak terlihat adanya kendala performa. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari Xiaomi Redmi 5A ini.

Kemampuan kamera Xiaomi Redmi 5A ini memang terlihat biasa saja. Namun, sebenarnya bisa dikatakan bagus untuk harga yang ditawarkan. Laptophia menjajalnya untuk memotret di siang hari, hasil foto Xiaomi Redmi 5A cukup baik dan memuaskan. Sayangnya, Laptophia Blog belum sempat menjajalnya untuk memotret di malam hari. Penasaran? Tunggu review lengkap Xiaomi Redmi 5A di Laptophia Blog.

Video Unboxing Xiaomi Redmi 5A

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Harga Xiaomi Redmi 5A

Harganya yang sangat murah dan spesifikasinya yang terbilang mumpuni di kelasnya menjadi daya tarik utama Xiaomi Redmi 5A sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Harga Xiaomi Redmi 5A terbaru di tanah air adalah Rp 999.000 atau tepatnya satu juta rupiah kurang seribu! Ini jelas sangat menggiurkan. Namun berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun, harga smartphone Redmi 5A andalan Xiaomi ini akan meningkat ketika dijual offline.

Terlepas dari perbedaan harga online (flash sale) dan offline, Xiaomi Redmi 5A ini menunjukkan impresi awal yang cukup menarik. Laptophia melihat Redmi 5A menawarkan fitur yang lengkap di kelasnya, kinerja yang memadai, dan nyaman digunakan. Jelas, Xiaomi Redmi 5A menjadi salah satu ponsel yang layak beli di kelas entry-level saat ini. Cukup sulit memang untuk mencari kompetitor yang sepadan dengan Redmi 5A di kelas harga Rp 999.000.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi 5A di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

  • Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 9
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.2, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor Samsung S5K5E8, aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 140.4 x 70.1 x 8.4 mm berat 137 gram
  • Baterai 3000mAh lithium ion
  • Warna Gold, Dark Gray, dan Rose Gold
Anda mungkin suka:Lebih Dekat dengan Xiaomi Redmi Note 5A, Smartphone Murah Berlayar Besar

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks