IBX582004D475488 Asus Zenbook Pro UX550 Review: Slim & Powerful

Asus Zenbook Pro UX550 Review: Slim & Powerful




Asus Zenbook Pro UX550 Review: Slim & Powerful – Pada kesempatan kali ini tim Laptophia Blog membahas Asus Zenbook Pro UX550 review yang merupakan ultrabook berdesain tipis tetapi menawarkan kinerja yang sangat powerful. Asus meluncurkan Zenbook Pro UX550 ini di Indonesia pada 15 Agustus 2017 melalui acara bertajuk The Edge of Beyond bersama lima laptop premium lainnya yang digelar di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta.

Ultrabook Zenbook Pro UX550 besutan Asus ini membidik konten kreator yang memiliki mobilitas tinggi yang tidak mau berkompromi dengan kinerja. Tak heran, Asus membekali laptop tipis ini dengan spesifikasi yang setara dengan laptop gaming Asus ROG (Republic of Gamers) dengan dukungan prosesor Intel generasi terbaru dan didukung grafis mumpuni dari Nvidia GeForce. Lalu seperti apa performa ultrabook tipis ini? Simak ulasan Asus Zenbook Pro UX550 review oleh tim Laptophia Blog kali ini.

Desain Asus Zenbook Pro UX550

Desain Asus Zenbook Pro UX550Fitur Asus Zenbook Pro UX550
Desain mungkin salah satu keunggulan dari Asus Asus Zenbook Pro UX550 review kali ini. Hal yang paling ditonjolkan adalah dimensinya yang amat tipis dengan ketebalan hanya 1,89cm dan bobot yang sangat ringan, yakni hanya 1,8kg.

Tentu saja hal ini membuat para konten kreator yang memiliki mobilitas tinggi dapat membawa Zenbook Pro UX550 kemana saja tanpa merasa terbebani dengan ukuran dan bobotnya. Tak hanya itu, ultrabook Asus Zenbook Pro UX550 ini juga tampil elegan dengan desain melingkar khas Zenbook series pada Lid covernya.

Logo Asus yang menyala saat notebook Zenbook Pro UX550 ini digunakan semakin meningkatkan sisi estetikanya. Asus membalut Zenbook Pro UX550 dengan material housing aluminium alloy yang diklaim sangat kuat menahan benturan dan menawarkan bobot yang ringan. Tak hanya itu, material ini juga terasa nyaman saat disentuh atau digenggam dan terasa mewah.
Baca juga:Unboxing Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL dengan Kamera Selfie 16MP
Saat kita membuka notebook Zenbook Pro UX550 besutan Asus ini, aroma elegan makin terpancar kuat. Desain interior laptop ini terlihat elegan dan minimalis dengan balutan warna hitam yang terkean misterius dan futuristik.

Bagian plamrest yang juga terbuat dari aluminium alloy juga terasa kuat dan senantiasa dingin untuk kenyamanan konten kreator ketika bekerja. Tak hanya itu, layar Zenbook Pro UX550 ini memang berukuran besar, tetaoi berkat bezel yang amat tipis membuat ukurannya lebih kecil dari rata-rata laptop berlayar 15,6 inci.

Layar laptop ini dilindungi oleh lapisan antigores Corning Gorilla Glass yang merupakan kelebihan tersendiri bagi Zenbook Pro UX550.
Fitur Asus Zenbook Pro UX550Asus Zenbook Pro UX550
Pada pembahasan Asus Zenbook Pro UX550 review kali ini, sisi kanan terdapat port untuk power, port HDMI, port Thunderbolt 3, dan port USB 3.1 Type C. Sedangkan pada sisi kiri ultrabook powerful terbaru Asus ini terdapat dua buah port USB 3.1, microSD card reader, dan port audio 3,5mm combo jack.

Lalu di mana letak quad speaker andalan Asus Zenbook Pro UX550 ini? Pabrikan asal Taiwan ini meletakan dua buah speaker pada sisi atas plm rest dan dua buah speaker pada sisi bawah ultrabook. Sementara bagian depan laptop tipis ini terdapat LED indikator power daan storage.

Keyboard & Touchpad Asus Zenbook Pro UX550

Spesifikasi Asus Zenbook Pro UX550
Asus membekali ultrabook Zenbook Pro UX550 ini dengan keyboard berdesain chiclet dengan ukuran full-size dengan key travel 1.5mm untuk kenyamanan pengguna. Laptophia Blog juga melihat keyboard Zenbook Pro UX550 ini dilengkapi dengan cahaya latar atau backlight yang membuat ultrabook ini tetap dapat digunakan meski dalam ruangan yang kurang cahaya.

Saat tim Laptophia Blog menjajal mengetik dengan ultrabook tipis, ternyata sangan nyaman. Keyboardnya empuk dan nyaman ketika jari-jari menyentuhnya. Ukurannya yang besar membar Laptophia Blog jarang mengalami typo saat mengetik.
Baca juga:Asus Zenbook Flip S UX370UA, Ultrabook Convertible Tertipis di Dunia
Lalu bagaimana dengan touchpad Asus Zenbook Pro UX550 ini? Touchpad pada Asus Zenbook Pro UX550 review kali ini memiliki ukuran yang cukup luas dan dibekali dengan glass-covered with intelligent palm-rejection touchpad, Precision touchpad (PTP) untuk kenyamanan dan akurasi saat digunakan.

Laptophia Blog menjajalnya untuk melakukan navigasi dan keperluan dasar lainnya. Kesan pertama yang kami dapat adalah nyaman dan ekurat. Bahkan, mungkin tidak diperlukan mouse tambahan lagi ketika menggunakan ultrabook Zenbook Pro UX550 ini. Permukaannya tidak licin dan tidak terlalu kesat, sehingga jari cukup nyaman saat harus geser kesana kemari untuk melakukan navigasi dan melakukan klik menu.

Tak lupa, sensor sidik jari atau fingerprint disematkan pada sudut kanan atas touchpad. Peletakan sensor idik jari di lokasi tersebut cukup tepat menurut Laptophia Blog, karena cukup mudah dijangkau.

Performa Asus Zenbook Pro UX550

Harga Asus Zenbook Pro UX550
Keunggulan utama Asus Zenbook Pro UX550 review kali ini menurut Laptophia Blog adalah sektor performa. Seperti yang sudah Laptophia Blog singgung sebelumnya, Zenbook Pro UX550 ini menawarkan form factor ultrabook yang tipis dan ringan tetapi dibekali dengan spesifikasi dan komponen setara dengan laptop gaming. Grafis yang digunakan bahkan sama seperti yang dipakai oleh laptop gaming Asus ROG series kelas mainstream.

Asus membekali Zenbook Pro UX550 dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ generasi Kaby Lake quad-core yang berlari dengan kecepatan 2,8GHz dengan TurboBoost maksimal 3,8GHz dan ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 16GB jenis DDR4 dengan kecepatan 2400MHz.

Kelebihan utama prosesor Core i7-7700HQ besutan Intel yang digunakan oleh laptop Asus ini adalah menawarkan performa tinggi dengan dukungan arstektur Kaby Lake yang diproses dengan teknologi 14 nanometer, sehingga lebih efisien dalam hal konsumsi daya. Tak hanya itu, prosesor Core i7-7700HQ yang digunakan oleh Zenbook Pro UX550 ini dilengkapi dengan teknologi HyperThreading yang mana setiap inti prosesor memiliki dua jalur eksekusi pemrosesan.

Sehingga total terdapat 8 thread pemrosesan yang sangat membantu untuk tugas-tugas seperti multitasking kelas berat, editing video, dan juga rendering video yang biasanya dilakukan oleh kreator konten.
Baca juga:Asus Vivobook S S510UQ, Laptop 15,6 Inci Tipis Bertenaga Intel Core i5 Kaby Lake

Grafis Sekelas Laptop Gaming

Sektor grafis menjadi sorotan utama Asus Zenbook Pro UX550 ini karena didukung GPU (Graphics Processing Unit) yang biasanya digunakan di laptop gaming. Selama ini memang seri ultrabook Zenbook jarang dibekali dengan grafis yang setara dengan laptop gaming, kecuali Zenbook Pro UX550 ini. Pada dasarnya memang Asus Zenbook Pro UX550 sebuah ultrabook yang membidik kreator konten yang membutuhkan kinerja tinggi, tetapi performanya untuk gaming jelas mumpuni.

Pada Asus Zenbook Pro UX550 review kali ini mengandalkan grafis dari Nvidia GeForce GTX 1050 yang mumpuni di kelasnya. Berdasarkan informasi yang Laptophia terima, GeForce GTX 1050 ini mengusung arsitektur Pascal dengan basis chip GP107 yang mengandalkan 640 CUDA core berkecepatan 1354MHz dan Turbo hingga 1493MHz yang dipadukan dengan 40 TMUs, dan 32 ROPs. Kartu grafis GeForce GTX 1050 pada laptop Asus Zenbook Pro UX550 berdasarkan info yang Laptophia terima dikawinkan dengan memori VRAM 4GB GDDR5 berkecepatan 7GHz dengan antarmuka memori 128-bit.

Grafis kelas gaming yang digunakan oleh laptop Asus Zenbook Pro UX550 ini dapat digunakan untuk membantu editing dan rendering video. Hal ini tak lepas dari pengaplikasian teknologi CUDA dan OpenCL yang mana aplikasi multimedia dapat menggunakan sumber daya grafis untuk mempercepat proses encoding dan decoding video. Penasaran? Simak benchmar Asus Zenbook Pro UX550 di bawah ini.
Baca juga:Asus Vivobook Pro 15 N580, Andalkan Duet Core i7-7700HQ & GeForce GTX 1050

Benchmark Asus Zenbook Pro UX550

3DMark2
3DMark3
Benchmark 3DMark Asus Zenbook Pro UX550
Benchmark 3DMark Asus Zenbook Pro UX550
3DMark1
Benchmark PCMark Asus Zenbook Pro UX550
Benchmark PCMark Asus Zenbook Pro UX550
Benchmark Cinebench R15 Asus Zenbook Pro UX550
Benchmark Cinebench R15 Asus Zenbook Pro UX550
Benchmark PowerMark Asus Zenbook Pro UX550
Benchmark PowerMark Asus Zenbook Pro UX550

Asus Zenbook Pro UX550 Review

Asus Zenbook Pro UX550 Review

Layar

Laptop Asus Zenbook Pro UX550 ini mengandalkan dukungan layar berukuran 15,6 inci yang menggunakan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) LCD LED backlight dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan cakupan 72% NTSC dan 100% sRGB color gamut yang cocok untuk menikmati dan mengolah konten multimedia. Layar ultrabook canggih ini dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass.

Saat Laptophia menjajalnya, ternyata layar notebook Zenbook Pro UX550 mampu memancarkkaan warna yang sangat memanjakan mata dan terlihat begitu nyata, tajam, serta punchy. Viewing angle layar ultrabook ini cukup luas berkat teknologi IPS yang diusungnya. Layar yang mumpuni ini sangat cocok untuk kreator konten yang bergelut dengan dunia foto dan video dengan kemampuan visual mumpuni.
Baca juga:Asus ROG Zephyrus GX501, Laptop Gaming Bertenaga GeForce GTX 1080 Tertipis

Audio

Sebagai sebuah ultrabook powerful yang menyasar kreator konten multimedia, audio menjadi salah satu parameter yang cukup penting. Asus membekali Zenbook Pro UX550 dengan empat buah speaker stereo surround berkualitas tinggi dengan sertifikasi dari Harman Kardon dan ditandemkan dengan teknologi Asus SonicMaster Premium.

Saat Laptophia menjajal Asus Zenbook Pro UX550 untuk memainkan file musik dan video, suara yang keluar begitu kencang. Dukungan empat buah speaker stereonya membuat suara musik yang keluar terdengar detail, treble yang crisp, bass yang cukup terasa, dan suara vokal yang sangat jelas. Kemampuan audio seperti ini membuat Zenbook Pro UX550 cocok untuk kreator konten yang bergelut dengan file multimedia.

Baterai

Asus Zenbook Pro UX550 mengandalkan baterai berkapasitas 8 cell 73Whrs lithium polymer sebagai sumber dayanya yang secara teori mampu bertahan 14 jam penggunaan normal. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh PowerMark, Zenbook Pro UX550 ini bertahan hingga 4 jam 12 menit dengan kondisi bekerja penuh. Jika digunakan untuk komputasi standar, setidaknya Zenbook Pro UX550 ini bisa bertahan 6 – 8 jam.

Kesimpulan

Tim Laptophia Blog menilai Asus Zenbook Pro UX550 menunjukkan impresi yang menarik. Sebuah laptop dengan spesifikasi yang setara dengan laptop gaming yang gahar tetapi dibungkus dengan form factor tipis dan ringan khas ultrabook.

Desainnya terlihat sederhana dan minimalis, tetapi terlihat begitu mewah dengan tekstur membulat khas keluarga Zenbook dan didukung material yang kuat dan ringan. Build quality yang sangat mantap menjadi daya tarik tersendiri bagi Asus Zenbook Pro UX550.

Kelebihan Asus Zenbook Pro UX550

  • Desain sangat tipis dan ringan
  • Kineraj powerful di kelasnya
  • Fitur lengkap
  • Daya tahan baterai lama
  • Kualitas audio mumpuni
  • Dilengkapi OS Windows 10 Pre-installed

Kekurangan Asus Zenbook Pro UX550

  • Harga tinggi

Harga Asus Zenbook Pro UX550

Harga ultrabook premium Asus Zenbook Pro UX550 terbaru berdasarkan informasi resmi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 26.299.000 atau tepatnya Rp 26,3 juta. Harga yang ditawarkan oleh notebook ini memang terdengar cukup tinggi, tetapi sebenarnya cukup sepadan dengan apa yang ditawarkannya.

Berdasarkan Asus Zenbook Pro UX550 review yang telah Laptophia Blog lakukan, ultrabook ini menawarkan desain yang sngat mewah khas keluarga Zenbook dengan dimensi yang tipis dan ringan. Meski demikian, Zenbook Pro UX550 ini menyimpan kinerja sekelas laptop gaming Asus ROG yang siap menangani tugas-tugas berat seperti 3D rendering, render video, video editing, dan juga gaming.

Laptophia Blog melihat daya tahan baterainya terbilang mumpuni. Jelas, Asus Zenbook Pro UX550 laik dipertimbangkan bagi konten kreator yang membutuhkan laptop powerful tetapi tetap tipis dan ringan untuk mendukung mobilitas.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga laptop Asus di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenbook Pro UX550

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, 72% NTSC dan 100% sRGB color gamut, Corning Gorilla Glass
  • Prosesor Intel Core i7-7700HQ quad-core 2,8GHz TurboBoost hingga 3,8GHz
  • Chipset Intel HM175 Express
  • Grafis Intel HD Graphics 630 dan Nvidia GeForce GTX 1050 VRAM 4GB GDDR5
  • Memori RAM 16GB DDR4L 2400MHz
  • Storage 512GB SSD PCie M.2
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1, Port USB 3.1 Type-C, Port Thunderbolt, Port HDMI, microSD card reader, fingerprint sensor
  • Built-in Stereo quad-speaker, Harman Kardon certified, Asus SonicMaster Premium Technology
  • VGA Web Camera
  • Baterai 8 cell 73 Whrs lithium polymer battery, fast charging, up to 14 hours battery life
  • Sistem Operasi Windows 10 Home x64
  • Dimensi 36.5 x 25.1 x 1.89 cm berat 1,8 kg
  • Warna Matte Black
  • Sertifikat: UL, FCC Compliance, BSMI, CCC, CB, Energy star
*credit benchmark pic: Asus Indonesia
Anda mungkin suka:Asus Zenbook 3 Deluxe UX490UA, Ultrabook Tertipis Hadir di Indonesia
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks