IBX582004D475488 Unboxing Xiaomi Redmi 4X: Smartphone 4G Bertenaga Snapdragon 435

Unboxing Xiaomi Redmi 4X: Smartphone 4G Bertenaga Snapdragon 435




Unboxing Xiaomi Redmi 4X: Smartphone 4G Bertenaga Snapdragon 435 – Beberapa hari yang lalu Laptophia Blog kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) baru besutan Xiaomi, yakni Redmi 4X. Namun, unit yang tiba di markas Laptophia ini tidak bergaransi resmi alias garansi distributor. Itu sebenarnya tidak masalah karena masih dapat memberikan gambaran yang relevan mengenai smartphone tersebut.

Xiaomi Indonesia memang mulai bangkit sejak kehadiran smartphone Redmi 3S dan disusul Redmi 4A. Kini Xiaomi melepas Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi 4X. Mengandalkan spesifikasi yang tak banyak berbeda dari Redmi 3S, hadir dengan desain baru, dan didukung SoC Qualcomm Snapdragon 435 menjadi daya tarik utama ponsel ini. Penasaran? Simak ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Redmi 4X oleh tim Laptophia Blog kali ini!

Unboxing Xiaomi Redmi 4X: Smartphone 4G Bertenaga Snapdragon 435

Perlengkapan Xiaomi Redmi 4X

Perlengkapan Xiaomi Redmi 4X
  • Unit Xiaomi Redmi 4X 2GB/16GB Gold
  • Kepala charger
  • kabel USB
  • SIM card ejector
  • Booklet manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 4X RAM 4GB & ROM 64GB

Hands On & Unboxing Xiaomi Redmi 4X

Hands On & Unboxing Xiaomi Redmi 4X
Seperti biasa setelah unit tiba, tim Laptophia Blog langsung melakukan unboxing smartphone Xiaomi Redmi 4X. Ponsel ini hadir dengan kemasan boks yang mirip dengan Redmi 4A, yakni mengusung warna dominan putih dengan tulisan 4X yang agak samar.

Smartphone Xiaomi Redmi 4X ini hadir dengan penampilan yang berbeda jika dibandingkan dengan seri Redmi 3S dan Redmi 3X yang tak lain adalah pendahulunya. Ponsel Redmi 4X masih mengusung gaya yang sama, yakni dibalut dengan casing metal unibody yang terkesan kokoh dan cukup ringan saat digenggam.

Smartphone Xiaomi Redmi 4X ini tampak mengusung bezel yang sedikit lebih tipis jika dibandingkan dengan pendahulunya, terutama untuk nezel atas dan bawah. Selain itu, sudut smartphone ini lebih membulat atau rounded yang sangat mendukung kenyamanan pengguna saat menggenggamnya. Sama seperti smartphone masa kini lainnya, Redmi 4X ini juga menggunakan layar berkontur 2.5D yang menawan. Sayangnya, permukaan casing belakang smartphone ini terasa licin dan rawan slip.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Lenovo K6 Power, Resmi Dirilis di Indonesia
Sisi depan Xiaomi Redmi 4X ini terdapat ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar HD berukuran 5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sebuah LED notifikasi berada di bawah tombol Home. Sama seperti smartphone kelas menengah lainnya, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan backlight. Selain itu, Xiaomi tak menyebutkan adanya lapisan antigores pada ponsel Redmi 4X besutannya ini.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi 4X ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual SIM atau single SIM+microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi 4X ini terdapat lubang LED flash, kamera utama, dan logo Xiaomi. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Mi6 ini menempatkan port micro USB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah.

Xiaomi Redmi 4X ini mengusung desain unibody dengan material metal yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus. Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel.
Baca juga:Asus ZenFone Zoom S Andalkan Dual Kamera
Slot tersebut dapat diakses dengan bantuan SIM ejector yang terdapat pada paket penjualannya. Slot pada Xiaomi Redmi 4X ini adalah hybrid slot, ini berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD.
Harga Xiaomi Redmi 4X
Seperti yang sudah Laptophia singgung di atas, smartphone Xiaomi Redmi 4X didukung layar berkontur 2.5D berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan 294 ppi atau piksel per inci. Layar ponsel Redmi 4X ini menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD. Smartphone ini mengusung sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan balutan antarmuka khas Xiaomi, yakni MIUI 8.

Sisi kamera, ponsel Redmi 4X besutan Xiaomi ini didukung kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel yang disematkan teknologi phase-detection autofokus (PDAF) yang menggunakan sensor BSI yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan aperture f/2.0 dan didukung LED flash. Kamera depan Xiaomi Redmi 4X ini juga cukup bersaing di kelasnya menurut Laptophia dengan resolusi 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 fixed focus dengan sensor BSI untuk foto selfie dan video call.

Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 4X ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan Redmi 3S menurut Laptophia, hal ini tak lepas dari dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 435 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505. Untuk Redmi 4X garansi resmi, menggunakan RAM 3GB.
Baca juga:Asus ZenFone Live ZB501KL, Bidik Penggemar Live Streaming
Smartphone Xiaomi Redmi 4X andalan Xiaomi ini dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB hybrid slot. Sisi baterai, Xiaomi Redmi 4X dibekali dengan baterai berkapasitas 4100mAh yang didukung fasilitas fast charging untuk mencukupi kebutuhan dayanya hingga 1 - 2 hari penggunaan.

Impresi Awal Xiaomi Redmi 4X

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4X
Saat menggenggam smartphone 4G Xiaomi Redmi 4X, tim Laptophia Blog merasa cukup nyaman dan ringan. Casing metal pada sisi belakangnya terkesan agak tipis, mengingatkan kami pada smartphone Xiaomi Redmi Note 3 (Snapdragon 650). Ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat seri ini didesain untuk pasar entry-level. Penampilannya yang cukup elegan membuat Redmi 4X cocok untuk mendampingi mobilitas pengguna.

Impresi awal layar sentuh yang diusung oleh smartphone Xiaomi Redmi 4X ini cukup menarik, warna yang dihasilkan memuaskan, dan relatif tajam. Respon touchscreen ponsel ini relatif gegas dan didukung viewing angle yang luas. Sayangnya, Laptophia belum menjajalnya di bawah sinar matahari.

Performa Xiaomi Redmi 4X selama dua hari penggunaan relatif gegas menurut Laptophia. Kami menggunakannya untuk menginstal pelbagai aplikasi sosial media, benchmark, dan komunikasi sehari-hari. Tidak ada keluhan sejauh ini, tetapi perlu review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari Redmi 4X ini.

Tim Laptophia sempat menjajal kemampuan kamera Xiaomi Redmi 4X untuk menjepret beberapa foto. Impresi awal saat siang hari relatif mantap di kelasnya, tetapi kualitas mengalami penurunan ketika ketersediaan cahaya terbatas seperti saat mendung. Tentunya, diperlukan ulasan dan pengujian mendalam untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kamera Redmi 4X ini.

Baca juga:Evercoss Genpro X Review: Smartphone 4G dengan Fingerprint Termurah

Harga Xiaomi Redmi 4X

Harga smartphone 4G Xiaomi Redmi 4X terbaru di Indonesia untuk varian 2GB/16GB seperti yang Laptophia Blog ulas adalah kisaran Rp 1,4 hingga Rp 1,5 juta. Perlu digaris bawahi bahwa unit Xiaomi Redmi 4X yang Laptophia ulas ini bergaransi distributor. Sedangkan smartphone 4G Xiaomi Redmi 4X garansi resmi hanya tersedia satu varian dengan RAM 3GB dan ROM 32GB yang dijual dengan harga Rp 2.099.000.

Meski berbeda dengan varian resmi, setidaknya Redmi 4X yang Laptophia ulas masih memberikan gambaran yang relevan. Berdasarkan hasiil ulasan unboxing Xiaomi Redmi 4X dan hands on yang telah dilakukan, ponsel ini menunjukkan impresi awal yang baik dan laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 4X di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4X

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 435 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,35GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI, aperture f/2.0,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci 2.5D dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB (unit yang diulas varian 2GB/16GB) 
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging, fingerprint sensor 
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.24 x 69.96 x 8.65 mm berat 150 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Gold, Matte Black
Anda mungkin suka:Benchmark Xiaomi Redmi 4X: AnTuTu, CPU-Z, Vellamo & Geekbench
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks