IBX582004D475488 Unboxing Xiaomi Redmi Pro: Dual Kamera di Kelas Menengah

Unboxing Xiaomi Redmi Pro: Dual Kamera di Kelas Menengah




Unboxing Xiaomi Redmi Pro – Hari ini tim Laptophia Blog kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) kelas menengah yang masih terbilang baru, yakni Xiaomi Redmi Pro. Kehadiran varian tertinggi keluarga Redmi ini ternyata mampu menarik perhatian karena dua terobosan yang diterapkan Xiaomi. Pabrikan asal Tiongkok ini untuk kali pertama mengadopsi dual kamera belakang yang diklaim mampu menghasilkan efek bokeh laiknya kamera DSLR.

Kedua, Xiaomi menggunakan layar berteknologi panel OLED (Organic Light Emiting Diode) untuk ponsel Redmi Pro. Selama ini Xiaomi selalu menggunakan layar IPS untuk ponsel andalannya. Berikut ini ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Redmi Pro oleh Laptophia Blog!


Unboxing Xiaomi Redmi Pro

Perlengkapan Xiaomi Redmi Pro

Perlengkapan Xiaomi Redmi Pro
  • Unit Xiaomi Redmi Pro 3GB/32GB Silver 
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Buku manual
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi Pro 64GB di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Hands On & Unboxing Xiaomi Redmi Pro

Spesifikasi Xiaomi Redmi Pro
Seperti biasa, tim Laptophia Blog langsung melakukan unboxing Xiaomi Redmi Pro untuk mengecek kondisi barang dan perlengkapan yang diusungnya. Tim Laptophia juga mengecek ROM yang digunakan ponsel ini mengingat Redmi Pro ini bergaransi distributor. Smartphone ini menggunakan MIUI 7 saat tiba dan tim Laptophia Blog berinisiatif untuk melakukan upgrade ke MIUI 8.

Smartphone Xiaomi Redmi Pro mengusung desain yang elegan dengan balutan casing metal unibody yang ditandemkan dengan layar 2.5D pada sisi depan. Saat menggenggam ponsel Redmi Pro ini, rasanya sangat berbeda jika dibandingkan dengan Redmi 3X atau Redmi 3S yang Laptophia ulas sebelumnya. Xiaomi Redmi Pro ini terkesan agak kokoh dan mantap.

Tak berlebihan jika Laptophia menilai Redmi Pro ini mengusung flagship grade untuk build quality. Casing belakang smartphone ini menggunakan tekstur brushed metal dan terasa agak licin ketika menggenggamnya dengan tangan berkeringat atau basah.

Sisi depan smartphone Xiaomi Redmi Pro ini terdapat earpiece, ambient light sensor, proximity sensor, lubang kamera depan, layar full HD berukuran 5,5 inci, dua tombol kapasitif, dan sebuah tombol home fisik yang terintegrasi dengan sensor sidik jari. Sebagai informasi, dua tombol kapasitif pada ponsel Redmi Pro ini dilengkapi dengan backlight yang cukup membantu saat digunakan di tempat kurang cahaya.

Sisi belakang ponsel Xiaomi Redmi Pro ini terdapat dua buah kamera utama yang mengapit dual LED flash, dua buah antenna line, dan logo Xiaomi. Sisi kanan Redmi Pro terdapat tombol volume rocker dan tombol power. Sedangkan sisi kiri ponsel terdapat baki hybrid slot untuk menempatkan SIM card dan microSD.

Pada unboxing Xiaomi Redmi Pro kali ini, sisi bawah ponsel terdapat dua buah speaker grill, microphone, dan sebuah port USB Type-C. Sebagai tambahan informasi, dua buah speaker grill tersebut sebenarnya hanya satu yang benar-benar bersuara. Sedangkan sisi atas Redmi Pro ini terdapat microphone, port audio 3,5mm, dan IR blaster.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3X Review: Terjangkau dengan Fitur Lengkap
Ponsel Xiaomi Redmi Pro ini mengusung desain unibody yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus. Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel.

Slot tersebut dapat diakses dengan bantuan SIM ejector yang terdapat pada paket penjualannya. Slot pada Redmi Pro ini adalah hybrid slot, ini berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD.
Harga Xiaomi Redmi Pro
Ponsel kelas menengah Xiaomi Redmi Pro ini dibekali dengan layar berteknologi panel OLED (Organic Light Emiting Diode) sentuh berukuran 5,5 inci resolusi Full High Definition (FHD) 1920 x 1080 piksel menawarkan kerapatan mencapai 401 piksel per inci, serta mampu menghasilkan cakupan warna hingga 100% NTSC.

Xiaomi Redmi Pro ini menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI. Sayangnya, Xiaomi tidak menyebutkan proteksi antigores pada smartphone kelas menengah andalanya ini.

Sektor performa menjadi salah satu kelebihan Xiaomi Redmi Pro menurut Laptophia Blog. Bisa dikatakan Redmi Pro ini memiliki kinerja paling tinggi dibandingkan keluarga Redmi lainnya dengan mengandalkan dukungan chipset MediaTek Helio X20 yang mengusung prosesor deca-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex A72 dengan kecepatan 2,1Ghz, quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz, dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz, serta didukung RAM 3GB. Sisi grafis, Xiaomi Redmi Pro mengandalkan dukungan GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T880 MP4.

Tak bisa dipungkiri bahwa kamera menjadi daya tarik utama smartphone Redmi Pro besutan Xiaomi. Berdasarkan informasi yang Laptophia lBlog himpun, Redmi Pro mengandalkan mengandalkan dukungan dua kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel dengan sensor Sony IMX258 berukuran 1/3.06 inci didukung fitur phase-detection autofokus dengan aperture f/2.0 dan diperkuat dual-tone LED flash. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL.
Baca juga:Review Asus Zenfone Go ZB450KL: Ponsel 4G LTE dengan Mode Kamera Manual
Konfigurasi dual kamera ini diklaim mampu menghasilkan efek bokeh ala kamera DSLR dengan dukungan chip ImagiQ untuk mengolah efek tersebut. Kamera 13MP bertugas untuk mengambil foto dan kamera kedua 5MP untuk mengambil informasi untuk DoF (Depth of Field).

Pengguna juga dapat menentukan efek bokeh atau DoF setelah pengambilan foto. Xiaomi Redmi Pro juga diperkuat kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI, fixed focus, dengan aperture f/2.0 untuk foto selfie dan video call.

Laptophia Blog mencatat bahwa ponsel Xiaomi Redmi Pro ini diperkuat dengan baterai berkapasitas 4050mAh yang didukung fitur fast charging. Ponsel Redmi Pro yang datang ke markas Laptophia ini mengusung memori internal atau ROM berkapasitas 32GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GBGB hybrid slot. Hybrid slot ini berarti pengguna harus memilih dual SIM aktif atau single SIM dengan microSD.

Impresi Awal Xiaomi Redmi Pro

Impresi Awal Xiaomi Redmi Pro
Impresi awal Laptophia Blog pada hands on dan unboxing Xiaomi Redmi Pro ini sangat baik, terutama pada sisi build quality. Smartphone ini terkesanm sangat kokoh tetapi agak licin ketika digenggam.

Dimensi atau ukuran smartphone ini memang agak bongsor, tetapi hadirnya lengkungan pada sisi kanan dan kiri ponsel pada sisi belakang dapat meningkatkan kenyamanan saat menggenggamnya.

Layar Xiaomi Redmi Pro ini patut mendapat acungan jempol. Teknologi OLED yang diusungnya mampu membuat layar menghasilkan warna yang vivid dan sangat memanjakan mata. Respon touchscreen responsif dan viewing angle-nya juga luas. Sayangnya, tim Laptophia Blog belum sempat menjajal menggunakan Xiaomi Redmi Pro di bawah sinar matahari.

Seharian penuh menggunakan smartphone Xiaomi Redmi Pro, Laptophia tidak merasakan adanya kendala pada kinerjanya. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu berjalan sangat smooth tanpa lag. Namun, ponsel ini memang terasa hangat meski sebenarnya tidak sedang menjalankan tugas berat. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari ponsel Xiaomi Redmi Pro ini.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3S Review: Full Features & Affordable
Impresi awal Laptophia pada kamera tunggal ponsel Xiaomi Redmi Pro ini bagus, bahkan bisa dikatakan terbaik di antara keluarga Redmi. Namun ketika menjajal mode stereo atau dual kamera, hasil jepretannya masih belum sesuai dengan harapan Laptophia Blog. Tentunya harus dilakukan review mendalam untuk mengetahui kinerja kameranya.

Harga Xiaomi Redmi Pro

Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun, harga smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi Pro terbaru di Indonesia adalah Rp 3,6 juta untuk varian 3GB/64GB dan 3,1 juta untuk varian 3GB/32GB. Namun, varian Redmi Pro ini agak susah dicari di pasaran. Harga ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar atau kebijakan masing-masing penjual.

Berdasarkan hands on dan unboxing Xiaomi Redmi Pro yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel ini menunjukkan impresi yang meyakinkan. Build quality yang sangat solid dengan desain yang cukup elegan menjadi daya tarik utamanya.

Impresi dual kamera yang diusung oleh Redmi Pro ini memang belum sesuai harapan Laptophia, tetapi performa single kameranya laik mendapat acungan jempol. Secara umum, Xiaomi Redmi Pro ini laik dipertimbangkan di kelas menengah.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi Pro 64GB di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Pro

  • Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI
  • Chipset MediaRek Helio X20 dengan prosesor deca-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A72 2,3Ghz, quad-core ARM Cortex-A53 2GHz, dan quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz (varian 32GB & 64GB)
  • Grafis Mali-T880 MP4
  • Kamera 13 megapiksel phase-detection autofokus, sensor Sony IMX258 1/3.06 inci, aperture f/2.0, dilengkapi dual-tone LED flash + kamera 5 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL. Kamera depan 5 megapiksel, aperture f/2.0, fixed focus 
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D, dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, OLED Display
  • Memori RAM 3GB/4GB, memori internal 32GB/64GB/128GB dilengkapi microSD maksimal 256GB hybrid slot 
  • WiFi, Bluetooth, 3.5mm audio jack, FM Radio, GLONASS, GPS, Fast Charging, fingerprint sensor, USB Type-C
  • Dimensi 151.5 x 76.2 x 8.2 mm dan berat 174 gram
  • GSM 2G / 3G HSPA / 4G LTE
  • Baterai 4050mAh lithium ion non-removable
  • Warna Gray, Gold, Silver
Anda mungkin suka:Benchmark Xiaomi Redmi Pro: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & PCMark
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks