IBX582004D475488 Unboxing Xiaomi Redmi 3S: Snapdragon 430 dengan Fingerprint

Unboxing Xiaomi Redmi 3S: Snapdragon 430 dengan Fingerprint




Unboxing Xiaomi Redmi 3S – Hari ini Laptophia Blog kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) baru, yakni Xiaomi Redmi 3S. Smartphone ini bisa dikatakan sebagai minor upgrade dari Redmi 3 yang dirilis lebih dulu. Salah satu perbedaan yang mencolok Redmi 3S dari Redmi 3 sekaligus fitur andalannya adalah kehadiran sensor sidik jari atau fingerprint sensor pada sisi belakang.

Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 3S ini menurut Laptophia tidak akan jauh berbeda dari Redmi 3 dengan mengandalkan duet chipset baru Qualcomm Snapdragon 430 dengan RAM 2GB atau 3GB. Kebetulan, unit smartphone 4G LTE yang Laptophia Blog terima adalah varian 2GB/16GB. Sektor kamera, Redmi 3S ini tak jauh berbeda dengan Redmi 3S. Berikut ini adalah ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Redmi 3S oleh Laptophia Blog!


Unboxing Xiaomi Redmi 3SPerlengkapan Xiaomi Redmi 3S

Perlengkapan Xiaomi Redmi 3S
  • Unit Xiaomi Redmi 3S 2GB/16GB Gold
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku petunjuk
  • Kartu garansi
Baca juga: Hisense F20 Review: Affordable

Preview & Unboxing Xiaomi Redmi 3S

Unboxing Xiaomi Redmi 3S
Kesan pertama saat unboxing XiaomI Redmi 3S dan menggenggamnya adalah nyaman, tetapi agak licin. Laptophia menilai feel Redmi 3S ini tak jauh berbeda dengan Redmi 3. Hanya saja, sisi belakang Redmi 3S tidak dilengkapi dengan tekstur bintang seperti saudaranya.

Sebagai gantinya, disematkan sebuah sensor sidik jari berbentuk lingkaran di sisi belakang ponsel. Jiuka dilihat dari depan, penampilan Xiaomi Redmi 3S sama persis dengan Redmi 3. Pabrikan asal Tiongkok ini tampaknya tidak melakukan perombakan desain yang signifikan.

Ponsel 4G LTE ini dibalut dengan casing berbahan aluminium yang kokoh dan terkesan mewah. Namun, ponsel ini agak licin ketika tangan dalam kondisi basah atau berkeringat.

Sisi depan smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3S ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sayangnya, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi backlight, sehingga kurang nyaman digunakan di tempat gelap. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass atau AGC Dragontrail pada layar ponsel besutan Xiaomi ini.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi 3S ini terdapat lubang LED flash, kamera utama , logo Xiaomi, sensor sidik jari, dan speaker grill. Merek asal Tiongkok pembesut produk Redmi Pro ini menempatkan port micro USB dan microphone di sisi bawah.
Baca juga:Lenovo Air 13 Pro Siap Hadang Xiaomi Mi Notebook Air
Sedangkan tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi 3S ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual SIM atau single SIM+microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm.

Smartphone Xiaomi Redmi 3S ini mengusung desain unibody yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus. Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel.

Slot tersebut dapat diakses dengan bantuan SIM ejector yang terdapat pada paket penjualannya. Slot pada Redmi 3S ini adalah hybrid slot, ini berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD. Bagi beberapa pengguna, hybrid slot memang problem tersendiri karena tidak dapat mengaktifkan dual SIM lengkap dengan microSD terpasang.
Harga Xiaomi Redmi 3S
Smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3S mengusung spesifikasi layar yang sama dengan Redmi 3, yakni mengandalkan layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan 294 ppi atau piksel per inci. Layar ponsel penerus Redmi 3 ini menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD.

Performa yang ditawarkan oleh Redmi 3S andalan Xiaomi ini cukup kompetitif menurut Laptophia Blog cukup bersaing untuk kelas menengah dengan mengandalkan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 430 generasi baru dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Baterai kapasitas besar menjadi salah satu keunggulan ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 3S menurut Laptophia karena dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4100mAh. Xiaomi juga membekalinya dengan fasilitas fast charging untuk isi ulang dalam waktu singkat. Selain itu, smartphone ini didukung sensor sidik jari pada sisi belakang.

Sektor kamera, Xiaomi Redmi 3S ini cukup mumpuni dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel berteknologi phase-detection autofokus (PDAF) yang menggunakan sensor Samsung S5K3L8 yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan aperture f/2.2 dan didukung LED flash.
Baca juga:Harga & Spesifikasi Xiaomi Mi Notebook Air 12.5, Resmi Diperkenalkan
Fitur PDAF pada Redmi 3S ini mampu meningkatkan kecepatan fokus hingga 0,1 detik saja. Kamera depan smartphone ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 5 megapiksel fixed focus dengan sensor OmniVision 5670 yang cocok untuk foto selfie atau video chat.

Sektor memori, ponsel 4G Xiaomi Redmi 3 ini didukung memori internal 16GB dan dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB. Smartphone ini menjalankan MIUI 7 yang berbasis Android 6.0. Marshmallow. Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima, nantinya Redmi 3S akan segera mendapat update ke MIUI 8.

Impresi Awal Xiaomi Redmi 3S

Impresi Awal Xiaomi Redmi 3S
Impresi awal Xiaomi Redmi 3S pada sisi desain relatif tak jauh beda feel-nya dengan Redmi 3. Pada dasarnya, desain kedua smartphone tersebut sama. Perbedaan mencolok hanya terlihat dari sisi belakangnya.

Dimensi atau ukuran ponsel 4G ini relatif pas, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil sehingga nyaman digenggam. Meski didukung baterai berkapasitas besar, tidak menjadikan Redmi 3S tebal dan berat. ketebalan dan bobot ponsel ini relatif setara dengan para pesaingnya.

Kualitas layar yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3S ini bisa dikatakan bagus dan dangat memadai di kelasnya. Laptophia melihat layar smartphone ini mempu menampilkan warna yang memuaskan, tajam, dan lembut.

Selain itu, respon touchscreennya relatif gegas. Sisi minusnya mungkin absennya proteksi antigores di layar Xiaomi Redmi 3S ini, sehingga sebaiknya dipasang tempered glass.

Sedangkan impresi awal mengenai performa, Laptophia Blog cukup puas karena gegas dan smooth. Animasi saat perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berjalan mulus tanpa lag. Tampaknya duet Snapdragon 430 dengan RAM 2GB yang diusungnya bekerja dengan baik. Namun, diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari ponsel Redmi 3S ini.
Baca juga:Lenovo Vibe C A2020 Review: 4G LTE Murah
Laptophia Blog juga sempat menjajal kamera ponsel 4G Redmi 3S ini. Kecepatan autofokus pada siang hari relatif cepat dan pengambilan foto juga gegas. Impresi awal pada hasil jepretan kameranya tidak terlalu ‘wah’.

Ini wajar mengingat Redmi 3S adalah ponsel kelas menengah. tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kamera ponsel ini. Laptophia memperkirakan hasil jepretannya tak jauh beda dengan Redmi 3.

Harga Xiaomi Redmi 3S

Harga ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 3S terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun dari toko online terkemuka tanah air adalah Rp 1.699.000 atau Rp 1,7 juta untuk varian 2GB/16GB dan Rp 2.199.000 atau Rp 2,2 juta untuk varian 3GB/32GB.

Varian terakhir ini biasanya disebut sebagai Redmi 3S Prime. Tentunya, harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasar dan kebijakan masing-masing penjual. Berdasarkan ulasan preview dan unboxing Xiaomi Redmi 3S yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel 4G LTE ini menawarkan build quality yang cukup mantap dan desain yang tak jauh berbeda dari Redmi 3.

Impresi awal ponsel ini sangat baik menurut Laptophia dan bisa dikatakan hampir sempurna untuk pasar entry-level. Sayangnya, sejauh ini Xiaomi Indonesia belum merilis secara resmi seri Redmi 3S ini. Sehingga yang beredar di pasar saat ini bergaransi distributor.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3S di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3S

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 marshmallow dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.0,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB/3GB, ROM 16GB/32GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging, fingerprint sensor 
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.6 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Silver, Gold, dan Dark Grey
Anda mungkin suka:Benchmark Xiaomi Redmi 3S: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks