IBX582004D475488 Review Samsung Galaxy J1 Ace, Ponsel 4G LTE

Review Samsung Galaxy J1 Ace, Ponsel 4G LTE




Review Samsung Galaxy J1 Ace – Kali ini Laptophia Blog berkesempatan membahas review Samsung Galaxy J1 Ace yang telah hadir beberapa waktu lalu. Kehadiran smartphone ini meneruskan eksistrensi Samsung di pasar smartphone 4G kelas entry-level di pasar tanah air. Ponsel Galaxy J1 Ace ini bisa dikatakan upgrade yang signifikan jika dibandingkan dengan seri Galaxy J1, mengapa?

Selain menawarkan dukungan 4G LTE (Long Term Evolution), Samsung juga menghadirkan peningkatan spesifikasi di sektor layar, prosesor, dan kapasitas RAM. Meski demikian, spesifikasi yang diusung oleh ponsel 4G Galaxy J1 Ace ini masih di bawah rata-rata ponsel di kelasnya menurut Laptophia Blog. Berikut ini adalah review Samsung Galaxy J1 Ace.


IMG_20151009_151832_HDR

Paket Pembelian Samsung Galaxy J1 Ace

IMG_20151009_151228_HDR
  • Unit Samsung Galaxy J1 Ace
  • Charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Baterai
  • Kartu garansi
  • Booklet manual
  • SP Indosat Mentari

Desain Samsung Galaxy J1 Ace

IMG_20151009_151251_HDR
Kesan pertama Laptophia Blog ketika memegang smartphone Galaxy J1 Ace besutan Samsung ini adalah ukurannya kompak dan ringan. Hal ini wajar mengingat ukuran layar yang diusungnya hanya 4,3 inci, lebih kecil dari rata-rata ponsel masa kini. Menurut Laptophia Blog, ponsel ini masih mengadopsi basis desain yang sama dengan Galaxy J1 standar.

Hal ini terlihat pada lengkungan pada setiap sudutnya, sama sepetrti pada Galaxy J1. Meski demikian, Samsung memberikan lapisan plastik transparan pada bagian sisi ponsel dengan tujuan mempermanis tamoilan dan meningkatkan grip. Selain itu, lapisan plastik transparan ini juga secara tak langsung melindungi list berwarba krom yang biasanya mudah terkelupas pada jajaran smartphone keluaran Samsung. Bezel atas dan bawah ponsel ini terbilang lumayan dan belum mengadopsi onscreen button.

Bagian depan ponsel 4G Samsung Galaxy J1 Ace ini terdapat sensor earpiece, sensor proximity, lubang kamera depan, layar sentuh berukuran 4,3 inci, tombol home, dan dua tombol kapasitif yang terdiri dari Recent Apps dan Back. Lubang speaker, lubang kamera, dan LED flash ditempatkan di belakang, seperti biasanya.

Sayangnya, layar smartphone ini tidak dilengkapi antigores, sehingga perlu diberi pelindung berupa tempered glass atau screen guard agar awet. Samsung menempatkan port micro USB di sisi bawah, sedangkan port audio 3,5mm berada di sisi atas. Sedangkan tombol power berada di sisi kanan ponsel dan tombol volume rocker berada di sisi kiri ponsel.

Baca juga: Acer Aspire ES1-420, Laptop Windows 10 Bertenaga AMD E1-2500
IMG_20151009_151317_HDR
Samsung Galaxy J1 Ace ini dilengkapi dengan dukungan dual SIM dan slot microSD. Seperti biasa, kita harus membuka casing belakang untuyk mengkses baterai dan ketiga slotnya. Menurut Laptophia Blog, membuka casing ponsel ini relatif mudah, hanya saja harus sedikit berhati-hati agar pengaitnya tidak patah.

Casing belakang ponsel ini terbuat dari bahan plastik yang sangat lentur. Samsung menempatkan dua slot SIM (microSIM) di bawah baterai, jadi kita harus lepas baterai juga kalau mau pasang SIM. Sedangkan microSD berada di atas baterai.

Software Samsung Galaxy J1 Ace

Home1
Samsung membekali smartphone 4G Galaxy J1 Ace ini dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan antarmuka kostum yang disebut dengan TouchWiz UI. Ini Sebnarnya menjadi titik lemah dari ponsel Galaxy J1 Ace menurut Laptophia Blog, mengapa?

Jelas ponsel ini mulai ketinggalan karena para pesaingnya sudah merilis smartphone dengan OS yang lebih baru, yakni Android 5.0 Lollipop dan beberapa lainnya seperti Android One generasi pertama sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow. Desain atau tampilan antarmuka smartphone Galaxy J1 Ace ini tentu tak asing lagi bagi pengguna yang pernah memakai produk Samsung. Secara umum, Laptophia Blog menilai tampilan UI nya cukup mudah dimengerti,

Sama seperti ponsel Android lainnya, TouchWiz UI LIte yang digunakan oleh Galaxy J1 Ace ini menawarkan tampilan lockscreen, homescreen, dan menu drawer. Kosumisasi yang diberikan juga cukup lumayan, kita dapat mengganti wallpaper untuk lockscreen dan home screen, dan mengganti desain font-nya.

Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Samsung pada Galaxy J1 Ace ini adalah dilenhgkapi dengan mode Ultra Power Saving mode untuk menghemat konsumsi baterai dan memperpanjang masa pakai. Sayangnya, tidak disediakan fasilitas untuk mengganti theme seperti yang ditawarkan oleh Galaxy J5. Aplikasi bawaan ponsel Galaxy J1 Ace ini tidak terlalu banyak, meliputi Google Apps, Galaxy Apps, S Planner, Salaam, dan banyak lagi.

Baca juga: Axioo Neon Monster Full HD, Andalkan Layar Resolusi Tinggi & RAM 8GB DDR3

Benchmark Samsung Galaxy J1 Ace

CPU-Z
CPU-Z
AnTuTu
Benchmark AnTuTu
Geekbench
Benchmark Geekbench
Vellamo
Benchmark Vellamo
Screenshots Review Samsung Galaxy J1 Ace Tuxlin Blog15
Benchmark Quadrant Standard
Screenshots Review Samsung Galaxy J1 Ace Tuxlin Blog13Screenshots Review Samsung Galaxy J1 Ace Tuxlin Blog14
Multitouch Tester dan Sensorbox for Android

Hasil Foto Samsung Galaxy J1 Ace

20151009_213342
Malam Hari
20151010_083220
20151010_083010

Review Samsung Galaxy J1 Ace

Berdasarkan hasil review dan uji pakai smartphone Galaxy J1 Ace yang Laptophia Blog lakukan, ponsel ini mampu menghasilkan impresi yang positif meski spesifikasinya terbatas. Layar berteknologi Super AMOLED yang diusung ponsel ini menjadi salah satu fitur yang menonjol karena mampu menghasilkan gambar yang tajam, warna yang vivid, dan performa di bawah sinar matahari yang cukup baik.

Tak hanya itu, sudut pandang layar ponsel ini juga luas. Meski resolusi yang diusungnya terbilang rendah, hal ini tidak terlalu menjadi masalah.

Samsung membekali ponsel 4G LTE Galaxy J1 Ace ini dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz yang menggunakan chipset Marvel PXA1908 dengan memori RAM sebesar 768MB, serta diperkuat grafis dari Vivante GC7000UL.

Laptophia menilai spesifikasi yang diusungnya relatif di bawah rata-rata, terutama kapasitas RAM yang hanya 768MB. Laptophia telah menjajal menginstal dan menjalankan banyak aplikasi di ponsel ini, hasilnya? Smartphone ini mampu menghasilkan kinerja yang smooth dan responsif, meski sesekali ditemui lag. Meski demikian, kapasitas RAM yang terbatas ini akan membatasi kemampuan ponsel ini dalam menjalankan banyak aplikasi di background.

Pabrikan asal Korea Selatan ini membekali ponsel ini dengan kamera belakang 5 megapiksel autofokus dengan aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. kamera depan Galaxy J1 Ace berkekuatan 2 megapiksel. Samsung juga menyematkan fitur khas andalannya, yakni Palm Selfie pada ponsel ini.

Hasil foto kamera Samsung Galaxy J1 Ace ini termasuk baik di kelasnya menurut Laptophia Blog dan mengalami peningkatan kualitas yang signifikan jika dibandingkan dengan Galaxy J1 meski spesifikasinya sama. Foto yang dihasilkan smartphone ini tajam, minim noise, dan warnanya natural. Foto macro yang dihasilkan juga sudah memuaskan laptophia Blog, Sayangnya, performanya pada malam hari agak kurang, tetapi tertolong dengan hadirnya LED flash yang cukup terang,

Kualitas audio smartphone ini cukup baik, dan headset bawaannya mampu menghasilkan kualitas yang memuaskan untuk mendengarkan musik. Sayangnya, Samsung hanya membekali ponsel 4G ini dengan memori internal sebesar 4GB saja yang dilengkapi slot microSD untuk ekspnasi memori. Daya tahan baterainya relatif mencukupi untuk seharian dengan penggunaan sedang. Ponsel ini sudah mendukung USB OTG, sehingga pengguna dapat menancapkan media penyimpanan eksternal di port microUSB-nya.

Samsung Galaxy J1 Ace memang merupakan produk yang cukup baik menurut Laptophia Blog, tetapi spesifikasinya di bawah rata-rata. Ponsel ini harus berhadapan dengan pesaing tangguh seperti Xiaomi Redmi 2, Lenovo A6000, dan Infinix Hot Note.

Baca juga: Lenovo ThinkPad Edge E455-0HIA, Andalkan AMD APU A10-7300

Harga Samsung Galaxy J1 Ace

Harga smartphone 4G Samsung Galaxy J1 Ace di pasar Indonesia saat ini adalah Rp 1,5 juta berdasarkan informasi yang dihimpun Laptophia Blog. Smartphone Galaxy J1 Ace ini bisa dikatakan senjata andalan Samsung untuk mendobrak dominasi merek lokal dan Tiongkok di pasar entry-level tanah air. Pabrikan asal Korea Selatan ini terlihat mulai agresif.

Hal ini terlihat dari adopsi layar berteknologi Super AMOLED pada Galaxy J1 Ace yang biasanya hanya ditemui di jajaran smartphone kelas menengah dan atas saja. Meski demikian, spesifikasi teknis Galaxy J1 Ace terlihat masih setengah hati menurut Laptophia Blog, mengapa? Samsung hanya membekalinya dengan RAM berkapasitas di bawah rata-rata.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Ace

  • Sistem Operasi Android 4.4.4 KitKat dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Marvell PXA1908 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Vivante GC7000UL
  • Kamera belakang 5 megapiksel aperture f/2.2 autofokus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 4,3 inci, dengan resolusi WVGA 480 x 800 dengan kerapatan 218 piksel per inci, panel Super AMOLED
  • Memori RAM 768MB, Memori internal 4GB plus slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS
  • Mendukung jaringan GSM, 3G HSPA & 4G LTE
  • Dimensi 130.1 x 67.6 x 9.5 mm dengan berat 131 gram
  • Baterai 1900mAh
  • Warna White, Blue, Black
Anda mungkin suka: Review Alcatel Flash 2, Ponsel 4G Elegan dengan Kamera Selfie Mumpuni
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks