IBX582004D475488 Review Samsung Galaxy J5

Review Samsung Galaxy J5




Review Samsung Galaxy J5 – Pada kesempatan kali ini Laptophia Blog akan melakukan review Samsung Galaxy J5 yang merupakan smartphone kelas menengah terbaru. Samsung melepas ponsel Galaxy J5 ini tampaknya sebagai penerus dari ponsel Galaxy Grand Prime yang sudah mulai uzur. Hal ini terlihat dari fitur yang ditonjolkan sama, yakni kemampuan foto selfie yang mumpuni.

Pabrikan asal Korea Selatan ini menilai tren foto selfie berlu diakomodasi, salah satunya dengan menghadirkan kamera depan dengan resolusi tinggi dan didukung LED flash. Fitur ini sudah diterapkan pada Samsung Galaxy J5. Berikut ini ulasan Laptophia Blog mengenai smartphone Samsung Galaxy J5.


IMG_20150917_142508_HDR

Paket Pembelian Samsung Galaxy J5

IMG_20150917_141454_HDR
  • Unit Samsung Galaxy J5
  • Baterai 2600mAh (removable)
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Samsung Galaxy J5

IMG_20150917_142353_HDR
Laptophia menilai desain smartphone 4G Samsung Galaxy J5 ini tak jauh berbeda dengan jajaran ponsel Samsung lainnya. Bentuk ponsel ini sama dengan Samsung lainnya, yakni kotak dengan sudut yang membulat yang dipermanis dengan aksen krom yang berada disisi ponsel.

Aksen krom ini tak seperti Samsung lainnya yang hanya hiasan, melainkan frame ponsel yang terbuat dari metal yang kokoh. Laptophia menilai smartphone ini masih cukup nyaman digenggam, tipis, dan agak licin pada bagian frame-nya.

Sisi kiri ponsel Galaxy J5 terdapat tombol volume rocker, sedangkan tombol power terdapat tombol power. Bagian bawah ponsel terdapat port micro USB dan port audio 3,5mm. Bagian depan smartphone 4G Galaxy J5 ini terdapat LED flash depan, earpiece, sensor proximity, kamera depan, layar sentuh berukuran 5 inci, tombol fisik home, dan dua tombol kapasitif yang terdiri dari Recent Apps dan Back. Sedangkan bagian belakang terdapat LED flash, lubang kamera, lubang speaker, dan tak lupa disematkan logo Samsung.
IMG_20150917_142400_HDR
Samsung Galaxy J5 ini msih menganut konsep desain konvensional yang mana kita dapat melepas casing belakang, serta melepas baterainya. Smartphone ini mengusung dua slot SIM dan sebuah slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Laptophia menilai Samsung telah memasukkan unsur desain Galaxy J1 pada ponsel Galaxy J5 dan hal ini terlihat pada bagian atas dan bawah ponsel yang melengkung seperti desain Galaxy J1.

Software Samsung Galaxy J5

Home
Samsung membekali smartphone Galaxy J5 ini dengan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang saat ini masih terhitung baru menurut Laptophia. Pabrikan asal Korea Selatan ini membekali Galaxy J5 dengan antarmuka TouchWiz UI Lite generasi baru yang mengambil gen dari TouchWiz UI Samsung Galaxy S6.

Laptophia menilai tampilan antarmuka smartphone Galaxy J5 ini cukup intuitif dan tidak terlalu kompleks. Kostumisasi yang disediakan juga cukup lengkap dan memungkinkan kita menggangi wallpaper untuk homescreen, lockscreen, serta theme.

Samsung tak banyak membekali aplikasi tambahan pada ponsel Galaxy J5 ini. Beberapa aplikasi besuta Microsoft tampak hadir di ponsel ini, antara lain adalah Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneDrive, dan One Note.

Samsung juga membekali ponsel Galaxy J5 ini dengan beberapa fitur andalan, sebut saja Ultra Power Saving mode untuk menghemat energi dan sejumlah layanan dan aplikasi Samsung lainnya. Kinerja antarmuka TouchWiz UI pada Galaxy J5 menurut Laptophia sudah cukup responsif.

Benchmark Samsung Galaxy J5

CPU Z
CPU-Z Samsung Galaxy J5
Antutu
AnTuTu Benchmark Samsung Galaxy J5
Geekbench
Geekbench 3 Samsung Galaxy J5
Vellamo
Vellamo Benchmark Samsung Galaxy J5
Screenshots Review Samsung Galaxy J5 Tuxlin Blog07Screenshots Review Samsung Galaxy J5 Tuxlin Blog08Screenshots Review Samsung Galaxy J5 Tuxlin Blog15
Sensorbox, Multitouch tester & Quadrant Standard Samsung Galaxy J5

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy J5

20150920_154422
20150925_084500
20150917_221000

Review Samsung Galaxy J5

Berdasarkan hasil pengujian dan pengalaman pemakaian yang telah Laptophia Blog lakukan, Samung Galaxy J5 ini cukup baik dan nyaman digunakan. Ponsel kelas menengah ini mampu menyajikan layar berkualitas tinggi berkat teknologi Super AMOLED yang disematkan di dalamnya dan dipadukan dengan resolusi HD (High Definition), membuat tampilannya tajam, padat, dan warna yang begitu keluar.

Salah satu kelebihan panel Super AMOLED adalah mampu menghasilkan warna yang vivid dan warna hitam yang dalam. Meski minus fasilitas auto brightness, layar Galaxy J5 masih cukup mumpuni untuk digunakan di bawah sinar matahari. Sayangnya, layar ponsel ini tak dilengkpi lapisan antigores.

Samsung membekali ponsel 4G LTE Galaxy J5 ini dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya terdapat prosesor quad-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1,5GB, serta didukung grafis bertenaga dari Adreno 306.

Meski spesifikasinya terbilang pas-pasan di kelas harganya, Laptophia merasakan kinerja yang cukup smooth dan tidak ada lag. Ponsel ini juga cukup tangguh untuk memainkan game terkini. Namun, dukungan memori RAM yang hanya 1,5GB tentu kurang leluasa dalam menjalankan banyak aplikasi.

Samsung membekali smartphone ini dengan dengan kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel lengkap dengan lensa wide-angle dan LED flash. Sedangkan kamera utama ponsel 4G ini berkekuatan 13 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash.

Menurut Laptophia, kemampuan kamera Galaxy J5 ini dapat diandalkan saat siang hari maupun untuk memotret macro. Warna yang dihasilkan natural, tajam, dan noise terkendali. Sayangnya, Laptophia menilai kemampuan foto low-light Galaxy J5 ini pas-pasan.

Kemampuan speaker ponsel ini cukup baik, tetapi kurang keras. Samsung membekalinya dengan memori internal atau ROM berkapasitas 8GB yang dilengkapi dengan slot microSD. Laptophia telah menjajal USB OTG pada Galaxy J5 dan berjalan dengan baik.

Secara umum, smartphone Samsung ini masih bisa dikatakan kompetitif dan dapat dipertimbangkan di kelasnya, terlebih penggemar brand Samsung.

Harga Samsung Galaxy J5

Harga smartphone 4G LTE Samsung Galaxy J5 di Indonesia saat artikel ini ditulis adalah Rp 2.799.000. Laptophia menilai harga yang ditawarkan oleh smartphone ini masih cukup kompetitif, meski sebenarnya spesifikasi yang diusungnya lebih inferior. Dukungan kamera depan mumpuni lengkap dengan LED flash depan, serta layar berteknologi Super AMOLED tampaknya mampu menutupi kekurangan yang ada. Laptophia tidak merekomendasikan smartphone ini bagi konsumen yang membutuhkan kinerja tinggi. Namun, untuk komunikasi sehari-hari dan kamera, smartphone ini dapat dipertimbangkan.

Anda bisa membeli atau cek harga Samsung Galaxy J5 di Sini (Klik) atau install aplikasinya di sini (klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410 quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel wide-angle dilengkapi LED flash
  • Layar 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, Super AMOLED kapasitif
  • Memori RAM 1,5GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM,
  • GSM / 3G HSPA / LTE
  • Dimensi 142.1 x 71.8 x 7.9 mm berat 146 gram
  • Baterai 2600mAh
Anda mungkin suka:Unboxing Samsung Galaxy J1 Ace, Ponsel 4G LTE Murah
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks