eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Seminggu Menjajal Realme C51s, Ini Upgrade atau Downgrade?

Seminggu Menjajal Realme C51s, Ini Upgrade atau Downgrade? - Realme C51s mrupakan salah satu smartphone entry-level andalan Realme Indonesia yang menggunakan tagline "Jelas MANTAPS". Jika dilihat dari pensamaannya, Realme C51s ini bisa dikatakan sebagai refreshment atau minor upgrade dari Realme C51 NFC yang lebih dulu dirilis. Ponsel ini tampil dengan sentuhan desain yang berbeda dengan konsep Shiny Waterfall Design.

Spesifikasi internal Realme C51s ini masih sama dengan pendahulunya yang mengandalkan  SoC Unisoc Tiger T612 octa-core ditandemkan RAM 6GB. Tak hanya itu, Realme juga membekalinya dengan layar berukuran lega dengan refresh rate 90Hz. Anehnya, fitur NFC malah justru absen dan membuat Realme C51s tidak sepenuhnya menawarkan upgrade dari Realme C51 NFC. Tim Laptophia berkesempatan mengulas langsung ponsel ini, penasaran? Berikut pengalaman Laptophia seminggu menggunakan Realme C51s!

Seminggu Menjajal Realme C51s, Ini Upgrade atau Downgrade?


Paket Penjualan Realme C51s

Paket Penjualan Realme C51s

  • Unit Realme C51s 6GB/128GB Mighty Black
  • Kepala charger 10W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Silicon Case

Unboxing & Hands On Realme C51s

Unboxing & Hands On Realme C51s

Kebetulan ada salah saru rekan Laptophia yang membutuhkan smartphone murah untuk ibunya. Kandidat yang ia pilih adalah Realme C51s ini dan Laptophia diizinkan untuk mengulasnya terlebih dahulu. Smartphone ini dibeli secara online melalui salah satu e-commerce terkemuka dan proses pengiriman memakan waktu sekitar 3 hari.

Setelah unit Realme C51s mendarat, Laptophia segera melakukan unboxing untuk mengecek apa saja yang ada dalam paket penjualan smartphone ini. Sebenarnya cukup lengkap, ada charger, silicon case, kabel USB, dan sebagainya. Hal yang mengganjal Laptophia adalah charger bawaannya hanya meiliki daya 10W saja. Ini aneh mengingat Realme C51s mendukung fast charge SuperVOOC 33W dari data yang Laptophia himpun.

Realme C51s ini tampil dengan desain yang agak berbeda dari Realme C51. Dekorasi kameranya mengusung gaya boba ala iPhone dan dipadukan casing belakang dengan finishing sandblasting. Sementara sisi depan terlihat layar sentuh yang dilengkapi poni di atasnya. Ada dua varian warna Realme C51s dan unit yang Laptophia gunakan adalah Mighty Black.

Baca juga:Review Infinix Hot 40i, Fitur Lengkap dengan Desain Menarik

Sisi depan smartphone Realme C51s ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar berponi dengan teknologi IPS dengan resolusi HD+ berukuran 6,74 inci dengan refresh brate 90Hz.

Layar smartphone Realme C51s ini tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya, tetapi telah dilengkapi dengan screen protector bawaan pabrik. Laptophia menganjurkan pemasangan tempered glass tambahan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C51s ini. Selain itu, terdapat tray slot SIM dan microSD (triple slot) pada sisi kiri ponsel. Sisi atas ponsel Realme C51s ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C51s ini terdapat dua kamera atau dual camera, LED flash, dan logo Realme pada bagian kiri bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Realme GT 6 ini menempatkan port USB Type-C, port audio 3,5mm, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Kesan Pertama Pakai Realme C51s

Kesan Pertama Pakai Realme C51s

Setelah kurang lebih seminggu menggunakan Realme C51s sebagai smartphone kedua, Laptophia merasa cukup puas dan tak banyak kendala. Desain smartphone ini memang terkesan tidak original, tetapi build quality-nya layak mendapat acungan jempol. Casing belakang ponsel ini tak licin dan tak mudah meninggalkan jejak sidik jari.

Layar Realme C51s ini ukurannya cukup besar dengan bezel yang cukup tebal, terutama bezel bawahnya. Resolusinya memang cuma HD+ dengan teknologi IPS, tetapi kualitas layarnya tergolong rata-rata dengan saturasi warna yang cukup baik, tetapi terlihat kurang padat. Respon touchscreen-nya cukup gegas dan tidak terasa delay untuk penggunaan sehari-hari. Refresh rate 90Hz-nya membuat pengalaman scrolling lebih mulus.

SoC Unisoc Tiger T612 yang digunakan Realme C51s menawarkan performanya masih cukup nyaman untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Laptophia menjalankan banyak aplikasi sosial media, browsing, dan editing ringan masih terasa nyaman. Dukungan RAM yang lebih besar membuat Realme C51s lebih cakap dalam menangani banyak aplikasi sekaligus ketimbang pendahulunya. Hasil benchmark AnTuTu-nya pun tembus 249 ribuan poin.

Sedangkan untuk kualitas kamera, Realme C51s ini bisa dikatakan tak jauh berbeda dari Realme C51 NFC. Smartphone ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas baik dan tajam untuk segmen entry-level. Berikut ini beberapa sampel foto yang Laptophia bidik menggunakan smartphone andalan Realme.

Sampel Foto Kamera Realme C51s

Sampel Foto Kamera Realme C51s

Sampel Foto Kamera Realme C51s

Sampel Foto Kamera Realme C51s

Sampel Foto Kamera Realme C51s

Sampel Foto Kamera Realme C51s

Sampel Foto Kamera Realme C51s

Review Realme C51s

Harga Realme C51s

Harga smartphone Realme C51s RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini ditulis adalah Rp 1.599.000. Smartphone ini sudah mengalami dua kali penurunan harga yang membuatnya kian bersaing di kelasnya.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Infinix Hot 40i di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Realme C51s

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI T Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T612 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G57
  • Dua kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 0,3 megapiksel dengan lensa aperture f/3.0 (depth sensor)
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh berponi 6,74 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 260 ppi (pixel per inch), aspek rasio 20:9, 16 juta warna, refresh rate 90Hz, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB LPDDR4x, ROM 128GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD maksimal 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 167.2 x 76.7 x 8 mm dengan berat 186 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging SuperVOOC 33W
  • Warna Shiny Green dan Mighty Black
Anda mungkin suka:Review Singkat Asus Zenfone 11 Ultra, Flagship Canggih dengan Fitur AI
Posting Komentar

Posting Komentar