eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Menjajal Smartphone Poco Termurah, Poco C65! Apakah Menarik?

Menjajal Smartphone Poco Termurah, Poco C65! Apakah Menarik? - Setelah sebelumnya Laptophia sempat mengulas Poco X6 5G, kini kami berkesempatan mengulas smartphone Poco lainnya, yakni Poco C65. Seri Poco C65 merupakan smartphone termurah Poco yang dirancang untuk segmen entry-level yang membidik pengguna dengan budget ketat, tetapi menginginkan performa extrem dan fitur yang cukup lengkap.

Salah satu keunggulan Poco C65 ini adalah sudah dibekali fitur NFC (Near Field Communications) yang berguna bagi warga perkotaan untuk transaksi digital, top-up dan cek saldo e-money, dan sebagainya. Kinerja Poco C65 sendiri cukup bersaing untuk segmen sejutaan dengan sokongan SoC MediaTek Helio G85 octa-core ditandemkan RAM 6GB atau 8GB. Tiga hari lalu, Laptophia memutuskan untuk membeli smartphone ini. Penasaran? Berikut impresi awal Poco C65!

Menjajal Smartphone Poco Termurah, Poco C65! Apakah Menarik?


Paket Penjualan Poco C65

Paket Penjualan Poco C65

  • Unit Poco C65 8GB/256GB Black
  • Kepala charger 10W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Hands On Poco C65

Hands On Poco C65

Poco merupakan subbrand xiaomi yang fokus memberikan performa yang unggul dan harga yang extrem. Saat mengulas Poco X6 5G beberapa waktu lalu, Laptopnhia menilai smartphone ini sukses membuktikan bahawa dirinya menawarkan performa yang kompeten dengan harga yang extrem. Lalu bagaimana dengan Poco C65 yang harganya paling murah? Mengobati rasa penasaran, Laptophia memutuskan untuk membeli sendiri unitnya dan tiga hari kemudian, Poco C65 mendarat dengan selamat di markas Laptophia.

Saat melakukan unboxing, Laptophia baru mengetahui bahwa paket penjualan smartphone Poco C65 ini tidak terlalu lengkap. Smartphone ini memang masih menyertakan charger, tetapi dayanya hanya 10W saja. Padahal Poco C65 sudah mendukung fast charge 18W. Laptophia tak menemukan adanya softcase dan screenguard yang biasanya sudah terpasag di layarnya. Sebagai gantinya, Poco memberikan beberapa stiker yang menarik untuk kawula muda.

Sejujurnya, Poco C65 ini adalah saudara kembar dari Xiaomi Redmi 13C. Spesifikasi kedua smartphone ini bisa dikatakan sama persis menurut Laptophia. Perbedaan terlihat pada desain fisiknya yang mana Poco hadir dengan dekorasi kamera berukuran besar yang memang menjadi ciri khasnya. Selain itu, casing belakang menggunakan tekstur sandblasting dan kebetulan unit yang Laptophia ulas adalah warna Black.

Sisi depan smartphone Poco C65 ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar berponi dengan teknologi IPS dengan resolusi HD+ berukuran 6,7 inci.

Layar smartphone Poco C65ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass, tetapi tak dilengkapi denga screenguard bawaan pabrik. Oleh karena itu, Laptophia menganjurkan pemasangan tempered glass tambahan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Poco C65 ini. Selain itu, terdapat tray slot SIM dan microSD (triple slot) pada sisi kiri ponsel. Sisi atas ponsel termurah Poco ini terdapat port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Poco C65 ini terdapat tiga kamera atau triple camera, LED flash, dan logo Poco pada bagian sudut kanan atas. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Poco X6 Pro 5G ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Impresi Awal Poco C65

Impresi Awal Poco C65

Meski mengusung spesifikasi kembar dengan Redmi 13C, smartphone Poco C65 ini tamoil dengan desain dan feel yang berbeda. Casing belakang Poco C65 yang bertekstur sandblasting ini lebih nyaman digenggam dan tidak licin, serta tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Meski demikian, feel-nya saat Laptophia menggenggam smartphone termurah Poco ini memang terasa kurang premium jika dibandingkan dengan Redmi 13C.

Layar Poco C65 ini ukurannya cukup besar dengan bezel yang cukup tebal pula. Resolusinya memang cuma HD+ dengan teknologi IPS dan ini sebenarnya cukup standar di kelasnya menurur Laptophia. Kualitas layarnya tergolong rata-rata dengan saturasi warna yang cukup baik, tetapi terlihat kurang padat. Respon touchscreen-nya cukup gegas dan tidak terasa delay.

Soal performa, Poco C65 ini memang menawarkan peningkatan signifikan Poco C40 yang tak lain adalah pendahulunya. SoC MediaTek Helio G85 yang digunakannya memang tergolong cukup berumur, tetapi performanya masih cukup nyaman untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari dan gaming kasual. Selama tiga hari menjajal Poco C65, performanya tidak terlalu gegas. Hasil benchmark yang Laptophia lakukan menunjukkan skor 271.655 poin di AnTuTu v10.

Kamera lain dari Poco C65 yang berkekuatan 50 megapiksel ini tampaknya menawarkan kualitas yang bersaing di kelas entry-level. Laptophia menjajal kameranya untuk memotret selama seminggu terakhir ini dan hasilnya cukup baik dan bisa diandalkan, meski bukan yang terbaik di kelas harganya. Penasaran? Tunggu review lengkap Poco C65 di Laptophia!

Sampel Foto Poco C65

Sampel Foto Poco C65

Sampel Foto Poco C65

Sampel Foto Poco C65

Sampel Foto Poco C65

Review Poco C65

Harga Poco C65

Harga smartphone Poco C65 RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima dari rilis resmi Xiaomi adalah Rp 1.499.000. Adapun varian Poco C65 dengan RAM 8GB ROM 256GB dengan harga Rp 1.749.000. Impresi awal, Laptophia menilai Poco C65 ini cukup kopetitif dan bersaing di segmen sejutaan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Poco C65 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Poco C65

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka MIUI 14 for POCO
  • Chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2 1GHz
  • Triple kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, lensa 28mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 2 megapiksel (dedicated macro) lensa aperture f/2.4 + 0,08 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh berponi Dot Drop Display 6,74 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 720 x 1600 pixels, kerapatan 260 ppi (pixel per inch), refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 6GB atau 8GB LPDDR4X, ROM 128GB atau 256GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD max 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), face unlock, NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 168 x 78 x 8.1 mm dengan berat 192 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charge 18W
  • Warna Black dan Purple
Anda mungkin suka:Review ZTE Blade V40s: Layar AMOLED Termurah, Masih Layak Dipertimbangkan di 2024?
Posting Komentar

Posting Komentar