eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

MediaTek Kompanio 838, Chipset Kencang untuk Chromebook Diluncurkan di Computex 2024

MediaTek Kompanio 838, Chipset Kencang untuk Chromebook Diluncurkan di Computex 2024 - Setelah memperkenalkan chipset smartphone melalui seri Dimensity 7300 dan 7300X, MediaTek merilis chipset kencang yang ditujukan untuk pasar Chromebook di ajang Computex 2024, yakni Kompanio 838. Keunggulan chipset MediaTek Kompanio 838 ini adalah menawarkan performa kompeten dan konsumsi daya efisien.

“Pada COMPUTEX tahun ini, kami menonjolkan kekuatan kami yang semakin berkembang pada produk menarik, seperti AI, otomotif, IoT, TV, Chromebook, konektivitas nirkabel, dan banyak lainnya. Dengan peningkatan pengalaman pengguna pada cipset terbaru kami, ini kesempatan baik untuk menunjukkan pertumbuhan kami di segmen teknologi penting ini," kata Joe Chen, Presiden dan COO MediaTek.

MediaTek Kompanio 838, Chipset Kencang untuk Chromebook Diluncurkan di Computex 2024


MediaTek Kompanio 838 ini dirancang khusus untuk memingkinkan daya tahan baterai yang luar biasa panjang untuk Chromebook yang ukurannya tipis dan ringan, tanpa mengirbankan performa, Selain itu, chipset canggih ini mendukung DDR4 dan LPDDR4X untuk memenuhi persyaratan OEM yang lebih luas, dan menggandakan bandwidth memori dibandingkan generasi sebelumnya sehingga menyediakan throughput data yang jauh lebih besar.

“Keseimbangan antara kekuatan dan efisiensi yang dihadirkan Kompanio 838 pada Chromebook adalah poin penting dalam inovasi dalam portofolio kami, seiring upaya kami menghadirkan komputasi yang kuat, terjangkau, dan mudah diakses oleh lebih banyak pengguna di seluruh dunia,” kata John Solomon, VP dan GM , ChromeOS, dan Google untuk Pendidikan. 

“Bersama-sama, kami menghadirkan Chromebook tipis dan ringan dengan fitur AI yang bermanfaat bagi lebih banyak pelanggan.”

Spesifikasi MediaTek Kompanio 838

Performa MediaTek Kompanio 838 ini cukup meyakinkan dengan dukungan prosesor octa-core dengan konfigurasi prosesor octa-core terdiri dari dual-core ARM Cortex-A78 2,6GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz. Sementara untuk sektor grafis, chipset ini didukunga GPU Mali-G57 MC3.

Salah satu keunggulan MedTek Kompanio 838 mengaktifkan prosesor AI khusus, MediaTek NPU 650, untuk menyediakan fitur multimedia lebih interaktif dan berkualitas lebih tinggi serta hemat daya yang tak tertandingi. APU MediaTek juga dirancang untuk pemrosesan data gambar lebih bagus dan mampu mengeksekusi komputasi kompleks dengan cepat.

MediaTek Imagiq 7 series ISP generasi berikutnya juga dirancang guna menciptakan kualitas gambar HDR profesional, dukungan kamera ganda, dan pengambilan cahaya redup, sehingga kualitas foto dan video semakin bagus.

Di sisi lain, dengan decoding video AV1 perangkat keras, Kompanio 838 memungkinkan pengguna melakukan streaming konten 4K secara mulus, sekaligus meningkatkan kualitas gambar. Selain itu, cipset ini mendukung hingga dua layar 4K secara bersamaan untuk memberi pengguna lebih banyak tampilan riil. 

Kompanio 838 juga mendukung teknologi MediaTek Filogic Wi-Fi 6 dan 6E untuk opsi konektivitas dual-band dan tri-band ke Chromebook dengan kecepatan hingga 1,9Gbps, sekaligus menyediakan konektivitas lebih andal berkat antena 2x2 dan keamanan yang ditingkatkan dengan WPA3 mendukung.

MediaTek Kompanio 838, Chipset Kencang untuk Chromebook Diluncurkan di Computex 2024


Fitur Unggulan MediaTek Kompanio 838

  • Highly efficient 6nm process
  • DDR4 and LPDDR4X
  • Dedicated AI processor MediaTek NPU 650
  • MediaTek Imagiq 7 series ISP for HDR imaging, dual camera support, low-light capture
  • Hardware accelerated AV1 video decoding, 4K content streaming, while also
  • Supports up to two 4K displays simultaneously
  • MediaTek Filogic Wi-Fi 6 and 6E technology, dual-band and tri-band connectivity with speeds up to 1.9Gbps, 2×2 antenna, enhanced security with WPA3 support.

“Kebutuhan akan perangkat hemat daya yang mampu multitasking terus meningkat. Kami berkomitmen untuk memberdayakan para siswa dan guru dengan perangkat dan solusi teknologi yang meningkatkan pembelajaran di kelas dan di luar kelas,” kata Benny Zhang, Direktur Eksekutif dan General Manager Chromebook di Grup Pusat Inovasi Global dan Perangkat Cerdas Lenovo. 

“Lenovo dan MediaTek memiliki kemitraan jangka panjang yang berfokus memberikan kinerja dan nilai, dan kami berharap dapat menghadirkan cip seri Kompanio ke Chromebook Lenovo kami yang akan datang.”

Source: press release

Anda mungkin suka:Awas Jangan Salah Beli! Ini Perbandingan Spesifikasi dan Harga Oppo A60 vs Realme C67
Posting Komentar

Posting Komentar