eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Asus ROG M16

Review Asus Chromebook Flip C214, Laptop Hybrid Tangguh Cocok Belajar Jarak Jauh Anak

Review Asus Chromebook Flip C214, Laptop Hybrid Tangguh Cocok Belajar Jarak Jauh Anak - Hari ini ASUS memperkenalkan Chromebook Flip C214, sebuah perangkat yang dirancang untuk kebutuhan edukasi anak-anak. Berbeda dengan laptop pada umumnya, Chromebook Flip C214 tampil dengan desain tangguh yang memberikan perlindungan ekstra sat digunakan oleh anak-anak. Tidak hanya itu, Chromebook Flip C214 juga dilengkapi dengan baragam fitur khusus yang tidak hanya untuk menunjang kegiatan belajar anak-anak, tetapi juga memperkaya interaksi dalam proses belajar.

Saat ini, laptop memang sudah menjadi perangkat penunjang produktivitas dan telah digunakan oleh banyak orang di berbagai lini profesi termasuk pendidikan. Tidak hanya digunakan oleh guru, laptop juga sudah semakin banyak digunakan oleh pelajar untuk membantu mereka mengenyam pendidikan. Sekolah pun saat ini semakin mendorong siswanya untuk dapat menggunakan laptop dalam kegiatan belajarnya sehari-hari.




Laptop mungkin mudah digunakan oleh orang dewasa atau remaja yang sudah terbentuk pola pikirnya. Namun bagi anak-anak khususnya yang masih duduk di bangku sekolah dasar, menggunakan laptop modern bisa jadi menyulitkan karena fitur dan antarmukanya yang kompleks. Itulah salah satu alasan ASUS menghadirkan Chromebook Flip C214. Sesuai dengan namanya, laptop ini menggunakan Chrome OS yang dikenal dengan antarmukanya yang mudah digunakan layaknya sebuah smartphone.

Baca juga:Asus Zenbook 13 OLED UM325UA OLED711, Laptop Ryzen Premium dengan Layar Terbaik

Desain Asus Chromebook Flip C214



Dibandingkan dengan laptop kelas konsumen pada umumnya, ASUS Chromebook Flip C214 hadir dengan desain yang lebih tangguh dan tahan banting. Perbedaannya bahkan langsung dapat terlihat, dimana ASUS Chromebook Flip C214 memiliki karet pelindung di sekeliling bodinya. Karet pelindung atau rubber bumper ini berfungsi untuk meredam benturan. 

Seperti yang kita tahu, anak-anak memiliki perangai yang sangat aktif sehingga laptop yang digunakan kemungkinan besar akan sering terbentur. Kehadiran lapisan karet pelindung tersebut sangat penting agar komponen penting di dalam ASUS Chromebook Flip C214 tetap terjaga.

Agar lebih terlindungi, ASUS Chromebook Flip C214 juga dibekali fitur anti-spill pada keyboard-nya. Fitur tersebut membuat ASUS Chromebook Flip C214 tetap dapat berfungsi dan tidak rusak meski terkena tumpahan air. Dengan demikian ASUS Chromebook Flip C214 tetap aman dari kecelakaan seperti ketika anak-anak tidak sengaja menumpahkan segelas air ke laptop ini saat digunakan.

Semua fitur perlindungan ekstra tersebut tentu tidak akan banyak berguna jika ASUS Chromebook Flip C214 sulit untuk digenggam oleh tangan anak-anak. Untuk itulah permukaan bodi laptop ini hadir dengan tekstur anti-selip khusus yang membuat ASUS Chromebook Flip C214 mudah digenggam bahkan oleh tangan anak-anak yang ukurannya lebih kecil dari tangan orang dewasa. Jika terjatuh, Chromebook Flip C214 juga masih dapat selamat. Berkat desain bodi yang sangat kokoh, Chromebook Flip C214 dapat menahan benturan jika dijatuhkan dari ketinggian 1,2 meter.

Baca juga:Asus VivoBook 14 A416MAO VIPS521, Laptop untuk Sekolah Daring Bertenaga Pentium Silver N5030



Gelar sebagai salah satu laptop ASUS paling tangguh bukan hanya sekadar klaim sepihak semata. ASUS Chromebook Flip C214 sendiri telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810G). Beragam pengujian ekstrem pun berhasil dilewati oleh ASUS Chromebook Flip C214. Pengujian tersebut di antaranya adalah uji operasional pada suhu ekstrem hingga uji vibrasi dan benturan ekstrem. Singkatnya, dunia telah mengakui ketahanan ASUS Chromebook Flip C214.

Durabilitas ASUS Chromebook Flip C214 juga tidak hanya terdapat pada bodinya. Keyboard ASUS Chromebook Flip C214 hadir dengan fitur tamper-resistant yang memungkinkan tombol keyboard tidak mudah untuk lepas dari modulnya baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Tidak hanya itu, jarak antar tombol pada keyboard di Chromebook Flip C214 juga telah diukur sedemikian rupa sehingga penggunanya tidak mudah lelah saat mengetik. 

Performa Asus Chromebook Flip C214



Soal performa, ASUS Chromebook Flip C214 ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000 generasi Gemini Lake yang mengusung dual-core yang berlari dengan kecepatan standar 1,1GHz dengan fitur TurboBoost hingga 2,6GHz ditandemkan dengan RAM sebesar 4GB DDR4-2400MHz guna mendongkrak performanya.

Laptop Chromebook andalan Asus ini diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Intel UHD Graphics 600 yang mengusung 12 execution unit (EUs) dengan kecepatan 650MHz, tanpa kehadiran grafis diskrit. Performanya sudah mencukupi untuk kebutuhan grafis dasar, belajar online, dan game ringan.

Secara umum, kinerja laptop hybrid ASUS Chromebook Flip C214 ini sudah cukup powerful untuk menjalankan berbagai aplikasi edukasi yang terdapat di Chrome OS, serta penyimpanan berupa eMMC hingga 32GB. ASUS Chromebook C214 juga hadir dengan fitur gratis berlangganan layanan Google One selama satu tahun. Layanan tersebut termasuk penyimpanan awan (cloud storage) hingga 100GB.

Baca juga:Review Asus Vivobook 15 A516, Laptop 15 Inci Murah dengan Performa Kompeten
Banyak yang bertanya mengapa spesifikasi Chromebook, termasuk Asus Chromebook Flip C214 ini terdengar sangat standar, apakah mampu menghadirkan performa yang nyaman? Perlu diketahui bahwa sistem operasi Chrome OS yang digunakan Asus Chromebook Flip C214 ini sangat hemat resource, sehingga dengan spesifikasi yang relatif low-end, performanya sudah sangat nyaman untuk komputasi sehari-hari dan juga kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Benchmark Asus Chromebook Flip C214



Review Asus Chromebook Flip C214



Layar

Asus membekali laptop hybrid yang cocok untuk belajar daring Chromebook Flip C214 dengan layar  sentuh berukuran 11.6 inci yang menggunakan teknologi IPS LCD LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Untuk menambah pengalaman penggunaan, ASUS Chromebook C214 hadir dengan teknologi layar sentuh yang mendukung hingga 10 titik sentuh. Berkat fitur ini, anak-anak dapat belajar secara lebih interaktif melalui gesture sentuh yang telah didukung oleh Chrome OS. Fitur layar sentuh tersebut juga sangat penting mengingat Chrome OS juga mendukung penggunaan aplikasi Android yang memang dirancang untuk layar sentuh.

Pada review Asus Chromebook Flip C214 kali ini telah mengadopsi tipe layar flip screen yang dapat diputar hingga 360 derajat, sehingga laptop ini dapat digunakan layaknya sebuah tablet. ASUS bahkan menyediakan stylus khusus (opsional) sehingga ASUS Chromebook Flip C214 juga dapat difungsikan sebagai papan gambar digital, sangat ideal digunakan untuk mengasah kreativitas anak-anak. 

Baca juga:Review Asus Expertbook P2 P2451FB EK5810T, Laptop Bisnis Tangguh dan Elegan

Dilengkapi Dua Kamera

Asus Chromebook Flip C214 juga dilengkapi dengan dua kamera yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana observasi interaktif. Saat layar laptop dibuka 360 derajat, kamera kedua yang berada di dekat keyboard dapat digunakan untuk menangkap gambar yang ada di depan penggunanya layaknya smartphone.

Audio

Sama seperti lini laptop kelas entry-level, Asus Chromebook Flip C214 ini juga dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo berkualitas yang mampu menghadirkan suara yang cukup nyaring. Suara yang dihasilkan speaker laptop ini cukup baaik dengan karakter dominan mid dan high. Performanya sudah memadai untuk menikmati konten multimedia dan menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Chrome OS



Pada review ASUS Chromebook Flip C214 kali ini telah menggunakan Chrome OS sebagai sistem operasinya. Keunggulan utama Chrome OS ada pada kemudahan operasional serta antarmukanya yang mirip dengan smartphone, sehingga memudahkan anak-anak untuk mengoperasikan laptop ini. Tidak hanya itu, ASUS Chromebook Flip C214 juga mendukung banyak aplikasi penunjang pembelajaran yang tersedia.

ASUS Chromebook Flip C214 merupakan laptop tepat sebagai perangkat edukasi anak-anak. Chrome OS memiliki sejumlah aplikasi dan layanan khusus edukasi yang banyak digunakan, seperti Google Classroom. Chrome OS juga memiliki antarmuka yang simpel dan lebih mudah digunakan oleh anak-anak.

Bahkan Chrome OS generasi baru sudah dilengkapi toko aplikasi Google Play Store, sehingga memungkinkan pengguna untuk menginstal beberapa aplikasi Android guna mendukung produktivitas dan kegiatan belajar online.

Laptop ASUS Chromebook Flip C214 telah mendukung sistem manajemen Chrome Education. Sistem tersebut memungkinkan pihak IT sekolah atau institusi pendidikan untuk memantau serta mengatur semua perangkat Chromebook Flip C214 yang digunakan di lingkungan institusinya. Dengan demikian, sekolah dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat dipasang di Chromebook Flip C214.

Baca juga:Review Asus ZenBook Pro Duo 15 OLED UX582, Cocok untuk Kreator Konten Profesional

ASUS juga memastikan keamanan pada Chromebook Flip C214 tetap terjaga. ASUS Chromebook Flip C214 dipastikan akan selalu mendapatkan update keamanan secara berkala sehingga memastikan penggunanya, khususnya anak-anak tetap terjaga dari berbagai ancaman siber. Update keamanan secara berkala juga memastikan sistem IT sekolah dapat lebih terjaga.

Kenyamanan




Keyboard di ASUS Chromebook Flip C214 sudah dilengkapi dengan fitur spill dan tamper resistant. Kedua fitur tersebut membuat keyboard pada ASUS Chromebook Flip C214 tahan terhadap tumpahan air serta memiliki key caps yang lebih kuat sehingga tidak mudah untuk dicongkel oleh jari anak-anak. Keyboard kedua laptop ini bahkan telah melewati uji ketahanan ekstrem dan dapat bertahan hingga 10 juta kali tekan untuk setiap tombolnya.

Tidak hanya itu, ASUS Chromebook Flip C214 juga mudah untuk dirawat dan diperbaiki. Meski mengusung desain ruggedized yang sangat tangguh, ASUS masih memberikan fasilitas agar tim IT sekolah dapat mengakses berbagai komponen penting yang berada di dalam Chromebook Flip C214. Berkat kemudahan tersebut, sekolah dapat menghemat waktu, tenaga, dan pengeluaran untuk merawat laptop ASUS Chromebook Flip C214 yang dimiliki oleh sekolah dan digunakan oleh siswanya.

Konektivitas

ASUS Chromebook Flip C214 juga dibekali dengan berbagai konektivitas untuk menunjang kegiatan belajar sehari-hari. Dimulai dari konektivitas nirkabel, ASUS Chromebook Flip C214 sudah dibekali dengan teknologi WiFi 5 (802.11ac) yang kompatibel dengan sebagian besar router WiFi yang tersedia saat ini.

Sementara dari sisi konektivitas menggunakan kabel, ASUS Chromebook Flip C214 dilengkapi dengan port yang sangat mumpuni. Port yang tersedia di ASUS Chromebook Flip C214 di antaranya adalah USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan Ethernet. Selain itu, terdapat juga 3.5mm audio jack untuk penggunaan perangkat audio tambahan. Port tersebut memastikan berbagai perangkat tambahan bisa dihubungkan tanpa kendala bahkan tanpa bantuan dongle.
Baca juga:Review Asus BR1100FKA, Laptop Hybrid Terjangkau yang Bikin Belajar Kian Menyenangkan

Baterai

Salah satu keunggulan review ASUS Chromebook Flip C214 kali ini adalah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 50WHrs yang mampu membuatnya dapat digunakan hingga lebih dari 10 jam. Bahkan dalam pengujian menggunakan PCMark Mobile Battery Benchmark, ASUS Chromebook Flip C214 yang ditenagai prosesor Intel Celeron N4000 bisa bertahan hingga hampir 10 jam. Artinya, anak-anak akan lebih leluasa belajar seharian tanpa perlu baterainya habis, serta hanya perlu mengisi daya baterai selama sekali untuk penggunaan seharian.

Kesimpulan

Secara umun, ASUS Chromebook Flip C214 adalah sebuah laptop hybrid dengan bodi tangguh yang cocok untuk kegiatan belajar dari atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tak hanya menawarkan performa yang memadai, ASUS Chromebook Flip C214 didukung sistem operasi Chrome OS yang memiliki banyak keunggulan seperti kemudahan maintenance, administrasi IT, dan fitur pendukung pendidikan seperti Google Classroom.

Kelebihan Asus Chromebook Flip C214

  • Cocok untuk PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)
  • Bodi rugged dan tangguh dengan standar militer
  • Chrome OS kaya fitur pendukung pendidikan
  • Konsep hybrid dengan empat mode penggunaan
  • Harga terjangkau

Kekurangan Asus Chromebook Flip C214

  • Storage masih menggunakan eMMC

Harga Asus Chromebook Flip C214

  • Harga Asus Chromebook Flip C214 mulai Rp5.609.000

Anda dapat membeli Asus Chromebook Flip C214 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus Chromebook Flip C214


Main Spec.

ASUS Chromebook Flip C214

CPU

Intel® Celeron™ N4000 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Chrome OS

Memory

4GB RAM

Storage

32GB eMMC 5.1


Display

11.6" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare, Touchscreen

Graphics

Intel HD Graphics 600

Input/Output

1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen1),

2 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen1) with display and power delivery support,

1 x micro SD card

Camera

User-facing HD 720p camera, world-facing 5MP AR camera

Connectivity

Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), Bluetooth 5.0

Audio

Built-in 2 W Stereo Speakers with Microphone

Battery

3 -Cell 50 Wh Battery

Dimension 

292 x 199 x 19,5 ~20,1 mm (WxDxH)

Weight

1,2Kg

Colors

Dark Grey

Warranty

3 tahun

*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia

Anda mungkin suka:Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

Posting Komentar