eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

TipTip Sabet Penghargaan Google Play Best of 2023, Platform Monetisasi Kreator dan Komunitas

TipTip Sabet Penghargaan Google Play Best of 2023, Platform Monetisasi Kreator dan Komunitas - Jelang akhir 2023, aplikasi TipTip yang merupakan platform monetisasi komunitas dan kreator konten sukses menorehkan prestasi positif dengan meraih penghargaan sebagai “Best for Personal Growth” oleh the Google Play Best of 2023 Awards. Melalui pencapaian ini, TipTip bersiap untuk perkuat eksistensi di tier 2 dan tier 3 Indonesia pada 2024 mendatang. 

"TipTip telah menyebar ke lebih dari 200 kota di seluruh Indonesia. Tahun ini menandai pertumbuhan terbesar kami, terutama di daerah non-urban di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Diperkirakan 65% dari total pendapatan yang dihasilkan oleh kreator di TipTip berasal dari kota tier 2 dan tier 3, menunjukkan sifat inklusif dan luasnya ekonomi kreator." 

TipTip Sabet Penghargaan Google Play Best of 2023, Platform Monetisasi Kreator dan Komunitas


"Pola ini memperlihatkan peluang besar untuk monetisasi bagi kreator dan komunitas di seluruh Indonesia. Kami berkomitmen untuk memperluas kehadiran TipTip di luar wilayah Jabodetabek," ungkap Albert Lucius, Founder dan CEO TipTip.

TipTip memfasilitasi monetisasi bagi para kreator dan komunitas dengan menawarkan beragam fitur, seperti penjualan konten digital eksklusif, live session,penjualan tiket secara online (e-ticket), check-in event, subscription, serta fitur engagement lainnya. Fitur-fitur ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan memberikan pengalaman yang terbaik bagi kreator dan komunitas mereka.

Pada tahun 2023, signifikansi pengaruh TipTip ditandai dengan pertumbuhan pada basis penggunanya. Sejak Juli, platform ini telah menjadi rumah lebih dari 25.000 kreator dengan komunitas yang terdaftar dengan peningkatan sebesar 20%. 

Selain itu, daya tarik TipTip tidak hanya berlaku untuk pengguna individual; platform ini telah menjadi pusat bagi lebih dari 2.000 komunitas terdaftar yang telah mengorganisir sekitar 5.500 pertemuan komunitas yang dijual melalui TipTip. Ini mencerminkan pertumbuhan lebih dari lima kali lipat dalam aktivitas dan keterlibatan sejak akhir kuartal kedua, menunjukkan relevansi TipTip yang semakin pesat bagi kreator dan komunitas. 

Dampak positif finansial dirasakan oleh para pengguna platform, terutama bagi kreator dan komunitas di kota-kota Tier 2 dan Tier 3. Rata-rata, kreator dan komunitas di TipTip melaporkan pendapatan bulanan sebesar Rp9,3 juta, jumlah yang dua atau tiga kali lipat dari upah minimum di beberapa wilayah Indonesia. Hal ini tidak hanya menunjukkan impact positif platform untuk kreator dan komunitastetapi juga perannya dalam membentuk ekosistem digital yang berkembang bagi industri kreatif di Indonesia.

Sebagai platform terintegrasi, TipTip memperkenalkan beberapa fitur tahun ini. TipTip memungkinkan kreator dan komunitas untuk menghasilkan pendapatan tambahan melalui berbagai saluran, terlepas dari jumlah pengikut mereka. Pendekatan ini mendemokratisasi kreasi konten, memungkinkan siapapun untuk berpartisipasi dalam monetisasi karyanya.

TipTip telah memprioritaskan menciptakan ruang digital yang aman dan cocok baik untuk kreator/komunitas maupun pengguna. Dengan memanfaatkan kombinasi teknologi dan moderasi manusia, TipTip menyaring semua konten yang diunggah ke platform. Algoritma pembelajaran mesinnya mampu mengidentifikasi dan menghilangkan konten yang melanggar Pedoman Komunitas, memastikan pengalaman yang aman dan menyenangkan bagi pengguna dari segala usia.

Pada tahun 2023, Indonesia tetap menjadi titik fokus perihal kekhawatiran terhadap kekayaan intelektual (KI). Survei terbaru dari Koalisi Melawan Pembajakan (CAP) menunjukkan bahwa 54% konsumen Indonesia terlibat dalam mengakses layanan bajakan, menempatkan Indonesia di antara empat besar di wilayah tersebut untuk tingkat pembajakan. 

Upaya penegakan hukum menunjukkan tingkat keberhasilan yang bervariasi, dengan hanya 12% untuk perangkat streaming ilegal, 14% untuk situs streaming dan torrent, 11% untuk aplikasi, dan 37% untuk platform media sosial. Statistik ini menegaskan urgensi untuk langkah-langkah yang lebih kokoh untuk melawan pelanggaran KI di Indonesia.

Albert menekankan bahwa TipTip dilengkapi dengan teknologi yang dirancang untuk melindungi kekayaan intelektual para kreator. Teknologi ini memastikan bahwa konten tidak dapat diunduh dan tetap secara eksklusif dapat diakses hanya melalui TipTip. Selain itu, setiap sesi siaran langsung yang diadakan di platform ini diberi watermark menekankan keasliannya dan memperkuat integritas konten.

Selain menjadi platform untuk monetisasi, TipTip juga berperan sebagai penghubung vital yang menghubungkan brand dengan komunitas. Dengan jaringan komunitas yang luas, banyak brand yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berinteraksi langsung dengan anggota komunitas melalui berbagai acara dan inisiatif yang ada di TipTip. Peran ganda ini sebagai platform bagi kreator dan komunitas serta sebagai jembatan untuk interaksi brand-komunitas lebih lanjut menunjukkan tempat krusial TipTip dalam lanskap digital Indonesia.

 "Pada tahun 2023, TipTip secara strategis mendukung tiga acara nasional besar dalam sektor otomotif, termasuk Indonesian Bimmerfest 2023 oleh BMW Car Club Indonesia, pertemuan Porsche Club Indonesia, dan acara Scooter Madness, menarik lebih dari 3.000 peserta dari 200 komunitas di seluruh Indonesia." 

"Saat kita memasuki tahun 2024, upaya kolaboratif TipTip dengan berbagai pemangku kepentingan akan memperkuat ekosistem 'creatorpreneur', memperbesar perannya dalam memikat industri pariwisata, dan memperlihatkan keberagaman budaya Indonesia," Triawan Munaf, Presiden Komisaris TipTip.

Pendekatan strategis ini oleh TipTip tidak hanya memperlihatkan keragaman dan kehidupan dari konten di platform, tetapi juga menegaskan komitmen perusahaan untuk memupuk pertumbuhan dan inovasi dalam ekonomi kreatif Indonesia.

Anda mungkin suka:Review ZTE Blade V50 Design: Smartphone Kencang, Stylish, dan Harga Terjangkau!
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget. Note: Kami hanya mengulas, tidak melayani jual beli unit. Kami tidak menjadi seller atau buka toko di e-commerce mana pun dan tidak bertanggung jawab atas transaksi di e-commerce mana pun yang mengatasnamakan Laptophia.

Ikuti berita dan review terbaru Laptophia di Google News

Related Posts

Posting Komentar