eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Performa Prosesor Intel Core Ultra Generasi Meteor Lake Kurang Mengesankan?

Performa Prosesor Intel Core Ultra Generasi Meteor Lake Kurang Mengesankan? - Prosesor Intel Core Ultra generasi pertama yang menggunakan nama sandi Meteor Lake kabarnya menunjukkan performa yang kurang mengesankan. Berdasarkan informasi leakster Moore's Law is Dead, prosesor Intel Core Ultra tidak menawarkan peningkatan performa yang berarti jika dibandingkan dengan Intel Core 13th Gen atau Raptor Lake.

Seperti yang kabar yang Laptophia himpun sebelumnya, prosesor Intel Core Ultra yang menggunakan nama sandi Meteor Lake ini diklaim hadir dengan arsitektur baru yang masih mengusung konsep hybrid terbaru yang terdiri dari tiga cluster, yakni low-power E-core, E-core, dan P-core. 

Performa Prosesor Intel Core Ultra Generasi Meteor Lake Kurang Mengesankan?


Di atas kertas, Meteor Lake menawarkan perubahan arsitektur yang sangat signifikan dari generasi sebelumnya dan didesain untuk efisiensi konsumsi daya. Sayangnya, bocoran terbaru malah menyebutkan bahwa performa prosesor anyar Intel ini kurang mengesankan. hal ini memaksa OEM laptop untuk menggunakan fitur AI, performa grafis, dan efisiensi konsumsi daya sebagai daya tarik marketingnya.

Berdasarkan informasi yang Laptophia kutip dari Hardware Times (22/11/2023), prosesor Intel Core Ultra generasi Meteor lake ini dibekali dengan NPU (Neural Processing Unit) yang memiliki keuntungan pada performa yang berkaitan dengan AI atau kecerdasan buatan. Kehadiran NPU ini disinyalir untuk menyembunyikan peningkatan performa yang 'minimalis' jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selain itu, OEM laptop kabarnya sedang mempertimbangkan untuk lebih fokus menghadirkan laptop bertenaga AMD dengan arsitektur Zen 5. Prosesor pesaing Intel Core Ultra ini dikabarkan menawarkan performa yang lebih menarik, terutama untuk generasi dengan nama sandi Strix Point dan Hawk Point yang kemungkinan akan menggunakan nama Ryzen 8000 atau mungkin Ryzen 9000 di tahun 2024 mendatang.

Kesimpulan dari informasi yang beredar, Intel Core Ultra dengan nama sandi Meteor Lake lebih fokus menghadirkan fitur canggih seperti NPU, grafis terintegrasi yang lebih powerful, dan konsumsi daya yang lebih efisien. Sedangkan untuk performa, pengujian awal menunjukkan peningkatan yang tidak signifika dari generasi sebelumnya.

Anda mungkin suka:Ini Rekomendasi 10 Laptop Gaming Terbaik 2023
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget. Note: Kami hanya mengulas, tidak melayani jual beli unit. Kami tidak menjadi seller atau buka toko di e-commerce mana pun dan tidak bertanggung jawab atas transaksi di e-commerce mana pun yang mengatasnamakan Laptophia.

Ikuti berita dan review terbaru Laptophia di Google News

Related Posts

Posting Komentar