eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Singkat Asus ROG Ally RC71L, Handheld Gaming Powerful yang Menarik

Review Singkat Asus ROG Ally RC71L, Handheld Gaming Powerful yang Menarik - Asus Indonesia telah resmi meluncurkan perangkat gaming yang unik dan menarik melalui seri ROG Ally RC71L beberapa waktu lalu. Hal yang menarik dari Asus ROG Ally RC71L ini adalah menawarkan performa yang powerful dan sanggup memainkan aneka game terkini dengan lancar. Kemampuan ini tak lepas dari dapur pacunya yang kencang berkat dukungan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme octa-core dengan 16 thread ditandemkan dengan RAM 16GB LPDDR5, serta grafis terintegrasi dari AMD Radeon 780M.

Kebetulan 27 Agustus 2023 lalu Laptophia mendapatkan undangan acara blogger gathering yang digelar oleh Asus Indonesia dan dihadiri oleh Blogger Asus Yogyakarta. Acara ini digelar di Cronica Creative Workspace, Yogyakarta, serta membawa unit handheld gaming portabel Asus ROG Ally RC71L. Meski waktunya cukup singkat, tim laptophia sempat menjajal mesin gaming portabel berdesain keren andalan Asus ini, penasaran? Berikut review singkat Asus ROG Ally RC71L oleh tim Laptophia!

Review Singkat Asus ROG Ally RC71L, Handheld Gaming Powerful yang Menarik


Paket Penjualan Asus ROG Ally RC71L

Paket Penjualan Asus ROG Ally RC71L

  • Unit Asus ROG Ally RC71L
  • Charger
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Asus ROG Ally RC71L

Desain Asus ROG Ally RC71L

Desain Asus ROG Ally RC71L

Keren dan futuristik adalah kesan pertama saat Laptophia melihat dan memegang langsung handheld gaming portabel Asus ROG Ally RC71L. Desainnya tak jauh berbeda dengan konsol gaming portabel lainnya dengan layar 7 inci yang diapit kontrol pada sisi kanan dan kirinya. Bodi Asus ROG Ally RC71L ini berwarna putih dan menggunakan bahan polikarbonat atau plastik yang terasa cukup kokoh dan kuat.

Asus tampaknya benar-benar memperhatikan detail desain dari konsol portabel ROG Ally RC71L ini. Setiap sudutnya dilengkapi lekukan dan dihiasi ornamen yang menarik. Bodi Asus ROG Ally RC71L ini memang memanjang dengan sudut yang rounded, sehingga tetap nyaman digenggam dalam waktu lama. Sisi belakang Asus ROG Ally RC71L dihiasi lubang ventilasi yang tersusun sedemikain rupa dan tercetak logo ROG yang membuatnya kian terlihat keren.

Bukan perangkat gaming jika tidak dilengkapi dengan backlight RGB. Begitu juga dengan konsol gaming portabel Asus ROG Ally RC71L ini juga dilengkapi dengan LED RGB yang menyala dan melingkari joystick pada sisi kanan dan kirinya. Build quality Asus ROG Ally RC71L ini sangat solid dan kuat. Saat menggenggam Asus ROG Ally RC71L dalam waktu lama juga tidak terasa licin.

Desain Asus ROG Ally RC71L

Desain Asus ROG Ally RC71L

Desain Asus ROG Ally RC71L

Desain Asus ROG Ally RC71L

Desain Asus ROG Ally RC71L

Pada review singkat Asus ROG Ally RC71L oleh tim Laptophia kali ini, sisi depan terdapat layar sentuh berukuran 7 inci dua buah joystick, dua microphone, tombol view, tombol menu, tombol Armoury Crate, tombol kontrol ABXY, tombol directional, dan dua buah lubang speaker. 

Sementara pada bagian atasnya terdapar bumper (kanan dan kiri), trigger (kanan dan kiri), tombol power yang terintegrasi sensor sidik jari, dua LED indikator, volume rocker, ROG XG Mobile interface, port USB 3.2 Gen2 Type-C, microSD card reader, dua buah ventilasi pembuangan panas, dan port audio 3,5mm.

Video Hands On Asus ROG Ally



Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 16 OLED K6602VU: Layar Terbaik, Performa Ngebut untuk Kreasi Konten

Performa Asus ROG Ally RC71L

Performa Asus ROG Ally RC71L

Performa yang powerful menjadi keunggulan utama dari review singkat Asus ROG Ally RC71L oleh tim Laptophia kali ini. Portabel handheld gaming ini ditenagai oleh  prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme generasi Phoenix yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 4 yang berlari dengan kecepatan 3,3GHz dengan Turbo maksimal 5,1GHz. Asus ROG Ally RC71L didukung oleh memori RAM sebesar 16GB jenis LPDDR5-6400MHz dual-channel guna memaksimalkan performanya.

Sisi grafis, handheld gaming portable ROG Ally RC71L ini diperkuat GPU (Graphics Processing Unit) AMD Radeon 780M iGPU yang masih dapat dukung GPU eksternal melalui ROG XG Mobile Interface. GPU AMD Radeon 780M iGPU sudah sangat bertenaga untuk memainkan game AAA terkini dengan resolusi full HD karena mengusung arsitektur RDNA 3 dengan mengusung 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2700MHz dengan antarmuka memori system shared.

Melihat spesifikasi yang diusungnya, tak heran jika Asus mengklaim ROG Ally RC71L sebagai salah satu portable handheld gaming paling powerful saat ini. Hampir semua game mainstream dapat dimainkan dengan lancar di Asus ROG Ally RC71L ini dengan resousi full HD 1080p dengan kondisi plugged in atau tersambung dengan charger.

Lalu apakah Asus ROG Ally RC71L hanya cocok untuk bermain game saja? Tentu tidak, Asus ROG Ally RC71L juga dapat menunjang produktivitas penggunanya karena pada dasarnya portabel handheld ini adalah sebuah PC. Anda dapat menyambungkan Asus ROG Ally RC71L ke monitor, keyboard, dan mouse untuk dapat bekerja layaknya sebuah PC berukuran mini. Performanya tak kalah dengan sebuah laptop mainstream dan sanggup menangani tugas berat seperti desain grafis maupun video editing.

Berikut ini hasil benchmark Asus ROG Ally RC71L yang telah dilakukan oleh tim Asus.

Benchmark Asus ROG Ally RC71L

Benchmark Asus ROG Ally RC71L

Benchmark Asus ROG Ally RC71L


Solusi Pendinginan

Solusi Pendinginan
credit: Asus

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, handheld gaming portable Asus ROG Ally RC71L dilengkapi Zero Gravity Thermal System yang terdiri dari sebuah heatpipe dengan dua buah kipas Fluid Dynamic Bearing. Sesuai namanya, sistem pendingin ini didukung Anti-Gravity heatpipe agar proses pendinginan tidak terpengaruh gaya gravitasi, sehingga gamer dapat memainkan game dengan berbagai angle.

Saat Laptophia jajal menggunakan Asus ROG Ally RC71L untuk bermain game yang tidak terlalu berat, suhunya relatif terjaga. Permukaan handheld gaming portabel andalan Asus ini relatif hangat saja dan tidak mengganggu pengalaman bermain game. 

Review Singkat Asus ROG Ally RC71L

Review Singkat Asus ROG Ally RC71L

Layar

Review Singkat Asus ROG Ally RC71L


Asus membekali handheld gaming portable ROG Ally RC71L dengan layar sentuh 10-point multi-touch berukuran 7 inci yang menggunakan teknologi IPS Level LCD LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan kecerahan 500 nits dengan cakupan warna 100% sRGB color gamut yang cemerlang. Tak hanya itu, layar ROG Ally RC71L ini juga diproteksi antigores dari Corning Gorilla Glass Victus dan Gorilla Glass DXC.

Layar handheld gaming portable Asus ROG Ally RC71L sudah menawarkan refresh rate 120hz yang super smooth guna mengurangi screen tearing dan screen stuttering saat bermain game. Selain itu, layarnya juga sudah mendukung standar AMD FreeSync Premium untuk pengalaman gaming yang lebih mulus.

Saat Laptophia menjajal Asus ROG Ally RC71L, layarnya mampu memberikan tampilan visual yang tajam colorful, dan sangat memanjakan mata. Ukuran 7 inci relatif cukup memadai untuk bermain game atau sekedar menonton film. Respon touchscreen-nya gegas dan viewing angle-nya luas. Tak hanya itu, layar Asus ROG Ally RC71L andal saat digunakan di luar ruangan dengan brightness yang cukup tinggi.

Audio

Review Singkat Asus ROG Ally RC71L

Sektor audio, handheld gaming portable Asus ROG Ally RC71L cukup kompeten dengan dukungan dua buah speaker stereo yang mengahdap ke depan, tepatnya di bawah kontrol. Kedua speaker ini dikombinasikan dengan teknologi Smart AMP technology, Dolby Atmos, dan telah mendukung Hi-Res Audio untuk mengoptimalkan kemampuan speakernya

Awalnya tim Laptophia tidak terlalu berharap dengan kualitas speaker handheld andalan Asus ini. Namun saat mencobanya untuk bermain game dan streaming YouTube, performa speaker Asus ROG Ally RC71L ini jauh melebihi ekspektasi Laptophia. Suara yag keluar cukup nyaring, jernih, dan bertenaga. Bass pun cukup terdengar, meski kuantitasnya tidak terlalu banyak. Ini sudah lebih dari cukup untuk sekedar menikmati konten multimedia atau bermain game kasual.

Baca juga:Review Asus Vivobook 14X K3405VF, Performa Kencang dengan Harga Terjangkau

Perangkat Lunak

Asus telah membekali portable gaing handheld ROG Ally RC71L ini dengan sistem operasi Microsoft Windows 11 Home asli pre-installed di dalamnya, sehingga pengguna tak perlu membeli lisensi sistem operasi lagi untuk menggunakan perangkat ini.

Asus ROG Ally bukan sekedar portable gaming console biasa, melainkan sebuah perangkat yang menawarkan fleksibilitas lebih kepada para penggunanya dengan sistem operasi Windows 11 yang mendukung banyak platform gaming. Sistem operasi ini tidak hanya membuka akses ke berbagai jenis game, tetapi juga memberikan konsol ini kemampuan komputasi penuh yang biasanya hanya ditemukan di PC atau laptop.

Konsol ini juga berfungsi layaknya laptop dan mampu menjalankan berbagai aplikasi, selama aplikasi tersebut didukung oleh Windows 11. Dari aplikasi office hingga aplikasi video editing, semua bisa berjalan lancar di Asus ROG Ally. Jadi, perangkat ini bukan hanya sekedar konsol gaming, tetapi juga merupakan alat produktivitas yang handal. 

Armoury Crate SE

credit: Asus

Handheld gaming portable Asus ROG Ally RC71L dilengkapi dengan aplikasi tuning Armoury Crate SE yang memungkinkan gamer melakukan pemantauan statistik perangkat keras, kustomisasi fitur atau memilih mode performa yang terdiri dari Silent, Performance, Turbo, dan bahkan mode Manual. Tidak hanya itu, Armoury Crate SE juga berperan sebagai game library yang mendukung berbagai platform game seperti XBOX PC, Steam, EA Play, Ubisoft Connect, Epic Games, dan GOG Galaxy.

Storage

Sektor ruang penyimpanan, Asus ROG Ally RC71L dibekali dengan SSD (Solid State Drive) M.2 NVMe PCIe 4.0 x4 berkapasitas 512GB. Penggunaan media SSD ini menawarkan kecepatan transfer rate yang tinggi guna mendongkrak performa keseluruhan, serta hemat konsumsi daya. SSD di ROG Ally ini beradasarkan informasi yang Laptophia himpun, masih dapat di-upgrade.

Konektivitas

Review Singkat Asus ROG Ally RC71L, Handheld Gaming Powerful yang Menarik

Konektivitas handheld gaming portabel Asus ROG Ally RC71L ini cukup lengkap dengan dukungan WiFi 6E (802.11ax) 2x2, Bluetooth 5.2 Combo, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support Data Transfer dan DisplayPort), ROG XG Mobile Interface, MicroSD card reader, dan port audio 3,5mm.

Daya Tahan Baterai

Pabrikan asal Taiwan ini membekali handheld gaming portable Asus ROG Ally RC71L dengan baterai berkapasitas 4 Cells 4S1P 40 Whrs yang diklaim sanggup digunakan bermain game berat hingga 2 jam atau video playback 6,8 jam. handheld gaming portable ini telah mendukung fitur fast charge yang mampu mengisi baterai hingga 50% dalam 30 menit.

Tim Laptophia memang tidak sempat menguji langsung daya tahan baterai handheld keren Asus ROG Ally RC71L ini. Berdasarkan informasi dari rekan blogger yang sudah pernah mencobanya dan pihak Asus Indonesia, daya tahan baterainya bisa kurang dari 2 jam untuk gaming berat intensif. Sedangkan untuk kebutuhan non gaming, bisa bertahan 5 jam atau lebih sesuai intensitas pengguna.

Kesimpulan

Secara umum, Asus ROG Ally RC71L adalah sebuah portable handheld gaming yang menarik dan cockm untuk gamer yang ingin bermain game dengan lebih bebas. Performanya terbilang powerful, kontrol yang nyaman, dan desain yang ergonomis. Fitur handheld ini juga terbilang lengkap di kelasnya. Kekurangan Asus ROG Ally RC71L mungkin hanya di daya tahan baterainya saja. terlepas dari itu, Asus ROG Ally RC71L sangat layak dipertimbangkan.

Harga Asus ROG Ally RC71L

Harga laptop gaming ROG Ally RC71L terbaru di Indonesia berdasarkan informasi resmi yang Laptophia terima dari Asus Indonesia adalah Rp 11.299.000 untuk varian bertenaga AMD Ryzen Z1 Extreme. Berdasarkan hasil review singkat Asus ROG Ally RC71L yang Laptophia lakukan di atas, portable gaming handheld ini sangat menarik dan layak dipertimbangkan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Asus ROG Ally RC71L di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus ROG Ally RC71L

  • Layar sentuh (10-point multitouch) IPS Level LCD dengan LED backlight 7 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, refresh rate 120Hz, 500 nits, 7ms response time, AMD FreeSync Premium, Anti-Glare Panel dengan 100% sRGB color gamut, Gorilla Glass DXC, Gorilla Glass Victus
  • Prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme octa-core (16 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 5,1GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 780M iGPU 2,7GHz
  • Memori RAM 16GB LPDDR5 6400MHz dual-channel, onboard
  • Storage SSD 512GB M.2 NVMe PCIe 4.0 x4
  • Konektivitas WiFi 6E (802.11ax) 2x2, Bluetooth 5.2 Combo, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support Data Transfer dan DisplayPort), ROG XG Mobile Interface, MicroSD card reader, port audio 3,5mm
  • Kontrol A B X Y buttons, D-pad, L & R Hall Effect analog triggers, L & R bumpers, View button, Menu button, Command Center button, Armoury Crate button, dan 2 x assignable grip buttons
  • 2 x stereo speaker, Dolby Atmos, Hi-Res Audio, AI noise-canceling
  • Baterai 4 Cells 4S1P 40 Whrs Polymer Battery, fast charge 50% dalam 30 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home asli pre-installed
  • Dimensi 28.0 x 11.1 x 2.12 ~ 3.24 cm berat 608 gram
  • Warna White
*Beberapa informasi seperti benchmark dan sebagainya bersumber dari data yang diberikan oleh Asus Indonesia
Anda mungkin suka:Review Realme 11: Desain Cantik, Performa Kencang, dan Kamera Mumpuni
4 komentar

4 komentar

  • Niken
    Niken
    1 September 2023 pukul 19.34
    Anak saya minta hape kayak gini, apa bagus buat kuliah?
    • Niken
      Ditya Pandu
      6 September 2023 pukul 23.33
      Wah ROG Ally ini bukan hape, melainkan portable konsol
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    1 September 2023 pukul 19.17
    Lho ini bisa buat kerja juga? Nggak cuma main game aja?
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      6 September 2023 pukul 23.33
      Sebenarnya bisa dipakai buat kerja, sambungin aja ke monitor, keyboard dan mouse... ROG Ally ini kan aslinya PC biasa dengan wujud konsol hehee
    Reply