eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Xiaomi 12, Flagship Tahun Lalu yang Harganya Turun Drastis

Unboxing Xiaomi 12, Flagship Tahun Lalu yang Harganya Turun Drastis - Setahun lalu, tepatnya April 2022, Xiaomi Indonesia menggebrak pasar tanah air dengan meluncurkan duo flagship andalannya, yakni Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Kedua smartphone ini dibekali dengan spesifikasi gahar khas flagship dengan desain yang stylish. Bulan lalu, Xiaomi Indonesia kembali membuat kejutan dengan memangkas harga smartphone flagship Xiaomi 12 yang harga resminya di kisaran Rp 9 jutaan menjadi Rp 6 jutaan saja. 

Penurunan harga Xiaomi 12 ini membuatnya menjadi salah satu smartphone flagship tahun lalu yang sangat menarik. keunggulan utama Xiaomi 12 adalah performanya yang masih sangat powerful berkat sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 octa-core ditandemkan RAM 8GB. Xiaomi 12 hadir dengan desain stylish berukuran sangat ringkas, serta layar AMOLED 120Hz yang melengkung di kedua sisinya. Hal ini membuat tim Laptophia penasaran dan memutuskan membeli Xiaomi 12 untuk diulas secara mendalam, penasaran?

Unboxing Xiaomi 12, Flagship Tahun Lalu yang Harganya Turun Drastis


Paket Penjualan Xiaomi 12

Paket Penjualan Xiaomi 12

  • Unit Xiaomi 12 8GB/256GB Blue
  • Kepala charger 67W
  • Kabel USB Type-C
  • Silicon case
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Hands On Xiaomi 12

Hands On Xiaomi 12

Laptophia melihat smartphone Xiaomi 12 ini masih menawarkan spesifikasi yang masih bisa disandingkan dengan flagship masa kini. Ketika harga turun drastis, Xiaomi 12 menjadi masalah besar bagi smartphone premium dengan harga yang sama. Pesaing terdekat Xiaomi 12 ini antara lain adalah Samsung Galaxy A54 5G, Galaxy A73 5G, Oppo Reno 8T 5G, dan Realme GT Neo 3. Bahkan bisa menjadi saingan smartphone Xiaomi lain seperti seri Xiaomi 12T. Jika dilihat dari spesifikasi yang diusung, Laptophia menilai Xiaomi 12 masih di atas rata-rata jika dibandingkan pesaing yang disebutkan tadi.

Hari terakhir promo 6.6 di sebuah e-commerce yang gencar beriklan di TV, Laptophia memutuskan untuk membeli Xiaomi 12 dan mendapatkan diskon yang lumayan. Tiga hari setelah pemesanan, unit Xiaomi 12 varian warna Blue mendarat dengan selamat di markas Laptophia. Ritual unboxing pun segera dilakukan untuk mengecek kondisi smartphone dan perlengkapan apa saja yang ada dalam paket penjualannya.

Xiaomi 12 hadir dengan packaging dus berwarna hitam yang memang menjadi ciri khas Xiaomi untuk lini produk premium dan flagship. Paket penjualannya masih lengkap dan kehadiran charger 67W ini patut disyukuri dan siapresiasi karena beberapa pesaingnya memutuskan menghilangkan charger dalam paket pembeliannya. Sayangnya, Laptophia tidak menemukan kabel konverter USB-C to audio 3,5mm dalam paket pembelian Xiaomi 12. Ini agak disayangkan mengingat ini adalah smartphone flagship yang tak dilengkapi dengan port audio 3,5mm.

Saat melihat dan memegang langsung Xiaomi 12 ini, ternyata aura flagship-nya masih sangat kuat. Desainnya cenderung minimalis dan modern, serta dipadukan layar melengkung di kedua sisinya. Hal yang membuat Laptophia agak kaget adalah ukuran Xiaomi 12 yang ternyata sangat ringkas dan nyaman digunakan dengan satu tangan. Ini adalah hal yang cukup langka mengngat saat ini sebagian besar smartphone hadir dengan layar dan ukuran yang besar.

Baca juga:Review Poco M5: Performa Kencang dengan Harga Ringan

Sisi depan smartphone Xiaomi 12 ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar punch hole Super AMOLED 120Hz dengan resolusi full HD+ berukuran 6,28 inci yang melengkung di kedua sisinya.

Layar smartphone Xiaomi 12 ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass Victus yang masih diperkuat dengan screenguard yang sudah terpasang dari pabrik. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap Laptophia anjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi 12 ini. Sementara itu, pada sisi kiri smartphone tidak ada tombol atau port apapun. Sisi atas smartphone Xiaomi 12 ini terdapat speaker grill, microphone, dan infrared blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi 12 ini terdapat tiga kamera atau triple camera, dual LED flash (dual-tone), dan logo Xiaomi pada bagian kiri bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Poco F5 dan Poco X5 Pro ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, tray SIM card, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Impresi Awal Xiaomi 12

Impresi Awal Xiaomi 12

Impresi awal Laptophia saat menggenggam smartphone Xiaomi 12 ini adalah nyaman, ringkas, dan mewah. Feel mewah dan kokoh terpancar kuat di smartphone flagship ringkas ini. Casing belakangnya menggunakan material kaca dengan finishing matte dipadukan dengan frame metal yang tebal dengan kontur agak melengkung, sehingga nyaman digenggam. Sementara jika dilihat dari sisi depan, layarnya terlihat luas dan nyaris bezelless.

Kualitas layar Xiaomi 12 pun tak kalah dengan smartphone flagship masa kini dengan warna yang terlihat begitu hidup, tajam, dan sangat memanjakan mata. Bahkan saat digunakan di luar ruangan pun tidak masalah. Layar Xiaomi 12 memang menawarkan kedalaman warna yang sangat tinggi dan akurat. tak heran, smartphone ini menyabet gelar sebagai Besm Smartphone Display dari DisplayMate. Lengkungan layar di kedua sisinya memang menarik, tetapi Laptophia lebih menyukai layar berdesain flat.

Bagaimana dengan performa Xiaomi 12? Selama seminggu Laptophia menjajal smartphone flagship mungil ini untuk komunikasi sehari-hari, ternyata sangat nyaman dan responsif. Dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 seharusnya masih sangat powerful untuk penggunaan 2 - 3 tahun ke depan. Sayangnya saat penggunaan berat seperti benchmark dan gaming, bodi Xiaomi 12 terasa panas dan smpat mengalami overheat.

Kemampuan fotografi Xiaomi 12 ini tentu tak perlu diragukan lagi. Laptophia menjajal kamera utama dan ultra-wide angle di berbagai kondisi cahaya dan hasilnya memang memuaskan. Sejauh ini tidak ada kompalin dengan kemampuan kamera smartphone flagship tahun lalu ini. Penasaran? Tunggu review lengkap Xiaomi 12 di Laptophia!

Video Benchmark Xiaomi 12



Review Xiaomi 12

Harga Xiaomi 12

Harga smartphone Xiaomi 12 RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun telah turun drastis, yakni menjadi Rp 6.999.000 dari harga awal peluncuran yang mencapai Rp 9.999.000. Berdasarkan hands on dan unboxing Xiaomi 12 yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini menawarkan build quality mewah khas flagship dengan spesifikasi yang bisa dikatakan di atas rata-rata.

Anda dapat cek harga dan promo voucher Xiaomi 12 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Xiaomi 12

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 SM8450 (4nm) dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 3GHz, triple-core ARM Cortex-A710 2,4GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 1,7GHz
  • Grafis Adreno 730
  • Triple kamera dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Sony IMX766 1/1.56 inci 1um piksel, lensa 26mm aperture f/1.9, phase-detection autofokus, EIS, OIS, dilengkapi dual-tone LED flash + 13 megapiksel sensor OmniVision OV13B10 1/3.06 inci 1.12um piksel, lensa 12mm ultra wide-angle aperture f/2.4 fixed focus + 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K5E9, lensa 50mm f/2.4 (telemacro)
  • Kamera depan 32 megapiksel, sensor OmniVision OV32B40 1/3 inci 0.7um piksel, lensa 26mm aperture f/2.5, fixed focus
  • Layar sentuh punch hole DotDisplay 6,28 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi 1080 x 2400 piksel, kerapatan 419 ppi (pixel per inch), 1100 nits (peak), HDR10+, Dolby Vision, 120Hz refresh rate, 480Hz touch sampling rate, 68 miliar warna TrueColor, panel AMOLED, Corning Gorilla Glass Victus
  • Memori RAM 8GB LPDDR5, ROM 256GB UFS 3.1, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, IR blaster, fingerprint sensor (under display), face unlock, NFC
  • Dual stereo speaker Tuned by Harman Kardon dengan Hi-Res Audio, Dolby Atmos
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 152.7 x 69.9 x 8.2 mm dengan berat 180 gram
  • Baterai 4500mAh non-removable, Xiaomi Turbo Charge 67W, Turbo wireless charging 50W, reverse charging 10W
  • Warna Gray, Blue, Purple, dan Green
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 12: Layar AMOLED 120Hz Termurah, Baterai Awet
Posting Komentar

Posting Komentar