eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Asus ROG Bertenaga AMD Zen 4 dan Intel Core 13th Gen Raptor Lake Diperkenalkan di CES 2023

Asus ROG Bertenaga AMD Zen 4 dan Intel Core 13th Gen Raptor Lake Diperkenalkan di CES 2023 - ASUS ROG resmi memperkenalkan jajaran laptop gaming terbarunya di tahun 2023 yang ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru dari AMD, Intel, dan NVIDIA, serta dibekali dengan berbagai peningkatan yang signifikan pada sistem pendingin ROG Intelligent Cooling Technology. 

Lini laptop ROG Strix 2023 kali ini hadir dengan sistem pendingin yang performanya telah ditingkatkan secara drastis serta opsi layar baru, yaitu 16 dan 18-inci, untuk menghadirkan pengalaman gaming tak tertandingi. Sementara di lini lainnya Zephyrus M16 terbaru kini dibekali dengan AniMe Matrix, serta  ROG Flow X13 dan ROG XG Mobile hadir dengan desain baru yang akan memaksimalkan kinerja hardware generasi terkini.

Asus ROG Bertenaga AMD Zen 4 dan Intel Core 13th Gen Raptor Lake Diperkenalkan di CES 2023


CPU dan GPU Terbaru dengan Performa Powerful

ROG kembali menghadirkan laptop gaming dengan CPU dan GPU generasi terbaru, mulai dari prosesor 13th Gen Intel Core terbaru yang mengkombinasikan Performance dan Efficient-core, prosesor AMD Ryzen Zen 4 terbaru yang menghadirkan jumlah core lebih banyak dari generasi sebelumnya, serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series yang telah mendukung berbagai teknologi grafis terkini seperti DLSS 3 dan AV1 encoding. 

Digabung dengan fitur lainnya, laptop gaming ROG akan kembali menjadi arsenal terbaik bagi para gamer dan semua orang yang membutuhkan laptop dengan performa, sistem pendingin, inovasi teknologi, serta kualitas layar terbaik.

Baca juga:Review Asus ROG Flow Z13 GZ301ZE, Laptop Gaming Unik Kencang yang Tiada Duanya

Layar Ciamik dengan Pendingin Mumpuni

ROG sangat mengerti bahwa pengalaman gaming yang optimal tidak hanya didapatkan dari performa CPU dan GPU saja, melainkan juga dari kualitas layar. Untuk itulah di tahun 2022 silam, ROG memperkenalkan ROG Nebula Display yang bertujuan mempermudah gamers untuk memilih laptop gaming dengan kualitas layar terbaik. 

ROG Nebula Display memiliki persyaratan yang sangat ketat untuk memastikan gamers mendapatkan layar yang tidak hanya cepat dan responsif, tetapi juga dapat menampilkan warna yang sangat kaya serta memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.

Di tahun 2023, ROG akan menghadirkan layar yang tersertifikasi ROG Nebula ke lebih banyak lini laptop gaming dibandingkan tahun sebelumnya. Dari laptop gaming ringkas 13-inci hingga laptop kelas perforamance dengan layar 18-inci, gamers akan memiliki lebih banyak opsi laptop yang menggunakan layar ROG Nebula.

Selain layar, ROG juga meningkatkan performa sistem pendingin eksklusifnya yaitu ROG Intelligent Cooling Technology. Sistem pendingin tersebut merupakan solusi yang menggabungkan performa pendinginan serta akustik secara komprehensif. 

Efisiensi merupakan kunci dari sistem pendingin di semua laptop berperforma tinggi, karena performa optimal tidak akan dapat dihadirkan tanpa sistem pendingin yang efisien. Menggabungkan kedua aspek tersebut, ROG menghadirkan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology ke dalam sistem pendinginnya sehingga membuat performa pendinginan menjadi jauh lebih efisien dan optimal.

Sesuai dengan namanya, full-witdh heatsink merupakan heatsink dengan desain membentang di bagian belakang bodi laptop. Berkat desainnya yang unik, full-witdh heatsink memiliki area pelepasan panas yang lebih luas sehingga membuat sistem pendinginan dapat berjalan lebih efisien. Full-width heatsink akan hadir di ROG Zephyrus M16 terbaru, serta ROG Strix varian 16-inci dan 18-inci terbaru.

Sementara Tri-Fan Technology merupakan teknologi kipas yang juga sesuai dengan namanya menggunakan tiga kipas untuk mendinginkan seluruh komponen yang ada di dalam laptop ROG. Karena menggunakan tiga kipas, aliran udara akan dapat disalurkan secara lebih baik ke dalam sistem pendinginan di laptop ROG dan membuat proses pendinginan dapat slelau berjalan secraa optimal. Kehadiran Tri-Fan Technology kali ini membuat laptop gaming ROG terbaru dapat hadir dengan performa lebih baik tanpa harus mengorbankan tingkat kebisingan.

Asus ROG Strix, Performance Gaming Laptop

Asus ROG Bertenaga AMD Zen 4 dan Intel Core 13th Gen Raptor Lake Diperkenalkan di CES 2023


Lini ROG Strix SCAR telah lama dikenal sebagai laptop gaming performance terbaik dan gelar tersebut akan kembali melekat di tahun 2023 kali ini. ROG Strix SCAR kini hadir dengan desain baru yang mengakomodasi layar lebih besar yaitu 16 dan 18-inci, serta memiliki rasio layar 16:10. 

Selain layar yang lebih besar, lini laptop gaming ROG Strix SCAR terbaru juga dibekali dengan layar ROG Nebula HDR™ Display beresolusi QHD yang memiliki refresh rate 240Hz serta menggunakan teknologi panel Mini LED.

Untuk performa gaming yang maksimal, ROG Strix SCAR terbaru dibekali dengan ROG Intelligent Cooling™ Technology yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology. Ditembah dengan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme liquid metal yang diaplikasi kan langsung ke CPU dan GPU-nya, performa pendinginan ROG Strix SCAR terbaru menjadi semakin tidak tertandingi.

ROG Strix SCAR terbaru ditenagai oleh prosesor hingga 13th Gen Intel Core™ i9 13980HX yang menggunakan konfigurasi 8 Performance-cores dan 16 Efficient-cores, serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP 175W. Hebatnya lagi, laptop tersebut masih memiliki thermal headroom yang memungkinkan performanya untuk ditingkatkan lebih jauh lagi.

Tidak hanya lini ROG Strix SCAR 16 dan 18, seri ROG Strix G16 dan G18 juga akan dibekali dengan prosesor hingga 13th Gen Intel® Core™ i9 13980HX dan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX™ 4090. Sementara ROG Strix SCAR 17 dan ROG Strix G17 akan dibekali dengan prosesor AMD Ryzen™ Zen 4 yang menggunakan konfigurasi hingga 16 full-performance core sehingga menjadikan laptop tersebut tampil sebagai monster performa untuk gaming dan content creation.

Asus ROG Zephyrus Kian Ringkas dan Powerful

Asus ROG Bertenaga AMD Zen 4 dan Intel Core 13th Gen Raptor Lake Diperkenalkan di CES 2023


Sejak pertama kali diperkenalkan, ROG Zephyrus merupakan laptop yang mengedepankan performa sekaligus portabilitas. Di tahun 2023 kali ini ROG Zephyrus kembali tampil sebagai jajaran laptop ringkas dan bertenaga berkat berbagai upgrade yang dihadirkan, dimulai dari lini Zephyrus M16.

Dirancang untuk gamers dan konten kreator, ROG Zephyrus M16 kini hadir dengan desain baru yang tetap mempertahankan portabilitas namun menghadirkan sistem pendingin baru yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-fan Technology. Berkat sistem pendingin baru tersebut, ROG Zephyrus M16 kini dapat bekerja pada TDP 25W lebih tinggi dibandingkan dengan model tahun lalu, sehingga membuat prosesor Intel® Core™ i9 13900H CPU dan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 dapat bekerja secara lebih optimal di laptop ini. 

ROG Zephyrus M16 juga kembali hadir dengan MUX Switch dan kini dibekali dengan NVIDIA Advanced Optimus untuk pengalaman gaming yang maksimal. Yang paling menarik adalah layarnya kini telah dilengkapi dengan AniMe Matrix LED sehingga membuatnya tampil beda dibandingkan dengan laptop gaming 16-inci lainnya.

Untuk mengakomodasi para gamers dan konten kreator, ROG Zephyrus M16 dilengkapi dengan layar ROG Nebula HDR yang telah menggunakan teknologi panel Mini LED. Hadir dengan 1024 dimming zone, tingkat kecerahan hingga 1.100 nits, dukungan teknologi HDR dengan rasio kontras yang lebih tinggi dibandingkan dengan model tahun lalu, color gamut 100% DCI-P3, dan refresh rate 240Hz, ROG Zephyrus M16 terbaru merupakan laptop portabel terbaik untuk para konten kreator yang masih menuntut performa tinggi.

Selain ROG Zephyrus M16, terdapat juga ROG Zephyrus G16 yang menggunakan prosesor hingga Intel Core i9-13900H dan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX 4070 yang dilengkapi MUX Switch serta NVIDIA Advanced Optimus. Laptop ini dibekali dengan layar ROG Nebula berukuran 16-inci, beresolusi QHD, dengan refresh rate 240Hz.

Bagi para pecinta laptop powerful berukuran 14-inci, ROG Zephyrus G14 kembali hadir dengan kombinasi prosesor AMD Ryzen Zen 4 CPU dan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan dukungan MUX Switch serta NVIDIA Advanced Optimus. ROG Zephyrus G14 kini juga akan hadir dengan varian yang menggunakan layar ROG Nebula Display. Tentu saja ROG Zephyrus G14 terbaru tetap dibekali dengan AniMe Matrix.

Asus ROG Bertenaga AMD Zen 4 dan Intel Core 13th Gen Raptor Lake Diperkenalkan di CES 2023


Terakhir, sang legenda ROG Zephyrus Duo 16 kembali tampil sebagai laptop impian para gamers dan konten kreator. Dibekali dengan layar kedua yang memiliki fungsi touchscreen dan beresolusi 4K, ROG Zephyrus Duo 16 dapat membuat setiap aktivitas penggunanya menjadi lebih produktif. 

Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus Duo 16 GX650: Laptop Gaming Dua Layar Terbaik yang Serba Bisa

Sementara layar utamanya menggunakan ROG Nebula HRD dengan teknologi panel Mini LED berukuran 16-inci untuk pengalaman visual terbaik. Tidak hanya itu, ROG Zephyrus Duo 16 juga dibekali dengan prosesor hingga AMD Ryzen Zen 4 yang memiliki 16-core serta chip grafis NVIDIA® GeForce RTX 4090 dengan dukungan MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus, membuat laptop ini dapat digunakan sebagai workstation sekaligus mesin gaming yang powerful dan portabel.

Asus ROG Flow, Kencang dan Portabel

Asus ROG Bertenaga AMD Zen 4 dan Intel Core 13th Gen Raptor Lake Diperkenalkan di CES 2023


Di tahun 2023, ROG Flow X13 hadir dengan sederet upgrade dari seri pendahulunya. Selain ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Zen 4 terbaru, laptop gaming ultra-ringkas ini juga dibekali dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070. ROG Flow X13 juga telah menggunakan liquid metal sebagai thermal compound untuk CPU-nya, sehingga suhu pada CPU dapat ditekan hingga 13°C. ROG Flow X13 menggunakan memori LPDDR5 yang memiliki kecepatan transfer data 50% lebih kencang serta konsumsi daya 18% lebih rendah dibandingkan dengan LPDDR4, sehingga performanya dan daya tahan baterainya kini lebih baik.

Asus ROG Flow X13 kini juga lebih ringkas dengan dimensi 100mm lebih kecil dibandingkan dengan seri pendahulunya, sementara ukuran keyboard tetap dipertahankan dan kapasitas baterai ditingkatkan dari 62 Wh menjadi 75 Wh. Bagian engsel laptop ini pun didesain ulang dan kini dirancang agar dapat memberikan rongga udara lebih lega saat pemakaian. 

Sebagai tambahan, ASUS juga menghadirkan tekstur khusus pada bagian belakang layar ROG Flow X13 yang berbahan aluminium agar mudah untuk dipegang dan dibawa bepergian. Untuk layarnya, ROG Flow X13 menggunakan layar 13-inci ROG Nebula Display dengan resolusi QHD dan refresh rate 165Hz.

ROG Flow Z13 kembali hadir dengan peningkatan dari sisi GPU. Tablet gaming paling powerful tersebut kini dibekali dengan chip garfis hingga NVIDIA GeForce RTX 4060 Laptop GPU dengan TGP 65W, atau dapat diartikan memiliki peningkatan performa grafis hingga 62% dibandingkan dengan model tahun sebelumnya. ROG Flow Z13 juga tetap dibekali dengan sistem pendingin berbasis vapor chamber, MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus, serta liquid metal thermal compound.

Terakhir, ROG Flow X16 kini tampil dengan CPU dan GPU generasi terbaru, yaitu Intel Core i9-13900H dan NVIDIA GeForce RTX 4070 yang didukung MUX Switch serta NVIDIA Advanced Optimus. Layarnya kembali menggunakan ROG Nebula HDR dengan teknologi Mini LED, tingkat kecerahan maksimal hingga 1.100 nits, dukungan HDR, dan refresh rate 240Hz. Layarnya juga kini dilapisi oleh Corning Gorilla Glass DXC yang tidak hanya tangguh, tetapi juga dapat mengurangi tingkat refleksi cahaya hingga 40% sehingga membuat penggunaan di luar ruangan menjadi lebih nyaman.

Menemani seluruh lini ROG Flow tahun ini adalah ROG XG Mobile external GPU terbaru yang ini ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP hingga 175W. Tidak seperti solusi GPU ekstrenal lainnya, ROG XG Mobile hadir dengan desain yang jauh lebih ringkas dan ringan, serta dibekali dengan sederet port untuk menambah fungsionalitasnya.

Anda mungkin suka:Review Asus ROG Flow X16 GV601, Laptop Gaming Hybrid 16 Inci Powerful dan Paling Fleksibel
Posting Komentar

Posting Komentar