eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Sampoerna University Gandeng Politeknik Negeri Medan, Kembangkan Energi Terbarukan

Sampoerna University Gandeng Politeknik Negeri Medan, Kembangkan Energi Terbarukan - Lembaga pendidikan bertaraf internasional Sampoerna University menandatangani nota kesepahaman dengan Politeknik Negeri Medan di bidang penelitian dan  pengembangan energi terbarukan. 

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas energi terbarukan guna mengurangi pelepasan emisi karbon,sekaligus medukung pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Inisiatif ini merupakan bagian dari realisasi nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Sampoerna University Gandeng Politeknik Negeri Medan, Kembangakan Energi Terbarukan


“Sampoerna University memiliki Energy Research Center yang bercita-cita menjadi pusat publikasi ilmiah  dengan melakukan kajian energi terbarukan yang berfokus pada pendekatan tekno-ekonomi. Dengan  memiliki fasilitas laboratorium terbaik di Indonesia yang memenuhi, bahkan melebihi, standar akreditasi  AS dan internasional, kegiatan eksperimen dan riset energi sangatlah memungkinkan,” ujar Dr. Wahdi  Yudhi, Rektor Sampoerna University dalam kata pengantarnya. 

Dr. Wahdi menambahkan kerjasama ini relevan dengan komitmen Sampoerna University untuk  memajukan ilmu pengetahuan dan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Hal ini  dimungkinkan dengan adanya program MBKM sebagai salah satu ruang lingkup kerjasama kedua institusi  tersebut. 

“Kehadiran program MBKM memberikan kesempatan bagi kami untuk melakukan pertukaran pelajar dan  pengajar, pertukaran ilmu pengetahuan, dan kerjasama penelitian antar institusi. Selain itu, pembelajaran  tidak akan hanya terjadi di ruang kelas, perpustakaan, atau laboratorium, tetapi juga di industri, pusat  penelitian, dan masyarakat. Melalui program ini, mahasiwa mempunyai kesempatan lebar untuk  meningkatkan wawasan serta kompetensinya,” lanjutnya.  

Pertemuan yang diadakan secara hybrid itu kemudian juga menyorot penandatangan nota kesepakatan  (MoA) antara jurusan Teknik Mesin Sampoerna University dan Politeknik Negeri Medan. Kesepakatan ini  menjelaskan ruang lingkup kerja sama yang lebih spesifik antar program studi, di mana kegiatan  eksperimen, penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan energi terbarukan  akan lebih ditekankan. 

Direktur Politeknik Negeri Medan Abdul Rahman, S.E., Ak., M.Si pun memaparkan mengapa penelitian  energi terbarukan ini dipilih dan menjadi sangat penting. Ia mengatakan, Indonesia memproduksi banyak  sekali karbon dari bahan bakar fosil dan trennya terus meningkat sepanjang tahun. Penggunaan energi  terbarukan seperti air, angin, dan solar pun telah diterapkan, namun kombinasi semuanya masih sangat  kecil dibandingkan dengan penggunaan batu bara, minyak bumi, dan gas alam. 

Maka dari itu, kerjasama antara Sampoerna University dengan pihaknya akan menjadi langkah untuk  mengeksplorasi teknologi energi terapan dan produksi biofuel seperti bioetanol dan biodiesel, agar dapat  menjadi solusi dari terus meningkatnya CO2. 

“Harapannya, kerjasama 5 tahun ini dapat menjadi payung yang kuat untuk berkontribusi terhadap  kelestarian lingkungan dan energi nasional. Selain itu, sebagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia, kami  berharap dapat terus memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dengan melakukan  penelitian yang lebih mendalam di bidang energi dan bidang teknik lainnya,” tutup Abdul. 

Anda mungkin suka:Review Realme 9 4G: Andalkan Kamera 108MP dengan Layar Super AMOLED 90Hz Ciamik
Posting Komentar

Posting Komentar