eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K - Laptop kelas menengah Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 telah hadir dan menjadi salah satu laptop terbaik untuk komputasi sehari-hari hingga kreasi konten pemula. Vivobook Pro 14 OLED M3400 tidak hanya dibekali dengan hardware yang powerful untuk menunjang berbagai kegiatan, tetapi juga memiliki layar berteknologi ASUS OLED dengan resolusi 2.8K refresh rate 90Hz terbaik di kelasnya. Terlebih lagi, laptop ini dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif.

Soal performa, laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 tak perlu diragukan lagi dalam melahap aneka tugas komputasi modern maupun kreator konten berkat sokongan prosesor AMD Ryzen 5000 H series generasi Cezanne H yang mengusung arsitektur Zen 3 ditandemkan GPU terintegrasi yang kompeten untuk komputasi sehari-hari hingga gaming kasual, penasaran? Simak review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K


Desain Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Desain Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Desain menjadi salah satu daya tarik utama pada review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 kali ini menurut Laptophia. Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 tampil dengan konsep desain bertema industrial dengan chasis aluminium yang kokoh dengan balutan chevron pattern dan tactile texture dipadukan dengan logo Asus yang unik dengan warning strip pada LID cover. 

Bagian interiornya terdapat keyboard dengan tuts berukuran besar dengan warning-stripped pada tombol Enter guna meningkatkan aura industrialnya. Laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Cosmos Blue dan Solar Silver. Meski bagian bawah laptop ini terbuat dari bahan polikarbonat, feel-nya tetap terasa premium dan kuat. Layar 14 inci yang diusungnya telah dilengkapi bezel atau bingkai yang cukup tipis.

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K


Baca juga:Review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA, Laptop OLED Powerful Bertenaga AMD Ryzen 5000 Series

Ukuran laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini terbilang masih cukup ringkas berkat dukungan layar berukuran 14 inci. Selain itu, laptop ini tipis karena ketebalannya hanya 19,2mm saja. Sedangkan bobot laptop andalan Asus ini relatif ringan, yakni hanya 1,4kg. Ini berarti laptop yang dirancang khusus untuk kreator konten pemula andalan Asus ini menawarkan portabilitas yang mantap dan cocok bagi pengguna dengan mobilitas tinggi.

Pada review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 oleh tim Laptophia kali ini, sisi kanan laptop terdapat port untuk input power, port HDMI, port USB 3.2 Gen2, port audio 3,5mm. Sedangkan sisi kiri laptop terdapat dua buah port USB 2.0, slot microSD card reader, dan dua buah LED indikator.

Performa Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K


Performa menjadi salah satu daya tarik dari review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 oleh tim Laptophia kali ini karena ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5000 series. Prosesor tersebut mengusung arsitektur Zen 3 yang memberikan peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga 19% dari generasi sebelumnya. Tak hanya itu, Zen 3 ini mengurangi latensi dari core yang terakselerasi dan komunikasi cache dan menggandakan L3 cache per core yang dapat diakses langsung sambil memberikan performa per watt 2,8X lebih tinggi.

Prosesor yang digunakan oleh Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 adalah Ryzen 5000 H series dengan TDP 45W+ yang dirancang untuk memberikan performa maksimal saat mobile seperti gaming, kreator konten, dan multitasking berat.

Pada review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 kali ini, unit yang digunakan ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 5800H generasi APU (Accelerated Processing Unit) Cezanne H yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 3 yang berlari dengan kecepatan 3,2GHz dengan Turbo maksimal 4,4GHz. Laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB DDR4-3200Mhz onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Sisi grafis, laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 cukup memadai di kelasnya berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega 8 iGPU tanpa dukungan grafis diskrit. Grafis terintegrasi AMD Radeon RX Vega 8 iGPU sudah sangat bertenaga untuk menangani desain grafis ringan dengan mengusung 512 shader core, 32 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 2000MHz dengan antarmuka memori system shared.

Untuk memaksimalkan performa saat menjalankan aplikasi Windows 11, pengguna bisa beralih ke mode Performance yang akan membuat prosesor bekerja dengan TDP di 45 watt. Peningkatan ini akan membuat laptop bekerja lebih gesit serta responsif. Sebagai pendukung performa penyimpanan, ASUS menggunakan storage berbasis M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD berkapasitas 512GB.

Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400


Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 14X OLED N7400PC, Laptop Futuristik Canggih untuk Kreator Konten

Game Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Game Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Game Benchmark Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400


Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Layar

Sesuai namanya, laptop ini juga menawarkan layar yang sangat berkualitas dengan panel ASUS OLED resolusi 2,8K dengan 90Hz refresh rate dan 100% DCI-P3. Untuk mendukung kreativitas yang lebih tinggi, panelnya menggunakan rasio aspek 16:10 sehingga lebih banyak konten dapat ditampilkan di layar.

Berbeda dengan layar IPS yang digunakan di laptop pada umumnya, ASUS OLED menggunakan panel OLED dan telah dilengkapi berbagai fitur khusus sehingga dapat menghasilkan kualitas visual terbaik. 

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K


Tak hanya itu, ASUS OLED juga hadir dengan fitur yang dapat membantu mencegah kerusakan pada kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang sekaligus tidak membuat mata cepat lelah. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya.

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik, bagaimana bisa? Kunci untuk menampilkan kualitas visual terbaik salah satunya ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut. 

Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop. DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna yang sangat banyak bukan berarti apa-apa jika warna yang ditampilkan tidak akurat. Di sinilah salah satu keunggulan utama ASUS OLED, yaitu layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya. 

Layar ASUS OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga tingkat akurasi reproduksi warnanya tidak perlu diragukan lagi. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah konsiten dalam menghadirkan kualitas visual. 

Layar ASUS OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah. Tidak tanggung-tanggung, pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. 

Baca juga:Review Asus Zenbook 14X OLED UX5400EG, Laptop Premium untuk Dukung Produktivitas

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K


Kualitas reproduksi warna yang sangat tinggi dan akurat, serta konsistensi warna pada tingkat kecerahan yang rendah tentu akan membuat pengguna Vivobook Pro 14 OLED M3400 dapat lebih fokus saat bekerja.

Saat digunakan untuk bekerja, apalagi dalam durasi yang cukup lama, efek negatif terbesar ketika menggunakan perangkat elektronik seperti laptop adalah paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata. 

Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi pancaran radiasi cahaya biru secara signifikan tanpa mengurangi kualitas visual. 

ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. 

Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka. Fitur-fitur yang memanjakan mata tersebut membuat pengguna Vivobook Pro 14 OLED M3400 dapat menggunakan laptop lebih lama tanpa harus khawatir dengan efek samping terhadap kesehatan mata. Menjadi lebih produktif pun bukan berarti harus mengorbankan kesehatan.

Audio

Sama seperti lini laptop Asus kelas menengah dan atas lainnya, pada review Asus Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 kali ini juga dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo berkualitas tinggi dari Harman Kardon. Suara yang dihasilkan speaker ini jernih dengan tingkat detail yang mantap untuk sebuah speaker laptop menurut Laptophia. Karakter suaranya memang didominasi mid dan high, tetapi bass masih cukup terdengar dan membuat alunan musik semakin asik dinikmati.

Keyboard dan Touchpad

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K


Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 merupakan laptop yang dirancang sebagai perangkat penunjang aktivitas sehari-hari sehingga penggunanya dapat menjadi lebih produktif seperti touchpad dengan ukuran yang lebih luas serta keyboard ASUS ErgoSense. 

Keyboard tersebut hadir dengan jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitas yang telah dirancang khusus serta presisi agar penggunanya nyaman saat mengetik. 

Webcam & Microphone

Review Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400, Laptop Sehari-hari Terbaik dengan Layar OLED 2.8K


Laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 juga dibekali sistem audio khusus dengan teknologi AI Noise Cancelling.  Teknologi tersebut dapat meredam suara bising di sekitar pengguna sehingga Vivobook Pro 14 OLED M3400 dapat selalu diandalkan untuk melakukan conference call atau online meeting di berbagai kondisi. 

Vivobook Pro 14 OLED M3400 juga telah hadir dengan HD webcam terintegrasi agar penggunanya selalu siap untuk video conference kapan saja. Dan buat pengguna yang kerap bekerja di mana saja namun tetap perlu terhubung dengan rekan-rekan atau klien lewat video conference, pengguna tidak perlu khawatir. 

Saat video call sudah selesai, Anda tinggal menggeser slider privacy shutter fisik pada webcam resolusi HD yang tersedia pada Vivobook Pro 14 OLED M3400 . Dengan demikian, tidak ada satupun pengguna di luar sana yang bisa mengintip aktivitas pengguna secara diam-diam lewat kamera web.

Baterai

Dari pengujian yang dilakukan dengan PCMark 10 Modern Office, yang mensimulasikan bekerja dengan aplikasi office, multimedia dan web secara non stop, baterai Lithium-ion 3-cell berkapasitas 50WHrs miliki Asus Vivobook Pro 14 OLED sanggup memasok daya hingga 8 jam lebih. Sudah memadai untuk bekerja seharian.

Kesimpulan 

Bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, Vivobook Pro 14 OLED M3400 dapat menjadi perangkat andalan. Vivobook Pro 14 OLED M3400 didesain ringkas dan ringan dengan bobot hanya 1,4Kg serta ketebalan bodi hanya 18,9mm sehingga sangat mudah untuk dibawa bepergian dan membuat penggunanya selalu produktif di mana saja dan kapan saja.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, mulai dari prosesor kelas performa, panel layar ASUS OLED yang berkualitas luar biasa, sampai baterai yang sanggup bertahan lama, semuanya membuat ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 menjadi laptop yang tepat untuk menjadi daily driver sehari-hari. Apalagi pengguna juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan laptop serba bisa tersebut.

Kelebihan Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

  • Laptop terbaik untuk sehari-hari
  • Layar OLED 2.8K 90Hz terbaik di kelasnya
  • Performa kencang dengan AMD Ryzen 5000 series
  • Dilengkapi OS Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 asli pre-installed

Kekurangan Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

  • RAM tidak dapat di-upgrade
  • Tidak menyediakan port USB Type-C

Harga Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

Harga notebook Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce adalah Rp 12.799.000 untuk varian dengan prosesor AMD Ryzen 7 5800H. Sedangkan untuk varian dengan prosesor AMD Ryzen 5 5600H lebih murah, yakni Rp 10.999.000.

Spesifikasi Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400

  • Layar OLED berukuran 14 inci resolusi 2.8K 2880 x 1880 piksel, aspek rasio 16:10, 600 nits, 100% DCI-P3 color gamut, 90Hz refresh rate, PANTONE validated, VESA Display HDR True Black 600, Asus Splendid, SGS Eye Care, 4-sided NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor AMD Ryzen 7 5800H octa-core (16 thread) 3,2GHz TurboBoost hingga 4,4GHz
  • Prosesor AMD Ryzen 5 5600H hexa-core (12 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,2GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 8 iGPU (Ryzen 7)
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 6 iGPU (Ryzen 5)
  • Memori RAM 8GB atau 16GB LPDDR4x-3200MHz, onboard
  • Storage SSD 512GB PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 2, Port USB 2.0, Port HDMI, MicroSD card reader
  • Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio, AI noise-canceling
  • Keyboard dengan backlight
  • Fitur keamanan fingerprint sensor terintegrasi dengan tombol power, mendukung Windows Hello
  • Kamera webcam 720p HD camera with privacy shutter
  • Baterai 3 Cell 3S1P 50WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm berat 1,4 kilogram
  • Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, EU Flower, Energy star, WEEE
  • Warna Cosmos Blue dan Solar Silver
*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia
Anda mungkin suka:Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar