eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

MacBook Pro 2022 Sudah Dirilis, Apple Sekaligus Perkenalkan Chipset Anyar Terbarunya

MacBook Pro 2022 Sudah Dirilis, Apple Sekaligus Perkenalkan Chipset Anyar Terbarunya - Apple baru saja meluncurkan produk terbarunya yang merupakan bagian dari peremajaan MacBook versi sebelumnya. Dalam kesempatan kali ini Apple berencana merilis MacBook Air dan MacBook Pro M2. Digadang mempunyai performa yang lebih mumpuni, laptop ini layak dimasukkan ke dalam daftar pencarian Anda yang sedang membutuhkan laptop baru.

Namun, kali ini kita akan membahas tentang laptop MacBook generasi terbaru. Terdapat beberapa perubahan yang diterapkan oleh Apple seperti penggunaan chip terbarunya M2, kapasitas prosesor, hingga penggunaan kabel USB tipe C yang mendukung pengisian daya super cepat.

MacBook Pro 2022 Sudah Dirilis, Apple Sekaligus Perkenalkan Chipset Anyar Terbarunya


Seri Apple MacBook Pro sebelumnya sudah dipersenjatai oleh chipset M1 yang merupakan prosesor garang keluaran Apple, sekaligus menggantikan Intel. Prosesor ini memberikan performa yang lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Bahkan, Apple berani mengklaim kemampuan laptop mereka dapat berkali-kali lipat lebih baik saat menggunakan prosesor buatannya sendiri.

Apple tidak berhenti di situ saja dalam berinovasi, MacBook Pro 2022 dikabarkan akan menggunakan prosesor terbarunya yang diberi nama M2. Prosesor ini merupakan penyempurnaan dari pendahulunya yang dibekali dengan berbagai kelebihan.

Chip M2 dibuat dengan fabrikasi 5 nanometer generasi kedua yang telah ditingkatkan. Meski memiliki persamaan dalam hal ini, M2 memiliki jumlah transistor yang mencapai 20 miliar unit. Dibandingkan MacBook generasi sebelumnya dengan prosesor M1, transistor prosesor ini unggul 25 persen lebih banyak dengan jumlah 16 miliar.

Berdasarkan data yang diberikan Apple, jumlah transistor yang lebih banyak ini memungkinkan performa prosesor (CPU) meningkat hingga 18 persen. Kemudian diikuti dengan peningkatan pengolah grafis (GPU) 35 persen, dan Neural Engine hampir 40 persen dibandingkan M1.

Keunggulan chip M2 ini juga terlihat pada prosesor 8-core yang terdiri dari empat untuk prosesor performa tinggi dan selebihnya untuk prosesor hemat daya. Terdapat perubahan pada bagian pengolah grafis, yaitu jumlah inti GPU yang bertambah menjadi 10-core. Selain itu, dengan jumlah inti yang lebih banyak, laptop ini dapat menjalankan 3,6 triliun proses per detik.

Oleh karena itu, laptop ini sangat cocok untuk bermain game dan mampu melakukan rendering gambar atau proyek grafis dengan mulus dan cepat. M2 juga mendukung proses encode atau decode konten berjenis ProRes, konten 8K dengan format HEVC dan H.264, serta dukungan layar eksternal hingga resolusi 6K.

MacBook Pro M2 dibekali dengan RAM 24 GB di mana kapasitas ini jauh lebih besar dibandingkan dengan versi sebelumnya. Sedangkan M1 hanya memiliki RAM 8 GB yang dapat dikonfigurasikan menjadi 16 GB saja. Tidak hanya itu, ruang penyimpanan SSD laptop ini bisa ditingkatkan hingga 2 TB.

Efisiensi pada Apple M2 juga terlihat berbeda secara signifikan dibandingkan ketika Apple menggunakan Intel sebagai prosesornya. Walaupun diklaim hemat daya, tetapi tidak mengurangi performanya. Apalagi laptop ini didukung dengan fitur active cooling mode untuk sirkulasi udara segar di dalam laptop sehingga mengurangi permasalahan overheat yang kadang terjadi.

MacBook Pro M2 2022 mempunyai kapasitas baterai yang cukup besar dan tahan lama. Pengguna pun dapat menggunakan laptop ini untuk bekerja dan hiburan hingga 20 jam lamanya. Baterai laptop terbaru Apple ini berjenis 58.2 watt lithium polymer battery dan didukung power adapter 67W USB-C.

Mirip dengan seri pendahulunya, MacBook M2 masih menggunakan Magic Keyboard dan komponen Touch Bar di bagian atas keyboard. Magic Keyboard ini memungkinkan penggunanya untuk menekan tombol tidak terlalu dalam saat melakukan input. Hal ini dikarenakan jarak responsivitas tombol yang relatif pendek yaitu 1 mm saja.

Bicara soal layar, laptop ini memiliki layar Retina 13.3 inci yang terlihat lebih luas berkat bingkai tipisnya. MacBook generasi terbaru ini dilengkapi teknologi Mini-LED seperti yang digunakan pada iPad Pro. Layarnya pun 25 persen lebih terang dengan tingkat kecerahan mencapai 500 nits sehingga bisa digunakan di luar ruangan dengan sangat nyaman.

Laptop terbaru keluaran Apple ini sudah mendukung 1 miliar warna berkat teknologi IPS dan LED-backlit pada resolusi 2560x1600 serta 227 pixels per inci. Agar warna semakin terlihat nyata dan mulus Apple juga menyematkan teknologi Wide Color (P3) dan True Tone pada MacBook Pro ini.

MacBook Pro ini juga sudah dibekali kamera dengan resolusi hingga 720p dan didukung oleh image signal processor yang canggih. Kemampuannya dapat menghasilkan video yang lebih tajam untuk mendukung berbagai kegiatan Anda, seperti rapat daring, video wawancara, dan sebagainya.
Di bagian audio, laptop ini mampu memutar atau membaca format audio yang berkualitas. Mulai dari MP3, AAC, Dolby Digital, Dolby Digital Plus, hingga Dolby Atmos yang akan membuat laptop ini memberikan kualitas audio premium ke telinga penggunanya.

Dolby Audio sendiri memang terkenal dengan teknologi dan format audionya yang canggih. Format ini pun menjadi sebuah standar terkini bagi kebanyakan film, lagu, dan permainan tertentu. Bahkan, iklan dari Dolby sering kita jumpai sebelum sebuah film di bioskop dimulai yang menandakan film tersebut didukung oleh format audio dari Dolby.

Harga MacBook Pro dibanderol mulai dari 1.299 dan 1.499 dolar AS atau sekitar Rp18-21 jutaan. Soal desain warna, Anda dapat memilih dua varian warna elegan, yaitu Silver dan Space Gray. Walaupun terdapat dua harga yang berbeda tetapi pada dasarnya yang membedakannya hanyalah kapasitas penyimpanannya saja.

Itulah ulasan mengenai produk terbaru dari Apple yaitu MacBook Pro M2 keluaran tahun 2022. Harga yang terbilang cukup tinggi ini tentu setara dengan spesifikasi dan fitur canggih yang akan Anda dapatkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Posting Komentar

Posting Komentar