eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Ini 4 Fitur Andalan Telegram untuk Kegiatan Belajar Mengajar

Ini 4 Fitur Andalan Telegram untuk Kegiatan Belajar Mengajar - Dengan semakin membaiknya situasi Covid-19 saat ini, metode belajar  mengajar hybrid masih menjadi salah satu opsi belajar mengajar yang diterapkan di sekolah, komunitas,  maupun organisasi dalam bidang edukasi. 

Di antara berbagai platform e-learning yang dapat dipilih dan digunakan oleh sekolah dan para guru agar  dapat memberikan kualitas pendidikan yang baik secara online maupun hybrid, Telegram telah menjadi  salah satu aplikasi pengiriman pesan terfavorit yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar  mengajar antara guru dan murid selama masa pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan  Masyarakat (PPKM) di Indonesia. 

Ini 4 Fitur Andalan Tekegram untuk Kegiatan Belajar Mengajar


Beberapa fitur Telegram yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara online  maupun hybrid, di antaranya: 

1. Berbasis Cloud 

Sebagai aplikasi pengiriman pesan yang berbasis cloud, guru dan murid dapat mengakses pesan  mereka dari berbagai device dalam satu waktu, termasuk tablet dan komputer, serta mengirimkan  foto, video, dan file yang tidak terbatas hingga 2 GB untuk masing-masing file. 

Baca juga:Latih Konsentrasi dan Kemampuan Analisa dengan Main Game di Solitaire.org

2. Telegram Bot 

Telegram memperbolehkan pengguna untuk membuat bot di dalam grup/channel mereka. Bot  dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya secara otomatis tanpa  perlu bantuan pengguna. Dengan fitur ini, guru dapat membuat bot mereka sendiri sesuai dengan  kebutuhan kegiatan belajar mengajar, misalnya bot untuk pengumpulan tugas, pertanyaan  seputar tugas, atau kegiatan lainnya. 

3. Jumlah Anggota Grup yang Besar 

Telegram memiliki fitur grup yang mengizinkan pengguna untuk mengundang hingga 200.000  anggota. Bagi para guru dengan ratusan bahkan ribuan murid yang perlu dibimbing, fitur ini dapat  mendukung kegiatan belajar mengajar, pengawasan, serta penyebaran informasi terkait kegiatan  sekolah dari guru. 

4. Video Call dan Rekaman 

Selama proses belajar mengajar online, terkadang mengirimkan materi belajar lewat chat tidak  cukup. Kebanyakan murid perlu mendapatkan penjelasan yang lengkap mengenai topik atau  materi yang dipelajari, misalnya lewat video call. Tidak perlu khawatir, Telegram memiliki fitur  video call yang mudah digunakan oleh guru untuk memberikan sesi pengajaran secara online. Terlebih lagi, video call dapat direkam dan disimpan hingga kapan pun. 



Melalui berbagai fitur di atas, kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid dapat berjalan dengan  lancar, meskipun kegiatan dilaksanakan secara online atau metode hybrid. Para guru dapat lebih leluasa  menyebarkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar, mengevaluasi proses belajar  murid, maupun menjaga komunikasi dengan para orang tua murid dari jarak jauh.

Anda mungkin suka:Komparasi Vivo Y15s vs Tecno Spark 7 Pro: Harga Sama, Mana yang Lebih Layak Pilih?
Posting Komentar

Posting Komentar