eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Asus ROG M16

Perbedaan Advan GX vs Advan G9 Pro, Apa Saja Peningkatannya?

Perbedaan Advan GX vs Advan G9 Pro, Apa Saja Peningkatannya? -  Smartphone merk lokal Advan GX secara resmi telah diluncurkan di Indonesia dan membuat persaingan di segmen entry-level menengah kian ketat. Advan GX menawarkan gebrakan yang sukses menarik perhatian konsumen yanah air dengan dukungan SoC Unisoc Tiger T618 octa-core yang powerful dengan ditandemkan RAM sebesar 6GB.

Tak hanya sektor performa yang mengalami peningkatan pesat, Advan GX juga didukung quad camera yang kompeten dengan kamera utama 48 megapiksel. Apa yang diusung oleh Advan GX ini merupaka sebuah kemajuan pesat jika dibandingkan dengan pendahulunya, Advan G9 Pro. Lalu apa saja peningkatannya? Simak ulasan perbedaan Advan GX vs Advan G9 Pro oleh tim Laptophia kali ini!

Perbedaan Advan GX vs Advan G9 Pro, Apa Saja Peningkatannya?


Spesifikasi Advan GX

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka IDOS
  • Chipset Unisoc Tiger T618 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 MP2
  • Quad kamera dengan kamera utama 48 megapiksel, sensor BSI CMOS 1/2 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro) + 0.3 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 25 megapiksel, sensor BSI CMOS, aperture f/2.2
  • Layar sentuh 6,82 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1640 x 720 piksels, kerapatan 251 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, Fingerprint sensor, Face Unlock, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 173.3 x 78.3 x 8.9 mm dengan berat 190 gram
  • Baterai 5200mAh, standard charge 10W
  • Warna Ungu Biru Muda
Anda dapat membeli Advan GX RAM 6GB ROM 64GB dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Advan G9 Pro

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka IDOS
  • Chipset Unisoc SC9863A dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A55 yang terdiri dari quad-core 1,6GHz dan quad-core 1,2GHz
  • Grafis IMG PowerVR GE8322
  • Empat kamera belakang dengan kamera utama 16 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Sony, aperture f/2.2, LED flash + 0,3 megapiksel (Beauty Effect) + 0,3 megapiksel (lensa AI) + 0,3 megapiksel depth sensor (bokeh)
  • Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI CMOS, aperture f/2.2
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1600 x 720 piksels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, Face Unlock, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 165 x 76.3 x 9.5 mm dengan berat 140 gram
  • Baterai 5200mAh
  • Warna Green dan Blue
Anda dapat membeli Advan G9 Pro dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Perbedaan Advan GX vs Advan G9 Pro



Jika dilihat dari sisi desain, sebenatnya Advan GX maupun Advan G9 Pro mengusung konsep desain yang sama dengan dukungan layar berponi minimalis pada bagian atasnya untuk menempatkan kamera depan. Advan GX tampil dengan casing belakang glossy yang terlihat mewah dengan warna Ungu Biru Muda.

Sedangkan Advan G9 Pro hadir dengan casing belakang glossy yang hadir dengan tekstur yang unik, serta tersedia dalam dua varian warna yakni Green dan Blue. Perbedaan yang paling mencolok adalah ukuran Advan GX lebih besar, tebal, dan bobotnya lebih berat dari Advan G9 Pro.

Baca juga:Komparasi Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F: Harga Selisih 900 Ribu, Pilih Mana?

Layar Advan GX vs Advan G9 Pro

Sektor layar, Advan GX mengusung layar sentuh berukuran lebih besar, yakni 6,82 inci. Sedangkan Advan G9 Pro dibekali layar sentuh berukuran lebih kecil, yakni 6,6 inci. Layar kedua smartphone ini sama-sama mengusung resolusi HD+ dengan teknologi panel IPS (In-Plane Switching).

Performa Advan GX vs Advan G9 Pro

Sektor performa, Advan GX menawarkan peningkatan performa yang signifikan jika dibandingkan dengan Advan G9 Pro berkat sokongan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T618 yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 MP2 untuk performa yang kompetitif.

Sedangkan Advan G9 Pro kalah kencang dari Advan GX karena hanya ditenagai SoC Unisoc SC9863A yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A55 64-bit yang terdiri dari quad-core kecepatan 1,6GHz dan quad-core kecepatan 1,2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU IMG PowerVR GE8322.

Kamera Advan GX vs Advan G9 Pro

Sektor fotografi, Advan GX menawarkan lompatan yang signifikan jika dibandingkan dengan G9 Pro dengan dukungan empat kamera belakang dengan kamera utama 48 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/2 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus (PDAF), AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga dan keempat berkekuatan 2 megapiksel dan 0,3 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh dengan mode portrait. 



Sedangkan Advan G9 Pro sebenarnya juga dibekali dengan empat buah kamera belakang, tetapi resolusi kamera utamanya lebih kecil dan fungsi kamera tambahannya kurang signifikan. Kamera utama Advan G9 Pro ini berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor Sony dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash.

Sedangkan kamera kedua, ketiga dan keempat berkekuatan 0,3 megapiksel yang berfungsi sebagai Beauty Effect, AI Lens, dan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh yang menawan. Ketiga kamera tambahan ini kurang berguna menurut Laptophia.

Baca juga:Perbedaan Poco M3 Pro 5G vs Poco M3, Harga Selisih 700 Ribu PIlih Mana?

Kamera Depan Advan GX vs Advan G9 Pro

Advan GX juga menawarkan peningkatan signifikan untuk foto selfie menurut Laptophia dengan dukungan kamera depan resolusi 25 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI untuk foto selfie dan video call. Sedangkan Advan G9 Pro hanya dibekali dengan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel untuk foto selfie atau video call.

Perangkat Lunak Advan GX vs Advan G9 Pro

Advan GX menggunakan sistem operasi yang lebih baru, yakni Andorid 11 dengan antarmuka IDOS. Sedangkan Advan G9 Pro masih menggunakan basis sistem operasi Android 10 dengan antarmuka IDOS. Belum ada informasi apakah Advan G9 Pro akan mendapat update ke Android 11 di masa mendatang atau tidak.

Fitur Keamanan Advan GX vs Advan G9 Pro

Advan GX dilengkapi dengan fitur keamanan sensor sidik jari yang terletak di sisi belakangnya. Sedangkan Advan G9 Pro tidak dilengkapi sensor sidik jari. Kedua smartphone ini sama-sama dilengkapi fitur face unlock.

Harga Advan GX vs Advan G9 Pro

Harga Advan GX RAM 6GB ROM 64GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.999.000 dan ditawarkan dengan harga promo saat pre-order 1.799.000. Sedangkan harga Advan G9 Pro terbaru saat artikel ini ditulis lebih murah, yakni Rp 1.399.000.

Pilih Mana Advan GX vs Advan G9 Pro?

Berdasarkan ulasan perbedaan Advan GX vs Advan G9 Pro oleh tim Laptophia di atas, mana yang lebih layak pilih? Advan GX tampak lebih menarik karena menawarkan peningkatan banyak sektor, seperti layar lebih besar, performa yang jauh lebih kencang, kamera lebih mumpuni, versi Android yang lebih baru, dan juga fitur lebih lengkap. Akan tetapi bila dana tidak mencukupi, Advan G9 Pro masih cukup layak dipertimbangkan di kelas entry-level.

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi 9T, Spesifikasi Paling Gahar dengan Harga Murah
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

Posting Komentar