IBX582004D475488 Ini 3 Tips Bikin Konten Podcast Asyik Berkualitas dangan Samsung Galaxy A12
ASUS ROG Phone 5

Ini 3 Tips Bikin Konten Podcast Asyik Berkualitas dangan Samsung Galaxy A12



Artikel terkait : Ini 3 Tips Bikin Konten Podcast Asyik Berkualitas dangan Samsung Galaxy A12

Ini 3 Tips Bikin Konten Podcast Asyik Berkualitas dangan Samsung Galaxy A12 - Saat ini, konten podcast semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kategori konten dan creator-nya pun semakin beragam. Menurut riset Edison Research and Triton Digital, saat ini ada lebih dari 800.000 podcast aktif dan 54 juta episode di seluruh dunia. Jumlah pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh anak muda, yaitu 22,1% pendengar podcast berusia 15-19 tahun, dan sebanyak 22,2% pendengar podcast lainnya berusia 20-24 tahun. 

Selain itu, berdasarkan sebuah survey JakPat Mobile Survey Platform terhadap 2.023 pengguna smartphone, 80,82% responden mendengarkan konten podcast dalam enam bulan terakhir. Dengan tingginya minat akan produksi konten podcast, mulai banyak orang tertarik untuk mencoba membuat konten podcast, termasuk YouTuber dan Influencer.



Baca juga:Duel Samsung Galaxy M12 vs Xiaomi Redmi 9T, Harga Beda Tipis Pilih Mana?

Seiring dengan hal tersebut, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menghadirkan smartphone Galaxy A12 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128 GB, dan baterai besar 5.000 mAh sebagai perangkat yang mendukung penggunanya dalam berkreasi konten di media sosial, salah satunya podcast. Melalui program Tetap Semangat Indonesia, SEIN juga berkomitmen untuk terus mendukung passion para pengguna Galaxy A, khususnya di bidang kreasi konten.

“Apa yang dibutuhkan oleh konsumen selalu ada dalam benak kami di setiap terobosan yang Samsung hadirkan. Sejalan dengan semakin tingginya minat masyarakat menikmati konten-konten podcast, Samsung mendorong siapa pun yang passionate dalam hal kreasi konten untuk turut ambil bagian supaya semakin banyak lagi konten-konten berfaedah." 

"Melalui kampanye Tetap Semangat Indonesia, didukung oleh Samsung Galaxy A12 yang fiturnya sangat mumpuni untuk bikin podcast dengan mudah dan terjangkau, kami berharap generasi muda bisa tetap semangat berkreasi di masa-masa penuh tantangan ini, pantang menyerah untuk terus menginspirasi di kala pandemi,” ujar Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Wisnu Kumoro, seorang Tech Reviewer dengan jumlah subscriber 326 ribu di akun YouTube-nya ini memberikan tips tentang bagaimana kita dapat membuat kreasi konten podcast di rumah hanya dengan memanfaatkan Samsung Galaxy A12.

“Dengan harga dua jutaan, Samsung Galaxy A12 ini cukup banget untuk jadi studio podcast portable kamu, soalnya baterai, storage dan memorinya menurut gue cukup banget untuk bikin konten podcast di mana pun. Smartphone ini menggunakan processor Mediatek Helio P35 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128GB, jadi nggak perlu takut memori kepenuhan saat bikin konten."

"Baterai yang besar 5.000 mAh juga mendukung perekaman konten podcast yang durasinya panjang. Aplikasi voice recorder bawaannya juga kualitasnya nggak kalah bagus dengan aplikasi-aplikasi premium yang lain,” ujar Wisnu Kumoro.



Selain memanfaatkan fitur yang ada dari Samsung Galaxy A12, yuk simak tips Wisnu Kumoro supaya konten podcast yang kamu buat bisa lebih maksimal!

Baca juga:Perbedaan Samsung Galaxy M12 vs Samsung Galaxy A12: Harga Selisih 500 ribu, Pilih Mana?

1. Atur jarak mic dengan sumber suara

Konten podcast adalah soal kejernihan suara. Saat merekam konten podcast, perhatikan jarak antara microphone dengan mulut atau sumber suara. Kenali juga posisi yang paling menghasilkan suara terbaik dari segi volume dan daya tangkap. Posisi ideal microphone adalah yang tidak horizontal dengan mulut, tetapi sedikit di bawah mulut. 

Dengan demikian microphone tidak akan terganggu oleh suara hembusan angin atau suara lainnya yang tidak nyaman didengar. Menurut Wisnu Kumoro, jarak paling ideal antara microphone dengan sumber suara adalah lima hingga tujuh jari. Aspek ini juga bertujuan agar suara kalian tidak terdistorsi jika jaraknya terlalu dekat.

2. Matikan notifikasi saat merekam

Tentunya kamu perlu konsentrasi penuh saat membuat konten podcast, apalagi jika harus ngobrol dengan orang lain. Sebaiknya, kamu mematikan terlebih dulu notifikasi di smartphone-mu agar kamu tidak terganggu. Lebih baik lagi jika kamu menyalakan fitur airplane mode. Selain tidak terganggu notifikasi, kamu juga dapat menghemat baterai dengan lebih baik. 

Setelah merekam, kamu dapat menyimpan file rekamanmu dengan memanfaatkan fitur KNOX Security yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A12. Samsung Galaxy A12 ini menarik karena termasuk dalam jajaran perangkat baru yang mengusung antarmuka pengguna atau sistem operasi modifikasi One UI Core. KNOX Security berfungsi untuk menjaga data-data penting kamu serta mengamankan perangkat dari serangan siber dan virus yang berpotensi merugikan pengguna.

Baca juga:Review Oppo Reno 5, Bodi Tipis dengan Fitur Lengkap

3. Perhatikan kenyamanan dalam mendengarkan kontenmu

Jika sudah selesai merekam kontenmu, kamu harus memposisikan diri sebagai pendengar dari kontenmu. Dengarkan kontenmu dari awal sampai selesai. Apakah kamu sudah cukup nyaman mendengarkannya? Atau masih ada suara-suara yang mengganggu? Nah, jika dirasa sudah cukup nyaman untuk didengar, kamu bisa lanjut ke proses editing! 

Menurut Wisnu Kumoro, terdapat beberapa aplikasi editing yang cukup baik untuk mengedit konten podcast, seperti Wave Editor, Dolby-On, dan N Track. Melalui aplikasi-aplikasi ini, kamu dapat mengedit dengan lebih leluasa seperti melakukan trimming dan menambahkan efek-efek tertentu. Samsung A12 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos yang mampu menghasilkan kualitas suara lebih baik dengan 1 speaker yang terletak di bagian bawah ponsel.

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka Samsung One UI 2
  • Chipset MediaTek Helio P35 MT6765V dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 terdiri dari quad-core 2,3GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis PowerVR Rogue GE8320
  • Quad atau empat kamera belakang resolusi 48 megapiksel (primary) sensor Samsung ISOCELL Bright GM1 1/2 inci 0.8um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/2.0 dengan dilengkapi LED flash + 5 megapiksel (ultra wide) lensa 13mm aperture f/2.2 sensor BSI 1/4 inci 1.12um piksel + 2 megapiksel (dedicated macro) lensa aperture f/2.4 + 2 megapiksel (depth sensor) lensa aperture f/2.4
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI 1/3.1 inci 1.12um piksel, lensa 26mm aperture f/2.2
  • Layar sentuh Infinity-V Display 6,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 264 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel PLS IPS
  • Memori RAM 4GB atau 6GB, ROM 128GB, dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, Dolby Atmos, fingerprint sensor (side mounted), face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164 x 75.8 x 8.9 mm dengan berat 205 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 15W
  • Warna Black, White, dan Blue
Anda dapat membeli atau cek promo Samsung Galaxy A12 di Sini (Klik) atau di BliBli (Klik)

Samsung Galaxy A12 dengan memori RAM 4/128GB bisa dipesan seharga Rp2.499.000, dan yang RAM 6/128GB di harga Rp2.799.000. Supaya kamu lebih semangat bikin konten podcast dengan Galaxy A12, Samsung Parsel (Pasti Ramadan Sale) menawarkan direct cashback Rp100.000, atau tukar tambah smartphone lama kamu dan dapatkan cashback hingga Rp150.000. 

Dapatkan juga diskon 25% Samsung Care+ untuk melindungi smartphone Galaxy A12 kamu. Pesan Samsung Parsel sekarang di www.samsung.com sampai dengan 31 Mei 2021.

Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A32, Desain Minimalis dengan Layar AMOLED 90Hz

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!