eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Intel Core 11th Gen Tiger Lake H Series Prosesor Pilihan untuk Laptop Gaming Ultraportable

Intel Core 11th Gen Tiger Lake H Series Prosesor Pilihan untuk Laptop Gaming Ultraportable - Setelah memperkenalkan prosesor Generasi ke-11, Tiger Lake, tahun lalu, Intel® membuka 2021 dengan merilis versi seri-H dari prosesor tersebut. Varian yang mengusung keunggulan Tiger Lake ini diciptakan Intel® untuk menjadi otak dari jajaran laptop gaming ultraportable kelas atas.

Intel® menyasar pasar laptop gaming ultraportable karena melihat pertumbuhan peminatnya cukup tinggi[1]. Apalagi semenjak pandemi COVID-19, semakin banyak orang membutuhkan laptop yang ramping, bisa digunakan dengan baik untuk bekerja, sekolah, kreasi konten, dan bermain game. Intel® Core™ Gen ke-11 menawarkan kinerja yang terbilang mengesankan untuk semua kegiatan tersebut, termasuk memuaskan penggemar game kelas berat.



Versi tertinggi dari prosesor dengan chip 10nm tersebut, Intel® i7-11375H, memiliki 4-core, 8 thread, dan clock speed yang bisa ditingkatkan hingga 5GHz, yang membuatnya mencatatkan performa single-thread tercepat di laptop mobile saat ini saat ini. Kecepatan itu hanya bisa ditandingi oleh prosesor terbaik Intel® tahun lalu, seri-H 45W.

Frame rate (fps) yang stabil pada angka tinggi membuat para penggemar game semakin nyaman bermain. Sementara produktivitas sehari-hari juga akan meningkat karena aktivitas seperti membuka Office multi sheet, e-mail, browsing, dan berpindah aplikasi jadi lebih mudah.

Baca juga:Review Sandisk Extreme Portable SSD 1TB: Tangguh dengan Performa Tinggi

Menggunakan platform yang dioptimalkan, arsitektur Intel® Core™ Gen ke-11 lebih efisien dan hemat daya. Konektivitas terbaik dengan Intel® Killer Wi-Fi 6/6E (Gig+) membuat para penggemar game bisa memainkan game terbaiknya sambil download atau streaming video favorit pada saat bersamaan. Chip Prosesor seri H juga mendukung memori DDR4 hingga 3200Mhz dan LPDDR4/x hingga 4266 MHz.

Kinerja kartu grafis yang terintegrasi 2x lebih cepat dibandingkan prosesor Intel® Core™ Gen ke-10 H-Series. Juga tersedia 20 jalur PCIe Gen 4.0 -- 16 jalur digunakan untuk kartu grafis Xe-LP yang terintegrasi, sementara 4 jalur dari CPU dipakai untuk koneksi bandwidth tertinggi dengan kartu grafis tertentu, seperti NVidia.

Thunderbolt 4, yang hanya ada di laptop dengan prosesor Intel® Core™ Gen ke-11, bisa memindahkan data dengan kecepatan 40GB/s, 4x lebih cepat dibandingkan USB 3.1. Satu port Thunderbolt 4 dapat terhubung hingga ke dua monitor DisplayPort atau HDP 4K 60 Hz melalui dock yang kompatibel atau adaptor.

Bekerja sama dengan NVidia dan ekosistemnya, Intel membawa Resizable BAR pada Core™ Gen ke-11. Kehadiran Resizable BAR ini meningkatkan performa standar kinerja PCIe, sehingga CPU bisa mengakses frame buffer dengan lebih efisien. Oleh karena itu bermain game, termasuk kelas AAA, akan makin menyenangkan.

Seiring dengan keluarnya jagoan baru dari Intel® tersebut, produsen OEM seperti Acer, ASUS, MSI, dan Vaio telah siap merilis lebih dari 40 desain laptop gaming ultraportable pada paruh pertama tahun 2021. Dua laptop yang telah hadir menggunakan i7-11375H adalah ACER Nitro 5, ASUS TUF Dash Gaming F15, dan MSI Stealth 15M.

Acer Nitro 5



Acer Nitro 5 adalah laptop gaming bertenaga yang bekerja dengan prosesor Intel® Core™ Gen ke-11 dan dilengkapi dengan GPU NVIDIA GeForce GTX. Chip baru ini memiliki rentang TDP yang lebih tinggi, memberikan peningkatan kinerja yang lebih besar dibandingkan chip Tiger Lake-U generasi sebelumnya yang diluncurkan tahun lalu.

Nitro 5 tersedia dalam varian layar 15,6 inci dan 17,3 inci FHD IPS 144Hz. Isi perutnya pun mengalami peningkatan yang signifikan untuk lini laptop gaming. Prosesor Seri H diperkuat oleh GPU Nvidia GeForce RTX 30 Series dengan dua slot M.2 PCIe/SATA SSDs1 serta RAM DDR4 3200 hingga 32GB. Spesifikasi yang menjamin para gamer akan menikmati pengalaman bermain yang mulus dan menyenangkan.

Baca juga:Acer Aspire 5 Slim A514-54G, Laptop Tipis Andalkan Duet Core i7-1165G7 dan GeForce MX350

Dengan semua tenaga yang ada di dalamnya, Acer memprioritaskan pendinginan untuk Nitro 5. Laptop ini memiliki kipas ganda, teknologi Acer CoolBoost, dan empat port pembuangan untuk menjaga suhu tetap rendah. Acer CoolBoost dapat meningkatkan kecepatan kipas saat dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja. Para pengguna juga dapat mengawasi sistem mereka melalui NitroSense.

Secara historis, Nitro 5 sebelumnya adalah salah satu laptop gaming terbaik yang memaksimalisasi nilainya jika dibandingkan dengan harganya, dan model baru ini memiliki lonjakan spesifikasi yang cukup tinggi.

ASUS TUF Dash F15



ASUS TUF Dash F15 yang serba baru menempatkan keunggulan laptop gaming yang kuat dalam sasis super tipis dengan prosesor Intel® Gen ke-11 Core™  i7-11375H terbaru. Dengan ketebalan 19,9 mm dan masa pakai baterai hingga 16,6 jam, laptop ini cukup ringan untuk dibawa beraksi di mana saja.

Intel® Core™  i7-11375H adalah tambahan kejutan untuk jajaran Tiger Lake dan akan membuat para penggemar gaming mempertimbangkannya dengan serius ketika harus memilih laptop gaming di tahun 2021.

Kinerja single-core i7-11375H di laptop ASUS TUF Dash F15 ini sangat mengesankan. Chip Tiger Lake memiliki rentang frekuensi 3,30 GHz hingga 5,00 GHz, ditemani oleh RAM 16GB, dan didukung oleh OS Windows 10. Laptop ini juga disokong GPU Nvidia GeForce RTX 3070 8GB dan layar 15,6 inci dengan refresh rate 240Hz dan waktu respons 3 milidetik.

Baca juga:Asus TUF Dash F15 FX516PR I737C6T-O, Laptop Gaming Pertama Bertenaga Intel Core i7-11370H

Selain ringan dan praktis, ASUS TUF Dash F15 ini juga memiliki kipas yang tenang, keyboard yang nyaman, serta masa pakai baterai yang lama untuk kelasnya. Ia menyeimbangkan kinerja, kepraktisan, dan nilai.

Meskipun merek Asus TUF ("The Ultimate Force") memprioritaskan performa dan nilai daripada desain yang mencolok, Dash F15 tetap memberikan tampilan dan nuansa premium. Plastik halus yang menyusun dasarnya sangat tebal dan kuat. Bagian belakang tutup logam adalah sentuhan yang menyenangkan lainnya. Logo TUF yang menghiasi tutupnya mencolok dan tebal tanpa menimbulkan polarisasi.

MSI Stealth 15M



Inilah laptop gaming ultraportable yang sempurna. Fitur dan performa dahsyat MSI Stealth 15M versi terbaru tidak membuatnya menjadi laptop yang gendut dan tebal. Stealth 15M terbilang nyaman dibawa bepergian karena beratnya hanya 1,7 kg, dengan dimensi 358,3 x 248 x 16,15 mm.

MSI memasang Intel® Gen ke-11 Core™  i7-11375H pada Stealth 15M. Prosesor itu ditemani oleh kartu grafis terbaru NVidia RTX 3060 6GB (65W). Peningkatan yang hebat dibandingkan Stealth 15M versi sebelumnya yang menggunakan Core i7-1185G7 dan RTX 2060 MaxQ. Prosesor seri H yang digunakan itu memiliki frekuensi dasar 3,3 GHz dan bisa ditingkatkan hingga 5,16 GHz.

Baca juga:Harga dan Spesifikasi MSI GP66 10UE 278ID, Laptop Gaming Kekinian Bertenaga Core i7-10870H

Laptop gaming ultraportable ini juga memiliki dua slot RAM DDR4-3200 dengan kapasitas maksimal 64GB. Lalu ada sebuah slot M.2 SSD (NVMe PCIe Gen 3) yang bisa mengakomodasi hingga 1TB NVMe SSD. Bagian belakang laptop bisa dibuka sehingga pengguna bisa mengganti RAM dan SSD sendiri jika menginginkannya.

Tersedia pula port Micro SD, HDMI (4K@60Hz), Type-C (USB3.2 Gen2/DP), Type-C (USB4/DP/Thunderbolt 4) dengan PD charging, dan 2 port Type-A USB3.2 Gen1. Koneksinya menggunakan 802.11 ax Wi-Fi 6 dan Bluetooth v5.1.

Layar yang dipasang berukuran 15,6 inci FHD, 144-Hz, IPS-Level. Jenis baterai yang digunakan adalah 3 cell (52Whr). Sistem pendingin terbaru Cooler Boost 5 dengan ketebalan blade 0,1 mm membuat Stealth 15M tidak mudah panas meski dipakai bermain game berat.

Tidak seperti kebanyakan laptop gaming lainnya, desain MSI Stealth 15M terbilang sederhana. Jadi, Anda bisa membukanya saat rapat di kantor tanpa perlu takut akan terlalu menarik perhatian bos dan rekan kerja. Jadi, mana yang menurut Anda lebih cocok dengan gaya hidup Anda?

Anda mungkin suka:AMD Ryzen 5000 Series untuk Laptop Resmi Diluncurkan di Indonesia

Posting Komentar

Posting Komentar