IBX582004D475488 Hands On Samsung Galaxy M20: Debut Exynos 7904 dan Layar Infinity V

Hands On Samsung Galaxy M20: Debut Exynos 7904 dan Layar Infinity V



Hands On Samsung Galaxy M20: Debut Exynos 7904 dan Layar Infinity V – Smartphone Samsung Galaxy M20 telah resmi mendarat di pasar Indonesia dan membidik pasar kelas menengah. Kehadiran ponsel Galaxy M20 memang telah dinanti oleh konsumen tanah air karena harganya yang terjangkau dan dilengkapi spesifikasi yang menggoda. Meski harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan Galaxy M20 di India, ponsel ini tetap menarik dan menjadi salah satu senjata Samsung untuk memperkuat pasar kelas menengah.

Hadirnya Samsung Galaxy M20 ini juga menandai debut SoC Exynos 7904 dan desain layar Infinity V yang kekinian. Satu unit smartphone Samsung Galaxy M20 telah mendarat di Laptophia untuk diulas, seperti apa? Berikut unboxing dan hands on Samsung Galaxy M20!
Hands On Samsung Galaxy M20: Debut Exynos 7904 dan Layar Infinity V

Perlengkapan Samsung Galaxy M20

Perlengkapan Samsung Galaxy M20
  • Unit Samsung Galaxy M20 RAM 3GB ROM 32GB Ocean Blue
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi

Unboxing & Hands On Samsung Galaxy M20

Unboxing & Hands On Samsung Galaxy M20
Satu unit smartphone Samsung Galaxy M20 telah mendarat dengan selamat di markas Laptophia. Ponsel ini tampak dibungkus dengan kemasan yang sederhana dengan dus putih bergamba unit ponsel dan bertuliskan “M20” berukuran cukup besar. Tidak ada yang istimewa dengan kemasan ponsel Galaxy M20 dan ini wajar mengingat pasar yang dibidik adalah menengah. Tim Laptophia kemudian melakukan unboxing untuk mengetahui kondisi dan perlengkapan yang di bawa Galaxy M20.

Paket penjualan smartphone Samsung Galaxy M20 ini juga standar saja menurut Laptophia, tidak dilengkapi casing tetapi terdapat headset. Saat pertama kali menggenggam ponsel Galaxy M20 andalan Samsung, kesan pertama yang Laptophia tangkap adalah licin dan terasa plastik, tetapi tidak terasa murahan. Frame ponsel ini ternyata juga terbuat dari bahan plastik yang cukup solid.

Desain atau penampilan fisik smartphone Samsung Galaxy M20 ini memang terlihat kekinian dengan poni minimalis di atas layar yang disebut dengan istilah infinity V. Galaxy M20 memang smartphone pertama Samsung yang dibekali layar infinity V. Bezel di sekitar layar Galaxy M20 ini memang terbilang tipis dan screen to body ratio cukup tinggi untuk ponsel kelas menengah. Bobot Samsung Galaxy M20 ini terbilang lumayan. Hal ini dapat dimaklumi karena baterai yang diusungnya 5000mAh.
Baca juga:Duel Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi, Mana yang Lebih Bagus?
Unboxing & Hands On Samsung Galaxy M20
Sisi depan smartphone Samsung Galaxy M20 ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,3 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Galaxy M20 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Samsung Galaxy M20 sudah berkontur 2.5D, sayangnya tak disebutkan adanya proteksi antigores pada ponsel kelas menengah ini. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Samsung Galaxy M20 agar tak mudah tergores.
Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Samsung Galaxy M20 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis triple sot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Samsung ini terdapat microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Samsung Galaxy M20 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, LED flash di bawahnya, sensor sidik jari, dan logo Samsung. Merek asal Korea Selatan yang baru saja meluncurkan Galaxy S10 ini menempatkan port USB USB Type-C, speaker grill, port audio 3.5mm dan microphone di sisi bawah ponsel.

Lebih Dekat dengan Samsung Galaxy M20

Seperti yang sudah Laptophia bahas sebelumnya, Smartphone dengan baterai jumbo Samsung Galaxy M20 mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 19:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,3 inci yang disematkan teknologi panel PLS (Plane to Lane Switching) dengan resolusi full HD+ 2340 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 409 piksel per inci yang cemerlang.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores pada layar ponsel ini. Salah satu kelebihan Galaxy M20 ini adalah dilengkapi dengan notch atau poni berukuran kecil atau minimalis pada bagian atas layarnya. Poni minimalis ini sering disebut dengan Infinity-V design.

Kemampuan kamera belakang Samsung Galaxy M20 ini tak bisa dipandang sebelah mata menurut Laptophia dengan mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 5 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/1.9 yang menggunakan sensor BSI CMOS, phase-detection autofokus, dan LED flash. Kombinasi kedua kamera belakangnya mampu menghasilkan foto bokeh yang menawan.

Kamera belakang kedua Samsung Galaxy M20 ini tak hanya berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh melalui Live Focus, tetapi juga dibekali lensa super wide-angle dengan FoV 120 derajat. Kamera depan Galaxy M20 cukup standar dengan resolusi 8 megapiksel fixed focus dengan lensa aperture f/2.0 untuk memuaskan hasrat selfie.
Baca juga:Review Pocophone F1 by Xiaomi: Smartphone Flagship Killer Terbaik 2018?
Baterai menjadi keunggulan utama Samsung Galaxy M20 dengan dukungan baterai lithium polymer berkapasitas besar di kelasnya, yakni 5000mAh. Samsung menyebut Galaxy M20 ini dibekali fitur fast charging, tetapi tak disebutkan seperti apa detail teknologinya.

Kinerja smartphone Samsung Galaxy M20 cukup bersaing di kelasnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 7904 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A73 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G71 MP2.

Smartphone 4G LTE kekinian dengan tagline #SobatAntiLowBat Samsung Galaxy M20 ini dibekali dengan memori internal 32GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 512GB tipe dedicated slot, serta mendukung USB OTG. Samsung juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.

Sisi perangkat lunak, smartphone Samsung Galaxy M20 ini menggunakan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Samsung Experience UI 9.5. Sayangnya, tak diketahui apakah ponsel ini akan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak di masa mendatang.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!

Video Unboxing Samsung Galaxy M20

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Impresi Awal Samsung Galaxy M20

Impresi Awal Samsung Galaxy M20

Impresi awal Laptophia pada smartphone Samsung Galaxy M20 ini cukup menarik. Ponsel ini hadir dengan desain kekinian dan cukup nyaman digenggam, meski body agak tebal. Casing belakangnya yang terbuat dari bahan plastik dengan finishing glossy ini memang agak licin dan mudah tergores. Baru dua hari pemakaian tanpa perlindungan tambahan, casing belakangnya sudah terdapat goresan halus. Build quality Samsung Galaxy M20 ini solid, tetapi tidak terasa premium.

Banyak yang menyangsikan kualitas layar smartphone Samsung Galaxy M20 ini karena konon menggunakan teknologi TFT. Namun, sebenarnya layar Galaxy M20 ini menggunakan teknologi panel PLS (Plane to Line Switching) atau serupa dengan IPS yang dikembangkan sendiri oleh Samsung. Lapatophia melihat layar Samsung Galaxy M20 memiliki kualitas yang baik dengan warna yang punchy, kontras yang oke, dan tajam. Meski demikian, warnanya tak secemerlang layar Super AMOLED.

Berbicara soal performa, Laptophia sudah menjajalnya selama beberapa hari dan melakukan benchmark untuk menguji SoC Exynos 7904. Smartphone ini memang menawarkan performa dibawah Snapdragon 636 dan bisa dikatakan setingkat dengan Snapdragon 632. Sejauh ini, Laptophia tidak mengalami masalah performa. Ponsel Galaxy M20 ini berjalan dengan smooth dan nyaris tanpa lag.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!
Impresi awal kamera ganda Samsung Galaxy M20 ini tampak cukup meyakinkan, tetapi bukan yang terbaik di kelasnya. Foto yang dihasilkan mampu menampilkan warna yang akurat, dynamic range yang baik, dan detail yang cukup. Sedangkan kamera depannya menghasilkan foto selfie yang biasa saja, cenderung di bawah rata-rata menurut Laptophia. Penasaran? Tunggu review lengkapnya di Laptophia!

Sampel Hasil Foto Samsung Galaxy M20

Sampel Hasil Foto Samsung Galaxy M20

Sampel Hasil Foto Samsung Galaxy M20

Sampel Hasil Foto Samsung Galaxy M20

Sampel Hasil Foto Samsung Galaxy M20

Sampel Hasil Foto Samsung Galaxy M20

Harga Samsung Galaxy M20 3GB/32GB Rp 2.699.000 (Flash Sale) / Rp 2.799.000 (normal)

Anda dapat membeli atau cek promo Samsung Galaxy M20 di Sini (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Samsung Experience UI 9.5
  • Chipset Samsung Exynos 7904 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A73 dengan kecepatan 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,8GHz
  • Grafis Mali-G71 MP2
  • Kamera belakang ganda 13 megapiksel + 5 megapiksel (depth sensor, wide angle) dengan sensor BSI CMOS, lima elemen lensa aperture f/1.9, phase-detection autofokus, LED flash
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,3 inci, dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixels, kerapatan 400 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel PLS
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD max 512GB (dediated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, port audio 3,5mm
  • Dimensi 156.4 x 74.5 x 8.8 mm berat 186 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai lithium polymer 5000mAh, non-removable
  • Warna Ocean Blue dan Charcoal Black
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!