IBX582004D475488 Asus Zenfone 5Q, Jagoan Motret Super Wide Angle dengan Empat Kamera

Asus Zenfone 5Q, Jagoan Motret Super Wide Angle dengan Empat Kamera



Asus Zenfone 5Q, Jagoan Motret Super Wide Angle dengan Empat Kamera – Asus telah meluncurkan smartphone Zenfone Max Pro M1 yang sukses menggempur dan menggemparkan pasar tanah air pada 23 April 2018 lalu. Pabrikan asal Taiwan ini ternyata juga turut serta memperkenalkan smartphone Zenfone 5Q yang tak lain adalah rebrand dari Zenfone 5 Lite yang sebelumnya telah diperkenalkan secara global. Berbeda dengan Zenfone Max Pro yang menyasar kalangan gamer, seri Asus Zenfone 5Q ini lebih membidik penggemar fotografi yang suka bereksperimen memotret dengan ponsel.

Hal ini didukung oleh empat buah kamera yang terdiri dari dua kamera depan dan dua kamera belakang yang mampu menjepret super wide angle dengan 120 derajat FoV. Performa Zenfone 5Q ini memang tak sekencang Zenfone Max Pro M1 karena mengandalkan Snapdragon 630, tetapi sudah lebih dari cukup untuk menangani komunikasi masa kini. Penampilan atau desain Asus Zenfone 5Q ini berbeda dari Zenfone Max Pro M1. Ponsel ini terlihat lebih mewah dengan casing belakang kaca dan frame metal yang kokoh.


Asus Zenfone 5Q mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 18:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 5,99 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2160 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 403 piksel per inci yang cemerlang dengan kecerahan 450 nits.
Baca juga:Xiaomi Redmi S2 Diperkenalkan, Smartphone Selfie Murah dengan AI Camera
Sisi kamera, Asus Zenfone 5Q dibekali dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi 16 megapiksel dengan sensor BSI ditandemkan dengan lima elemen lensa aperture f/2.2 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash. Kamera ponsel ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 8 megapiksel dengan lensa super wide angle 120 derajat FoV.

Kemampuan selfie Zenfone 5Q ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan ganda berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 yang mumpuni dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify untuk foto selfie dan video call. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 8 megapiksel dengan lensa super wide angle 120 derajat FoV. Asus juga membekali ponsel ini dengan fitur keamanan face unlock.

Performa smartphone Asus Zenfone 5Q ini bukan yang terkencang, tetapi cukup bersaing di kelasnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 630 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 508.

Asus membekali smartphone fotografi kelas menengah Zenfone 5Q ini dengan baterai berkapasitas 3300mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Laptophia menilai kapasitas yang diusungnya relatif memadai mengingat SoC Snapdragon 630 yang diusungnya terbilang hemat energi.
Baca juga:Xiaomi Redmi 5 Plus Review: Smartphone Kekinian dengan Harga Masuk Akal!
Smartphone 4G LTE menengah dengan tagline Super Wide Shot Asus Zenfone 5Q ini dibekali dengan memori internal 64GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 2TB jenis dedicated slot, sehingga pengguna dapat memasang dual SIM dan microSD secara bersamaan. Asus juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.

Berbeda dengan Zenfone Max Pro M1 yang mengusung Android Pure, Asus Zenfone 5Q ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0 yang kaya akan fitur.


Kelebihan Asus Zenfone 5Q

  • Kamera dengan super wide angle 120 derajat FoV
  • Kamera selfie mumpuni
  • Dilengkapi NFC
  • Dedicated slot

Kekurangan Asus Zenfone 5Q

  • Belum dilengkapi teknologi AI

Harga Asus Zenfone 5Q

Asus Zenfone 5Q merupakan salah satu smartphone yang memiliki kemampuan fotografi mumpuni di kelas menengah. Kehadiran Asus Zenfone 5Q ini menjadi ancaman serius bagi Oppo F7 dan juga Vivo V9 yang telah hadir di pasaran. Harga Asus Zenfone 5Q terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.499.000 atau tepatnya Rp 3,5 juta. Harga yang ditawarkan oleh ponsel empat kamera andalan Asus ini cukup bersaing di kelasnya.

Dukungan empat buah kamera yang memiliki kemampuan foto super wide angle 120 derajat FoV, kinerja yang memadai di kelasnya, desain dan spesifikasi kekinian, kemampuan selfie yang mumpuni, dan harga yang masuk akal menjadi daya tarik utama Asus Zenfone 5Q menurut Laptophia. Secara umum, Asus Zenfone 5Q merupakan smartphone fotografi yang laik dippertimbangkan di kelas menengah sekaligus pesaing tangguh Oppo F7 dan Vivo V9.

Spesifikasi Asus Zenfone 5Q

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 630 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2,2GHz
  • Grafis Adreno 508
  • Kamera ganda 16 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 26mm aperture f/2.2, phase-detection autofokus, EIS, LED flash. Kamera kedua 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Kamera depan ganda berkekuatan 20 megapiksel fixed focus dengan sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel, lensa 23mm aperture f/2.0 + 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6 inci, dengan resolusi Full HD+ 2160 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 4GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB microUSB, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, port audio 3,5mm, face unlock
  • Dimensi 160.52 x 76 x 7.75 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3300mAh, non-removable
  • Warna Midnight Black, Moonlight White, dan Rouge Red
(Credit Image: GSM Arena)
Anda mungkin suka:Unboxing Asus Zenfone Max Pro M1 3GB/32GB: Predator Kompetitor Bertenaga Snapdragon 636!

Artikel Terkait Laptophia dot Com Lainnya :

Since © 2015 Laptophia dot Com