eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Oppo A83 Terbaru di Indonesia, Versi Murah Oppo F5

Harga dan Spesifikasi Oppo A83 Terbaru di Indonesia, Versi Murah Oppo F5 – Smartphone Oppo A83 merupakan salah satu smartphone terbaru yang hadir di pasar Indonesia dan membidik pasar kelas menengah. Dukungan kemampuan kamera depan yang mumpuni dengan disematkannya fitur AI Beauty dan Face unlock. Kehadiran dua fitur ini membuat ponsel Oppo A83 menjadi alternatif ideal bagi yang menginginkan kemampuan seperti Oppo F5 dengn harga yang lebih terjangkau.

Smartphone ini mengusung karakteristik yang tak jauh berbeda dengan Oppo F5, sebut saja kemampuan foto selfie yang unggul, kinerja yang tinggi dan efisien, AI Beauty, dan layar full screen. Pabrikan asal China ini mengatakan bahwa fokusnya hingga saat ini masih menghadirkan produk smartphone dengan kemampuan selfie yang mumpuni, pensaran? Berikut ulasan Laptophia mengenai harga dan spesifikasi Oppo A83 terbaru di Indonesia.


Smartphone menengah Oppo A83 mengusung spesifikasi layar yang sama dengan smartphone Oppo F5 yang telah dirilis lebih dulu dengan dukungan layar sentuh 5,7 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 401 piksel per inci yang cemerlang. Tak disebutkan adanya proteksi antigores pada ponsel ini.
Baca juga:Xiaomi Redmi 5A Review: Penghancur Harga Smartphone Murah
Performa smartphone Oppo A83 ini relatif standar dan bukan yang paling kencang di kelasnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P23 MT6763T yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,3GHz dan quad-core berkecepatan 1,65GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, serta diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G71 MP2.

Kamera menjadi daya tarik utama Oppo A83 dengan dokongan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa wide-angle aperture f/2.0 wide angle. Keistimewaan kamera depan Oppo A83 ini dibekali fitur AI Beauty untuk foto selfie yang berkualitas tinggi dengan menyesuaikan karakter wajah pengguna dan didukung fitur Portrait Mode yang menawarkan efek blur ala kamera DSLR, serta didukung fitur Face Unlock.

Sedangkan kemampuan kamera belakang Oppo A83 ini relatif standar di kelasnya menurut Laptophia Blog karena hanya mengandalkan dukungan kamera resolusi 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS ditandemkan dengan lima elemen lensa aperture f/2.2 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash, relatif sangat memadai untuk mengabadikan momen pengguna.

Smartphone 4G khusus selfie Oppo A83 ini dibekali dengan memori internal 32GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB dedicated slot dedicated slot). Oppo juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.
Baca juga:Oppo F5 Dashing Blue, Varian Warna Paling Laris di Indonesia
Sisi perangkat lunak, Smartphone versi murah dari Oppo F5 ini menggunakan OS Android 7.1 Nougat dengan antarmuka Color OS 3.2. Tak diketahui apakah Oppo A83 ini akan mendapat update ke Android 8.0 Oreo atau tidak.

Kelebihan Oppo A83

  • Layar full screen 18:9
  • Fitur AI beauty & face unlock
  • Kinerja bersaing di kelasnya

Kekurangan Oppo A83

  • Harga sedikit overprice

Harga Oppo A83

Smartphone Oppo A83 ini bisa dikatakan sebagai alternatif yang lebih ramah kantong bagi yang ingin mencicipi fitur AI Beauty seperti milik Oppo F5. Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun, harga resmi Oppo A83 terbaru di Indonesia adalah Rp 2.999.000. Melihat spesifikasi yang ditawarkan, ponsel Oppo A83 ini bisa dikatakan sedikit overprice. Bandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 dan Infinix Hot S3 yang mengusung spesifikasi dan karakteristik yang seruma dengan bandrol harga yang lebih murah.

Terlepas dari hal tersebut, dukungan fitur AI Beauty, performa tinggi dari MediaTek Helio P23, layar dengan aspek rasio 18:9, dan fitur yang lengkap menjadi daya tarik utama smartphone Oppo A83 menurut Laptophia Blog. Secara umum, Oppo A83 masih cukup laik dipertimbangkan bagi penggemar foto selfie.

Spesifikasi Oppo A83

  • Sistem Operasi Android 7.1 Nougat dengan antarmuka ColorOS 3.2
  • Chipset MediaTek Helio P23 MT6763T, prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit terdiri dari quad-core 2,5GHz dan quad-core 1,65GHz
  • Grafis Mali-G71 MP2
  • Kamera 13 megapiksel phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, aperture f/2.2, LED flash. Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI, aperture f/2.2, AI Beauty
  • Layar sentuh 5,7 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksels, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS TFT LCD
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, fingerprint sensor, dual SIM, Face Unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 150.5 x 73.1 x 7.7 mm dengan berat 143 gram
  • Baterai 3180mAh, non removable
  • Warna Gold dan Black
Anda mungkin suka:Harga dan Spesifikasi Infinix Hot S3 X573, Jagoan Selfie Murah Meriah!