eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL, Selfie Mumpuni Bersensor Sony IMX362

Unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL, Selfie Mumpuni Bersensor Sony IMX362 – Asus secara resmi telah meluncurkan lini smartphone Zenfone 4 series di Indonesia 25 Oktober 2017 yang digelar di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta Barat. Ada tiga varian smartphone yang melenggang di acara peluncuran tersebut, salah satunya Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL yang tak lain adalah varian tertinggi dari keluarga Zenfone 4 Selfie.

Tim Laptophia Blog mendapat kesempatan untuk menjajal unit Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL yang dibekali dengan kamera depan ganda 24 megapiksel berteknologi DuoPixel yang menggunakan sensor kamera kelas atas dari Sony IMX362. Tidak heran, Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini diklaim sebagai salah satu smartphone selfie terbaik saat ini. Lalu seperti apa sebenarnya kemampuan dan kinerja smartphone ini? Simak ulasan hands on dan unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL oleh tim Laptophia Blog kali ini!

Unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL, Selfie Mumpuni Bersensor Sony

Perlengkapan Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL

Perlengkapan Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL
  • Unit Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Deepsea Black
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • Headset
  • Silicon case
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Asus Zenfone Zoom S ZE553KL Review: Flagship Camera, Big Battery

Hands On & Unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL

Hands On & Unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL
Berbeda dengan jajaran smartphone Asus sebelumnya, seri Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini hadir dengan boks berwarna putih dengan logo We Love Photo yang menjadi tagline andalan Zenfone 4 series.

Setelah smartphone dengan kamera selfie ganda tersebut mendarat di markas Laptophia Blog, kami langsung melakukan unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL untuk melihat kondisi ponsel dan perlengkapan apa saja yang diusung dalam paket pembeliannya. Smartphone khusus selfie Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini hadir dengan desain yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan Zenfone 4 Max Pro atau Zenfone Zoom S yang telah Laptophia review sebelumnya.

Asus memutuskan menggunakan gaya desain baru untuk smartphone Zenfone 4 Selfie series ini. Ponsel pintar dengan kamera depan ganda ini tampil cukup elegan dengan balutan casing berbahan metal yang kokoh dan tipis. Frame ponsel ini agak membulat dan juga terbuat dari metal yang terasa begitu kokoh. Sisi depan, ponsel ini dilengkapi dengan layar sentuh dengan kontur 2,5D yang saat ini diadopsi oleh sebagian besar smartphone keluaran terbaru.

Satu hal yang Laptophia sukai dari Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini adalah dimensinya yang sangat tipis dan terasa ringan. Jika dilihat dari depan, sekilas memang mirip dengan Zenfone 4 Max Pro, tetapi akan berbeda jika kita memperhatikan detailnya lebih lanjut. Smartphone khusus selfie andalan Asus ini tersedia dalam tiga varian warna dan kebetulan Laptophia Blog menggunakan unit warna Deepsea Black.
Baca juga:Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL Review: We Love Photo & Battery
Sisi depan Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini terdapat soft LED flash, ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, dual kamera depan (normal + super wide-angle), LED notifikasi, layar full HD berukuran 5,5 inci, dua buah tombol kapasitif khas Android, dan tombol Home terintegrasi dengan sensor sidik jari di bawah layar. Dua buah tombol kapasitif tersebut dilengkapi dengan backlight. Tak hanya itu, layar Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 5 yang cukup tangguh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card dan microSD dengan jenis hybrid slot (dual nano SIM atau single SIM dengan microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE dengan dual kamera selfie ini terdapat microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, dan logo Asus. Merek asal Taiwan pembesut produk flagship Zenfone 4 Pro dan Zenfone AR ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah.
Hands On & Unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL
Laptophia Blog menilai kamera depan menjadi sektor yang paling diunggulkan oleh smartphone Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini. Pabrikan asal Taiwan ini membekali smartphone 4G LTE ini dua buah kamera depan berkekuatan 24 megapiksel DuoPixel yang menggunakan sensor Sony IMX362 1/2.55 inci 1,4um piksel yang dipadukan dengan lensa 25mm dengan aperture f/1.8 dan didukung soft LED flash. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 5 megapiksel aperture f/2.0 yang mampu menghasilkan Field of View (FoV) hingga 120 derajat. Jelas, kemampuan foto selfie smartphone ini sangat mumpuni di kelasnya.

Kemampuan kamera belakang cukup mentereng menurut Laptophia dan siap berkompetisi dengan smartphone lain di kelasnya seperti Oppo F3, Vivo V7+ atau Samsung Galaxy J7+. Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL didukung kamera utama resolusi 16 megapiksel bersensor Sony IMX351 1/3.06 inci 1um piksel dengan fitur phase-detection autofokus didukung lensa 26mm aperture f/2.0 yang dilengkapi LED flash untuk foto selfie dan video call.

Smartphone selfie premium Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL mengandalkan layar sentuh 2.5D berukuran 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan 401 ppi atau piksel per inci. Layar ponsel Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini menggunakan panel berteknologi AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) kapasitif LCD.
Baca juga:Asus Zenbook Pro UX550 Review: Slim & Powerful
Performa yang ditawarkan smartphone Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL andalan Asus ini tak jauh berbeda dengan para pesaingnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 4GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G LTE ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506.

Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 64GB dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB hybrid slot. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka Zen UI. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh.

Impresi Awal Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL

Impresi Awal Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL
Impresi awal team Laptophia Blog saat menggenggam smartphone Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL yang dilengkapi kamera selfie ganda ini adalah tipis dan ringan. Meski demikian, smartphone yang menggunakan sensor kamera depan Sony IMX362 ini sama sekali tidak terkesan ringkih. Ponsel Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL dengan casing metal unibody yang diusungnya terasa cukup solid dan kokoh. Sensor sidik jari yang diusung oleh ponsel ini terbilang sangat responsif.

Asus mengandalkan layar 5,5 inci full HD dengan teknologi AMOLED yang mana mampu menghasilkan warna yang lebih vivid dari layar IPS dan menampilkan warna hitam yang dalam. Respon touchscreen ponsel Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini terbilang responsif dan viewing angle-nya terbilang luas.
Baca juga:Asus Zenfone Live ZB501KL Review: Real-time Beautification
Sejak awal, smartphone Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini mengandalkan kemampuan kamera depannya. Meski demikian, kinerja smartphone ini terbilang cukup gegas dan responsif. Laptophia Blog menggunakan ponsel ini selama kurang lebih dua hari tidak mengalami kendala performa. Duet Snapdragon 625 dengan RAM 4GB sudah cukup memadai saat ini.

Impresi awal kamera depan Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini menurut Laptophia Blog adalah sangat mantap! Hasil jepretan kamera depannya sangat detail dan warna yang dihasilkan natural. Tak hanya itu, kamera super wide-angle nya mampu mencakup frame yang lebih luas. Sedangkan impresi awal kamera belakang ponsel ini juga cukup baik. Tentunya perlu review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini.

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Harga Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL

Harga resmi smartphone Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL terbaru di Indonesia berdasarkan press release yang tim Laptophia Blog terima adalah Rp 4.999.000. Berdasarkan hands on dan unboxing Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel ini menunjukkan impresi awal yang cukup meyakinkan. Smartphone ini menawarkan desain yang elagan dan tipis, serta menawarkan kemampuan kamera depan yang bisa dikatakan salah satu yang terbaik saat ini.

Performa ponsel Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL bukanlah yang paling kencang di kelasnya, tetapi sudah sangat memenuhi kebutuhan komunikasi, sosial media, dan juga gaming. Laptophia menilai Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL ini cukup menarik dan laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat cek harga dan promo Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL

  • Sistem Operasi Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka Zen UI 4.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Kamera belakang 16 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Sony IMX351 1/3.06 inci 1um piksel, lensa 26mm aperture f/2.0, dan LED flash. 
  • Dual kamera depan 24 megapiksel, sensor Sony IMX362 1/2.55 inci 1.4um piksel, lensa 25mm aperture f/1.8 fixed focus, soft LED flash + 5 megapiksel, sensor BSI, lensa 12mm, fixed focus
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, AMOLED kapasitif LCD, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori 4GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, DTS Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 154 x 74.8 x 6.9 mm berat 147 gram
  • Baterai 3000mAh lithium ion, non removable
  • Warna Rouge Red, Sunlight Gold, dan Deepsea Black
Anda mungkin suka:Benchmark Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL: AnTuTu, CPU-Z, Vellamo & Geekbench