eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Unboxing Xiaomi Redmi 3, Smartphone 4G LTE dengan Baterai Besar

Unboxing Xiaomi Redmi 3 – Hari ini Laptophia Blog kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) kelas menengah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yakni Xiaomi Redmi 3. Smartphone ini sebenarnya sudah diluncurkan oleh Xiaomi sejak beberapa waktu lalu, tetapi hingga kini belum dirilis di Indonesia.

Unit Xiaomi Redmi 3 yang masuk pasar tanah air saat ini bergaransi distributor yang mana layanan aftersalesnya tak sebaik vendor resmi. Redmi 3 hadir dengan casing metal, baterai besar, kinerja yang mumpuni, dan kamera mantap di kelasnya. Berikut ini adalah ulasan preview dan unboxing Xiaomi Redmi 3 yang Laptophia Blog lakukan.


Unboxing Xiaomi Redmi 3

Perlengkapan Xiaomi Redmi 3

  • Unit Xiaomi Redmi 3 Gold
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku petunjuk
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Xiaomi In-Ear Pro Hybrid Dual Driver Headset

Preview & Unboxing Xiaomi Redmi 3

Preview Xiaomi Redmi 3
Kesan pertama Laptophia Blog saat menggenggam smartphone Xiaomi Redmi 3 ini adalah mewah. Sama sekali tak terlihat bahwa Redmi 3 ini adalah smartphone seharga di bawah 2 juta. Ponsel ini tak hanya terlihat mewah dan mahal, tetapi juga terkesan wah saat digenggam.

Xiaomi membalut Redmi 3 dengan casing metal unibody yang kokoh dan dipermanis dengan tekstur unik pada casing belakangnya. Konon, tekstur unik pada casing belakang Redmi 3 ini terdiri dari 4166 bintang.

Dimensi Redmi 3 relatif kompak, tetapi tak sekecil Mi 4i atau Mi 4c. Casing metal yang diusungnya solid, tetapi agak licin ketika tangan basah atau berkeringat. Secara umum, build quality Redmi 3 di atas rata-rata ponsel sekelas.

Bagian depan smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3 ini terdapat lubang  sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Sayangnya, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi backlight, sehingga menyulitkan saat digunakan di tempat gelap.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi 3 ini terdapat lubang LED flash, kamera utama , logo Xiaomi, dan speaker grill. Merek Tiongkok pembesut produk Mi5 ini menempatkan port micro USB dan microphone di sisi bawah.

Sedangkan tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel 4G yang juga dijuluki sebagai Hongmi 3 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat slot SIM card atau microSD. Sisi atas terdapat lubang microphone dan port audio 3,5mm.

Smartphone Xiaomi Redmi 3 ini mengusung desain unibody yang mana pengguna tak dapat melepas casing belakang atau baterai tanpa tambahan alat khusus. Pengguna dapat memasang SIM card atau microSD melalui slot yang berada di sisi kiri ponsel.

Slot tersebut dapat diakses dengan bantuan SIM ejector. Slot pada Redmi 3 ini adalah hybrid slot, ini berarti pengguna harus memilih antara menggunakan dual SIM aktif atau single SIM plus microSD.
Baca juga:Review Xiaomi Mi 4c, Penyempurna Mi 4i
Xiaomi Redmi 3 mengandalkan layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan 294 ppi atau piksel per inci. Layar ponsel penerus Redmi 2 ini menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD. Sayangnya, tak disebutkan adanya lapisan antigores seperti Gorilla Glass atau AGC Dragontrail X pada ponsel ini.

Baterai kapasitas besar menjadi salah satu keunggulan ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 3 menurut Laptophia karena dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4100mAh! Xiaomi juga membekalinya dengan fasilitas fast charging untuk isi ulang dalam waktu singkat. Kapasitas sebesar ini menurut Laptophia Blog akan mampu mencukupi kebutuhan hingga 3 - 4 hari penggunaan.

Sektor kamera, Xiaomi Redmi 3 ini cukup mumpuni dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel berteknologi phase-detection autofokus (PDAF) yang menggunakan sensor Samsung S5K3M2 yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan aperture f/2.2 dan didukung LED flash. Fitur PDAF pada Redmi 3 ini mampu meningkatkan kecepatan fokus hingga 0,1 detik saja. Kamera depan smartphone ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 5 megapiksel yang cocok untuk foto selfie atau video chat.

Performa yang ditawarkan oleh Redmi 3 andalan Xiaomi ini cukup kompetitif menurut Laptophia Blog cukup bersaing untuk kelas menengah dengan mengandalkan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 405.

Sektor memori, ponsel 4G Xiaomi Redmi 3 ini didukung memori internal 16GB dan dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB. Smartphone ini menjalankan MIUI 7 yang berbasis Android 5.1.1 Lollipop.

Impresi Awal Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3
Impresi awal Xiaomi Redmi 3 dari segi fisik relatif tidak ada masalah. Laptophia Blog menilai ponsel andalan Xiaomi ini menawarkan build quality yang mantap di kelasnya, solid, dan terlihat mewah. Smartphone ini terkesan mahal karena aura premium cukup terasa saat digenggam.

Meski kapasitas baterai yang diusung cukup besar, bobot ponsel ini masih cukup ringan dan jauh lebih ringan dari Xiaolajiao Red Chili LA2-S yang Laptophia ulas sebelumnya.

Kualitas layar ponsel Xiaomi Redmi 3 ini juga sangat mengejutkan. Kesan pertama Laptophia saat melihat layar Redmi 3 sangat mantap, mungkin mendekati kualitas layar Xiaomi Mi 4i. Warna yang dihasilkan cukup vivid, brightness yang sejuk di mata, jernih, dan kontras yang baik.

Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Redmi 3 dapat terlihat dengan baik. Respon touchscreennya juga responsif. Sayangnya, tak disebutkan adanya lapisan antigores yang melindungi layarnya. Laptophia menyarankan untuk memasang tempered glass agar tak mudah tergores.

Kesan pertama mengenai kinerja smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3 adalah smooth dan responsif. Saat mencoba ponsel ini, aplikasi yang terinstal memang belum banyak. Laptophia kemudian menginstal sejumlah aplikasi sosial media, hasilnya? Belum terlihat adanya penurunan kinerja.

Konsumsi RAM pada Redmi 3 ini memang terbilang tinggi. Saat tidak menjalankan aplikasi saja, 900MB RAM telah terpakai. MIUI memang cukup rakus memori RAM, tetapi optimasi dan manajemen yang baik membuat performanya tetap terjaga.
Baca juga: Review ZTE Blade A711, Smartphone 4G LTE dengan Casing Metal
Laptophia Blog juga telah menjajal kemampuan kamera ponsel 4G Xiaomi Redmi 3 ini untuk memotret beberapa obyek. Impresi awal hasil jepretannya cukup memuaskan untuk kelas di bawah 2 juta. Foto yang dihasilkan jernih, warna mendekati akurat, noise minim, dan dynamic range yang cukup.

Kecepatan fokusnya juga sangat cepat saat kondisi cahaya mencukupi, hal ini tak lepas dari dukungan fitur PDAF. Sayangnya, Laptophia belum menguji kameranya di malam hari dan kamera depannya.

Harga Xiaomi Redmi 3

Harga smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 1.899.000 atau tepatnya Rp 1,9 juta. Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penjual. Melihat spesifikasi yang diusungnya, ponsel 4G LTE Redmi 3 besutan Xiaomi ini memang begitu menarik.

Berdasarkan hasil preview dan unboxing Xiaomi Redmi 3 yang telah Laptophia Blog lakukan, jelas ponsel ini menawarkan build quality yang sangat mantap di kelasnya. Spesifikasi yang diusung sangat kompetitif dan didukung baterai berkapasitas besar. Satu-satunya kelemahan smartphone Xiaomi Redmi 3 adalah belum diluncurkan secara resmi, sehingga hanya ada varian dengan garansi distributor.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Adreno 405
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3M2, aperture f/2.2,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.4 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Silver, Gold, dan Grey
Anda mungkin suka:Benchmark Xiaomi Redmi 3: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard