IBX582004D475488 Unboxing Lenovo A1000, Android Lollipop Murah

Unboxing Lenovo A1000, Android Lollipop Murah




Unboxing Lenovo A1000 – Hari ini Laptophia Blog kedatangan sebuah smartphone Android Lollipop murah meriah besutan vendor asal Tiongkok, yakni Lenovo A1000. Smartphone dirancang khusus oleh Lenovo untuk menggebrak pasar kelas entry-level, sehingga harga yang terjangkau menjadi andalannya. Terlepas dari harganya yang relatif murah, ponsel Lenovo A1000 ini didukung oleh spesifikasi yang dirasa masih sangat kompetitif di kelasnya.

Lenovo membekali smartphone seri A1000 ini dengan prosesor quad-core yang cukup bertenaga dari Spreadtrum yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Selain itu, ponsel ini mengusung dimensi yang cukup kecil karena dibekali dengan layar berukuran 4 inci saja. Lalu seperti apa impresi awal atau kesan pertama smartphone Lenovo A1000? Simak artikel hands on dan unboxing Lenovo A1000 dari Laptophia Blog berikut ini.


Lenovo A1000

Perlengkapan Lenovo A1000

Perlengkapan Lenovo A1000
  • Unit Lenovo A1000
  • Baterai 2000mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Buku panduan
  • Kartu garansi
Baca juga:Asiafone AF9908, Android 5.1 Lollipop Murah Meriah

Preview & Unboxing Lenovo A1000

Unboxing Lenovo A1000
Smartphone 3G Lenovo A1000 ini hadir dengan desain yang berbeda dari kebanyakan ponsel kompetitornya menurut Laptophia Blog. Lenovo tampaknya menyuntikan gaya smartphone klasik dengan sudut yang lebih tegas. Penampilan fisik Lenovo A1000 sekilas memenga sangat mirip dengan Lenovo A2010 yang merupakan smartphone 4G LTE.

Keduanya tampak mengusung basis desain yang sama dan ini mengingatkan Laptophia dengan smartphone lawas Sony Xperia Ray. Dimensi atau ukuran smartphone Lenovo A1000 ini ternyata cukup kecil untuk ukuran smartphone masa kini karena hanya dibekali dengan layar berukuran 4 inci. Ponsel Android Lollipop murah ini dibalut dengan casing plastik berfinishing matte. Laptophia menilai Lenovo A1000 cukup nyaman dingenggam dan tidak licin.

Bagian depan ponsel Lenovo A1000 ini terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, earpiece, layar sentuh berukuran 4 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Sayangnya, Lenovo tidak membekali ketiga tombol kapasitif di bawah layar tersebut dengan backlight, sehingga agak sulit digunakan ditempat gelap. Ini wajar mengingat smartphone ini menargetkan segmen entry-level.

Sedangkan sisi belakang smartphone Lenovo A1000 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo Lenovo, dan lubang speaker atau speaker grill. Lenovo menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel, sedangkan sisi kiri ponsel tidak terdapat tombol apapun. Sisi bawah ponsel murah meriah ini terdapat lubang micrphone. Sedangkan sisi atas ponsel terdapat port microUSB dan port audio 3,5mm.

Baca juga:Unboxing ZTE Blade A5 V9820, Android KitKat Berkamera 13MP

Smartphone 3G HSPA Lenovo A1000 ini dilengkapi fitur dual SIM dan slot microSD. Kita harus lebih dulu melepas kasing belakang Lenovo A1000 untuk mengakses ketiga slot tersebut dan cara membukanya juga relatif mudah.

Slot microSD dan dua slot SIM card terletak di atas baterai. Sebagai informasi, kedua slot SIM card Lenovo A1000 ini adalah SIM card regular atau yang juga disebut dengan mini SIM.

Spesifikasi smartphone Lenovo A1000 ini bisa dikatakan relatif standar di kelasnya dengan mengandalkan layar sentuh berukuran 4 inci yang mengusung teknologi panel TN (Twisted Newmatic) TFT LCD dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel yang menawarkan kerapatan layar mencapai 233 piksel per inci. Sama seperti para pesaingnya, ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka Vibe UI.

Beralih ke sektor performa, Lenovo A1000 ini tampak cukup meyakinkan karena mengandalkan dukungan chipset Spreadtrum SC7731 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Grafis ponsel ini dipercayakan pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-400 MP2.

Kemampuan kamera Lenovo A1000 tidak terlalu menonjol menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan kamera utama dengan resolusi 5 megapiksel fixed focus yang dilengkapi LED flash. Kamera depan A1000 berkekuatan 0,3 megapiksel, cukup untuk sekadar foto selfie atau video call. Absennya fitur autofokus menjadi kelemahan utama ponsel ini.

Vendor asal Tiongkok ini membekali ponsel ini dengan memori internal atau ROM berkapasitas 8GB yang dapat diperluas hingga 32GB. Kapasitas baterai smartphone Lenovo A1000 ini cukup lumayan untuk kelas entry-level, yakni 2000mAh.

Kesan Pertama Lenovo A1000

Kesan Pertama Lenovo A1000
Kesan pertama atau impresi awal smartphone Lenovo A1000 ini pada sektor desain cukup menarik menurut Laptophia Blog. Bentuknya tidak seperti kebanyakan ponsel di kelasnya. Dimensinya yang kecil membuatnya nyaman digenggam dan tak terasa licin.

Ukuran layar yang kecil ini bak pisau bermata dua yang mana membuat ukuran ponsel menjadi kecil dan disisi lain kurang nyaman digunakan bagi mereka yang memiliki telapak tangan besar. Bezel ponsel ini memang agak tebal, terutama bagian atas dan bawah.

Layar 4 inci dengan resolusi WVGA yang diusung oleh smartphone Lenovo A1000 ini tampak cukup memuaskan Laptophia ketika digunakan di dalam ruangan. Warna yang memancar cukup oke, brightness yang nyaman, dan sudut pandang yang agak kurang. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan fasilitas auto brightness. ketika dicoba digunakan di luar ruangan, performa layar Lenovo A1000 cenderung pas-pasan. Beruntung, respon touchscreen smartphone ini cukup gegas.

Kinerja smartphone ini saat Laptophia coba ternyata kurang mulus, padahal saat itu kondisi masih default dan belum ditambah aplikasi apapun. Namun, setelah melakukan update, kinerja smartphone ini gegas dan nyaris tak ditemui lag yang berarti. Tentunya masih diperlukan benchmarking dan review lebih mendalam mengenai smartphone Lenovo A1000 ini.

Impresi awal kamera Lenovo A1000 ini bisa dikatakan lumayan. Sekilas, Laptophia Blog menilai performa kameranya setara dengan Huawei Y3 Batik. Hasil fotonya pun cukup lumayan dengan kondisi cahay melimpah. Kami belum sempat menjajal kamera depan atau kamera belakang smartphone ini dengan kondisi low-light. Review dan analisa lebih mendalam diperlukan untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari kamera ponsel Lenovo A1000 ini.

Baca juga:Asus A456UF, Laptop Bertenaga Intel Core i5 Skylake & GeForce GT 930M

Harga Lenovo A1000

Harga smartphone Lenovo A1000 terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Laptophia Blog adalah Rp 959.000. Berdasarkan hasil unboxing dan impresi awal, Laptophia Blog menilai smartphone Lenovo A1000 ini cukup kompetitif di kelasnya.

Spesifikasi yang disematkan di dalamnya relatif setara dengan para pesaingnya dan nama besar Lenovo menjadi nilai tambah bagi ponsel A1000. Prosesor quad-core yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB menjadi jaminan kanyamanan pengguna untuk menjalankan aplikasi dan komunikasi sehari-hari.

Ukuran layar yang diusungnya memang kecil, sehingga kurang cocok bagi yang memiliki tangan besar. Sebaliknya, Lenovo A1000 sangat cocok bagi yang menyukai ponsel berukuran kompak dan dapat dioperasikan dengan satu tangan.

Kamera belakang yang masih fixed focus tentu menjadi kelemahan utama ponsel ini. Laptophia menilai Lenovo A1000 akan menjadi lawan tangguh bagi Himax Aura Y11, Asiafone AF9908, Wiko Lenny, dan Evercoss Winner T3.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Lenovo A1000 di sini (Klik)

Spesifikasi Lenovo A1000

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop
  • Chipset Spreadtrum SC7731 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera belakang 5 megapiksel fixed focus, LED Flash. Kamera depan 0,3 megapiksel 
  • Layar 4 inci, dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixels TFT LCD, kerapatan 233 ppi
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, slot micro SD hingga maksimal 32GB.
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM,
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 124.5 x 64 x 10.6 mm berat 132 gram
  • Baterai 2000mAh
  • Warna Hitam & Putih
Anda mungkin suka:Lenovo Lemon 3, Smartphone 4G LTE Penantang Xiaomi Redmi 3
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks