IBX582004D475488 Review Xiaomi Redmi Note 2, Performa Mumpuni

Review Xiaomi Redmi Note 2, Performa Mumpuni




Review Xiaomi Redmi Note 2 –Sudah agak lama Laptophia Blog kedatangan smartphone Xiaomi Redmi Note 2 yang didesain khusus untuk membidik pasar kelas menengah. Pada kesempatan kali ini Laptophia akan membahas review Xiaomi Redmi Note 2. Tak bisa dipungkiri, smartphone penerus Redmi Note ini cukup menarik perhatian konsumen di Indonesia, khususnya Mi Fans.

Hal yang Laptophia sayangkan adalah Xiaomi Indonesia tidak meluncurkan smartphone Redmi Note 2 ini di Indonesia, sehingga produk yang beredar semua bergaransi distributor yang mana layanan aftersalesnya sebagian besar masih tanda tanya. Laptophia yakni, jika Xiaomi Indonesia merilis Redmi Note 2 tak lama setelah peluncuran di Tiongkok dengan harga yang tak jauh berbeda, pasti akan laris manis bak kacang goreng. Berikut ini ulasan review Xiaomi Redmi Note 2.


Review Xiaomi Redmi Note 2

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 2

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 2
  • Unit Xiaomi Redmi Note 2 16GB White
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi Note 2

Desain Xiaomi Redmi Note 2
Review Xiaomi Redmi Note 2 kali ini pada sektor desain, terlihat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Redmi Note generasi pertama. Dimensi smartphone Redmi Note 2 ini lebih kecil dan lebih tipis dari pendahulunya. Hal ini disebabkan oleh desain bezel yang lebih tipis di semua sisi.

Saat pertama kali Laptophia memegan ponsel Redmi Note 2 ini, kami langsung teringat dengan Xiaomi Mi 4i. Entah kenama impresi awal penampilan ponsel ini agak mirip dengan Mi 4i dengan ukuran yang lebih besar. Meski dimensinya cukup lumayan karena layarnya besar, Redmi Note 2 ini relatif ringan dengan berat sekitar 160 gram.

Material yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Note 2 ini adalah polikarbonat atau plastik, sama seperti Redmi 2. Casing belakang ponsel 4G ini menggunakan finishing doff atau mate yang tak jauh berbeda dengan casing belakang Xiaomi Mi 4i.

Bagian depan ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi Note 2 ini terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, earpiece, ambient light sensor, layar sentuh berukuran 5,5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Sampai saat ini Xiaomi memang belum mengadopsi on-screen button seperti yang dilakukan beberapa vendor lain.

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Andalkan Kamera 16MP & Snapdragon 650

Sudah menjadi ciri khas seri Redmi dengan hadirnya ketiga tombol kapasitif tersebut dengan warna merah dan dilengkapi dengan backlight. Sedangkan pada bagian belakang ponsel Redmi Note 2 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo Xiaomi, dan speaker grill.

Pabrikan asal Tiongkok ini menempatkan tombol volume rocker dan power pada sisi kanan ponsel, sedangkan sisi kiri ponsel tidak terdapat tombol apapun. Sisi bawah ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone dan port microUSB. Sedangkan sisi ata ponsel terdapat IR blaster, microphone, dan port audio 3,5mm.
Desain Xiaomi Redmi Note 2
Xiaomi membekali smartphone Redmi Note 2 dengan dukungan dual SIM dan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Kita harus membuka casing belakang ponsel dan melepas baterai terlebih dahulu untuk mengakses ketiga slot tersebut. Casing belakang ponsel Redmi Note 2 ini relatif mudah dibuka menurut Laptophia. Slot microSD, SIM 1 dan SIM 2 terletak persis di atas baterai ponsel.

Satu hal yang Laptophia Blog sayangkan dari smartphone Redmi Note 2 ini, yakni tak disebutkan adanya lapisan antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya. Ini berarti pengguna wajib menggunakan screenguard atau tempered glass agar layar tak mudah tergores.

Secara umum, review Xiaomi Redmi Note 2 ini di desktor desain cukup baik menurut Laptophia. Ponsel ini menawarkan perubahan desain yang cukup signifikan dari pendahulunya, serta terinspirasi desain kompak dari Xiaomi Mi 4i. Tak hanya itu, Xiaomi Redmi Note 2 juga menawarkan build quality yang baik, solid, dan material yang digunakan cukup berkualitas. Tak ada kesan murahan ketika Laptophia memegang smartphone Redmi Note 2 ini.

Software Xiaomi Redmi Note 2

Software Xiaomi Redmi Note 2
Pada review Xiaomi Redmi Note 2 pada sisi software, tentu tak bisa lepas dengan apa yang disebut dengan MIUI. Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Redmi Note 2 dengan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7. Selama ini Xiaomi memang dinilai lambat dalam hal rilis update versi Android.

Hal ini disebabkan karena developer Xiaomi lebif fokus pada pengembangan MIUI dan fiturnya, hal ini cukup masuk akal menurut Laptophia, mengapa? MIUI adalah salah satu ROM kaya fitur, kaya kostumisasi, dan berkinerja smooth. Sama seperti smartphone Tiongkok lainnya, Xiaomi Redmi Note 2 ini tidak dilengkapi dengan app drawer, sehingga hanya ada Homescreen dan Lockscreen saja. Berdasarkan pengamatan Laptophia, semua aplikasi yang terinstal langsung tampil ikonnya di homescreen.

Sekilas memang penampilan antarmuka MIUI pada Redmi Note 2 agak mirip dengan Appl iOS. MIUI menyajikan banyak menu kostumisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengganti wallpaper pada lockscreen dan homescreen, mengganti font, mengganti ukuran font, themes, animasi, dan banyak lagi. Bahkan disediakan fasilitas untuk mengunduh ratusan bahkan ribuan themes dan wallpaper melalui menu kostumisasi.

Fasilitas yang disediakan oleh MIUI 7 yang tertanam pada Redmi Note 2 ini sangatlah lengkap, yakni fitur keamanan terintegrasi, cleaner, RAM cleaner, Antivirus, tool kompresi data, scanner, Do Not Disturb, Mi Remote, dan banyak lagi.

Baca juga:Xiaomi Redmi 3 Resmi Diluncurkan, Ini Harga & Spesifikasinya

Kinerja MIUI 7 pada ponsel Xiaomi Redmi Note 2 relatif gegas dan nyaman digunakan. Sangat jarang terlihat adanya lag meski sudah banyak aplikasi terinstal di dalamnya. Namun, kelemahan MIUI yang paling terlihat adalah konsumsi memori RAM yang cukup rakus.

Pada Redmi Note 2 ini, MIUI bahkan mengonsumsi RAM separuhnya. Meski demikian, manajemen resource sistem pada MIUI cukup baik, sehingga tak ada kendala performa meski banyak RAM tersedot untuk sistem. Secara umum, Laptophia menilai MIUI adalah salah satu antarmuka terbaik yang pernah kami uji.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 2

CPU-Z Xiaomi Redmi Note 2
CPU-Z Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark AnTuTu v6 Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark AnTuTu v5 Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark AnTuTu v5 Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark Quadrant Standard Xiaomi Redmi Note 2
Benchmark Quadrant Standard Xiaomi Redmi Note 2
Sensorbox Xiaomi Redmi Note 2Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 2
Sensor Box for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2

Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Siang HariFoto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Siang HariFoto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Siang Hari
Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Siang Hari
Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 MacroFoto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 MacroFoto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Macro
Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Macro
Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Malam Hari w/ Flash
Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Malam Hari w/ Flash
Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Malam Hari
Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Malam Hari
Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 2 Malam Hari
Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 2
Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 2

Review Xiaomi Redmi Note 2

Sebelum menulis review Xiaomi Redmi Note 2 ini, Laptophia telah menggunakan smartphone tersebut selama kurang lebih 2 minggu. Sektor desain, laptophia cukup puas dengan penampilan baru Redmi Note 2 yang lebih minimnalis dan kompak karena berkiblat pada Xiaomi Mi 4i. Namun, absennya dukungan lapisan antigores pada layar ponsel Redmi Note 2 ini menjadi salah satu kekurangannya.

Ada sumber non-official yang mengatakan bahwa layar Redmi Note 2 dilapisi antigores dari AGC Dragontrail. Namun, informasi ini belum dapat dikonfirmasi.

Ponsel 4G Xiaomi Redmi Note 2 ini hadir dengan peningkatan spesifikasi layar yang cukup signifikan dibandingkan pendahulunya. Dukungan layar resolusi full HD berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) mampu menyajikan tampilan visual yang memuaskan.

Warna yang dihasilkan layar Redmi Note 2 ini cukup vivid, serta kontras dan brightness-nya juga cukup oke di kelasnya. Sudut pandang atau viewing angle layar Redmi Note 2 ini luas khas teknologi IPS. Kinerja layar smartphone ini di bawah sinar matahari relatif baik, tetapi masih di bawah Xiaomi Mi 4i. Sedangkan respon touchscreennya gegas dan tidak ada masalah.

Sisi kinerja mungkin menjadi salah satu keunggulan Xiaomi Redmi Note 2 ini berkat dukungan chipset flagship dari MediaTek, yakni Helio X10 MT6795 yang didukung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 2GHz dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sisi grafis, ponsel ini dipercayakan pada GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR G6200 MP4.

Baca juga:Lenovo Lemon 3, Smartphone 4G LTE Penantang Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi dapur pacu Redmi Note 2 ini memang cukup meyakinkan di kelasnya karena menggunakan varian tertinggi dari chipset MediaTek. Skor AnTuTu v6 yang dihasilkan oleh ponsel Redmi Note 2 ini mencapai 46.535 poin dan AnTuTu v5 mencapai 47.548 poin. Tak heran, Xiaomi Redmi Note 2 mampu menyajikan performa yang sangat nyaman dan smooth tanpa adanya lag yang mengganggu. Kinerja multitasking smartphone Redmi Note 2 ini juga pantas mendapat acungan jempol.

Review Xiaomi Redmi Note 2 pada sektor kamera memang terlihat meyakinkan jika melihat spesifikasi yang diusungnya, yakni mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3M2 yang ditandemkan dengan lima elemen lensa dengan aperture f/2.2 dan LED flash.

Kamera Redmi Note 2 ini dilengkapi dengan phase-detection autofokus yang menawarkan kecepatan fokus hanya 0,1 detik saja. Redmi Note 2 juga dipersenjatai dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor besutan OmniVision untuk foto selfie dan video call.

Laptophia menjajal kemampuan kamera Redmi Note 2 ini dan hasilnya memang memuaskan. Fokus kamera ponsel ini sangat cepat saat kondisi cahaya mencukupi, sedangkan pada malam hari kecepatan fokus memang menurun, tetapi masih lebih cepat ketimbang kamera yang tam memiliki fitur PDAF. Foto yang dihasilkan Redmi Note 2 ini juga memuaskan menurut Laptophia Blog, yakni warna yang akurat, detail yang baik di kelasnya, dynamic range yang cukup, dan tajam.

Kinerja kamera terlihat agak mengecewakan ketika digunakan pada malam hari atau pada kondisi cahaya yang kurang. Foto yang dihasilkan relatif gelap dan noise cukup mengganggu. Tampaknya Xiaomi harus melakukan optimasi pada update MIUI berikutnya untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi masalah ini. Beruntung, LED flash yang diusung ponsel ini cukup terang.

Baca juga:Harga Gotune 5S 2,5 Juta, Penantang Xiaomi Mi 4i & Galaxy J5

Kualitas audio Xiaomi Redmi Note 2 menurut laptophia Blog cukup mantap di kelasnya. Laptophia menjajalnya dengan headset Sennheiser MX375, Sennheiser HD 202 II, dan Xiaomi Piston 3,  ponsel ini mampu menghasilkan suara yang detail, jernih, serta bass dan treble yang seimbang. Sedangkan speaker yang diusung oleh ponsel ini memang tak terlalu kencang, tetapi kualitasnya cukup baik. Jika dibandingkan dengan Redmi Note generasi pertama, terlihat peningkatan kualitas yang cukup lumayan menurut Laptophia.

Sektor memori, Xiaomi Redmi Note 2 dibekali dengan memori internal 16GB atau 32GB yang didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Pada review Xiaomi Redmi Note 2 kali ini, Laptophia menggunakan varian 16GB. Ponsel ini juga mendukung USB OTG. Sayangnya, daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 2 ini terbilang kurang menurut Laptophia karena tak dapat bertahan seharian penuh.

Secara umum, performa dan kemampuan Xiaomi Redmi Note 2 ini merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Kinerja yang mumpuni, layar berkualitas, kamera yang memuaskan, dan fitur yang terbilang lengkap menjadi andalan Xiaomi Redmi Note 2 ini. Kekurangan yang cukup fatal adalah Redmi Note 2 varian 16GB tidak kompatibel dengan jaringan 4G LTE mayoritas operator GSM di Indonesia. Daya tahan baterai ponsel ini juga terbilang pas-pasan. Namun, Xiaomi Redmi Note 2 sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.

Harga Xiaomi Redmi Note 2

Harga smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi Note 2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun saat artikel ini ditulis adalah Rp 2.199.000 untuk varian 16GB. Sedangkan varian dengan ROM 32GB dijual dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp 2,4 juta.

Berdasarkan hasil review yang laptophia lakukan di atas, jelas smartphone Xiaomi Redmi Note 2 ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik, meski memiliki beberapa kekurangan. Secara umum, hasil review smartphone Redmi Note 2 ini baik menurut Laptophia. Beberapa kekurangan ponsel ini, seperti baterai agak boros dan performa kamera di malam hari yang kurang memuaskan seakan tak mengurangi pesona smartphone ini di kelas Rp 2 juta-an.

Laptophia menilai smartphone bongsor besutan Xiaomi ini sangat laik dipertimbangkan, tentunya jika tidak masalah dengan garansi distributor. Sejauh ini memang Xiaomi Indonesia belum atau tidak merilis Redmi Note 2 di Indonesia.

Beli Xiaomi Redmi Note 2 dengan harga promo di Sini (klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 2

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset MediaTek Helio X10 MT6795M dengan prosesor 8 core atau octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 2GHz
  • Grafis PowerVR G6200 MP4
  • Kamera 13 megapiksel dengan sensor Samsung, aperture f/2.2 phase-detection autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel dengan sensor OmniVision 
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS 
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Dimensi 152 x 76 x 8.3 mm berat 160 gram 
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3060mAh
  • Warna White, Blue, Yellow, Pink, Mint Green
Anda mungkin suka: Review Kamera Xiaomi Mi 4c, Terbaik di Kelasnya dengan Sensor Sony IMX258
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks