IBX582004D475488 Unboxing Xiaomi Redmi Note 2, Smartphone 4G LTE Bertenaga MediaTek Helio X10

Unboxing Xiaomi Redmi Note 2, Smartphone 4G LTE Bertenaga MediaTek Helio X10




Unboxing Xiaomi Redmi Note 2 – Hari ini Laptophia Blog kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Redmi Note 2. Sampai saat ini, ponsel 4G Redmi Note 2 yang beredar di Indonesia masih garansi distributor. Xiaomi Indonesia belum meluncurkan seri Redmi Note 2 secara resmi di  pasar tanah air.

Selain itu, Redmi Note 2 16GB yang Laptophia terima saat ini menggunakan TDD-LTE yang mana hanya kompatibel dengan jaringan 4G milik Bolt dan Smartfren. Terlepas dari kekurangan tersebut, Xiaomi Redmi Note 2 ini tetaplah sebuah ponsel kelas menengah yang menawan dengan tenaga mumpuni dari MediaTek Helio X10 dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 3GB. Berikut ini adalah hands on singkat dan unboxing Xiaomi Redmi Note 2.


IMG_20151207_143042_HDR

Perlengkapan Xiaomi Redmi Note 2

IMG_20151207_141504_HDR
  • Unit Xiaomi Redmi Note 2 16GB White
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Unboxing Xiaomi Redmi Note 2

IMG_20151207_142759_HDR
Ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi Note 2 ini ternyata mengusung desain yang lebih kompak dan ramping dari pendahulunya. Smartphone yang menggunakan nama sandi Hermes ini juga hadir dengan desain yang berbeda. Pabrikan asal Tiongkok ini tampaknya mulai mengadopsi desain Xiaomi Mi 4i ke ponsel ini.

Casing belakang ponsel ini menggunakan bahan polikarbonat dengan finishing mate atau doff, sama seperti casing belakang Redmi 2. Hal ini membuat Redmi Note 2 terkesan lebih premium ketimbang pendahulunya yang menggunakan finishing glossy.

Ukuran Redmi Note 2 ini lebih kecil dari Redmi Note generasi pertama, bahkan tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Meizu M2 Note yang Laptophia gunakan saat ini. Smartphone 4G Redmi Note 2 besutan Xiaomi ini tersedia dalam beberapa varian warna, tetapi yang beredar di Indonesia kebanyakan adalah warna White.

Bagian depan ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi Note 2 ini terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, earpiece, ambient light sensor, layar sentuh berukuran 5,5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sudah menjadi ciri khas seri Redmi dengan hadirnya ketiga tombol kapasitif tersebut dengan warna merah dan dilengkapi dengan backlight. Sedangkan pada bagian belakang ponsel Redmi Note 2 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo Xiaomi, dan speaker grill.

Xiaomi menempatkan tombol volume rocker dan power pada sisi kanan ponsel, sedangkan sisi kiri ponsel tidak terdapat tombol apapun. Sisi bawah ponsel 4G LTE ini terdapat lubang micrphone dan port microUSB. Sedangkan sisi ata ponsel terdapat IR blaster, microphone, dan port audio 3,5mm.

Ponsel 4G Xiaomi Redmi Note 2 ini dilengkapi dengan dual SIM dan slot micro SD. Casing belakang smartphone ini dapat dilepas dengan mudah. Baterai yang berkapasitas 3060mAh ini juga dapat dilepas, sehingga pengguna dapat menggantinya ketika diperlukan tanpa harus ke service center.

Baca juga:ZTE Blade A711, Smartphone 4G LTE dengan Sensor Sidik Jari Segera Hadir di Indonesia

Xiaomi membekali ponsel Xiaomi Redmi Note 2 ini dengan layar sentuh berukuran 5,5 inci yang menggunakan teknologi panel IPS In-Plane Switching) yang cemerlang di kelasnya yang dijejali resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 401 piksel per inci. Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima, layar ponsel ini dilindungi oleh lapisan antigores dari AGC Dragontrail Glass.

Kinerja adalah keunggulan utama yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi Redmi Note 2 ini menurut Laptophia karena ditenagai oleh chipset flagship dari MediaTek, yakni Helio X10 MT6795 yang didukung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 2GHz dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sisi grafis, ponsel ini dipercayakan pada GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR G6200 MP4.

Sisi kamera, smartphone Xiaomi Redmi Note 2 memang tidak mengalami peningkatan resolusi jika dibandingkan dengan pendahulunya, tetapi didukung dengan sensor dan fitur baru. Ponsel 4G ini mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3M2 yang ditandemkan dengan lima elemen lensa dengan aperture f/2.2 dan LED flash.

Tak hanya itu, kamera Redmi Note 2 ini dilengkapi dengan phase-detection autofokus yang menawarkan kecepatan fokus hanya 0,1 detik saja. Redmi Note 2 juga dipersenjatai dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor besutan OmniVision untuk foto selfie dan video call.

Kesan Pertama Xiaomi Redmi Note 2

IMG_20151207_143657_HDR
Kesan pertama Laptophia Blog ketika memegang Xiaomi Redmi Note 2 ini adalah ringan dan kompak. Ponsel ini terasa nyaman ketika diganggam, meski sedikit agak lebar. Meski menggunakan casing berbahan plastik, ponsel Redmi Note 2 ini tak terkesan murahan . Selain itu, Redmi Note 2 ini didukung layar resokusi full HD yang berkualitas.

Warna yang dihasilkan oleh layar ponsel ini cukup memuaskan mata, kontras yang cukup, dan brightness yang nyaman pada setting auto. Sekilas, layar Redmi Note 2 ini karakternya memang agak warm yang mana cenderung agak kuning menurut Laptophia. Meski demikian, ini bukanlah masalah.

Laptophia juga sempat menjajal ponsel Redmi Note 2 ini untuk menginstal dan menjalankan beberapa aplikasi. Impresi awal, kinerjanya sangat memuaskan, responsif dan tidak ditemui adanya lag. Ini wajar mengiangat chipset yang digunakan oleh ponsel ini memang gahar di kelasnya. Mungkin masih perlu review yang lebih mendalam mengenai performa Redmi Note 2 besutan Xiaomi ini.

Laptophia Blog juga sempat menjajal kemampuan kamera Xiaomi Redmi Note 2. Impresi awal, memang kecepatan fokusnya meningkat drastis jika dibandingkan dengan pendahulunya, tetapi tak terlalu impresif. Sdangkan hasil jepretan kameranya tampak meningkat pesat jika dibandingkan dengan Redmi Note generasi pertama. Tentu saja perlu review yang lebih mendalam mengenai kemampuan kamera smartphone 4G Xiaomi Redmi Note 2 ini.

Hal yang Laptophia sayangkan dari Xiaomi Redmi Note 2 garansi distributor ini adalah tidak menggunakan MIUI versi official, melainkan menggunakan MIUI custom dengan versi 66.77.33 yang didalamnya telah terdapat Google Apps. Namun, berdasarkan hasil penelusuran Laptophia Blog dari forum KasKus, performa MIUI custom tersebut mengecewakan, banyak bug dan kurang nyaman dipakai. Akhirnya, Laptophia memutuskan untuk beralih ke MIUI 7 Global Official versi terakhir. 

Baca juga:Review Kamera Andromax ES, Ponsel Selfie Murah Meriah

Harga Xiaomi Redmi Note 2

Harga smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi Note 2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima dari toko online terkemuka di tanah air adalah Rp 1.999.000 untuk varian 16GB. Adapaun Redmi Note 2 yang didukung memori internal 32GB, yakni Redmi Note 2 Prime yang dijual dengan harga Rp 2.499.000. 

Harga ponsel 4G ini sebenarnya bervariasi, bisa lebih murah atau lebih mahal dari angka tersebut. Berdasarkan hasil unboxing dan impresi pertama, Laptophia Blog menilai ponsel 4G LTE Redmi Note 2 besutan Xiaomi ini sangat laik dipertimbangkan. Kinerja dan kemampuannya di atas rata-rata pesaingnya, seperti Alcatel Flash 2, Meizu M2 Note atau Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 justru pada bagian non teknis, yakni semua adalah garansi distributor. Rata-rata distributor layanan aftersalesnya tak sebaik vendor resmi. Namun, tak semua distributor demikian.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 2

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset MediaTek Helio X10 MT6795M dengan prosesor 8 core atau octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 2GHz
  • Grafis PowerVR G6200 MP4
  • Kamera 13 megapiksel dengan sensor Samsung, aperture f/2.2 phase-detection autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel dengan sensor OmniVision 
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS 
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Dimensi 152 x 76 x 8.3 mm berat 160 gram 
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3060mAh
  • Warna White, Blue, Yellow, Pink, Mint Green
Anda mungkin suka:Harga Xiaomi Redmi Note 3, Redmi Note 2 & Redmi Note 2 Prime di Indonesia
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks